Tips Menjaga Kesegaran Sayur di Kulkas Lebih Tahan Lama

Tips Menjaga Kesegaran Sayur di Kulkas - Saat ini karena adanya larangan makan di restoran dan menghindari perjalanan berlebihan ke supermarket, banyak dari kita telah beralih ke pengiriman online dan belanja massal untuk membeli bahan makanan yang mungkin akan bertahan lebih dari satu atau dua minggu.
Tips Menjaga Kesegaran Sayur di Kulkas Lebih Tahan Lama


Makanan seperti mie instan, makanan kaleng, dan makanan yang dimasak sebelumnya mendominasi lemari dapur kita, banyak dari kita juga mencari cara untuk memasukkan buah dan sayuran segar ke dalam kulkas untuk menjaga ketahanannya. Agar sayuran Anda dapat bertahan lama, maka Anda perlu mengetahui tips menjaga kesegaran sayur di kulkas agar sayur Anda lebih tahan lama.

Tips Menjaga Kesegaran Sayur di Kulkas Lebih Tahan Lama

Periksa Suhu Kulkas

Cuaca panas dan lembab merupakan salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan makanan yang disimpan di tempat terbuka lebih cepat rusak. Itulah mengapa penting untuk mendinginkan produk segar dengan benar saat kita membawanya pulang dari supermarket.

Namun, menyimpan barang-barang serta sayuran Anda di kulkas saja tidak cukup. Untuk memaksimalkan masa pakainya, suhu kulkas Anda harus disetel antara 0°C hingga 4°C , dan suhu kulkas harus di bawah -18°C.

Manfaatkan Kompartemen Kulkas

Seiring dengan perkembangan zaman, peralatan rumah tangga seperti kulkas juga berkembang mengikuti gaya hidup kita. Dari mekanisme satu pintu, kulkas telah berkembang menjadi mesin dua pintu yang dipasang dengan teknologi modern dan kompartementalisasi kompleks di dalamnya.

Kulkas cenderung bekerja secara berbeda dengan pola sirkulasi aliran udara yang bervariasi. Karena itu, yang terbaik adalah mengikuti instruksi pabrik karena mereka akan merencanakan tingkat suhu dan kelembaban yang paling sesuai dengan makanan tertentu.


Dengan Cara Apakah Agar Dapat Menjaga Ketahanan Sayur?

Setelah Anda membeli sayur, kupas kulitnya dan potong-potong. Setelah itu, kemas ke dalam kantong plastik terpisah yang dapat ditutup kembali atau wadah yang aman untuk freezer lalu simpan dengan aman di kulkas untuk menjaga ketahanannya.

Pengalaman Belanja Saat Kulkas Rusak

Dua tahun aku pernah hidup tanpa kulkas. Setelah kulkas “warisan” mati total dan kami memilih untuk tidak beli kulkas terlebih dahulu. Kejadian ini sekitar 3 tahun yang lalu. Aku memilih belanja untuk kebutuhan 3-4 hari saja di warung. Sedangkan untuk ikan atau ayam aku memilih langsung diolah.

Setelah bersabar tanpa kulkas dan bolak-balik belanja ke warung, akhirnya rezeki itu dating tanpa diduga. Ya, aku ingat banget pernah berdoa agar bisa punya kulkas lagi sebelum Ramadhan. Nah, saat itu anak-anakku menang kuis dari salah satu botol minuman, hadiahnya 10 juta. Berhubung pendaftaran via SMS menggunakan nomer hp santri (rumahku dekatan pondok santri), mereka bersepakat hadiah bagi 2. Masya Allah anak-anak dengan sukarela menghadiahkan kulkas untuk dipakai bersama.

Kini kulkas hadiah itu masih ada dan dipakai untuk menyimpan makanan yang mereka sukai. Alhamdulillah dengan adanya kulkas baru ini kesegaran sayuran tetap terjaga dan aku memaksakan diri menghidangkan makanan yang sehat dan lezat untuk keluargaku.

Nah, Sahabat Smart Mom, itulah Tips Menjaga Kesegaran Sayur di Kulkas semoga bermanfaat dan selamat mencoba! Semoga kita dapat menjadi ibu yang mampu menjaga kesehatan keluarga lewat makanan.

