Strategi Marketing Efektif Ala IDN Crative

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom

Ramadan sudah di depan mata. Apakah Anda sudah mulai melakukan persiapan? Cuci mukena, merapikan rumah atau membuat jadwal kegiatan inftor selama Bulan Ramadan? Nah, Ramadan ini bulan suci bagi umat muslim ini sangat spesial, Di mana kegiatan ibadah dan kecenderungan orang untuk konsumsi semakin meningkat

Walau di tengah pandemi ini, keterbatasan mobilitas dengan adanya anjuran pemerintah untuk banyak di rumah saja. Maka, waktu luang masyarakat makin melonjak. Waktu luang ini sering digunakan mereka untuk melakukan online surfing dan shopping.

Robaitur Rasyid Head of IDN Creative
Robiatur Rasyid,Head of IDN Creative


Momen spesial ini menjadi peluang bagi generasi milenial dan generasi Z. Mereka berlomba-lomba mencuri perhatian kelompok usia dengan daya beli tertinggi di antara generasi yang lain. Nah, peluang ini juga membantu brand dalam memasarkan produk mereka. Untuk itu, IDN Creative akan memberikan insight atau strategi memasarkan produk. Hal ini sangat bermanfaat bagi pelaku bisnis. 


Berikut stategi stategi pemasaran produk yang IDN Creative bagikan. Insight IDN Creative, agensi digital multi-platform yang fokus pada brand storytelling, kreasi konten, dan aktivasi online :


1. Speak their language

Tahun ini kegiatan Ramadan di rumah saja akan membawa dampak bagi perilaku konsumsi digital generasi milenial dan generasi Z. Untuk mengantisipasi hal tersebut, brand harus mammpu menyampaikan brand message adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Menurut IDN Creative, brand harus mampu memberikan perhatian khusus pada topik-topik yang sering mereka cari dan konsumsi selama Ramadan.

Diperlukan topik-topik yang sedang hype ke dalam brand message mampu menciptkan kedekatan tersendiri pada target audiense. Berdasarkan hasil penelitian IDN Creative, konten yang receh alias ringan 2x banyak dicari oleh generasi milenial dan Z di Indonesia.

Misalnya saja, pencarian konten dengan topik hiburan yang meningkat hingga 6x dari biasanya. Dalam case IDN Media, artikel “5 Alasan Jangan Nonton Drama ‘World of Marriage’ Pas Puasa” tentu menjadi bacaan yang pas untuk menemani mereka saat menunggu waktu berbuka. Ayo,siapa sudah nonton? Cung! Hehe...



2. Go hyper-local, go hyper-relevant


Ramadan di rumah saja membuat kita lebih banyak wkatu luang dalam menyajikan sajian berbuka puasa. Memasak sendiri dan mencoba berbagai resep menjadi kegiatan yang banyak dilakukan. Hal ini terbukti dengan data pencarian konten menu dessert yang meningkat secara signifikan.

Nah, ini diperlukan penyesuaian konten yang disajikan harus relevan dengan minat audiens agar menghasilkan output yang lebih optimal. Pada Ramadan lalu, IDN Creative membantu campaign Indomilk. IDN Creative menghubungkan brand kental manis tersebut dengan Yummy, salah satu unit bisnis IDN Media yang fokus pada konten kuliner, untuk menstimulasi eksplorasi resep menggunakan produk Indomilk dari para audiens.

Sembari memenuhi audiens dengan tema yang sering dicari, IDN Creative juga mendorong munculnya ide-ide inovatif yang unik. Misalnya resep menggunakan kental manis yang tidak hanya diolah menjadi makanan manis, tapi juga gurih. Intinya, brad harus mampu menyampiakn cerita yang tepat kepada orang yang tepat melalui media dan waktu yang tepat.

ID Media HQ Office


3. Tailor-made your stories


Menurut   IDN  Creative,  terlalu  banyak generalisasi  pada  konten tak  akan  menghasilkan output yang optimal. Perlu diingat bahwa generasi millennial dan  Z bahkan memiliki perilaku dan  preferensi yang berbeda. Untuk itu, mengaplikasikan pendekatan personal pada konten yang   diproduksi  tentu   akan   menyentuh mereka secara  lebih  dalam.  Hal  ini  juga  perlu diamplifikasi  secara  masif  dengan  menerbitkan  konten tersebut  di  beberapa publisher sekaligus.


Di  IDN  Media  sendiri,  topik  konten  yang   sama  mengenai  menu   berbuka puasa  bisa disajikan   dalam   bentuk  berbeda   sesuai   dengan   karakter  audiens  di  masing-masing publisher. 

Contohnya, Text-based content berjudul “5 Resep Takjil yang  Bikin Ingat Masa Kecil” yang dipublikasikan di IDN Times dan  kemudian diolah menggunakan perspektif keluarga untuk ditayangkan di Popmama.com. 

Kemudian dapa disajikan dalam bentuk video-based content di Yummy.  Dengan begitu, pesan yang dibawa oleh brand dapat menjangkau audiens dengan persona yang lebih beragam.

Nah, Sahabat Smart Mom, bagi yang penasaran mengenai IDN Creative, silakan kepoin media sosial di sini 

Tentang IDN Creative


IDN Creative adalah agensi digital multi-platform yang  fokus  pada  brand  storytelling, kreasi konten, dan aktivasi online.


Tentang IDN Media

IDN  Media  adalah perusahaan media platform untuk  Millennial dan  Gen  Z  di Indonesia, dengan lebih dari 60  juta Monthly Active Users  (MAU). Visi kami adalah mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat. 


Info lengkap silakan hubungi :

Zefanya  Deby
Head of Communications zefanya.deby@idntimes.com
081315658052

Saraya Adzani
Senior PR & Partnership Associate saraya.adzani@idntimes.com
081218862176


Semoga informasi di atas bermanfaat. Selamat mencoba strategi marketing yang efektif  ala IDN Cretaive.

Posting Komentar untuk "Strategi Marketing Efektif Ala IDN Crative "