Selasa, 12 Mei 2020

7 Hal Kegiatan Ngabuburit di Rumah Aja

Kegiatan Ramadhan tahun ini berbeda. Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan negara lainnya, Ramadhan di rumah saja. Kegiatan bukber atau buka puasa yang biasanya diinginkan sudah tak ada. Padahal, kalau ada bukber, acara yang paling ditunggu itu adalah ngabuburit alias acara mengisi waktu menunggu adzan maghrib berkumandang. Banyak hal positif yang dapat dilakukan saat ngabuburit loh!



Nah, berikut kegiatan seru yang dapat dilakukan selama ngabuburit di rumah aja :


7 Hal Kegiatan Ngabuburit di Rumah Aja

7 Hal Kegiatan Ngabuburit di Rumah Aja


1. Baca Buku

Usai masak, biasanya aku bisa sedikit santai dengan memanjakan diri dengan membaca buku. Beberapa buku yang masih dibungkus di dalam lemari aku keluarkan dan mulai membaca kembali. Jika selama ini alasannya tidak punya waktu, tahun ini banyak di rumah saja, aku bahagia dengan membaca buku lebih banyak. Tak hanya buku cetak, versi digital juga banyak loh!

2. Fotograf

Memotret makanan yang sudah masak menjadi hobiku selama Bulan Ramadhan. Suami awalnya senyum-senyum melihat istrinya motret menu berbuka puasa. Apalagi saat minta bantuan menjaga makanan dari gangguan kucing-kucing peliharaan. “Ya udah, asal Umi bahagia deh!” kata suami. Haha... iyalah mendokumentasikan hasil makanan menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri. Apalagi aku pemula banget dalam hal masak memasak hihi…

7 Hal Kegiatan Ngabuburit di Rumah Aja
Memotret makanan jadi terapi bagiku :)

3. Edit Video

Sejak belajar di rumah saja, tugas anak-anak sering didokumentasikan lewat foto dan video. Bahkan tugas Aisyah yang masih TK lebih banyak dibanding tugas Abang Fatih yang sudah kelas 2 SD. Kegiatan Aisyah di rumah aku abadikan dengan video dan mengeditnya dengan beberapa aplikasi editing video di smartphone, seperti Kinemaster, Canva, Power Director atau Quik. 

4. Mengajarkan Anak Mengaji

Memanfaatkan waktu bersama keluarga untuk meningkatkan ibadah di Bulan Ramadhan ini, terutama dengan banyak mengaji. Senang sekali melihat perkembangan anak-anak mengaji. Selain membaca Al-Qur’an, anak-anak didampingi untuk muroja’ah doa dan hadist. Alhamdulillah sejak di rumah saja, perkembangan anak-anak mengaji cukup pesat. 

7 Hal Kegiatan Ngabuburit di Rumah Aja
Aisyah senang belajar mengaji 

5. Berkebun

Berawal dari tetangga di rumah lama kami memberikan labu kuning. Mas Faris yang senang bercocok tanam menyebarkan bijinya ke tanah kosong di depan rumah kami. Labu itu tumbuh subur dan berbuah. Ketika panen, anak-anak senang sekali. Kemudian, bijinya ditanam lagi sehingga labunya kian banyak berbuah. Wah, seru ya menanam labu!

7 Hal Kegiatan Ngabuburit di Rumah Aja
Panen labu :)

6. Menulis

Menjelang buka puasa, ada banyak ide yang bertebaran di kepala. Tapi, bagaimana menjadikan dalam bentuk tulisan? Nah, biasanya aku mengamati tren di media sosial. Terutama di twitter, apa yang senang trending topic? Apa yang lagi seru dibahas orang? 

Ngeblog adalah kegiatan seru selama di rumah aja :)

Untuk di Bulan Ramadhan ini, tentunya lebih seru berbagi cerita kebaikan dengan gaya lucu dan fun apalagi kalau dapat hadiah? Bagaimana caranya? Sttt... nanti aku ceritakan, ya!


7. Nonton

Sejak di rumah saja, kegiatan nonton menjadi hiburan yang menyenangkan! Suatu hari, aku membuka youtube dan anak-anak melihat, “Umi nonton Atta Halilintar?” tanya Abang Fatih. Ya, sejak gebrakan Atta berbagi dan akun Youtubenya untuk yang terkena dampak Covid-19, aku jadi suka. Jarang kan anak muda seusia 25 tahun sudah memiliki penghasilan dan berdedikasi untuk kemanusiaan. Video kreatifnya tentu saja bikin penasaran dan cerita hidup masa kecilnya sampai bisa mandiri. 

Kegiatan nonton ini tentu saja bikin was-was soal kuota. Sempat ngerem biar hemat kuota, tapi butuh hiburan, gimana dong? Namun, sejak kenal Smartfren, momen Ramadhan yang di rumah saja, tetap seru, loh!

