Kamis, 01 April 2021

Peduli Gizi Anak Selama Pandemi Bersama Morinaga Chil*Go!

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Sudah setahun lebih pandemi masih terjadi di Indonesia. Bagaimana kabar anak-anak di rumah? Masih betah dengan program belajar daring? Walau di rumah saja, Moms,tetap perlu waspada menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak terpapar virus Corona. Untuk itu, Mom, juga perlu memperhatikan asupan nutrisi bagi anak agar tubuh sehat dan daya tahan tubuh anak menjadi kuat.

Peduli Gizi Anak Selama Pandemi Bersama Morinaga Chil*Go!


Alhamdulillah Kamis, 25 Maret 2021 lalu, aku mengikuti webinar yang diadakan oleh Morinaga Chil*Go! Webinar ini bertema, "Peduli Gizi Anak Selama Pandemi," dengan menghadirkan :

1. dr. Daeng M Faqih, S.H, M.H (Ketua Umum PB IDI)
2. dr. Muliaman Mansyur (Head of Medical KALBE Nutritionals)
3. Gregorius Daru Smaragiri (Business Unit Head Morinaga Chil*Go! KALBE Nutritionals
4.  Chef Devina Hermawan (Chef/ Penulis/ Model/ Finalis Masterhef Indonesia season 5).


peduli-gizi-anak-selama-pandemi


Nah, Moms, melalui webinar ini aku mendapatkan banyak wawasan mengenai pentingnya Serat Pangan Inulin pada Kesehatan dan tumbuh kembang anak. Nah, selengkapnya akan aku bahas sebagai berikut :

Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak 

Moms, menurut dr. Daeng saat pandemi ini orang tua hendaknya tidak bosan mengingatkan anak untuk melakukan 3 M yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Walau anak-anak pasti sulit ya, Moms! Tapi, aku sendiri terus diingatkan anak-anak melalui cerita sebelum tidur, membaca buku tentang bahaya virus Corona atau mengajak anak nonton berita. 

morinaga-peduli-gizi-anak-selama-pandemi


dr Daeng juga mengingatkan agar orang tua lebih peduli dengan makanan untuk anak-anak.Perlu diketahui, kalau d
aya tahan tubuh anak berkaitan erat dengan pemberian nutrisi harian dan pola pengasuhan keluarga. Orang tua diharapkan tidak memberikan makanan instan atau makanan cepat saj,seperti mie instan atau nugget dan lainnya. Wih, ikutan tersentil deh, Moms! Ups!

Memilih makanan yang mampu mendorong daya tahan tubuh harus mengandung unsur komplit. Pilih makanan yang terjamin penyerapannya dan kandungannya, maka pertumbuhan anak dan daya tahan tubuh anak menjadi baik.

Ada 2 hal yang mempengaruhi tumbuh kembang anak,  yaitu pertumbuhan fisik dan pertumbuhan mental. Jika pertumbuhan fisik, anak sebaiknya mendapatkan gizi seimbang yang mengandung zee, asam polat, mineral, vitamin yang membantu penyerapan dan keseimbangan.

Pertumbuhan mental tak kalah pentingnya, Moms, apalagi anak-anak saat pandemi lebih banyak bermain di rumah. Masa bermain banyak terkekang. Untuk itu, sesekali ajaklah anak-anak  bermain ke luar rumah, ke lapangan terbuka, olahraga bersama atau cari tempat yang tidak bergerombol.

Selain itu, nutrisi makro dan mikro sangat mempengaruhi pencernaan dan daya tahan tubuh anak. Zat-zat ini diperlukan sebagai prebiotik dan serat. Ini sangat berguna untuk membangun jaringan dan organ tubuh. Jika pencernaan terganggu, maka daya tahan tubuh anak menurun dan bisa  menganggu pertumbuhannya. Misalnya jika anak mengalami gangguan pencernaan mengalami diare, maka tubuh anakmenjadi lemah dan mengalami  kesulitan belajar. Preastasi anak  akan menurun.