46 komentar untuk "Tips Menjaga Kesegaran Sayur di Kulkas Lebih Tahan Lama"

  1. Nah yang sering terjadi itu sayuran hijau kalau ditaruh kulkas cepet menguning, selebihnya layu gak segar lagi. Jadi ini solusinya, terima kasih tipsnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar kadang juga masih sering lupa enggak diplastik dulu ya.

      Hapus
  2. Strategi utk pengaturan kesegaran sayur emang penting bgt utk dilakoni ya Mba.
    karena emang setiap momen makan...kita kudu menghadirkan menu sayur2an supaya makin sehaattt dan kuaattt!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget Mbk perlu dijaga kesegaran sayuran-nya

      Hapus
  3. Senang banget nih bunda diberikan tips. Aku termasuk yang tidak telaten dalam hal menyimpan sayuran, main masukin kulkas saja. Hanya diwadahi plastik terkadang malah lupa, jadi sering terbuang karena layu

    BalasHapus
  4. Aamiin.
    Alhamdulillah yaaa, duhh terharuu anak2 menang kulkas trus hadiahnya di bagi dua untk dipake bersama , terenyuh hatiku maak.
    Tambah asiik nih sayuran2 pun jadi tetep syeger dikonsumsi dan dimasak yaa.
    Makasih tipsnya Mak, akuu kadang sayuran suka ampe keriing, seneng ngumpulinnya sayuran, giliran mo makan tergiur gopud huu.

    BalasHapus
  5. Penyimpanan yang benar membuat bahan makanan kita awet di kulkas ya mbak. Kalau ayam atau daging, jika jumlahnya banyak, misal buat 2 minggu, sebaiknya dipisah berdasarkan jumlah sekali masak, supaya yang belum terpakai tetap aman di kulkas. Kalau sudah dikeluarkan lalu dimasukkan lagi, malah merusak daging tsb.

    BalasHapus
  6. Dulu aku pernah Maaak, beli sayur dan berakhir busuk, sayang banget. Semenjak biasakan foodprep jadi lebih rapi dan tahan lama sayur2 yang dibeli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun tanpa masuk kulkas ya, Mba Hani? Saya belum pernah coba. Food prep biasanya saya siapkan utk masuk kulkas.

      Hapus
  7. Saya termasuk yang malas harus mondar-mandir ke warung, apalagi di masa pandemi, lebih memilih beberapa hari sekali ke warungnya atau beli via online.
    Karenanya di rumah butuh kulkas untuk menyimpan makanan supaya tetap awet dan segar

    BalasHapus
  8. Saya pernah ngalami juga mba kulkas rusak.. Huhuhu.. Daging dan susu pada rusak semua.. Kayak disimpen di lemari biasa. Jadi ga bs simpen lama2. Kulkasnya dingin tapi ga mendinginkan. Kesiksa memang. Taoi barakallah yaa dot rejekinya dr menang kuis. Mantul deh rejeki anak sholeh.

    BalasHapus
  9. aku juga selalu mencoba mengingat apa yang harus dilakukan unutk pastikan sayuran dan juga buah - buahan di rumah tetap segar nih mba.

    BalasHapus
  10. Kalau ada kulkas bagiku agak repot karena aku jarang belanja tiap hari. Dengan adanya kulkas jadi memudahkan. Tapi satu sisi memang kita harus benar mengatur isi kulkas terutama sayur tak mudah busuk. Soalnya pernah kejadian di kulkas, sayurku ya busuk
    . Hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga pernah mengalami dan ditegur suami hahaha...

      Hapus
  11. Jadi ingat pertama kali menikah, kak..
    Hal pertama yang kami beli kompor. Tapi lupa kalau kulkas juga penting. Karena waktu itu tinggalnya masih di Bandung Utara yang terbilang dingin.. Alhamdulillah, simpan sayur gak pernah layu.

    Terbantu sekali dengan udara dingin, nikmat Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masya Allah rezeki banget ada kulkas ya

      Hapus
    2. alhamdulillah, kak Naqi..
      Lalu beli kulkas dan kini sudah 11 tahun menemai.

