Selasa, 09 Juli 2019

Tips Menjaga Kesehatan Pasca Lebaran Bersama SehatQ.Com


tips menjaga kesehatan pasca lebaran

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Saat lebaran 2019 ini kami sekeluarga mudik ke Lampung Timur. Kebetulan tahun ini Kakak ipar mau mengaqikahkan anak lelakinya. Jadilah keluarga besar pihak suami berkumpul. Memang sih berkumpul bukan hanya acara aqikahan, tapi juga karena arisan keluarga besar Mbah Ahmad setiap lebaran keempat atau pekan pertama. Nah, tahun ini bertempat di rumah Mamak.

Usai sholat Idul Fitri kami langsung berangkat menuju Lampung Timur. Perjalanan lancar dan menyenangkan. Walau ada drama sedikit sebelum berangkat hahah... ceritanya, ketika sampai Natar menjelang masuk Metro (kurang lebih sudah 45 menit dari rumah) suamiku bertanya “Mi, tadi sudah dicabut belum magic com?” eh, aku kan jawab enggak tahu karena emang terakhir suami bagian cek di dapur dan aku mengurus perlengkapan anak-anak.


Daripada ragu-ragu, kami putar balik lagi ke rumah dan mengecek ternyata emang sudah dicabut haha... tapi, malah pulsa listrik menjerit, jadilah kami isi pulsa listrik dulu. Hikmahnya kami putar balik lagi ini yakami belikan pulsa listrik, apalagi rumah mau ditinggal 4 hari, kebayangkan kalau gelap gulita hehehe...

Mudik ke Lampung Timur anak-anak senang sekali. Selain bertemu keluarga besar, anak-anak puas diajak Abi silaturahmi ke rumah teman-teman masa kecil Abi.
“Wow, ada kambing!”
“Wow, ada sapi!”
“Ada es tebu!”
“Mau sirup lagi!”

kandang sapi dan kambing
Silaturahmi sembari melihat kandang kambing dan sapi.

Namun, dibalik silaturahmi saat lebaran itu, ada yang perlu dijaga yaitu kesehatan anak-anak. Kebayangkan abis silaturahmi anak-anak kecapekan dan makanan yang sudah macam-macam dicoba hiks...

Belum lagi pas hari kedua di kampung, kepalaku pusing banget, sudah mau muter-muter alias vertigo mau kambuh. “Bi, kayaknya Umi istirahat dulu ya, kepala pusing banget nih!” kataku. Jadilah aku ke kamar, makan obat dan tidur.

Ternyata aku drop karena mau haid haha... aku sampai lupa jadwal bulananku, ups! Iya nih kalau PMS (Premenstruation Syndrome) sering banget aku mengalami kelelahan dan akhirnya memicu vertigo. Untunglah usai istirahat badanku agak baikan, aku bisa menghadiri acara aqikahan dan arisan keluarga besar suami. Anak-anak juga happy melihat Uminya kembali tersenyum.




Layanan Kesehatan Digital SehatQ.com

Usai lebaran memang banyak sekali ancaman kesehatan jika kita tidak bijak memilih minuman dan makanan. Termasuk menjaga jam istirahat. Nah, beruntung di era digital ini, informasi kesehatan sudah modern dan canggih. Aku bertemu dengan SehatQ.com untuk mengetahui keluhan yang aku alami.

cek kesehatan di sehatq,com
Wah, banyak info artikel kesehatan 

Aku pun langsung mencari artikel mengenai PMS dan senangnya keluhan yang aku rasakan ada solusinya di sini. Apalagi bisa langsung tanya dokter, pilihannya banyak loh bisa juga lakukan janji sesuai dengan kota tempat Anda tinggal.

Info PMS pun ada :)

Aku jadi senang berlama-lama membaca Artikel Kesehatan di sini. Informasinya sangat membantu deh. Bikin aku betah dan berharap keluargaku menjadi keluarga sehat pasca lebaran tahun ini.

Nah, dari pengalaman aku di atas, berikut Tips Menjaga Kesehatan  Pasca Lebaran versiku:

1. Lakukan Puasa Syawal
Setelah selama 1 bulan berpuasa (Bulan Ramadhan) lambung sudah istirahat dan mengalami detox. Nah, alangkah baiknya badan yang sudah terbiasa segar dan fresh dilanjutkan dengan Puasa Syawal. Perut pun tidak kaget dengan makanan yang banyak.