Saluran Pencernaan Otak Kedua

dr. Muliaman Mansyur memaparkan, betapa pentingnya saluran pencernaan sebagai otak kedua. Dari bentuknya saja besar dan panjangnya 7 meter-10 meter. Di otak ada banyak sel  saraf dan saluran pencernaan sangat berhubugan dengan otak. Misalnya saat anak lapar akan dihubungan ke otak. Saat anak emosi dan lainnya.

morinaga-peduli-gizi-anak-selama-pandemi


Menurut dr dr. Muliaman Mansyur, "Orang tua perlu benar-benar memperhatikan nutrisi harian anak di masa pandemi ini. Selain memberi makanan sehat dan seimbang, orang tua juga perlu memberikan nutrisi tambahan yang tepat karena dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Nutrisi tambahan yang diberikan bisa berupa susu, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Dan semua nutrisi ini diperlukan untuk mendukung saluran pencernaan yang lebih sehat, agar bakteri baik yang ada di dalamnya bisa membentuk daya tahan tubuh yang lebih optimal.” 

Oh ya Moms, dr. Muliaman juga mengatakan bahwa serat pangan inulin bisa menjadi salah satu senjata utama dalam tumbuh kembang dan menjaga kesehatan tubuh anak-anak. Wah, apa itu?  Serat pangan inulin adalah salah satu jenis prebiotik yang tinggi serat dan rendah kalori serta dapat menjadi pilihan nutrisi yang bermanfaat bagi saluran pencernaan anak, apalagi saluran pencernaan sering disebut sebagai “otak kedua” manusia.

Moms, tak hanya kandungan nutrisi yang ada dalam makanan dan minuman yang mesti diperhatikan. Konsumsi gula juga diperlukan. Kandungan gula yang berlebihan akan menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh, permasalahan pada gigi, obesitas, dan berbagai penyakit di masa depan. Berdasarkan hasil  rekomendasi World Health Organization (WHO) tahun 2015, asupan harian gula tambahan untuk anak usia di bawah 12 tahun maksimal 200 kkal, yang setara dengan 50 gram gula atau 6 sendok makan/hari,” papar dr. Muliaman. 

Membuat Cemilan Sehat

Selanjutnya, Chef Devina Hermawan, Finalis MasterChef Season 5 menceritakan pengalamannya dalam menjaga daya tahan tubuh anak-anaknya disaat pandemi ini. Seperti orang tua pada umumnya yang cemas dengan jika mengalami gangguan kesehatan. Untuk meminimalisir kejadian tersebut, Chef Devina Hermawan sangat memperhatikan bahan makanan, penyimpanan dan cara membuat makanan. Ia juga berbagi pengalaman dalam  membuat cemilan kreasi dari Morinaga Chil*Go!  yang disebutnya resep immunobooster. 

cemilan sehat dari susu cair morinaga


Ada video yang diputar dengan cara dan tips yang sangat mudah. Chef Devina sempat menunjukkan 2 resep makanan bergizi kreasinya yang berbasis Morinaga Chil*Go! yaitu Less Sugar Panna Cotta dan Creamy Baked Broccoli Potato Cheese. Wah, aku jadi pengen membut sendiri. Nantikan resepku di potingan berikutnya, ya!


Morinaga Chil*Go! Original, Rendah Gula!

Dalam kesempatan ini hadir juga Gregorius Daru Smaragiri, Business Unit Head Morinaga Chil*Go! KALBE Nutritionals. Menurut Gregorius Daru,  Morinaga Chil*Go! telah hadir rasa Original. "Melengkapi varian rasa Morinaga Chil*Go! yang telah ada, kini kami memperkenalkan Morinaga Chil*Go! Rasa Original yang lebih rendah gula untuk mendukung gaya hidup yang lebih sehat. Morinaga Chil*Go! terus mendampingi buah hati untuk menjaga daya tahan tubuh anak selama pandemi. 

susu cair morinaga


Seperti yang Moms, ketahui bahwa 
Morinaga Chil*Go! hadir dalam bentuk kemasan susu cair steril yang enak bernutrisi dengan perpaduan Serat Pangan Inulin, 9 Vitamin dan 5 Mineral untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya. Dikemas dalam kemasan praktis yang bisa didaur ulang dan memiliki pilihan rasa yang pasti disukai anak-anak, seperti Cokelat, Vanila, Stroberi, dan Melon, serta terbaru yaitu rasa Original yang dapat menjadi alternatif nutrisi tambahan setiap hari.

Silakan nonton video ini ya, Moms!

Kehadiran rasa orginal ini membuatku semakin penasaran ingin mencoba berbagai resep. Apalagi sejak dulu anak-anakku sudah minum susu Morinaga Chil*Go! Kegiatan edukasi yang dilakukan Morinaga Chil*Go! untuk kesehatan anak-anak Indonesia juga dilakukan dengan berkolaborasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Nah, Moms, serunya webinar yang aku ikuti membuat aku melakukan 4 Tips dalam menjaga kesehatan pencernaan anakku disaat pandemi ini :


1. Melakukan 3 M 

Saat keluar rumah, kegiatan 3 M yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak terus dilakukan. Agar anak-anak meniru kegiatan baik ini.