      Kak Naqi barakallahu fiik, kini ada kulkas yang bisa menjaga kesegaran sayur dan makanan sehari-hari.
      Semoga berkah karena berbagi juga dengan para santri.

      Hapus
  12. Aku kalau beli sayur sebisa mungkin gak nyimpan lama meski itu di kulkas. Maksimal 3 hari kudu dimasak. Mau juga sih coba ada food prep gitu. Diliihat juga lebih enak

    BalasHapus
  13. Kalau di rumah sekarang sayur dipotong2 tanpa dicuci trus dimasukkan ke kotak kedap gtu mak, jd lumayan cukup bikin awet sayuran yang ditaruh di chiller.
    Penting banget nyetok biar gk terlalu sering keluar rumah apalagi kasus covid sdng meningkat gini.

    BalasHapus
  14. Suhu kulkas memang bisa mempengaruhi kesegaran. Setiap sayuran juga ketahanannya berbeda-beda. Jadi harus tau juga supaya bisa mengatur menu masakan. Sayur mana yang harus dimasak terlebih dahulu.

    BalasHapus
  15. Duh Soleh banget ya santri itu ikhlas membagi dua hadiah kuis. Tapi dengan membelikan kulkas emang lebih terasa manfaat untuk bersama nya ya

    BalasHapus
  16. Masya Allah ikut seneng maak melalui anak-anak akhirnya mempunyai kulkas.

    Kok ya pas tadi siang aku habis lihat tv nat geograpic tentang sejarah kulkas.

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah ya mba rezeki gĂ k kemana

    Kalau Aku pakai food preparation mba sistemnya jadi sayuran awet selama semingguan karna memang klo blanja utk dapur mingguan sih

    BalasHapus
  18. Iya menyimpan sayuran dalam.kulkas harus rapi ya, bisa juga dimasukan dalam plastik untuk satu kali masak sop, kayak di supermarket gitu. Cuma ya harus telaten yaa. Selama ini saya menyetok bahan sayuran untuk satu minggu.

    BalasHapus
  19. Nah, mak aku kadang suka lupa ngecek suhu kulkas, hahaha. terima kasih yah sudah diingatkan. aku kadang untuk sayuran yang ari kulaks, direndam dulu beberapa lama baru digunakan untuk bahan masakan

    BalasHapus
  20. Masya Allah, semoga kulkas barunya berkah... Keren banget bisa 2 tahun hidup tanpa kulkas...

    BalasHapus
  21. aku pakai food prep gitu jaditaruh tempat gitu enak. emang enak mak jadi lama bahannya. secara aku ini kan orangnya banyak jadi masak paling enak dan murah *eh

    BalasHapus
  22. Huhu aku masih sering nih sayur rusak saat disimpen di kulkas. Salah strategi nyimpennya dan memang kulkasnya gak pas suhunya. Sekarang udah jarang nih rusak lagi sayurnya.

    BalasHapus
  23. tips yang bermanfaat nih bun. kalau sayur saranku jangan di plastikin bun, tapi di taruh di wadah tertutup dan di alasi tisu. apalagi cabe dll. karna kan lembab jadi airnya bikin sayur layu dan berujung busuk. malah jadi ga ke pake nanti. dulu aku juga gitu cuma di plastikin aja, pas tau cara yg lebih tahan lama langsung eksekusi deh hihi

    BalasHapus
  24. Berkah banget ya mak, punya kulkas dari kulkas dan bisa sharing sama anak-anak pesantren. Untuk food prep jadinya dobel ya sekalian buat nyiapin makanan mereka? Kalau makmin kadang kelamaan nyimpen sayur di kulkas dan bisa lewat dari seminggu. Ujung-ujungnya rusak dan dibuang. Jarang masak juga, sih :) Tapi untuk daging dan buah relatif aman

    BalasHapus
  25. Aku juga pernah membaca tips menjaga kesegaran sayur di kulkas karena proses ini akan menentukan kualitas dimana kualitas buruk tentu saja akan berpengaruh ke nutrisinya.

    Jadi, jika ingin hidup lebih sehat memang harus diawali dengan penyimpanan sayur dan buah yang tepat!

