Rabu, 09 Oktober 2019

Pinjaman Untuk Dana Darurat, Oke Nggak sih?


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Terpikir enggak sih kalau saat lagi butuh banget, mau minta tolong siapa? Pengalaman saat anakku sakit, bingung butuh dana. Sanak saudara sih sudah membantu sebisa mereka. Namun, tetap saja diperlukan dana yang besar. Pinjam emang perlu hati-hati, apalagi di  era digital seperti sekarang ini, banyak hal dapat dilakukan dengan mudah, dari mulai berkomunikasi, berbelanja, hingga meminjam uang. Zaman sekarang, semua orang yang membutuhkan uang dapat dengan mudah mengajukan pinjaman secara online dengan bunga rendah, proses cepat, dan syarat yang tidak terlalu berat.

Bukan hanya untuk kebutuhan sehari-hari, kemudahan ini juga dimanfaatkan untuk melakukan pinjaman dana darurat. Seperti yang telah kita ketahui, memiliki dana darurat merupakan hal yang wajib untuk mencegah hal-hal buruk yang mengganggu kesehatan keuangan terjadi. Namun, apakah oke jika dana darurat yang didapat bersumber dari pinjaman?


Pinjaman dana darurat pastinya akan sangat menolong, terutama bagi mereka yang tidak atau belum memiliki tabungan dana darurat sama sekali. Oleh karena itu, untuk menutup kebutuhan tidak terduga, pinjaman dana darurat menjadi cara yang dilakukan.

Terkait oke atau tidak, hal tersebut dikembalikan lagi kepada masing-masing individu. Bila memang tidak ada dana darurat sama sekali dan tidak adanya aset yang bisa dijual untuk menutup kebutuhan mendadak, maka pinjaman dana darurat bisa ditoleransi. 

Namun, pengajuan pinjaman tidak boleh sembarangan. Salah-salah, bukannya bermanfaat sebagai dana darurat, pinjaman yang diajukan justru semakin mencekik karena memiliki bunga tinggi. Bukan menyelesaikan masalah, tetapi akan menambah masalah lagi. 



Bila butuh dana cepat, pinjaman dana darurat secara online memang lebih mudah. Beberapa keuntungan pinjaman dana darurat secara online, di antaranya adalah:

Syarat Mudah

Syarat untuk mengajukan pinjaman biasanya hanya menggunakan data diri dan NPWP saja, tidak perlu melampirkan slip gaji dan jaminan. Tidak seperti pengajuan peminjaman di bank atau instansi keuangan lainnya. 

Pencairan Dana Singkat
Keuntungan lain dari proses pinjaman dana darurat secara online biasanya sangat cepat. Bila syarat-syarat yang dibutuhkan sudah lengkap, pinjaman dana bisa ditransfer saat itu juga ke rekening terkait. Paling lama memakan waktu sekitar 3 hari saja.

Pilihan Dana Pinjaman yang Beragam
Pilihan dana yang ditawarkan sangat beragam dan dapat digunakan untuk apa saja. Meskipun plafon yang diberikan tidak besar, tetapi sudah cukup untuk menutup kebutuhan dana darurat.



Pinjaman dana darurat dengan sistem seperti di atas memang sangat mudah, tetapi ada hal-hal lain juga yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman darurat, baik secara online atau dengan sistem lainnya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pinjaman, seperti cek kredibiltas pemberi pinjaman, perhatikan bunga dan tenor pinjaman yang ditawarkan, serta syarat-syarat lainnya.

Pinjaman dana darurat memang tidak disarankan karena jika tidak diperhitungan secara cermat, justru akan menyulitkan di masa depan. Cara yang tepat untuk dapat menyiapkan dana darurat secara matang adalah dengan berinvestasi. Sama halnya dengan penyedia jasa pinjaman online, platform investasi juga sudah semakin banyak, termasuk investasi syariah seperti qazwa.id. Lewat investasi, ketersediaan dana darurat akan aman dan tidak perlu melakukan pinjaman pada saat diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^