Selasa, 05 Mei 2020

Tips Foto Produk dengan 5 Aplikasi Edit Foto

Sejak anak-anak bersiap makan dan membuat MPASI, aku senang sekali mengabadikan menu makanan mereka. Walau saat itu, ilmu fotografiku masih sangat minim. Berjalan dengan waktu, aku semakin sering diundang untuk mereview makanan dan mereview produk dan jasa. Aku mulai berpikir untuk mendalami ilmu editing foto. Setidaknya dengan modal smartphone, foto yang dihasilkan bagus dan indah. 



Tips Foto Produk dengan 5 Aplikasi  Edit Foto


Beberapa waktu lalu, Tapis Blogger mengadakan Kulwapp Tips Foto Produk bersama Mbk Maylinda (IG @yara_artandcraft). Sudah berpa kali aku ikut belajar moto produk dan edit foto bersama Mbk May ini. 



Selasa, 14 April 2020, Kulwapp Tips Foto Produk dimulai. Diikuti oleh 90 peserta dari berbagai profesi. Mbk May mengawali cerita mengenai definisi fotografi. 

Fotografi adalah berasal dari Bahasa Yunani yang artinya kurang lebih adalah ilmu melukis cahaya atau mengenai cahaya, maka bisa disimpulkan yang paling kita kuasai adalah tentang cahaya. 

Sebelum kita moto, kita perlu mencari cahaya. Sumber cahaya bisa cahaya alami (matahari) dan artifisial (lampu). Untuk sumber cahaya matahari adalah waktu yang terbaik yaitu 8-11 atau jam 4-6 sore tapi kalau mendung dapat dimulai jam 1. 

Dalam fotogafi ada dua nuasa. Ada foto terang dan gelap. Keduanya sama-sama memerlukan cahaya yang cukup hanya perlu dikendalikan. Sebelum moto, kita perlu mempersiapkan konsep dan menyiapkan alat-alatnya. 


Ada 3 alat yang digunakan untuk mengatur cahaya : 


1. Reflektor 

Berfungsi untuk memantulkan cahaya, memberikan cahaya atau sinar di daerah yang gelap. Contohnya, kita mau moto sesuatu cahaya dari kiri, kita taruh bendanya di tengah, tapi pasti akan gelap di sebelah kanan, untuk menerangi sisi gelap sebelah kanan maka kita taruh reflektor di sebelah kanan. Jadi ia akan menatulkan cahaya dan menyinari bagian gelap dari objek tersebut. 

2. Diffuser 

Fungsinya untuk menyaring cahaya atau cahayanya terlalu silau. Misal mau moto jam sebelas kita dapat menggunaka Difuser. Contoh barang sehari-hari seperti kain putih, kerudung paris warna putih. Misalnya kita moto di dekat jendela, difuser ini kita taruh di dekat jendela, sehingga cahaya tersaring oleh defuser, sehinga lebih lembut. 

3. Blocer 

Fungsinya untuk menghalangi cahaya. Digunakan saat kita moto yang gelap-gelap. Saat kita moto yang gelap bukan di tempat gelap, tapi tetap di tempat yang terang, tapi hanya saja dibagian tertentu kita blok cahaya agar menjadi gelap. Kita dapat menggunakan karton hitam, triplek hitam atau sesuatu yang berwarna gelap. Tapi lazimnya berwarna hitam. 

Teknik Pengambilan Gambar 


Dalam fotografi ada namanya angle atau sudut foto. Ada 4 angle yang dapat kita coba : 

1. Eye Level 
Kamera dengan objek letaknya sejajar. 

2. High Angle 
Ada 2, yaitu 20 derajat dan 45 derajat 

3. Top Angle 
Posisi kamera tepat di atas objek. 

4. Low Angle 
Posisi kamera di bawah atau lebih rendah dari objek. 

Sebenarnya masih banyak lagi yang disampaikan oleh Mbk Maylinda mengenai Tips Foto Produk. Mbk May juga menyampaikan beberapa aplikasi edit foto yang sering digunakan. 

