Kamis, 13 Februari 2020

Enduro, Jagoannya Oli

Enduro, Jagoannya Oli

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Sejak bisa mengendarai motor, aku senang sekali menjelajahi alam dengan motor. Zaman masih kuliah aku dan teman akrabku sering uji nyali bawa motor ke beberapa kabupaten di Bengkulu, kampung halamanku.

Waktu itu, kami pergi ke Argamakmur (Bengkulu Utara), Manna (Bengkulu Selatan) dan pernah juga ke Curup dan Rejang Lebong. Perjalanan jauh mengendarai motor memang mengasyikkan. Penuh tantangan dan skill saat mengendarai di jalan raya ataupun di gang sempit.

Mengendarai motor sangat aku nikmati. Seringnya aku membawa motor dan berani ngebut, membuat aku pernah disebut mirip "tukang ojek" oleh Teteh Pipiet Senja saat acara FLP Sesumbangsel hehe... Soalnya aku memboncengi beliau dengan menyalip-nyalip mengejar jadwal siaran radio. 

Saat akan berangkat, motor perlu dicek. Apakah layak untuk perjalanan jauh. Baik ban, lampu, oli motor dan bahan bakarnya.

Sayangnya aku tidak terlalu paham dengan perawatan motor. Urusan perawatan motor aku sering bertanya dengan suami. "Mi, saatnya ganti oli! Besok, motor Abi bawa ke bengkel, ya!" 

"Emang kenapa harus ganti oli?" tanyaku. 

Akhirnya aku dijelaskan deh kenaoa motor harus dirawat dengan mengganti oli yang tepat. 

Kalau mesinnya terasa kasar saat dibawa, artinya perlu diganti oli. Nah, oli kalau sudah menempuh lebih  2000 KM harus ganti, jika tidak maka tidak berfungsi lagi sebagai pelumas, sehingga mesin  cepat rusak.  Sayang kan kalau motor di bawah 5 tahun mengalami kerusakan akibat kelalaian malas ganti oli? 

Mengenal Oli Enduro

Motor awet akan menjadi sahabat perjalanan yang menyenangkan. Tentunya aku perlu memilih oli yang cocok untuk motor sebagai penunjang aktivitasku. Aktivitas mengganti oli ini jangan dianggap sepele ya, Mom. Jika sembarangan memilih oli, maka mesin mudah sekali rusak. Sayangkan motor sebagai alat transportasi kita mudah rusak. 

Minyak pelumas mesin atau yang lebih dikenal dengan oli mesin, banyak sekali ragamnya dan macamnya. Tergantung dengan mesin itu sendiri sesuai dengan kegunaanya. 


Enduro, Jagoannya Oli


Fungsi Oli Mesin :

1. Sebagai pelumas mesin.

Oli akan mencegah gesekan antar komponen mesin yang bisa merusak bagian-bagian mesin 

2. Sebagai pendingin mesin
Jika panas yang terlalu tinggi akan merusak komponen mesin.

3. Sebagai pelindung mesin
Melindungi mesin dari karat

4. Sebagai pembersih
Kotoran bisa masuk ke sela-sela ring 

Aktivitas mengganti oli ini jangan dianggap sepele. Jika sembarangan memilih oli, maka mesin akan cepat rusak. "Oli Motor kita itu sering pakai Oli Enduro, loh!" kata suamiku. Wah, aku jadi penasaran mengenai Oli Enduro.


Oli Enduro, jagoannya oli bikin motor terasa ringan. Contohnya pada Enduro 4T Racing 10W-40 memiliki keunggulan, antara lain dapat mencegah terjadinya slip pada kopling basah dan memiliki kekentalan yang sangat stabil pada temperatur rendah dan tinggi. Aduh, senang sekali kalau motor jadi terawat dengan baik.

Enduro, Jagoannya Oli

Oli Enduro adalah pelumas sintetik berkualitas tinggi dengan akselerasi tinggi dan mempunyai kemampuan anti selip komplit yang cocok untuk pemakaian sehari-hari atau racing.

Cara membedakan yang asli adalah dengan melihat dibagian depan ada tulisan PMK atasnya Pertamina seperti ultraviolet. Bagian belakang ada stempel yang menyatuh dengan kardus/botol oli pertaminan. 

Setelah menggunakan Oli Enduro : 
- motor terasa ringan dan nyaman.
- power gitu 1-4 terasa cepat.
- Tidak Selip

Harga Oli motor Enduro sekitar 50K

Nah Sahabat Smart Mom, ayo jaga motormu dengan oli terbaik!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^