Rabu, 19 Agustus 2020

7 Manfaat Memancing Bersama Anak

 Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

7 Manfaat Memancing Bersama Anak. Memancing ikan adalah hal yang paling menyenangkan bagi anak-anakku kalau mudik ke Lampung Timur. Maklum Mbah Kakung memiliki tambah ikan dan beberapa kolam ikan yang berisikan ikan nila, gurami, baung dan lainnya. Selain memancing ikan besar, anak-anak juga suka menangguk ikan dengan jaring kecil. Serunya maennya di sekitar sungai di belakang rumah Kakung di Lampung Timur.

manfaat memancing

Alhamdulillah kami berkesempatan menjengguk Kakung  (Mbah Lanang) dan Utie (Mbah Putri) saat lebaran lalu dan anak-anak sangat menyukai memancing. Jadi ingat masa kecilku yang suka memancing ikan sepat di dekat Danau Dendam Bengkulu. Kebanyakan rawa-rawa dan memiliki ikan sepat dibanding ikan lainnya. Ada juga ikan betok yang betok yang memiliki sisik yang tajam, kalau kena tangan aduh, perih banget! 

Moms, memancing ini ternyata bagus loh bagi kesehatan dan tentunya banyak pelajaran bagi anak-anak kita. Berikut 7 Manfaat Memancing Bersama Anak : 

1. Menjaga Kebugaran Fisik

Mas Faris sejak kecil senang memancing, di depan rumah kontrakan dulu ada rawa-rawa yang banyak ikan kecil. Pindah kontrakan, ada juga sawah dan anak-anak sekitar rumah senang memancing dan menangkap ikan. Jadilah masa kecil anakku senang mengkoleksi ikan. Beberapa ikan hasil tangkapan di masukkan ke dalam toples. Senang sih, Mas Faris jadi sehat karena sering berjalan dan bergerak dengan teman-temannya, walau akhinya kulitnya jadi hitam karena sering panas-panasan hihi...

2. Melatih Kesabaran

Memancing melatih kesabaran agar tidak mudah emosi negatif. Dari menyiapkan umpan sampai melemparkan kail ke dalam air. Sebelumnya, kita juga diajarkan mengenal jenis ikan yang akan kita pancing, kebiasaan dan lainnya. Pengalaman dulu, kalau memancing di Danau Dendam Bengkulu, ikannya jarang suka cacing hehe... maunya umpan roti. Beda lagi dengan ikan di tambak Kakung, ikannya suka makan tomat khusus ikan gurami, loh! Lucu kan ya?

manfaat memancing
Menangkap ikan di tambak 

3. Meningkatkan Konsentrasi

Anak yang senang memancing akan berlatih dalam konsentrasi. Pernah terjadi, Abinya memancing, tapi karena mungkin umpannya salah, jadinya gagal terus. enggak dapat ikan satu pun walau itu mancing di tambak sendiri hihi... jadilah abi stop memancing. Tak lama, Mas Faris memegang kail, dia cari akal umpan yang cocok. Diambilnya udang goreng di bawah tudung saji haha.... jadilah tak lama hanya beberapa menit kemudian, Mas Faris dapat satu ekor ikan gurami! Haha.... ternyata tak hanya konsentrasi memancing, tapi juga konsentrasi memilih umpan hihi....

4. Terapi Kejiwaan

Pernah enggak Moms, nonton drakor atau film tokohnya memancing? Pasti pernah kan ya/ Rata-rata tokohnya lagi gelisah dan ingin menyepi. Benar sekali Moms, memancing dapat menjadikan terapi jiwa.Jiwa yang selama ini penat dan stres diajak ke alam yang penuh ketenangan. Mengontrol kesehatan mental itu juga perlu banget, apalagi di era pandemi ini. Wiih memancing adalah alternatif. Tapi, memancing harus di tempat yang aman dan sesuai protokoler kesehatan ya!'

manfaat memancing
Serunya memancing bersama Abi

5. Melatih Motorik

Memancing juga melatih otot-otot yang akan melakukan pergerakan. Dari bagian punggung, lengan, kaki dan lainnya. Memancing memerlukan kejelian dan mempersiapkan umpan, maka motorik halus juga dilatih. Misal, anak memutar, mengulung atau mencubit umpannya dan menyiapkannya ke kail pasti diperlukan gerakan tangan. Kalau belum melatih anak ke kolam untuk memancing, dapat dilakukan dengan membuat permainan memancing di rumah aja loh, Moms!

6. Bonding Anak dan Ortu

Dengan memancing, orang tua dan anak semakin dekat dan kompak. Ayah dan Bunda dapat mempersiapkan bekal sebelum memancing. Anak-anak juga belajar bertanggungjawab mempersiapkan alat-alat memancing. Dari pancingan, reel pancing, tali pancing, kail, umpan, wadah ikan dan lainnya. Apalagi kalau memancingnya ke laut atau ke sungai pasti memerlukan persiapan yang cukup banyak.