Setelah berapa kali mengikuti kelas editing foto dengan Mbk May, aku mulai menikmati mengedit foto dengan beberapa aplikasi-aplikasi edit foto sebagai berikut : 

5 Aplikasi  Edit Foto

1. Snapseed 

Aplikasi ini paling mudah digunakan dan cukup lengkap. Dengan menggunakan aplikasi edit foto snapseed, foto akan semakin terlihat cerah. Bahkan jika ingin menghilang sesuatu yang menganggu, dapat menggunakan fitur healing pada aplikasi edit foto snapseed. 

Aplikasi Edit Foto Snapseed
Tips Foto Produk dengan Aplikasi  Snapseed
Ini hasil editan menggunakan Aplikasi Snapseed


2. VSCO 

Aplikasi edit foto VSCO cukup besar dan memakan memori di smartphone. Tapi hasilnya membuat foto semakin menarik. Hasilnya tidak kalah dengan foto menggunakan kamera. Nanti di bawah aku bahas lebih detail, ya! 

Aplikasi Edit Foto VSCO
Aplikasi Edit Foto VSCO
Tips Foto Produk dengan Aplikasi  VSCO
Ini hasil editan dengan menggunakan Aplikasi VSCO dan Phonto.


3. PicsArt

Aplikasi edit PicsArt sudah semakin banyak fitur dan pilihan templatenya. Namun, sejak lama aku lebih menyukai mengedit foto untuk membuat foto menjadi PNG. Misalnya kalau kita ingin memberikan logo pada video atau foto kita dengan seragam. Maka, edit saja di PictArt pada bagian warna latar belakang yang paling kiri dan mencari stiker sesuai logo yang diinginkan. Kemudian tambah font yang diperlukan. Nah, mudahkan? Selain itu, di PicArt lebih mudah memotong foto sesuai dengan ukuran yang ditentukan. Potongan foto dengan bentuk lingkaran akan memudahkan kita untuk membuat flyer lebih menarik.

Tips Foto Produk dengan 5 Aplikasi  Edit Foto
Aplikasi PicsArt
Tips Foto Produk dengan Aplikasi PicsArt
Edit foto untuk membuat logo dan juga memotong foto sesuai bentuk yang diinginkan.


4. Canva 

Aplikasi Canva banyak memiliki fitur yang sangat bagus. Aku sendiri memilih Canva untuk menunjang kegiatanku mengelola Komunitas Tapis Blogger. Contohnya flyer ini aku buat dengan aplikasi Canva, gimana hasilnya? Lumayan kan? 
Aplikasi Edit Foto Canva
Aplikasi Edit Foto Canva
Tips Foto Produk dengan Aplikasi Canva
Flyer ini dibuat dengan aplikasi Canva.

Aplikasi Edit Foto menggunakan Canva memiiki banyak pilihan karena sudah ada templatenya. Dari aplikasi edit foto Canva, aku dapat membuat flyer secara sederhana, seperti gambar di atas. Bagaimana, menarik bukan?

5. Phonto 

Menggunakan foto lebih ke menambahkan font untuk mempercantik foto. 

Aplikasi Edit Foto Phonto

Tips Foto Produk dengan Aplikasi  Phonto
Pilihan font di Phonto lebih banyak untuk watermark.


Baca Juga : 7 Manfaat Naik Gojek

Cara Langganan Aplikasi Edit Foto dengan GoPay 

Aplikasi Gojek menjadi andalanku untuk meningkatkan aplikasi edit foto menjadi pro. Pembayaran salah satunya dengan GoPay. GoPay ini adaah salah satu layanan e-wallet terbesar di Indonesia yang digunakan untuk bertransaksi di aplikasi GoJek yang dapat digunakan transaksi online maupun offline. 

VSCO Premium di GoPay


Selama ini mungkin akrabnya GoPay untuk bayar layanan GoRide, GoCar, GoBills saja, tapi dapat digunakan berlangganan aplikasi edit foto, salah satunya VSCO. 

Aplikasi VSCO ini dapat membantu foto-fotomu menjadi lebih kece sehingga feed media sosialmu makin hits, loh! Untuk April 2020 ini ada promo cashback hingga 100% berlaku tanggal 1 April-31 Mei 2020. 

Keunggulan Aplikasi edit video VSCO ini adalah fitur dan filter banyak pilihan. Aku sering menggunakan fitur eksposur untuk menerangkan foto, saturnasi untuk memperjelas warna dan pertajam untuk mempertajam foto sehinga fotonya semakin jelas. 