    BalasHapus
  26. Binar suka mainin suhu kulkas diputar sampai full, sampai kaget buah di bawah beku semua wkkwkw. Iya, memang menyimpan sayuran dalam kulkas tuh gampang susah ya, ga bisa lama kalau gak tahu caranya

    BalasHapus
  27. Memang harus tahu triknya yaa agar sayuran tetap segar saat ditaruh di kulkas. Kalo saya, yang sering bermasalah itu sayuran hijau, cepat banget layunya

    BalasHapus
  28. Ngomongin tentang kesegaran sayur dalam kulkas, beberapa waktu yang lalu aku heran kok sayur-sayurku pada jadi es semua ya. ternyata oh ternyata, si bungsuku mutarin suhunya jadi cold.

    BalasHapus
  29. Betul mbak, Kadang terlalu sibuk sampai ndak sempat menjadwalkan beresin kulkas. Di rumah orang tua si tepatnya, hehe.

    Nuhun tipsnya mbaka

    BalasHapus
  30. Aku keinget ada satu tips biar sayuran awet, yakni sayurannya dibungkus kertas (koran), dan sebisa mungkin bagian umbi bawah sayuran dilindungi. Pernah aku coba dulu, dan berhasil. Tapi ntah karena kebetulan atau emang ada pengaruhnya.

    Yang jelas di rumah ibukku simpan pake boks-boks kecil dan jadinya lebih tertata dan kayaknya lebih awet juga.

    BalasHapus
  31. Aku tuh belum pernah mengukur suhu kulkas kebetulan kayaknya kulkas ku tuh udah mulai tidak sedingin waktu awal-awal dulu karena pintunya mulai rusak. Habis ini deh aku coba untuk mengukur suhu kulkas

    BalasHapus
  32. Bicara kulkas saya jadi inget kulkas di rumah yang mulai error. Nyimpan makanan dan sayuran ga pernah tahan lama. Kode minta diganti kali ya hehe

    BalasHapus
  33. MasyaAllah, terharu baca ceritanya Mbak, Allah itu memang memberikan apa yang kita butuhkan di saat yang tepat ya.
    Lewat kemenangan anak-anak jadi punya kulkas baru ya, dan sekarang bisa manfaatin kulkas lagi tuk menjaga kesegaran sayur :)
    suhu di kulkas itu emang harus diperhatikan, kadang klo terlalu over eehh sayuran malah cepat rusak, jadi matang gitu sebelum dimasak :D

    BalasHapus
  34. Tipsnya cukup sederhana ya. Yang penting juga rajin cek, segera buang yg sudah tidak layak dimasak dan pastinya mbersihin kulkas secara berkala.
    Beneran paling sedep, kalau memasak dengan bahan makanan serba segar. Plus terjamin bersih dan akhirnya mbantu njaga kesehatan sekeluarga.

    BalasHapus
  35. Kulkas emang triky si klo mamaku biasa di masukkan wadah plastik katanya supaya ga layu hehe, kadang works sii

    BalasHapus
  36. Baca artikel mbak Naqi, saya auto noleh ke kulkas xixixi. Permasalahan utama tinggal di Taiwan adalah pas summer begini. Kondisinya yang lembab dengan hawa super sumuk bikin bahan makanan 3x lipat cepat basi kalau ngga segera dimasukin kulkas. Dan so pasti kulkas dimusim panas haris bekerja extra karena suhunya saya puol-in dinginnya. Mogaa kulkas saya mampu bertahan 😆.
    Trims sharingnya mbak Naqi, salam kenal 😁

    BalasHapus
  37. Baca artikel mbak Naqi, saya auto noleh ke kulkas xixixi. Permasalahan utama tinggal di Taiwan adalah pas summer begini. Kondisinya yang lembab dengan hawa super sumuk bikin bahan makanan 3x lipat cepat basi kalau ngga segera dimasukin kulkas. Dan so pasti kulkas dimusim panas haris bekerja extra karena suhunya saya puol-in dinginnya. Mogaa kulkas saya mampu bertahan 😆.
    Trims sharingnya mbak Naqi, salam kenal 😁

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^