Jumat, 10 Juli 2020

Cara Mudah Edit Foto dengan Snapseed

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,
Sejak pandemi COVID-19 ini aku belajar bisnis masker tapis. Alhamdulillah respon pasar menyambut dengan baik. Sejak tanggal 9 juni 2020 hampir 1000 masker yang terjual. Pengiriman sampai ke Jakarta, Kalimantan, Bengkulu dan lainnya. 



Untuk pemula berbisnis seperti aku ini, aku mengandalkan aplikasi edit foto untuk mempercantik foto produk. Nah, aplikasi yang sering aku gunakan adalah aplikasi snapseed. Bagaimana menggunakannya?  

Berikut Cara Mudah Edit Foto dengan Snapseed :


1. Siapkan foto 
Teman-teman sebelum mengedit foto, tentunya kita menyiapkan foto yang menarik untuk foto produk. Jika tidak ada properti, cukup menggunakan alas foto yang sesuai. Aku menggunakan alas foto bulu. Beli di mana? Banyak di marketplace ya, Moms! Selanjutnya pilih foto yang diinginkan dan buka aplikasi Snapseed.


2. Edit ukuran foto dengan memilih fitur crop
Pilih ukuran foto untuk diposting ke mana? Kalau untuk feed instagram, pilih ukuran foto 4:3. Sedangkan untuk insta story pilih ukuran foto 16 :9.

3. Poles Gambar

Terkadang kita motret dalam kondisi cahaya yang kurang terang, maka foto dapat dipoles menjadi lebih terang. Usap foto menggunakan jari secara perlan saja, apalagi aplikasi ini digunakan hanya pakai android bukan PC, jadi pastikan jari tidak basah atau berminyak.

4. Kuas
Pada kuas banyak sekali pilihan, ada fitur Terang dan Gelap, Pencahayaan, Suhu dan Saturnasi. Aku sendiri paling sering menggunakan Terang dan Gelap untuk mengedit foto. Ada pilihan terang sampai angka 10 dan gelap sampai 10. Teman-teman dapat menurunkan atau menaikkan sesuai yang diinginkan. Setelah menentukan tone gelap atau terang usap foto dengan jari pada lokasi foto yang akan diedit.



5. Healing
Untuk menghilangkan beberapa gangguan pada foto seperti ada kotoran, bagian yang mau dihilangkan, dapat menggunakan fitur healing. Caranya teman-teman perbesar dulu bagian yang akan diedit, pilih fitur healing dan hapus bagian yang tidak diingikan secara perlahan-lahan baru disave. Ini butuh latihan agar yang dihapus menyakinkan penikmat foto, hehe...

6. Blur
Untuk latar dapat blur agar fokus pada foto utama. Caranya, pilih Alat dan lens blur. Teman-teman dapat mencoba rentang blur yang diinginkan, bahkan ada pilihan ukuran, loh! Lagi-lagi cukup menggunakan usapan jari saja!


7. Putar
Nah, teman-teman jika moto dengan kamera smartphone, terkadang lupa memastikan foto diambil dari bagian atas atau bawah, sehingga foto sering terbalik hehe... itu aku sih ya! Teman-teman dapat memilih fitur putar atau cermin. Nah, mudahkan?

Terakhir jangan lupa fotonya disave ya! Mau langsung dishare di media sosial juga bisa, tambahkan caption yang menarik! Selamat mencoba!


5 komentar:

  1. tool yang paling sering saya gunakan di snapseed cuman healing buat ngilangin efek-efek yang nganggu dan crop cuman buat potongin foto. Tapi kalau iseng saya malah main typografi dengan snapseed. Kalau lihat tutorialnya ada kok caranya.

    BalasHapus
  2. dulu sempet install snapseed di hp, tapi karena ga ngerti makenya malah jadi ribet sendiri hehehe

    BalasHapus
  3. Aku padahal punya aplikasi ini di hape tapi malah jarang pake. Lebih tepatnya lupa bahwa ada aplikasi ini di hapeku. Makasih ya informasinya banyak ternyata gunanya aplikasi ini

    BalasHapus
  4. Hasil foto-fotomu banyak yg bagus Naqy setahun belakangan ini. Kayak yg pake kamera DSLR gitu. Padahal edit doang ya modalnya. Keren keren.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^