Selasa, 26 November 2019

6 Wisata Kuliner Murah Meriah di Jogja, Rugi Kalo Kamu Nggak Coba!


6 Wisata Kuliner Murah Meriah di Jogja

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Jalan-jaan ke Jogya, apa sih yang selalu kamu ingat? Kulinernya? Wisatanya? Yap, kalau soal makanan sih  tidak diragukan lagi. Asli  deh enak dan murah. Waktu aku masih kecil, kakakku kuliah di Jogya dan aku dengan ibu beberapa kali main ke Jogya. Belum lagi zaman kuliah pernah Jogya dua kali. Kangen deh ke Jogya lagi untuk berburu kuliner yang enak.

Selain identik dengan gudeg, ternyata masih banyak wisata kuliner murah meriah di Jogja lainnya yang wajib kamu coba. Mulai dari cemilan hingga wedang (minuman) yang khas dan murmer, cocok untuk melengkapi jam-jam genting diantara jam makan berat.

 6 Spot Jajanan Murmer di Jogja

Kalau biasanya yang dibahas adalah panganan berat, kali ini kita bahas yuk jajanan ringan pengganjal perut yang enak dan murah di Jogja, ini dia!

1. Lumpia Samijaya
Bukan Semarang aja yang punya lumpia, Jogja juga punya. Lumpia Samijaya patut kamu coba saat ke Jogja. Sedikit berbeda dengan lumpia Semarang, Isi lumpia Samijaya terdiri dari campuran daging ayam, telur puyuh dan bengkoang. Nikmat, padat bernutrisi, disantap selagi hangat, pas buat mengganjal perut sebelum makan berat. Kalau kamu jalan-jalan ke Malioboro, jangan lupa mampir ya, bukanya dari jam 10 sampai jam 4 sore. Harganya sekitar 4 ribu-an per buah.

  Lumpia Samijaya Jogya
Lumpia Samijaya (Foto : https://travelingyuk.com)


2. Rujak Es Krim Pak Nardi
Es krim pake rujak? Iya bener, rujak dikasih es krim. Inovasi unik ini dilakukan oleh Pak Nardi. Pak Nardi memadukan rujak yang terdiri dari kuah berbumbu bawang putih, berisi bengkuang beserta buah-buahan lainnya dengan es krim berbagai rasa, es krimnya pun buatan sendiri.

Emang cocok? Daripada penasaran, kalo kamu kesana harus coba nih, Rujak Es Krim Pak Nardi  di Jl. Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman. Bukanya dari jam 8 pagi hingga jam 3 sore, semangkoknya 6 ribu-an. Seruput di tengah terik panas siang hari, seger banget!

Rujak Es Krim Pak Nadi
Rujak Es Krim Pak Nadi (Foto : http://hobikulinerrr.blogspot.com)

3. Kopi Jos Lik Man
Kamu para pecinta kopi, udah pernah nyoba belum nih kopi unik yang satu ini? Kopi hitam yang dicemplungin arang panas menyala saat disajikan, atau dikenal dengan kopi jos. Kebayang ya, jos nya!

Sambil menyeruput kopi, kamu bisa menyantap sego kucing (nasi kucing) dengan beragam sate seperti sate usus, sate telur puyuh dan lain-lain, serta aneka gorengan sebagai lauk.

Penasaran sama kopi jos? Langsung aja melipir ke Angkringan Lik Man, di Jl. Wongsodirjan, Gedong Tengen, Sosromenduran. Konon angkringan Lik Man ini adalah angkringan ter-legend di Jogja dan bisa jadi wisata kuliner murah meriah di Jogja yang wajib ada di to do list. Jadi, rugi banget kalo Kamu nggak nyobain. 

Jam operasionalnya setiap hari Senin sampai Sabtu, dari jam 2 siang sampai jam 3 pagi, range harganya mulai dari seribuan. Tapi kamu jangan kesana hari Minggu ya, soalnya libur.