Tips Menambahkan GoPay di Google Play : 


Jika kita ingin berlangganan aplikasi VSCO dapat menambahkan metode pembayaran dengan memilih GoPay di Google Play seperti gambar berikut : 

1. Masuk ke Google Play Store dan klik “Metode Pembayaran” 

2. Pilih “Tambahkan GoPay” sebagai metode pembayaran. 

3. Klik “lanjut”

Tips Menambahkan GoPay di Google Play

Tips Menambahkan GoPay di Google Play



4. Masukkan PIN GoPay. Pasang PIN GoPay jika belum terpasang. 

5. Yeay, GoPay sudah terpasang. 

6. Lakukan pembelian aplikasi dan games. 

7. Pilih GoPay sebagai metode pembayaran dan klik “Subscribe”.

Tips Menambahkan GoPay di Google Play

Tips Menambahkan GoPay di Google Play



Teman-teman juga bisa temukan promo GoPay di Google Play untuk aplikasi lainnya di sini. Nah, teman-teman, ingin fotonya lebih kece? Yuk, coba menggunakan aplikasi edit foto di atas!

39 komentar:

  1. Kayaknya seru Mbak kalau lebih dibahas lagi yang tiga elemen dalam mendukung fotografi; reflektor, diffuser, blocer. Terutama, penggunaan benda sehari-hari yang berfungsi sebagai salah satu dari tiga elemen pendukung itu. Aku pernah lihat di Facebook kalau uang receh bisa berfungsi sebagai reflektor.

    BalasHapus
  2. makasih banget nih, lengkap lagi

    BalasHapus
  3. Aku suka pakai canva...soalnya banyak templatemya diawauaikan mau naroh atau pajang dimana Ig Facebook bahkana WA story'..

    BalasHapus
  4. Ooh sudah bisa ya upgrade aplikasi di Google Play dan membayarnya menggunakan GoPay. Wah canggih ya sekarang.
    BTW, terima kasih sharing mengenai aplikasi edit fotonya, Mbak. Mantap.

    BalasHapus
  5. So far aku sih pake picsart sm canva mba buat edit photo...
    Sering denger 3 apps yg lainnya tp blom pernah coba nih
    Tfs mba

    BalasHapus
  6. Picsart andalanku banget nih...hehe meski install beberapa aplikasi..tetep aja yang sering dipake itu2 juga. Pengen coba VSCO nih...

    BalasHapus
  7. Simple banget tipsnya yaa, aku pake semua, sesuai kebutuhan aja, tapi yang engga phonto doank Mak.
    Ah, makin dipermudah aja yaaa buat poto keceee, apalagi kalo pake yang premium, gampang pembayarannya bisa lewat gopay.

    BalasHapus
  8. asik banget ya ini sekarang untuk beli aplikasi yang berbayar sudah bisa menggunakan GoPay ya mbak. Aku baru tau ini, jadi pengen coba juga ini karena beberapa apps yang aku gunakan untuk editing foto rata-rata berbayar.

    BalasHapus
  9. aku cuma pake snapseed sama phonto aja. plus lightroom berbayar.
    enak ya bisa bayar pake gopay buat beli aplikasi :)

    BalasHapus
  10. Wah aku belum pernah nyoba phonto sama VSCO, mantap ya cuma bayar dikit udah berbeda penggunaannya.
    Aku mau aktifin dulu Google pay ku, mbak

    BalasHapus
  11. Sekarang aplikasi bisa dibeli dari gopay ya? jadi lebih mudah ya. Kalau dulu kan kudu pakai CC. Power director bisa juga ga ya beli pakai gopay? Jadi kepo deh aplikasi apa aja yang bisa dibeli pakai gopay

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mbak Ade, Power Director juga bisa kok dibayar pakai GoPay. Banyak banget aplikasi yang sebetulnya bisa dibayar pakai GoPay, misalnya aplikasi editing video, aplikasi nonton film, aplikasi ruang penyimpanan, dan sebagainya :)

      Hapus
  12. Saya juga melakukan pembayaran dengan Gopay. Tetapi, untuk memperbesar kapasitas penyimpanan foto

    BalasHapus
  13. aku pakainya Snapseed, PicsArt dan Canva mbak...ini aplikasi edit foto favorit aku yang membantu banget

    BalasHapus
  14. Aku paling maksimalin pake snapseed aja tapi ga semua fiturnya aku pake. Diem di rumah aja berasa jadi pengen ngulik ini itu ya. Coba fiturnya gopay buat aplikasi edit fotoku ah

    BalasHapus
  15. Iya sekarang mudah ya membeli aplikasi atau berlangganan di google play bayarnya pakai gopay, lebih praktis..