2. Hindari Makanan dan Minuman Pemicu Kambuhnya Penyakit
Saat lebaran, makanan manis dan minuman pemanis banyak sekali. Baik sebagai tuan rumah, mau pun tamu, alangkah bijaknya mengenali diri sendiri dan memahami orang lain. Siapkan minuman air mineral saja sebagai alternatif jika tamu tidak dapat minum sirup atau es misalnya. Selain itu, jika sudah punya penyakit yang diderita ngerem ya makanan pemicu. Contoh, jika Anda penderita kolesterol, hindari makan daging berlebihan. Cukup satu potong saja, hehe...

3. Olahraga
Nah, Moms, walau sudah pasca lebaran jangan santai berlama-lama. Jaga  kesehatan tubuh dengan olah raga, misalnya senam aerobik, jalan kaki, lari atau berenang. Murah meriah kan?

4. Hindari Stres
Pasca lebaran anak-anak sudah mau masuk sekolah. Kebutuhan daftar ulang dan biaya mudik yang membengkak menjadi momok pasca lebaran 2019 ini. Moms, jangan panik dan stres. Hadapi dengan senyum, ikhlas dan sabar ya. Insya Allah ada rezeki untuk membayar keperluan anak sekolah dan lainnya. Perbanyak berdoa dan berusaha. 



Nah, sahabat Smart Mom, itulah Tips Menjaga Kesehatan Pasca Lebaran versiku, semoga bermanfaat ya!

18 komentar:

  1. Tips paling berat dilaksanakan adalah yg paling terakhir. Jangan stres. Hihihi

    BalasHapus
  2. Aku jg sering merasa kurang sehat kalau pas lebaran. Padahal makanan malah enak2 ya mbak :D
    Mungkin badan jg kaget setelah puasa sebulan dg menu sekedarnya trus dihajar makanan2 lebaran seminggu setelahnya

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah ya BUnd, sekarang ada SehatQ
    Kita aman keluarga juga aman.

    BalasHapus
  4. Ada aplikasinya gak, untuk baca info2nya, atau harus lewat laptop?

    BalasHapus
  5. Iyap bener bngt tipsnyamau sehT kita yg tentukan sendiri yak,, sehatkan pilihan,, aplg sdh Ada aplikasi sehatQu jd mudah nmbh informasi

    BalasHapus
  6. iya tuh, kalau udah lebaran banyak yang sakit. Habisnya kebanyakan makan,s emua jenis makanan dicicip, tapi ya memang agak ga kuat melihat makanan enak dianggurin mbak :D

    BalasHapus
  7. Jaga sehat ka biar bisa lebih sering nemenin anak senang2 smp nanti dewasa

    BalasHapus
  8. Rutin melakukan puasa sunah cenderung bisa sebagai theraphy sederhana menjaga kesehatan, sekarang malah lebih menyenangkan karena ada platform seputar kesehatan yang merangkum berbagai informasi bermanfaat

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah horeee ada website dan aplikasi SehatQ yang bisa kita jadikan referensi ya bun
    bahkan kita bisa nanya ama dokternya langsung, sangat membantu jadi nggak panikan.

    BalasHapus
  10. Aku pun sudah mulai olahraga lagi nih, biar makin fits dan sehat ya

    BalasHapus
  11. Wah enak donk, sekarang fitur untuk pelayanan kesahatan jadi lebih canggih, semakin maju seiring dengan perkembangan zaman, i like it.

    BalasHapus
  12. Nah yang jadi kebiasaan ku kalo pas lebaran itu ga bisa nolak kalo di tawarin makan ketupat sama opor ayam pas silaturahmi. Dan jarang olahraga jadi naik lagi dah berat badan. Bagus tips nya, semoga lebaran nanti ga males nerapinnya :)

    BalasHapus
  13. Wah infonya membantu sekali mbk. Penting banget menjaga kesehatan pasca lebaran. Soalnya terkadang lebaran pola makan, aktivitas juga berbeda. Mana kurang olahraga ini catatan penting buat aku.

    BalasHapus
  14. Wahh, makasih tipsnya bundaaa...sangat membantu sekali

    BalasHapus
  15. Iya, mba habis lebaran tuh memang penyakit sering datang seperti radang tenggorokan, batuk pilek, juga kolesterol naik ya.

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah,
    Sementara bisa konsultasi dulu di SehatQ yaa...kak.
    Jadi pengin cari tahu beberapa hal mengenai kesehatan. Kadang ragu, ini mitos atau fakta yaa...?

    BalasHapus
  17. Barusan aku pms ngedrop parah sampai vertigo. Trua cari2 ttg vertigo di sehatq jadi tercerahkan

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^