Kopi Jos Lik Man
Kopi Jos Lik Man (Foto : https://travel.tribunnews.com/)


4. Wedang Ronde Mbah Paiyem
Jalan-jalan malam di Jogja? Jangan lupa mampir ke wedang ronde Mbah Paiyem di Jl. Kauman, ya. Semangkok wedang ronde harganya 5 ribu. Isinya terdiri dari kuah jahe ditambahkan gula sesuai selera, irisan kolang-kaling, kacang tanah yang dicincang kasar, dan bintang utamanya, yaitu bulatan ronde yang terbuat dari ketan berisi gerusan kacang dan gula. Kenyal legit dan pecah manisnya ketika digigit, dipadukan dengan kuah jahe yang pedas manis hangat, cocok banget buat menghangatkan badan kamu malam-malam!

Wedang Ronde Mbah Paiyem
Wedang Ronde Mbah Paiyem ( Foto : https://travelingyuk.com/)

5. Wedang Tahu Mbah Sukardi
Kamu pernah coba kembang tahu? Nah, wedang tahu ini serupa. Terdiri dari olahan kedelai lembut, disajikan dengan kuah jahe seperti kuah wedang ronde. Kembang tahu yang lembut dan lumer di mulut, langsung meluncur ke perut bersama dengan kuah jahe yang pedas manis hangat, cocok banget buat ganjal perut dan menghangatkan tubuh pagi-pagi. Seporsi 6 ribu-an aja, wedang tahu ini buka dari jam setengah 7 pagi, letaknya di Jl. Kranggan No.75, Cokrodiningratan, Jetis.

  Wedang Tahu Mbah Sukardi
Wedang Tahu Mbah Sukardi (Foto : https://www.tripzilla.id// @jogjafoodhunter)

6. Jenang Jogja Bu Gesti
Buat sarapan atau ngemil sebelum makan siang, panganan manis legit ini cocok banget. Jenang Jogja, jajanan tradisional khas Jogja yang tak lekang oleh zaman. Buat kamu yang penasaran, langsung aja cobain Jenang Bu Gesti di Pasar Lempuyangan. Bukanya dari jam 8 pagi hingga jam 11 siang. Harganya mulai dari 4 ribu-an per porsi.

Ada 3 macam jenang yang bisa kamu coba di sini, yaitu jenang candil, jenang sumsum dan jenang mutiara. Disajikan dengan siraman kuah santan, perpaduan antara manis legit dari jenang dan gurihnya santan, pecah banget di mulut. 
Jenang  Jogya Bu Gesti
Jenang  Jogya Bu Gesti (Foto : https://travelingyuk.com/)

Dari 6 spot wisata kuliner murah meriah di Jogja ini, mana yang paling bikin kamu ngiler? Atau malah kamu masih kepo dengan tempat lainnya? Kalau begitu cek deh di https://www.cekaja.com/info/cek-5-rekomendasi-wisata-kuliner-murah-di-yogyakarta/ . Yang terpenting, buat kamu yang berencana mau ke Jogja, ingat baik-baik tempat kuliner murah di atas ya! Semoga liburan ke Jogya menyenangkan ya, Moms!

6 komentar:

  1. Waaah kelimanya belum pernah coba. Pernah dengar wedang jos tp blm pernah coba yang ini. Ntar mau coba ah kalo ke Yogya lg.

    BalasHapus
  2. Dari enam referensi di atas, yang paling bikin saya penasaran adalah nomor 3, 4, dan 6.

    BalasHapus
  3. Es krim rujak favorit kaaa aku sukaaa bingits. Cocok utk yg panas2 di yogyaa

    BalasHapus
  4. Wow info kaya gini bermanfaat banget nih, kalau liburan ke yogya mau makan irit bisa mampir ke sini hehehe

    BalasHapus
  5. Uwuuu kuliner Jogja emang enak-enak tiada dua ya Mbak. Belum lagi harganya juga murce. Seneng deh kalo main ke Jogja :))

    BalasHapus
  6. Banyak ragam kuliner di Jogjakarta
    Khas Nusantara banget, selama ini menelusuri lebih konsen ke tempat wisatanya. Sampai kuliner kurang dalam dijelajahi

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^