    BalasHapus
  16. Selama ini saya baru pakai Picsart di smartphone dan Canva untuk di laptop. Penasaran ingin bisa juga edit foto pakai Snapseed dan Ponto, harus install dulu.

    BalasHapus
  17. aku memakai aplikasi pics art mba, sempat nyobain yang berbayar juga dan bayarnya pakai GoPay juga. btw makasih buat tipsnya

    BalasHapus
  18. wah bisa di bayar via gopay yah. mantap juga bisa lebih mudah. Btw itu aplikasi dipake semua kah atau sesuai kebutuhan, aku suka lupa ama photo

    BalasHapus
  19. keren deh foto2 hasilnya mbak Naqy ini, aku gak pernah pake app phonto malah selama ini, boleh juga dicoba

    BalasHapus
  20. Aku cuma familiar sama Canva mbak. Snapseed install sih tapi masih bingung pakainya. Hehehe. Waah enak ya sekarang beli GooglePlay bisa pakai GoPay.Praktis ya mbak.

    BalasHapus
  21. wohooo, kalau mau usaha dan belajar bahkan pake hape pun bisa dapat hasil photo yang pro ya mba... Makasih banget jadi nambah banyak info soal aplikasi edit2 foto...

    BalasHapus
  22. Hampir semua aplikasi edit foto dibatas saya gunakan kecuali VSCO soalnya dulu ngira VSCO itu bukan aplikasi tapi komunitas ๐Ÿ˜…

    BalasHapus
  23. Foto hampir semuanya di edit dulu yaa, kak...?
    AKu masih bingung meletakkan Reflektor, diffuser dan blocker.
    Kayanya harus ikutan pelatihan fotografi langsung yaah...biar paham.

    BalasHapus
  24. Semua aplikasinya ada di hape, tapi yang paling sering kupakai ya snapseed ama canva doang. hehehe.

    BalasHapus
  25. Pernah coba snapsheed dan canva utk edit foto. Hasilnya lumayan bagus, meski baru bisa dasar-dasarnya aja. Selalu iri dengan teman-teman blogger yg hasil editan fotonya keren-keren, sy masih belajar otak atik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya baru pakai PicsArt. Masih belajar banget biar bisa menghasilkan foto-foto yang kece

      Hapus
  26. Astaga, ini yg kuperlukan, aku izin bookmark Mba. Aplikasi ku selama ini cuma picsary, canva, snapseed. Yang kucari2 ternyata VSCO. Usul Mba, yg 3 printilan foto2 itu bagusnya ada fotonya juga, jadi nyubi sambil belajar juga

    BalasHapus
  27. wah banyak sekali ya ternyata, klo mb naqi lebih sering pake yang mana?

    BalasHapus
  28. Wah bermanfaat sekali ilmunya,, terimakasih mbak Naqisudah share tulisannya๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
  29. Mantap umi. Nggak sabar mau coba semua apps nya

    BalasHapus
  30. Aku pernah belajar Teknik Pengambilan Gambar tapi belum dipraktikkan. Kalau aplikasi buat edit foto, aku pakai beberapa sih

    BalasHapus
  31. seneng ya sekarang bisa pakai gopay buat bayar aplikasi di playstore, gak ribet :)

    BalasHapus
  32. Makasih sharing ilmunya ya Mbak.
    Dari kelima ini, cuma VSCO ini malah belum pernah kucoba sama sekali. Nanti kapan² mau coba juga ahh, tapi harus kosongin memori dulu berarti nih.

    BalasHapus
  33. Ooo ternyata editnya pake VSCO ya mbak, pantes cakep dan baru tau langganan VSCO bayarnya bisa pake Gopay ๐Ÿ˜ senangnya

    BalasHapus
  34. Keren tipsnya. Terima kasih mbak Naqi,

    BalasHapus
  35. Belum pernah instal vcso nih.. Keknya para selebgram rerata pakai itu ya.. Coba ahh

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^