7. Bersyukur

Memancing juga melatih anak untuk bersyukur atas ciptaan Allah. Ikan-ikan yang ditangkap atau dipancing menjadi lauk dan dapat membuat badan sehat. Jika anak belum menyukai makan ikan, ajaklah memancing dan kegiatan menyenangkan dengan mengenalkan ikan. Pernah dulu Aisyah takut makan ikan nila, alhamdulillah sejak diajak memancing dan mengoreng ikan nila, kini suka lihat ikan nila. Ajarkan juga bahwa profesi nelayan adalah anugerah dan membantu manusia lainnya untuk tumbuh sehat. Ajarkan pada anak manfaat makan ikan seperti membantu pertumbuhan otak, mencegah penyakit jnatung, meningkatkan kualitas tidur, membantu penyembuhan luka (ikan gabus dan lainnya). Ikan juga mengandung omega 3, kalsium, vitamin D dan fosfor.

Wah, ternyata banyak ya hal yang dapat diajarkan pada anak dengan kegiatan memancing. Yuk, ajak anak suka makan ikan dan kenalkan 7 Manfaat Memancing Bersama Anak. Nah, apakah kamu dan keluarga pernah memancing? Cerita dong pengalamanmu!

18 komentar:

  1. kebersamaan dengan anak memang penting ya

    BalasHapus
  2. Pernah Maak, apalagi kalo abis mancing makan ditemmpat.
    Bener banget loh manfaatnya di atas, terutama melatih kesabaran itu loh yang menggemaskan.

    BalasHapus
  3. Mancing emang seruuuu
    Apalagi kalo dilakoni rame2 ama para sepupu
    Betah banget dahhh
    Trus ntar kalo dah dapat ikan, bisa dibakar, maem rame2 uenaakkkk

    BalasHapus
  4. yang pasti kalo kegiatan memancing itu melatih kesabaran mba, dan anakku tuh paling suka kalo lg mudik dia suka nimbrung ikut papa dan uwa aku mancing di kolam dekat rumah kakekku tuh hihihi

    BalasHapus
  5. jadi ingat ayah saya hobi juga memancing, meskipun jarang dapat ikannya (hahaha) mungkin yg dicari adalah seni dlm memancing kali ya.....tenang dan sabar

    BalasHapus
  6. aku waktu kecil paling seneng kalo ikut temen atau tetangga mancing. sayang, ayahku gak suka mancing, beliau sukanya nyerok ikan di kolam wkwk

    BalasHapus
  7. Bener banget nih, melatih kesabaran itu yang paling terasa. Ya gimana kan bisa berjam-jam aja kalau pas enggak dapet tuh umpannya. :) Sekalian merekatkan bonding antara anak dan ortu ya mba.

    BalasHapus
  8. Bentul banget mancing itu terapi kejiwaan, Ayahku hobi banget mancing bagus buat release stress katanya hehehe

    BalasHapus
  9. Wah iya banget nih, mancing itu banyak banget manfaatnya. Aku sendiri suka dulu waktu kecil mancing. Diajak almarhum bapak. Atau mancing bareng sepupu-sepupu di kolam kakek. Pas umpannya dimakan ikan, dan ikannya dapet, wuih seneng banget. Tapi anak-anakku belom pernah mancing. Rada susah nyari kolam di sini.

    BalasHapus
  10. Senang sekali kak Naqi..
    memancing memang bikin hati tenteram...apalagi dengan anak-anak, bisa sambil ngobrol seru dari hati ke hati.
    Kemarin kami belum sampai mancing bareng...hanya kasih makan ikan-ikannya.
    Senangnya luarbiasa.

    BalasHapus
  11. Betul banget ini kalau mau melatih kesabaran dengan cara memancing, mulai dari kasih umpan sampai menunggu umpan dimakan ikan ya. Aku belum pernah sih ngajak anak mancing, tapi biasanya kalau ke ruma ortu di sana ada empang kecil anak-anak suka diajak mancing sambil main-main

    BalasHapus
  12. Kalau ditanya soal memancing, keluarga saya sering sekali melakukannya, Mbak. Kebetulan suami punya hobi memancing dan ada empang milik keluarga besar kami. Manfaatnya memang banyak dan yang pasti bisa mempererat bonding antar anggota keluarga

    BalasHapus
  13. seru juga yaa mbak..
    kalau di rumah nih yang sering pergi mancing tuh ayahnya aja..mancing di laut tapi..pengen euy kapankapan sekalian kitanya ikutan gitu~

    BalasHapus
  14. Kami juga sering mancing bareng anak Mbak Naqiyyah.... Sebenarnya karena Bapak mertua yang hobi mancing si, kami hanya menemani. Tapi memang, anak anak seneng banget ya diajak mancing, sekalian suasana baru dan juga lihat ikan hihihi....

    BalasHapus
  15. banyak ya Mbak manfaat memancing itu, selama ini kiranya cuma melatih konsentrasi dan kesabaran aja memancing itu (bagi orang tua), tapi ternyata kalau untuk anak jadi banyak manfaatnya yaa.

    BalasHapus
  16. Nah kalau Mpo suka mancing karena mau makan ikan. Ikan hasil pancingan itu terasa seger dan manis. Pokoknya enak walaupun cuma di goreng dan makan pakai nasi hangat.

    BalasHapus
  17. Wah aku belum pernah memancing ama anak mba. Dan kayaknya boleh nyoba kapan kapan. Tapi satu sisi aku kurang sabaran mba. Jadi bisa nih buat latih kesabaran

    BalasHapus
  18. Pasti banyaaak manfaatnya ya mba. Sepupuku sukaa banget mancing dan mwmang bikin relaks katanyaaa

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^