Ini Loh Amalan Boleh dan Tidak Boleh Saat Mentruasi di Bulan Ramadhan

Amalan yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Menstruasi di Bulan Ramadhan. Saat ini putriku berusia 7 tahun. Itu artinya aku mulai mempersiapkan anakku mengenal apa itu menstruasi, tentu dengan bahasa anak-anak. Memang sih selama ini hanya mengamati saja. "Umi, kok tidak sholat?" atau "Umi kok tidak puasa?" tapi, yang tidak berpuasa ini hanya tahu tapi tidak melihat aku makan di depan orang berpuasa. Ilmu tentang menstruasi ini penting sekali bagi seorang ibu yang memiliki anak perempuan. Tapi, lebih dari itu, kita sebagai muslimah juga harus tahu apa saja yang boleh dan tidka boleh saat menstruasi.

Amalan yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Menstruasi di Bulan Ramadhan


Ibadah yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mestruasi

Mentruasi ini khusus diberikan oleh perempuan saja, anak laki-laki tidak merasakan ini. Untuk itu ada yang boleh dan tidak boleh dikerjakan, loh! Apa saja? Berikut penjelasannya :

1. Tidak boleh melakukan sholat wajib dan sunah, ya!

2. Tidak perlu menggantikan sholat yang hilang ketika menstruasi. Untuk itu, jangan menunda waktu sholat! Ketika adzan, yuk bersiap sholat, ya!

3. Tidak diwajibkan puasa wajib dan sunah.

Apalagi sebentar lagi Bulan Ramadhan, tidak diperbolehkan berpuasa, tapi diwajibkan menggantikan puasa itu dilain waktu sepanjang tahun sebelum Ramadhan berikutnya. Untuk itu, saat menstruasi dicatat ya berapa lama dari tanggal berapa sampai tanggal selesai agar mudah saat membayar hutang puasanya!

4. Untuk yang sedang umroh atau haji, perempuan yang menstruasi tidak diperkenankan melakukan thawaf yakni mengelilingi Ka'bah.

5. Membaca Al Qur'an.

6. Berhubungan suami istri

7. Thalak, dll

Nah, Moms, jika tidak boleh melakukan hal ibadah di atas, apa saja yang diperbolehkan selama menstruasi? Kan pengen nambah ibadah dong! Kelak di Bulan Ramadhan juga harus ngapain nih selama menstruasi?

1. Menyiapkan makanan untuk yang berpuasa (sahur/buka).

2. Berdzikir

3. Bersedekah.

4. Mendengarkan Al Qur'an (untuk yang memegang sebaiknya tidak secara langsung, ya! Dengarkan saja lewat ponsel ).

5. Melakukan pekerjaan domestik (ini pahalanya besar, loh!).

6. Mendatangi pengajian.

7. Membaca buku.

8. Menjaga diri dari kesia-siaan

9. Ikut kelapangan saat Idul Fitri

10. dll


Lalu, bagaimana agar tetap fit saat saat menstruasi selama Bulan Ramadhan? Bukankah ibu-ibu tetap memasak, mencuci dan mengerjakan tugas domestik lainnya walau tidak wajib berpuasa? Berikut tips sehat selama menstruasi di Bulan Ramadhan:

1. Jangan lewatkan sahur. Untuk itu jaga pola tidur. Jangan begadang dan pasang alarm.

2. Kurangi makanan yang mengandung minyak.

3. Makan secukupnya saat berbuka puasa.

4. Perbanyak makan sayur dan buah

5. Tetap olahraga

6. Mengkonsumi vitamin

Vitamin B Complex


Mengkonsumsi vitamin ini sangat diperlukan agar badan tetap fit contohnya mengkonsumi Vitamin B Complex. Kandungan dan manfaatnya sangat banyak. Apaalagi untuk usiaku yang sudah menginjak 41 tahun. Aku harus mengkonsumsi Vitamin B Complex sesuai dosis dan anjuran dokter. Oiya, buat Moms yang menderita asam lambung naik, tidak perlu khawatir Vitamin B Complex aman buat lambung dan tidak memilik efek samping yang menyebabkan sakit maag. Vitamin B Complex dapat ditemui di Pyfahealth yang punya kandungan Vitamin B Complex dan Vitamin C.

Nah, Moms, itulah tips agar tetap sehat selama menstruasi di Bulan Ramadhan ini. Apalagi Bulan penuh berkah ini kita tetap dapat melakukan amalan berpahala walau tidak berpuasa. Yuk, jaga kesehatan!