2. Memasak Makanan Sehat

Mengajak anak menyiapkan makanan bersama. Sembari menyiapkan bahan dan kreasi resep dengan gizi seimbang, kegiatan masak bersama mampu menjaga kedekatan pada anak. Anak menjadi punya "teman" selama di rumah.


bermain bersama anak
Bermain dan Belajar

3. Bermain dan Belajar

Kesehatan mental anak harus tetap terjaga. Ajak anak membuat permainan dengan beraneka ragam benda di sekitar kita. Sesekali ajak anak keluar rumah dengan bermain lempar bola, lompat karet atau bercocok tanam. Terapkan metode bermain sambil belajar.

4. Menyiapkan Susu Cair 

Usai bermain dan belajar, aku menyiapkan  susu cair anak untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Biasanya aku taruh di dekat meja belajar anak-anak. Saat belajar daring via zoom,ada waktu gurunya mengizinkan anak-anak minum, maka anakku bisa langsung minum susu cair Morinaga Chil*Go! 



Peduli Gizi Anak Selama Pandemi Bersama Morinaga Chil*Go!
Minum susu cair anak usai belajar daring

Nah, Sahabat Smart Mom, semoga informasi di atas bermanfaat dan semoga kita semua sehat dan dijauhkan dari virus Corona. Jika ada tips selain empat di atas, mohon berikan aran di kolom komentar, ya! Terima kasih.

26 komentar:

  1. Penting banget ya memilih menu makanan yang sehat dan bisa bantu jaga imun tubuh. Paling enak sih memang buat sendiri. Lebih terjamin juga higienitasnya

    BalasHapus
  2. Asupan buat tumbuh kembang anak terutama susu cair itu penting banget, ya mbak. Bisa membantu memaksimakan pertumbuhan fisik dan mental anak. Aku pun suka minum susu cair sejak kecil. Begitu pun semua kemenakan ku. Bikin segar dan sehat.

    BalasHapus
  3. pencernaan anak berpengaruh pada tumbuh kembang mereka juga ya, karena itu asupan nutrisi yang tepat harus sekali diperhatikan dengan seksama agar tumbuh kembang anak lebih optimal

    BalasHapus
  4. kita harus paham memang akan komposisi gizi yang baik. aku juga prefer masak di rumah agar anak - anak bisa yakin maka makanan yang baik

    BalasHapus
  5. Aku jg masih PR dalam menyiapkan menu gizi seimbang untuk keluargaku. terutama utk si anak kedua yang picky banget soal makanan. Tempo hari aku belikan buku "berani makan sayur" supaya termotivasi, eh ternyata hanya dengan membaca judulnya langsung menolak melanjutkan :D
    Tapi dulu anak pertamaku juga ogah makan sayur. Semakin gede ternyata jadi mau. Mudah2an yg kedua ini mengikuti jejak mas-nya.

    BalasHapus
  6. Masa pandemi ini emang penting menjaga nutrisi anak-anak.. ChilGo salah satunya yang bikin anak-anak terjaga nih kesehatannya... Semangat Sehat.

    BalasHapus
  7. Bener kata dr Daeng, kita ortu harus reminder terus pada anak2 tentang 3Mnya di masa pandemi ini, buat menjaga kesehatannya,di tambah lagi dengan produk morinaga yang baru ini Chill Go makin melengkapi kesehatan pada anak dan susu cair yang praktis dengan kandungan yang menyehatkan pastinya banyak disukai ya Mak.
    Mkasih loh tipsnyaa.

    BalasHapus
  8. Bunda sdh bebas tdk lg memikirkan susu buat anak2 bunda tp anak2 bunda sangat mrmperhatikan susu apa yg sebaiknya diberikan kpd anak2nya (cucu2 bunda). Mereka sanfat suka sekali minum susu yg berkualitas seperti layaknya mereka minum air putih. Sdh gak bisa dicegah.

