Jumat, 07 Februari 2020

Pengalaman Mencari Keluarga Cinta Sastra

Assalamualaikum, Sahabat Smart Mom,
Ini adalah ringkasan tugasku di Bunda Cekatan, Institut Ibu Profesional. Alhamdulillah pekan ini aku menemukan keluarga dengan hasil Mind Map yang aku buat. Awalnya aku mau fokus kepenulisan karena makanan utama yang aku cari adalah konten kreator. Tapi, aku juga tergoda untuk gabung di keluarga SEO karena 5 tahun terakhir aku fokus di dunia blogger.

bunda cekatan ibu profesional


Namun, akhirnya aku memilih masuk ke keluarga sastra. Kamipun membentuk group di WA dengan kepala keluarga Mbk Rian Andini. Di group ini awalnya dibahas mau membicarakan apa saja. Aku dan beberapa teman parade karya. Beberapa sudah punya buku solo, antologi sampai yang benar-benar nol mau belajar menulis.

Adalah Mbk Ai dari Karawang yang banyak memberikan jalan alur keluarga sastra dari  kami menentukan apa saja yang akan dibahas seperti untuk transfer ilmu, akhlak, adab dan merangsang anak mencintai buku dan kegiatan membaca. 

Kami juga sepakat membahas Road Aloud (membaca nyaring), puisi, cerita anak, novel dan komik. Kami pun memberikan nama keluarga adalah KELUARGA CINTA SASTRA.

Jujur, awalnya galau banget melanjutkan kelas ini karena aku pengen menemukan keluarga yang bisa bikin aku "naik level" sebagai penulis. Tapi, aku menemukan keluarga yang masih perlu banyak belajar soal menulis. Aku galau mau balik masuk keluarga SEO, tapi sudah kadung beberapa hari. Apalagi kemudian didaulat ngisi sharing menulis cerita anak dengan alasan akan LIVE dan teman-teman sepakat memilih tema tersebut.

Waktu itu enggak bisa menolak, aku Ahad itu full banget. Dari pagi ada kondangan, sore menjenguk Mas Faris di Pondok DaHi. Malam disuruh sharing. Aku iyakan karena mengejar mepet untuk persiapan LIVE. Olala… Besoknya aku drop banget abis kehujanan  dan langsung manggung :) Baca Juga : Wisuda Online Kelas Bunda Sayang Ibu Profesional

Bersyukur selama sharing Asyiknya Menulis Cerita Anak semua berjalan lancar.

Beberapa pertanyaan seputar cerita anak dan cara mengirimkan karya ke penerbit mayor. Berikut ringkasannya : 

Karya Mbk Susi Firdausa Keluarga Cinta Sastra.




Semoga nanti ada kejutan baru agar aku bisa makin mengasah kemampuan menulisku. Alhamdulillah untuk pekan yang membawa banyak pengalaman.



Nah, itulah keseruanku menemukan keluarga cinta sastra yang insya Allah akan terus bergulir sampai pekan berikutnya. Doakan aku semakin banyak ilmunya ya!

18 komentar:

  1. Mau baca ringkasan pertanyaan di Keluarga Pecinta Sastra, eh ternyata bentuknya gambar ... kecil pula gambarnya, Mbaak, gak bisa baca .. :D

    Alhamdulillah ya ada kesempatan lagi untuk sharing pengalaman, in syaa Allah akan sangat bermanfaat bagi keluarga lainnya.

    BalasHapus
  2. Asyiknya ya Mba punya komunitas seperti IIP ini.. apalagi ketemu sama temen-temen yang punya passion yang sama.. pasti jadi semangat banget ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ya, Kak? Seru banget deh ikutan komunitas seperti ini! Serasa punya keluarga yang sepemahaman dan se-passion, ya?

      Thanks for sharing this positivity, Kak Naqqy! 🙏💕❤️

      Hapus
  3. Senang ya kalau ngumpul sama teman2 yg sefrekuensi, bisa mengasah kemampuan bersama2 dan saling dukung.

    BalasHapus
  4. Wah, seru-seru yaaa Ibu Profesional ini. Barusan tadi saya mampir di blog-nya Mba Susi yg masuk Keluarga SEO. Senang banget bisa baca Mba Naqiyyah juga di Keluarga Sastra. Pengalaman dan kegiatannya seru-seru mba.

    BalasHapus
  5. Keren buangeett Mba Naqi!
    Aku juga pengiin banget ikutan acara kayak gini
    Nambah ilmu, kenangan seneeeng pol!

    BalasHapus
  6. Mantabs kak, semoga makin sukses jd penulis handal dan terkenal ya

    BalasHapus
  7. aamiin, inshaallah dimudahakn segala usahanya kalau rajin cari ilmu pasti dapat ilmu,,semangat mbak

    BalasHapus
  8. Wah, tugas bucek ya mbak. Good luck mbak. Moga makin banyak ilmunya dan makin banyak juga yang bisa ditransfer ke orang lain. ^^

    BalasHapus
  9. Komunitas ni ada dimana saja ya?
    Seru juga kl join hehe

    BalasHapus
  10. Seru sekali Keluarga Cinta Sastra ini. Saya bisa bayangkan bagaimana proses perkenalannya di sana. Mbak Naqi tepat banget jadi gawang di sana. Keren banget prestasinya.
    Saya sampai tadi siang baru ikut eluarga SEO. Pagi tadi kok pengen mendua di Kelas Camlisious. Hihi.
    Kita satu keluarga di sana dan sini.

    BalasHapus
  11. Menarik sekali Kristan keluarga cinta sastra ini, membahas Road Aloud (membaca nyaring), puisi, cerita anak, novel dan komik.

    Kalo masih punya anak kecil nampaknya pingin ikut deh

    BalasHapus
  12. Yeayy,, senang bisa sekeluarga dengan mbak naqiyyah. Keluarga cinta sastra. Kalau alasan pilih keluarga sastra lantaran pingin mensupport anak yg sdg minat nulis

    BalasHapus
  13. Huwa aku denger ceritanya kok seru ya bund keluarga cinta sastra ini
    pengen join wkwkwk tapi belum punya anak boleh ga hehehe
    pengen semakin produktif dengan adanya begini, saling belajar juga
    Sehat selalu ya bund, jaga kesehtan dengan segudang aktifitasnya

    BalasHapus
  14. Ikut kelas ini juga ta Mbak. Bareng Mbak Susindra ya berati, tapi dia di bagian kelas SEO. Pengen ikut juga euy. Tapi dah telat yak.

    BalasHapus
  15. Wah asyiknya di kelas bunda cekatan. Bisa pilih kelas penjurusan sesuai minat ya. Tapi pastinya saya juga bingung nih dihadapkan dengan pilihan antara memilih kelas SEO atau Sasta karena keduanya sama2 menggiurkan bagi blogger yang juga suka dengan dunia sastra ya.

    BalasHapus
  16. Seru sekali mbak, belajarnya di bunda cekatan IIP. Aku belom sampe sana. Terus berbagi ilmunya mba Naqy :))

    BalasHapus
  17. Wah asik banget deh kalau ketemu yang bisa nyambung gitu.. banyak belajar dan sharing pengetahuan..

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^