Jumat, 19 Juli 2019

Berkurban Mudah Dengan Kandang Qurban

Assalamualaikum sahabat Smart Mom, 

Hari raya Idul Adha dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Tentu sebagai umat muslim kita disunnahkan untuk berkurban. Sejak anak-anakku masih kecil, kami sudah mengajarkan apa itu berkurban. Dari mulai cerita tentang Nabi Ibarahim dan Nabi Ismail sampai mengikuti keterlibatan Umi dan Abinya jadi panitia Idul Adha di masjid dekat rumah. Oiya, berkurban yang dimaksud bukan kurban perasaan ya?Hehe... Tapi, sesuai sunnah Rasulullah Saw, berkurban adalah menyembelih hewan kurban untuk dibagi-bagikan kepada seluruh umat Islam yang lainnya.

Jadi panitia kurban di masjid dekat rumah.
Moms, perlu diketahui dalam Islam hukum ibadah kurban adalah sunnah muakkad, atau sunnah yang dikuatkan. Jika ditinjau dari dimensi vertikal ibadah kurban adalah bentuk ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT supaya mendapatkan keridhaan-Nya. Sedangkan dalam dimensi sosial, kurban bertujuan untuk menggembirakan kaum fakir pada Hari Raya Adha, sebagaimana pada Hari Raya Fitri mereka digembirakan dengan zakat fitrah. 
Karena itu, daging kurban hendaklah diberikan kepada mereka yang membutuhkan, boleh menyisakan secukupnya untuk dikonsumsi keluarga yang berkurban, dengan tetap mengutamakan kaum fakir dan miskin. Allah berfirman:

“Maka makanlah sebagian daripadanya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara lagi fakir.” (QS. al-Hajj, 22:28)


Menurut syariat islam terdapat Kriteria-kriteria hewan ternak baik itu sapi, kambing, domba. Agar sah sesuai syariat islam berikut ini adalah persyaratannya:
1. Untuk domba harus mencapat usia minimal enam bulan. 
2. Kambing harus mencapai usia minimal satu tahun atau lebih dari itu ( sudah berganti giginya ).
3. Sapi atau kerbau atau lembu harus mencapai usia minimal lebih dari dua tahun.
4. dan Unta harus mencapai usia lebih dari lima tahun.
5. hewan kurban tidak boleh cacat seperti putus telinga atau ekornya selain itu di perbolehkan intinya cacat hewan kurban tidak boleh sampai mengurangi daging hewan tersebut

kurban sapi
Abang Fatih takut-takut dekat sapi mau dikurban :)

Jika berkurban dengan kambing atau domba hanya dapat dilakukan untuk satu orang berbeda dengan sapi, kerbau atau unta yang dapat dikurbankan untuk 7 orang.

Waktu penyembelihan hewan kurban dapat dilakukan setelah matahari meninggi atau sesudah pelaksanaan sholat idul adha (10 dzulhizah ) sampai terbenam matahari (13 dzulhizah) untuk pendistribusian hewan kurban. pekurban boleh mengambil atau meminta sedikit bagian untuk dirinya sendiri lalu untuk fakir miskin atau boleh seluruhnya untuk fakir miskin.

kurban kambing
Aisyah berani loh dekat hewan kurban, kambing.

Di Indonesia secara umum ada 3 macam jenis hewan kurban yang sering disembelih yakni Kambing, Sapi dan Domba. Ketiga jenis hewan ini menjadi pilihan karena relatif tidak terlalu susah untuk mendapatkannya. Ada peternak tradisional maupun yang sudah modern yang tersebar di wilayah Indonesia.
Namun untuk memilih jenis hewan kurban tentu tidak bisa asal saja. ada beberapa kriteria bagi hewan kurban, yang memang sudah ditetapkan dalam Islam. Oleh sebab itu, perlu pembeli harus sangat berhati-hati dan cermat dalam membeli hewan untuk kurban. 

Jika tidak ingin repot, kini telah hadir sebuah inovasi anak negeri bernama Kandang Qurban. Platform Marketplace Qurban yang menghubungkan Peternak dan Pengqurban dengan komitmen untuk memberikan kualitas hewan qurban yang sesuai syariat dan berkualitas.

kandang qurban


Artinya, konsumen atau pengkurban yang was was terkait syarat hewan kurban bisa tenang jika menggunakan platfom ini. Terlebih lagi untuk jaminan kesehatan dan standar hewan, Kandang Qurban bekerjasama dengan tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Sehingga Kandang Qurban sudah secara kesehatan dan standar memenuhi syariat Islam.

kandang qurban


Kandang Qurban hadir untuk membantu dalam mendapatkan hewan kurban terbaik karena Kandang Qurban hanya menyediakan hewan kurban terbaik dari para peternak terbaik. Untuk Mitra kelompok peternak sendiri berada di Lampung, Nusa Tenggara Barat (NTB), Bandung, Jabodetabek, Garut, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Samarinda. 

