Sabtu, 01 Agustus 2020

Nutrisi Untuk Imunitas, Kunci Utama Tumbuh Kembang Optimal

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Nutrisi Untuk Imunitas, Kunci Utama Tumbuh Kembang Optimal. Menjadi orangtua selalu berproses belajar dalam mendampingi tumbuh kembang anaknya. Teringat saat anakku pernah mengalami diare diusia balita. Bahkan sempat dirawat di rumah sakit. Saat itu ilmu parenting belum banyak kupelajari. Aku bahkan tidak menyadari pencernaan anakku sangat sensitif dengan makanan tertentu. Imunitasnya rendah, mudah sekali sakit. 


Imunitas anak yang rentan menjadikan tubuh kembang anak terganggu. Memang sih tidak terlalu parah seperti stunting, tapi berat tubuhnya tidaklah ideal untuk usianya. Dulu aku menurut saja kata dokter memberikan susu formula sebelum usia 2 tahun, padahal ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Kelak sampai usia 2 tahun, ASI menjadi makanan utama sampai kemudian siap pencernaannya. 

Walau cerita itu telah berlalu dan aku sudah mempunyai anak tiga, aku tetap senang belajar menggali ilmu tentang tumbuh kembang anak. Maka, senang sekali aku mengikuti seminar digital yang bertema, "Nutrisi untuk imunitas, kunci tumbuh kembang optimal," yang diadakan oleh Nutriclub. Menghadirkan Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastroenterologi DR. dr. Ariani Dewi Widodo, So, A (K) pada Senin, 20 Juli 2020. ⁣ 

Narasumber yang diundang juga kompeten dibidangnya, yaitu DR. dr. Ariana Dewi Widodo, SpA(K) selaku dokter spesialis anak dan Prof. YVAN VANDENPLAS, MD, PhD, selaku Head of Departement of Pediatrics, Vrije Universiteit Brussel. 

Berdasarkan data WHO anak balita usia di bawah 5 tahun merupakan golongan yang paling rentan terkena berbagai macam infeksi. Di Indonesia sendiri berdasarkan data RISKESDAS 2018 yang paling banyak ditemukan dengan kasus tertinggi adalah infeksi saluran nafas akut (ISPA) 13,7% dan gastroenteritis akut (diare) sebesar 12,8% kasus. 



Menurut DR. Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A (K) menyampaikan bahwa Imunitas dalam mendukung Tumbuh Kembang Anak itu bisa di dapatkan dari Nutrisi yg baik. ⁣ 

Nutrisi yang di butuhkan ini terbagi dari Nutrisi Makro dan Mikro. Makro di butuhkan dalam jumlah yang cukup banyak seperti karbohidrat, Asam Amino (protein), Lemak rantai panjang dan Carmosine. Sedangkan Mikro di butuhkan dalam jumlah sedikit. Tapi, tak kalah pentingnya loh pembentukan dan pematangan sistem imun anak, contohnya Vitamin dan Mineral. 

Prof. Yvan Vandenplas, MD, PhD mengatakan beradasarkan hasil hasil penelitian dalam GIANT Study menunjukkan bahwa nutrisi prebiotik FOS GOS berperan penting untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan mengembangkan sistem kekebalan tubuh yang seimbang. 


Lebih jauh Prof. Yvan mengatakan bahwa pentingnya perkembangan saluran cerna dan mikrobiota dari usia dini. Imunitas di tubuh dimulai dari sistem pencernaan yang sehat. Mikrobiota yang sehat pada saluran cerna sangat penting karena mengandung berbagai kelas bakteri yang menguntungkan bagi kesehatan anak-anak. Untuk itu, Moms, diperlukan memberikan asupan yang mengandung prebiotik. 


Sumber Prebiotik Prebiotik bisa secara alami ditemukan pada : 


- Pisang 
- Tomat 
- Asparagus 
- Bananas 
- Bawang putih 
- Gandum utuh 

Selain sumber di atas, Moms juga dapat memberikan nutri dari susu yang mengandung kandungan prebiotic FOS dan GOS yang telah terbukti secara klinis mendukung sistem imun terhadap infeksi. 


Nah Moms, kita tidak inginkan anak-anak mengalami tumbuh kembang yang terganggu karena nutrisi yang tidak tercukupi? Aku pun banyak belajar dari seminar ini dan semakin waspada terhadap kesehatan pencernaan anak. Aku juga memantau pertumbuhan anak balitaku. Baik tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, sampai stimulasi permainan. 

Anak-anak yang nutrisinya tercukupi, maka imunitasnya akan terjaga sehingga tumbuh kembangnya menjadi optimal. Orang tua tentu ingin yang terbaik buat anak-anaknya. Termasuk memilik susu yang terbaik mendukung hal tersebut. 

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai imunitas dan tumbuh kembang anak, Moms dapat berkunjung ke nutriclub.co.id. Informasi yang lengkap akan membantu Moms menjadi ibu yang cermat menjaga kesehatan keluarga. Selamat mencoba! 

1 komentar:

  1. Memang peran besarnya nutrisi dalam tumbuh kembang itu masalah sebagai bahan bakar sel otak untuk berpikir.
    Ketika sel otaknya anak itu cukup mumpuni untuk berpikir, maka mentalnya akan terbentuk menjadi mental yang tangguh.
    Itu sebabnya anak-anak yang nutrisinya bagus, umumnya akan menjadi anak-anak yang mentalnya kuat pula.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^