Cari kegiatan bermanfaat di media sosial.

Lebih Dekat dengan Program Smartfren di Bulan Ramadhan


Tetap produktif walau di rumah saja tentu saja memerlukan kuota yang tidak sedikit. Tapi, aku nggak khawatir lagi setelah dikenalkan teman Smartfren 1ON+. Aku beli di counter hp dengan harga murah di bawah 20 ribu yaitu seharga 18 ribu. Ternyata ini untuk kartu baru dengan kuota 3 GB untuk 24 jam dan ada bonus kuota mingguan hingga 52 GB selama 1 tahun. Tak perlu khawatir nggak isi pulsa terus kartunya mati karena masa aktif sampai 365 hari. Apalagi bisa nelpon gratis selama Smartfren. Asyik banget ya bisa hemat dan banyak bonus!

Bahagia kalau jaringan internet lancar.

Experience Using 1ON+ Selama Ramadhan


Selama Ramadhan ini, Smartfren mengadakan berbagai kegiatan seru, contohnya Ngabuburich Video Talk Show di channel youtubenya yang dipandu oleh Bintang Emon. Tentu kenalkan stand up komedi yang viral itu? Yes, acara yang dipandunya menghadirkan beberapa bintang tamu seperti Atta Halilintar, Andika (Bambang Tampan), Tretan Muslim dan lainnya.

Teman-teman juga dapat berbagi cerita kebaikan dengan gaya lucu dan fun dalam bentuk thread di twitter, loh! Berbagai hadiah menarik telah menanti! Bahkan selama Ramadhan ada kuis selama jelang sahur!


Walau tidak memiliki akun tik-tok, aku tahulah video yang lagi viral. Bertebaran TikTok #KuotaAntiWasWas Challenge dari Smartfren dengan berhadiah iPhone 11, Kamera Mirrorless, Redmi Note 8, Jam Tangan G-Shock dan lainnya. Wuih, ada yang pengen ikutan?

Untuk anak-anakku yang suka menggambar, biasanya kami melihat illustrator yang lagi ngehits di instagram. Dulu sih penasaran apa sih lucunya si Dalang Pelo atau Tahi Lalat, tapi pengen tahu apa saja isi kreativitas komik strip ini. Kadang pesannya menarik dan lucu. Namun, tetap didampingi ya kalau nonton bersama anak-anak! Program Sahuriang Comic Strip dari Smartfren ini menjadi salah satu alternatif.

Untuk lebih lengkapnya, teman-teman dapat mendownload mysmartfren di Playstore sehingga tidak ada lagi deh #AntiPuasaKuota, #KuotaAntiWasWas dan #StaySafeAntiWasWas kegiatan dari rumah saja jadi lancar. MySF ini adalah Seft Care aplikasi bagi pengguna Smartfren. Untuk pembelian paket 1 ON+ dapat dilakukan di Aplikasi Mysmartfren dengan sistem pembayaran TF-e banking, OVO dan GoPay sehingga kita tidak perlu keluar rumah. Wow, memudahkan, bukan?


Coba deh dibanding dengan provider lainnya, Smartfren memiliki berbagai keunggulan sebagai berikut :

Smartfren : 

1. Aktif 365 hari
2. Mulai 20 rb
3. Bonus kuota mingguan up to 53 GB setahun
4. Enjoy free 500 MB every 6 month.
5. Nelpon sesama SF (Unlimited).

Si Warna : 

1. Bukan kuota utama.
2. Aktif cuma 30 hari.
3. Tidak ada bonus mingguan.

Si Angka : 

1. Bukan kuota utama.
2. Nelpon sesama operator gratisnya cuma 5 menit per hari.
3. Tidak ada bonus mingguan.


Dengan keunggulan Smartfren di atas akan sangat menunjang kegiatanku mendampingi anak-anak belajar dan tetap update di media sosial. Nah, teman-teman itulah 7 Hal Kegiatan Ngabuburit di Rumah Aja yang dapat dilakukan bersama keluarga. Tidak perlu anti puasa kuota lagi kan? Cerita, yuk! Apa saja kegiatanmu selama ngabuburit di rumah!

25 komentar:

  1. Nggak bisa ngebayangin jika masa pageblug begini nggak ada internet, bakal gimana gabutnya ya mbak. Dengan banyak kuota dan lancar kegiatan di rumah bakal tidak membosankan deh 😁

    BalasHapus
  2. Wah, ngabuburit di rumah aja bisa tetep beraktivitas keren ya mbak. Biasanya suami WFH dan anak2 LFH, rrus butuh internet yg oke buat berselancar. Asik juga nih kalau kuotanya lancar ga ngeri tersendat2 :)

    BalasHapus
  3. Dari labu kuning, sudah menambah apa nih, Mbak? :D Ayo bikin akun tik tok, Mbak. Ikut challengenya. :D

    BalasHapus
  4. Kegiatanku hampir sama Mak ngabuburitnya, ketambahin kelas2 onlen palingan.
    Bener banget nih, pokoknya aku no1 WIFI di rumah harus kenceeeng, biar anteng.