Anda yang berniat untuk berkurban bisa berkunjung langsung ke situs resmi Kandang Qurban di https://kandangqurban.com/ . Anda bisa memilih hewan untuk berkurban hanya dalam gengaman saja. Mudah dan tentunya sudah sesuai dengan syariat islam. 

25 komentar:

  1. Kakaknya kok takut sih hehe. Nah, itu yang adiknya kok tambah berani nih dekat hewan qurban

    BalasHapus
  2. Wah sekarang jadi lebih mudah nih ya kalau mau berkurban. Sudah ada aplikasinya

    BalasHapus
  3. Wah jadi sudah ada di daftarnya ya Mbak hewan apa saja. Jadi, tinggal pilih gitu ya

    BalasHapus
  4. Oh jadi hewan yang bisa diqurbankan itu ketika sudah berusia minimal 6 bulan nih ya Mbak

    BalasHapus
  5. Wah bermanfaat banget nih Mbak, terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  6. Ga kerasa udh mau idul adha lagi ya. Waktu ny berkurban.. skrg mau beli hewan kurban udah g perlu rempong lagi ya. Karena udh ada aplikasi nyaa

    BalasHapus
  7. Aisyah hebat berani deket sama kambing, saya nggak berani hahahaa takut diseruduk :) sekarang berkurban jadi lebih cepat dan nyaman ya mbak, bisa mencakup ke seluruh wilayah di Indonesia juga

    BalasHapus
  8. alhamdullilah sekarang makin banyak yang memudahkan untuk umat islam berkurban seperti kandang kurban ini, berarti semakin tinggi juga antusias masyarakat muslim untuk ikut serta berkurban di hari raya idul adha.

    BalasHapus
  9. Ga kerasa nih ya bentar lagi sudah mau idul adha. Sekrang mau berkurban jadi makin gampang bisa lewat kandang qurban hehe.

    BalasHapus
  10. Keren ya sist zaman sekarang. Apa2 serba online, jadi lebih mudah dan gampang mau beli hewan kurban

    BalasHapus
  11. Tahun ini gak berkurban,agak sedih sebenernya. Kurang nabung akutuh hahaha

    BalasHapus
  12. wah seru banget ini bisa qurban ya mbak . smg sehat selalu dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah ya sekarang kita bisa dengan mudah berQurban melalui online. Memang perlu cek dan ricek ke absahan organisasi nya, tidak semua nya beneran ada. Tapi Kandamg Qurban ada leagalisasi nya. Yukk ah ber Qurban dengan Kandang Qurban

    BalasHapus
  14. Bahkan sekarang mau beli hewan kutban dimudahkan, dengan adanya teknologi semestinya ga ada alasan lagi yaa mangkir kurban.. Kecuali ga mampu

    BalasHapus
  15. Waah makasih banget infonya mbak Naqi, kebetulan aku dan suami ternak domba (masih kecil2an siih) dan ini bisa jadi salah satu cara untuk memasarkan domba2 kami niih. Mau coba daftar ah...

    BalasHapus
  16. Waah...alhamdulillah.
    Kini ada lagi apps yang memudahkan kita untuk beramal dan yang pasti, semuanya original bikinan anak negeri.
    Donlot apps Kandang Kurban juga aah..

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah ya mba, skrg banyak cara untuk berkurban. Baru denger ni tentang Kandang Qurban, cuzz cari info selanjutnya. Makasih

    BalasHapus
  18. Wuih asyik juga ya dengan aplikasi Kandang QUrban ini, jadi kita nggak perlu repot-repot beli kambing dan cari tempat penyerahan Qurbannya.

    BalasHapus
  19. Wuih keren. Ada marketplace Qurban juga ya. Jadinya gak perlu bingung lagi buat nyari hewan qurban. Bisa nyari peternak terdekat pula. Dan pastinya ya, hewan-hewannya udah qualified untuk jadi hewan qurban. Nyoba eksplor ah...

    BalasHapus
  20. kalau musim qurban tiba disekitar rumah aroma kambing selalu semerbak, karena banyak yg jualan. skrng bisa beli online ya hihi dulu selalu antusias pas idul adha karena mikirnya mau satean.gak sabar idul adha jadinya haha

    BalasHapus
  21. Alhanmdulillah makin banyak platform yang memudahkan kita untuk berkurba ya mbak Naqy. Kalau yang ini terus terang baru dengar tapi sepertinya menarik buat dicoba tk kurban tahun ini, moga banyak membanntu umat juga yaa

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah sekarang berkurban semakin dipermudah dengan adanya teknologi ya. Semoga menjadi penyemangat untuk berkurban ya. Aamiin

    BalasHapus
  23. Wah makin banyak platform yg memberikan kemudahan buat kita2 dalam menyalurkan kurban seperti kandang kurban ini nih

    BalasHapus
  24. Makin mudah ya kini untuk melakukan qurban. Ada aplikasi yang mendukung pembelian hewan qurban misal kita ada di daerah yang jauh dari penjual hewan. Bisa dicoba nih.

    BalasHapus
  25. Sekarang berkurban jadi lebih mudah apalagi adanya teknologi ini. Jadi lebih semangat ya untuk berkurbam

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^