Minggu, 16 Agustus 2020

Tips Berbisnis Untuk Pemula

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

Tips Berbisnis Untuk Pemula di Era Pandemi. Di tengah pandemi Covid-19 ini kita dihadapi dengan kebutuhan yang kian banyak. Dari kuota, vitaman, makanan, buahan dan lainnya. Anjuran orang di rumah saja, membuat beberapa UMKM pendapatannya merosot tajam. Bahkan tidak ada pemasukan sama sekali. Contohnya kakakku yang memiliki butik Batik Rindani di Jambi, sejak Covid-19 penjualan batik khas Jambi menurun dratis. Orang lebih banyak memilih produk makanan, minuman atau masker. 

masker tapis lampung

Namun berbisnis di era pandemi ini dapat berjalan dengan sukses jika melakukan kiat berikut ini : 

Tips Berbisnis Untuk Pemula 


1. Pilih Bisnis yang Disukai 

Berbisnis pilihlah produk yang dekat dengan keseharian Anda. Jika Anda merasa nyaman untuk memasarkan produk itu, maka akan timbul perasaan semangat untuk mempromosikannya. Misalnya berbisnis daster, pempek, mukena, cemilan, dan lainnya. 

2. Manfaatkan Media Sosial 

Buat akun di instagram dengan profil yang jelas. Tulis biodata dan produk yang akan kamu jual. Tulis solusi yang orang butuhkan dinformasi bio intagrammu. Cantumkan alamat atau no yang dapat dihubungi. 

3. Foto Produk yang Menarik 

Saat motret foto produk gunakan alas foto yang sesuai dengan produknya. Ambil foto menggunakan cahaya matahari disaat pukul 08.00-10.00 WIB atau sore pukul 15.00-17.00 WIB. Nah, untuk mempercantik foto gunakan aplikasi foto seperti Snapseed, Canva, Pics art, Lightroom atau lainnya. 

foto masker tapis

4. Testimoni 

Untuk mengenalkan produk lebih luas lagi, manfaatkan pertemanan atau akses orang yang punya pengaruh untuk mengenalkan produk Anda. Dapat juga melakukan untuk saling komentar pada postingan yang Anda share di media sosial. Buat group khusus sesama bisnis pemula atau yang ada di kota Anda. Jaringan semakin luas, ilmu berbisnis pun bertambah. 

Masker Tapis Lampung


5. Gunakan Copy Writing yang Baik 

Gunakan caption yang menarik atau keterangan foto yang soft selling. Jika Anda ingin mengenalkan produk, sebaiknya diceritakan dulu mengenai pengalaman pribadi atau cerita keseharian Anda, kemudian mengenaikan manfaat produk Anda. Hindari memindahkan brosur ke dalam tulisan Anda. 

6. Manajeman Waktu 

Jika ingin berbisnis, apalagi seorang ibu rumah tangga tanpa ART dan memiliki balita, Anda harus dapat merapikan jadwal berbisnis dengan kegiatan menemani anak belajar daring. Apalagi disaat PJJ (Pelajaran Jarak Jauh), anak-anak lebih banyak belajar dengan pendampingan orang tua. Untuk itu, buatlah jadwal yang paling prioritas, mendesak, dan tidak mendesak. Lakukan secara bertahap agar menemukan habbit untuk menuju lebih baik lagi. 

7. Pilih Pelayanan Kurir yang Tepat 

Selama memulai bisnis masker tapis ini, aku menggunakan JNE sebagai pelayanan antar barang luar kota. 

“Mbk, di sini hujan, abis Magrib ya aku kirim masker tapisnya,” kepada salah satu pelanggan masker tapis. 

“Oh, emang bisa mbk abis maghrib?” tanyanya. 

“Insya Allah bisa kok!” jawabku. 

Ternyata benar, pelayanan JNE masih buka setelah Maghrib, loh! Itu memudahkan banget aku untuk mengirimkan paket, soalnya motor hanya satu dan bergantian dengan suami sepulang kerja. JNE di Bandarlampung alhamdulillah pelayanannya memuaskan. Selama ini belum ada komplen pembeli masker tapis. Malah pernah ekstimasi waktu sampai 3-5 hari penggunakan JNE Oke, tapi ternyata besoknya sudah sampai dari Bandarlampung ke Way Kanan. 

Sahabat Smart Mom, ada program terbaru dari JNE bahwa per 10 Agustus 2020 akan membuka rute layanan YES (Yakin Esok Sampai). Beberapa rute tersebut silakan cek di Web JNE ya! Nah sahabat Smart Mom, itulah Tips Berbisnis Untuk Pemula di Era Pandemi yang telah aku terapkan selama ini. Semoga sukses dan selamat mencoba! 

10 komentar:

  1. Mbak Naqi, kirain memang layaan YES sudah dari dulu ... atau sempat terhenti ya?

    Btw, tips-nya oleh semuanya. Yang copy writing itu sayangnya masih banyak yang masih tidak memperhatikannya.

    BalasHapus
  2. Terima kasih tips utk pebisnis pemula mba, bisa saya bagikan ke adik yg sedang serius merintis usaha..

    BalasHapus
  3. 7 tips tersebut berkesinambungan, sehingga bisa menjadi masukan yang tepat bagi yang ingin memulai atau sedang menjalankan bisnis di masa seperti ini

    BalasHapus
  4. wah, good looking and design face mask from Lmapung, is unique. btw thanks for your tips

    BalasHapus
  5. Meniti bisnis untuk pemula yang ga bisa lepas adalah tekad. Karena terkadang tak semua bisa berjalan sesuai ekspektasi
    Poin-poin yang dijabarkan mba Naqiyyah bagus dan inspiratif untuk diterapkan

    BalasHapus
  6. Tips yang terakhir penting banget sih, ini berhubungan dengan kondisi produk kita ketika sampai ke konsumen. Yap, beberapa kali aku nggunain jasa pengiriman JNE utk ngirim apa2 mba. Aman

    BalasHapus
  7. Allhamdulillah bunda bagi-bagi tips, jadi jualanya makin moncer nggak sekadar jualan aja ya bun.
    Copywriting sampai sekarng masih jadi PR aku banget bun

    BalasHapus
  8. iyak copywiritng emang penting buat jualan promotion. tapo eblajar copy wriing gitu mandan susah kalo ga dibiasain

    BalasHapus
  9. Lucu2 maskernyaaaa mbaaaa :D. Skr ini memang jualan masker jauh lebih banyak peminatnya ,apalagi kita mulai menganggab masker bukan sekedar aksesoris lagi, tapi udh BRG wajib yg harus selalu ada.

    Naaah beneer tuh, aku juga ga suka baca caption yg terlalu brosur banget mba :). Kesannya kaku yaaa. LBH suka baca caption yg ditulis Krn si seller mengerti produknya, pernah memakai juga jd tau seperti apa barang yg dia jual.

    Eh YES itu bukannya udh ada dari dulu yaaa? Perasaan kalo ngirim makanan, aku biasanya memang pake JNE yg paling cepet, besoknya sampai gitu.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^