18 komentar untuk "Ini Loh Amalan Boleh dan Tidak Boleh Saat Mentruasi di Bulan Ramadhan"

  1. Untuk konsumsi vitamin B complex apakah sebaiknya sesudah makan atau bisa sebelum makan?

    BalasHapus
  2. Menjaga diri dari kesia-siaan ini penting ya sebenarnya Mbak, baik ketika sedang tidak haid pun. Misal dalam berinternet, kalo gak hati2 bisa kebablasan, meluncur ke sana ke mari ... hii. Makasih pengingatnya, Mbak Naqi.

    BalasHapus
  3. minum vitamin dan suplemen memang penting nih selama bulan puasa supaya tetap fit dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan

    BalasHapus
  4. Selama ramadhan jam tubuh kita jadi berubah ya, bangun tidur dan makan minumnya bergeser. Emang asupan makanan harus di jaga juga, kalau perlu konsumsi vitamin juga

    BalasHapus
  5. Selamat meyambut bulan puasa ya, Mak. Semoga sekeluarga selalu diberi kesehatan dalam beribadah. Dan jangan lupa untuk minum vitaminnya supaya tubuh tetap vit.

    BalasHapus
  6. Pas banget, kak Naqi..
    Syukron untuk list amalan yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat shaum Ramadan. Karena aku pas hari pertama Ramadan besok, sepertinya belum bisa ikut shaum.
    Hiiks~

    Dengan list ini, bisa mengobati kesedihanku.

    BalasHapus
  7. Setiap mens aku banyakin dzikir, soalnya kalau pikiran kosong suka ada yang gangguin. Jadi biar lebih tenang juga. Apalagi di bulan ramadan ya.

    BalasHapus
  8. Masya Allah indahnya Islam yaa, bahkan yang sedang berhalangan pun tetap bisa kok memaksimalkan amal ibadahnya di bulan Ramadan dengan berbagai kegiatan lainnya. Oh iya, soal membaca Al-Qur'an ini saya pernah baca di mana yaa, sepanjang Al-Qur'an gak dipegang langsung, dilapisi dengan jilbab/mukena gitu katanya, (((katanya))) masih bisa..

    BalasHapus
  9. Meski sedang menstruasi, harus tetap mengoptimalkan ibadah ya... Plus tentunya tetap menjaga kesehatan juga...

    BalasHapus
  10. Makasih bun sudah diingatkan sangat membantu banget nih. Aku lagi hamil jadinya gak mens dulu. Semoga bisa kuat ibadah puasa aamiin.

    BalasHapus
  11. Wah iya anakku juga udah mau 10 tahun nih, harus mulai diedukasi sejak dini terutama cara menjaga kebersihan saat menstruasi dan minum vitamin agar tetap sehat saat menstruasi.

    BalasHapus
  12. Sip diterima nih tipsnya mba Naqi. Meski dalam keadaan "kotor", wanita tetep bisa melakukan ibadah dengan cara lain.

    BalasHapus
  13. Yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat menstruasi ini sering kali lupa. Padahal udah sejak kecil belajar. Dengan baca ini jadi diingetin lagi deh. Semoga amal ibadah kita lancar dan sudah sesuai aturan ya.

    BalasHapus
  14. Wah terima kasih Mak Naqy, jadi tahu amalan apa yang bisa mendatangkan pahala walaupun sedang haid di bulan ramadan ya..iya aku juga rajin minum vitamin B sejak kena omi..

    BalasHapus
  15. Saya ingat dulu guru agama murid bilang, disebutnya itu hadas. "Kalau mamanya lagi hadas, gak boleh sholat, puasa, baca Qur'an." Anaknya adek juga kemarin belajar puasa, ketika ibunya belum puasa. Alhamdulillah dia santuy sih berpuasa sampe jam 12 :D

    BalasHapus
  16. semoga lancar puasanya di ramadan ini
    aku membaca tarjamah masih mak, tapi bukan tadarus lanjut ngaji biasa biar ga sepi kegiatan odoj nya

    BalasHapus
  17. meskipun tidak puasa, tetap jangan lewatkan sahur ya Mbak, karena kan gak enak juga ya kita makan di siang hari hihih
    semangat Mbak, PR ya ini mengajarkan anak yang beranjak remaja biar lebih tahu dan siap dia ketika sudah mendapati menstruasi pertamanya :)

    BalasHapus
  18. Penting nih buat diketahui kaum perempuan, terutama bagi remaja yang baru menjalani puasa.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^