Senin, 12 Juli 2021

Belajar Lebih Menyenangkan Bersama Ruangbelajar by Ruangguru

Ruangbelajar by Ruangguru

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

Tahun Ajaran Baru sudah dimulai. Senin, 12 Juli 2021 sekolah anakku sudah mulai belajar secara daring. Walau belum materi pembelajaran belum dimulai, tetap saja pagi-pagi sudah harus isi absensi dan setor foto dengan seragam sekolah. Wow, hari pertama emang super heboh! 

Namun, kali ini aku sudah mulai siap mental. Dari menyiapkan baju seragam anak-anak, menuntun anak-anak sholat 5 waktu sampai tidur maksimal Pukul 09.00 WIB. Penuh perjuangan sekali, euy! Kuncinya tentu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. 


Berikut Persiapan Anak Belajar Jarak Jauh (PJJ) versiku :

1. Susun Jadwal Belajar

Sekolah anakku belajar menggunakan zoom dan WAG. Biasanya juga dishare di Class Room untuk evaluasi harian. Untuk itu, harus aktif mengecek jadwal di WAG sembari menata jadwal harian anak. Kapan saat zoom, nonton video arahan guru, mengerjakan amalan ibadah, waktu main dan istirahat.


2. Ciptakan Lingkungan Kondusif

Hari pertama ada dua ruangan yang digunakan untuk anak-anak zoom. Abang Fatih di ruang tamu dan Aisyah di ruang kerja. Beruntung suamiku lagi WFH jadi kami bisa bergantian mendampingi anak-anak bertemu dengan guru dan teman barunya. 

3. Memberikan Motivasi dan Pujian

Belajar daring memang penuh tantangan. Terkadang anak ngambek karena kurang diperhatikan guru atau tidak diizinkan bercerita. Ekspresi jadi sangat terbatas. Untuk itu, aku memberikan pengertian kepada Fatih dan Aisyah bahwa saat zoom berlangsung untuk menahan diri, bergantian berbicara dengan temannya. Kalau tidak sering diingatkan, anak akan salah paham. 

Selain itu, aku juga perlu menyiapkan cemilan kepada anak-anak. Walau belajar di rumah, cemilan juga diperlukan. Ucapan terima kasih karena sudah tertib di zoom dan mau bersabar menunggu giliran juga sering aku sampaikan. Aku peluks dan membelai rambut kedua anakku, "Terima kasih ya, sudah mau tertib!" 

4. Konsisten

Ini yang berat Moms, kadang kita ingin sekali menerapkan sesuai yang kita harapkan, tapi mood anak berubah! Namun, jangan berkecil hati. Diterapkan secara perlahan-lahan dan bertahap saja. Sebelum tidur, sampaikan jadwal anak esok harinya. Buatlah kesepakatan dan meminta kerjasamanya.  Doakan anak-anak menjalankan tugasnya sebagai pelajar dengan baik.

5. Media Pembelajaran yang Menyenangkan

Belajar daring memang penuh tantangan, kadang materi juga sulit dipahami. Pernah terjadi ada tugas Matematika, tapi aku bingung menjelaskan ke anak. Sedangkan suamiku sedang dinas ke luar kota. Biasanya sih suami yang menemani anak belajar Matematika heheh...

Nah, aku pun mencari solusi bagaimana nih? Media pembelajaran menyenangkan akan membuat anak bahagia. Entah berupa alat peraga atau video yang edukatif. Kabar gembiranya di ruangguru sudah ada video animasi Dafa Lulu untuk anak SD kelas 1 dan 2. Tentu saja sangat membantu untuk Aisyah yang baru masuk SD. Kartunnya lucu dan cara mengajarkannya menyenangkan sekali.



Mengenal Ruangguru


Ruangguru menjadi alternatif bagi orang tua yang kesulitan dalam membantu anak ketika PJJ. Ruangbelajar by ruangguru adalah Layanan Belajar Online Terlengkap di Indonesia dengan berbagai pilihan membantu orang tua untuk mendampingi putra-putrinya belajar mandiri.

ruangguru

Berikut fitur ruangbelajar. Dimana memiliki kelebihan seperti :
  1. Puluhan ribu video belajar beranimasi
  2. Latihan soal
  3. Rangkuman infografis
  4. Bisa di-download dan diakses offline
  5. Fitur premium lainnya

Ada berbagai pilihan yang insya Allah masih terjangkau di kantong! 
Paket 1 Tahun Ajaran 2020/2021
Berlaku sampai 30 Juni 2022
Diskon 60% menjadi Rp. 599.000

Paket 2 Tahun Ajaran 2021/2022 SMA + UTBK
Diskon 60%
Mulai Rp. 999.000

ruangbelajar

Sahabat Smart Mom, PJJ tahun ini insya Allah lebih menyenangkan karena ada bantuan ruangbelajar. Aku ingin segera mengajarkan Aisyah banyak hal. Mulai seni budaya, bahasa inggris hingga sains. tentunya di ruang guru sudah lebih menarik dibanding  pengajaran di sekolah, membantu pemahaman konsep dan membantu persiapan ujian. 

Itulah cerita pengalamanku menemani anak dihari pertama PJJ Tahun Ajaran Baru 2021/2022 semoga bermanfaat! Semangat dalam mendampingi anak-anak belajar daring bersama aplikasi belajar! Selamat mencoba!

10 komentar:

  1. Tips nya bisa ditiru nih, Mbak. Kadang kasihan juga sama anak-anak yang belum paham materi secara lengkap tapi sudah dikasih tugas-tugas dari gurunya. Mungkin dengan memberi pujian lebih anak jadi lebih semangat lagi.

    BalasHapus
  2. Ruangbelajar ini emang sangat memudahkan banget, anak - anak menjadi semangat belajar jadinya yah.

    BalasHapus
  3. Aku belum nyobain sih apliasi ruang guru ini. banyak baca ttg ruang guru jadi agak tertarik

    BalasHapus
  4. Ruangguru emang keren ya?

    Maklum besutannya Belva Devara, dia fokus mengangkat pendidikan di Indonesia

    semoga sukses ya? Agar Indonesia naik peringkat masuk 5 besar dunia sesuai ramalan

    BalasHapus
  5. Belajar di ruang guru banyak pilihan fitur belajar dalam sebuah aplikasi belajar.

    BalasHapus
  6. kehadiran ruangguru ini sangat membantu kita, para orang tua yang anaknya sedang menjalani PJJ yaa, Mba. Saya yang gak pintar ngajar anak merasa sangat terbantu

    BalasHapus
  7. Kalau dilihat dari biayanya sebenarnya cukup terjangkau juga ya mbak. Dengan harga segitu murid bisa mendapatkan paket soal dan didampingi mentor terbaik

    BalasHapus
  8. Iya, PJJ jadi lebih menyenangkan dengan adanya Ruangguru. Pelajaran dibuat sangat menarik dan banyak fitur yang bikin anak selalu ingat belajar.
    Mengasyikkan sekali.

    BalasHapus
  9. Aku kayaknya mau ikutan langganan ni mba.. untuk bantu anakku dalam belajar di sekolanya juga .bagusnya coba dulu sebulan apa langsung setahun yaaa?

    BalasHapus
  10. Ruangguru emang bisa jadi pilihan di masa seperti sekarang ini ya

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^