    BalasHapus
  5. Banyak juga yah sekarang tuh kegiatan meskipun di rumah saja, ngerjain apasaja pun sekarang bisa, belajr pun bisa daring, bahagia deh.

    BalasHapus
  6. Hampir sama yaa kegiatan ngabuburitnya, yg beda aku blm pake smartfren nih kayaknya kudu coba juga biar punya kuota banyak yg mendukung aktivitas di rumah aja

    BalasHapus
  7. Asyiknya ngabuburitnya di rumah saja dengan kuota yang memadai ya Mbak Naqi.
    Btw, itu kanapa bisa tugas Dek Aisyah lebih banyak daripada tugas abangnya ya? :D

    BalasHapus
  8. banyak hal yang bisa dilakukan meski di rumah aja, ngabuburit pun bisa sama mengasyikkannya meski ramadan tahun ini di rumah aja

    BalasHapus
  9. baca buku....saya kok tetap masih lebih nyaman baca buku cetak drpd buku digital ya...nampak kali kalo manusia jadul hahajajaaja

    BalasHapus
  10. Hikmahnya pandemi ya mak kita belajar memaksimalkan waktu di rmh aja supaya manfaat. Idem nih lg suka motret2 juga

    BalasHapus
  11. aku padahal niat banget buat ngajari ngaji lulus tapi kok susah bagi waktunya ya mbak huhuhu nangis, kudu digencarin lagi ini usaha ngajinya
    untung kuota aman yaaa

    BalasHapus
  12. Saya juga mulai berkebun nih Mbak. nanam cabe Alhamdulillah sudah berbuah walau cabenya satu pohon tapi buahnya cukup banyak. lalu nanam pepaya, jeruk walaupun kedua pohon ini masih lama berbuah tapi tetap saja seru mengurusnya.

    BalasHapus
  13. Wihh udah panen labu, seneng dong Faris ya. Ayo menanam apa lagi nih, aku juga lagi seneng nanam sayuran. Kalo cabe sih udah mulai panen, jeruk juga udah lama ada.

    Saat pandemi memang butuh kuota yang tanpa lemot, aku sih di rumah udah ada wifi. Kalo mba Naqi pakai data Smartfrend gini jadi hemat ya dan bisa nonton Youtube nya Atta, hihiii

    BalasHapus
  14. Selama pandemi aku ngabuburit baca novel online kak, sekarang apa-apa sudah pakai internet jadi emang harus kenceng banget internet nya

    BalasHapus
  15. Wah, hamper sama nih kegiatan yang bias dilakuinnya. Palingan bedanya di berkebun. Huhuhuhu aku tuh pemalas banget. Padahal halaman rumah lumayan gede.

    BalasHapus
  16. Wah keren banget labunya... buahnya bagus banget... bisa dikreasiakan macam2 ya Mak.

    BalasHapus
  17. Kak, alas fotonya pas photography itu apakah?
    Lucu ya...
    Dan melakukan banyak hal sambil menunggu waktu berbuka ini bikin gak terasa.

    BalasHapus
  18. nah, bagian berkebun ini belum sukses, ada ikutan tanam menanam, malah mati lupa di siram, hahaha. btwkalo ada inet kan enak yah bisa ngeyutub juga liat cara tanam yang baik bagi anak-anak.

    BalasHapus
  19. Aku suka bertanaam. Dulu waktu masih kecil, setiap dapet biji juga suka kutanamin. Biji timun, kedele, jagung. Seringnya timun, kalo berbuah kujagain setiap hari biar gak dicolong anak nakal.

    BalasHapus
  20. Aku mikir keras si warna dan si angka ini maksudnya apa? Wkwkwk... oalah ternyata...
    Btw, kegiatan ngabuburitnya menarik ya mbak, ada beberapa yang sama yaitu berkebun dan menulis, hehe. Mengalihkan perhatian untuk sementara itu mah

    BalasHapus
  21. Ngabuburit asyik dengan berselancar melalui internet dengan smartfren ya Mbak, keren juga ide idenya ngasih lihat apa yang disuka oleh anak untuk melihat di Instagram.

    BalasHapus
  22. Saya juga pakai smartfren yang kuota hariannya dijatah 1GB itu. Jd bisa lancar jaya beraktivitas apa saja..

    BalasHapus
  23. saya gak berani edit video di jam 4 ke atas. sebab lamaaa...saya suka gemes kalau belum.kelar. daripada emosi, mending abis isya aja

    BalasHapus
  24. lumayan nambah2 variasi ngabuburit d rumah aja hehe

    BalasHapus
  25. Ditambah satu lagi bunda, ngobrol dengan komunitas melalui media sosial. Agar silahturahmi tetap terjalin

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^