    BalasHapus
  9. Morinaga Chil*Go ini juga porsinya pas banget. Anak-anak tinggal ambil dari kulkas dan mengkonsumsinya. Praktis dan pastinya menyehatkan, ya

    BalasHapus
  10. memperhatikan gizi si kecil emang penting ya mbak, biar kesehatannya selalu terjaga..
    apalagi saat pandemi seperti ini
    penting banget memberi nutrisi yang tepat dan enak, biar anak nggak hanya sehat tapi juga bahagia

    BalasHapus
  11. Gizi yang tercukupi tentu berkaitan erat dengan daya tahan tubuh. Tentunya hal ini juga penting bagi anak-anak kita. Susu Chil Go menurutku membantu pemenuhan gizi dan menyehatkan saluran pencernaan anak.

    BalasHapus
  12. Enaaaakkk bgt ini susunya ya Mba
    anakku juga demen
    Trus yg original selain diminum langsung, biasanya daku olah jadi snack/minuman/makanan mbaaa

    BalasHapus
  13. Aku setuju nih mbak, kalau nutrisi dan asupan buat anak penting ya. Apalagi nutrisi makro dan mikro sangat berpengaruh pada pencernaan dan daya tahan tubuh anak. Nice nih acaranya, sehingga para Ibu jadi bertambah wawasan ya Mbak bagaimana nutrisi penting dan berpengaruh di musim pandemi begini.

    BalasHapus
  14. Acara online yang penuh gizi ya mbak, Nutrisi bergizi emang penting banget di masa pandemi ini ya untuk menjaga daya tahan tubuh supaya anak tidak gampang sakit.Morinaga Chil Go bisa jadi pilihan karena praktis dan siap minum ya Mbak

    BalasHapus
  15. Iya anak kita harus lebih diawasi nih gizinya biar lebih seimbang dan pencernaan lebih sehat ya mbak, bagus nih kandungan susu Chillgo yang rendah gula dan kaya akan serat pangan inulin

    BalasHapus
  16. Setuju mba kalau pencernaan itu otak kedua makanya penting banget yah jaga asupan makanan yang bernutrisi buat anak

    BalasHapus
  17. Anakku juga suka nih minum Morinaga Chil*go, selain rasanya enak, praktis, sehat pula. Diminum dingin gitu katanya enak banget. Aku cuma pernah icip sekali yg rasa coklat, soalnya nggak boleh minta sih ama dia. hihihihi

    BalasHapus
  18. Mengajak anak memasak ini yang perlu kesabaran ya mbak, sering sih cuma berakhir dengan ketidaksabaran hahaha... Padahal kalo bisa diterapin bagus juga buat mereka mengasah empati, apalagi anak cewek :D

    BalasHapus
  19. Pilihan rasa Morinaga ChilGo banyak juga, nih. Mau nyobain ah buat si bungsu, dia suka banget susu cair gini. Apalagi rasa coklat.

    BalasHapus
  20. Iya nih saluran pencernaan sering disebut sebagai “otak kedua” manusia karena kan kalau ada apa apa, nomor satu yang menyerang tubuh dari pencernaan.

    Morinaga Chilmil, Chilgo itu adalah pilihan nutrisi yang bermanfaat bagi saluran pencernaan anak

    BalasHapus
  21. setuju makk... perlu banget nutrisi tambahan untuk perkuat daya tahan tubuh. senengn yaa sekarang ada chilgo minuman immunobooster buat si kecil

    BalasHapus
  22. Anak-anak Insya Allah taat 3M asalkan kita orangtuanya juga selalu menerapkan protokol ini ya untuk menjaga kesehatan agar daya tahan tubuh juga terjaga. Minum susu CHil Go kesukaan anak-anak juga nih praktis dan bernutrisi

    BalasHapus
  23. Nggak pernah salah pilih dulu dengan ChilGo
    Selain anak suka, nutrisinya lengkap
    Jadi aman deh

    Itu dr. Daeng sepertinya dari Makassar

    BalasHapus
  24. Zaman sekarang brand2 susu UHT makin perhatian terhadap kesehatan anak Indonesia ya mbak, ya menambahkan serat pangan inulin, juga membuat formula susunya lbh rendah gula. Salah satunya ya morinaga Chilgo ini ya

    BalasHapus
  25. Gizi anak ini sejak masa pandemi kalau kami jadi sangat random yaa... Bukan hanya sering makan, tapi kudu tau asupan makanan yang dikandung.
    Dengan menambah menu susu dalam kesehariannya, bisa menyeimbangkan kesehatan perut si kecil.

    BalasHapus
  26. Penting untuk menjaga gizi seimbang ya Mak..... jadi setiap pilihan makan harus sesuai dengan acuan gizi berimbang

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^