Kunci Sukses Ibu Rumah Tangga Menghapal Al-Qur'an

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,
Sangat bahagia di Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini aku berkesempatan ikut webinar Kunci Sukses Ibu Rumah Tangga Menghapal Al-Qur'an yang diselenggarakan oleh Conneting Mama. Diera digital ini apa sih yang enggak bisa buat belajar jarak jauh? Mengingat kesibukan ibu rumah tangga, belajar secara daring ini sangat membantu. Alhamdulillah temanya sangat pas yang aku butuhkan.



Menjadi ibu rumah tangga adalah sebuah anugerah. Tugas seorang ibu adalah mendidik anak-anaknya. Awal menikah juga aku merasa "berat" menjadi ibu sampai sempat down juga berasa jadi ibu yang gagal, huhu... tekanan sana-sini bikin stres. Alhamdulillah perlahan aku menemukan komunitas dan teman-teman yang baik yang mau menerimaku apa adanya dan berjuang untuk tangguh. 

Apalagi kalau semakin dekat dengan teman-teman yang gemar membaca Al-Qur'an jiwa jadi makin kuat. Ditambah membaca terjemahannya, insya Allah hati jadi semakin lembut.

Nah, Moms, Inilah tanda-tanda kecintaan hati kepada Al-Qur'an :

1. Merindukan dan bahagia berinteraksi dengan Al-Qur'an.
2. Kembali kepada Al-Qur'an ketika menghadapi permasalahan hidup.
3. Berilmu, yakni berusaha memahami dan keagungan dan keutamaan Al-Qur'an.
4. Bergaul dengan orang-orang shahih yang mencintai Al-Qur'an.
5. Bersabar, yaitu bersabar dalam hal di atas.

tanda-tanda kecintaan hati kepada Al-Qur'an


Lalu, Ramadhan ini adalah momen yang tepat untuk kita semakin mendekatkan diri kepada Allah Swt dan semakin banyak tilawah Al-Qur'an. Sering terjadi, semangat khatam hanya diawal saja, tapi ketika bertemu haid, kendur lagi. Jadilah khatam 1x tinggal impian. Nah, ini emang perlu latihan ya Moms. Sejak sebelum Bulan Ramadhan sudah melatih diri untuk khatam. Soalnya kalau mendadak hanya Bulan Ramadhan saja ditambah dikurangi jadwal haid, akan sulit bagi yang belum terbiasa.

Zoom Conneting Mama  Ibu Rumah Tangga Menghapal Al-Qur'an

"Gimana dong kalau baca  Al-Qur'an saja masih sering salah tajwid-nya sudah mau menghapal  Al-Qur'an. Tahsin dulu atau langsung belajar menghapal  Al-Qur'an?"

Menurut Ustadzah Lana, semua bisa dilakukan berbarengan. Bisa sembari belajar tahsin dengan menghapal. Toh waktu tidak 24 jam hanya menghapal Al-Qur'an saja, tapi ada kegiatan domestik lainnya. Salut banget dengan penyampaian Ustadzah Lana yang runut dan teduh. Jadi, ibu rumah tangga juga bisa menghapal Al-Qur'an, dimulai dari surat pendek Juz 30, Juz 29 dan seterusnya. Disarankan untuk pemula dari Juz 30-Juz 26 kemudian lanjut ke Juz 1. 

"Gimana dong jadi malu nih hapalan sedikit, sedangkan anak cepat sekali hapalannya," ujar seorang peserta. 

Ya, itulah tantangan seorang ibu, tetap semangat menemani anak menghapal 
 Al-Qur'an. Emang sih kalau anak-anak cepat sekali menghapal ya, aku akui sih anakku begitu, bahkan setelah anak pertama menjadi hafidz, aku terus berjuang untuk belajar tahsin dan menambah  hapalan Al-Qur'an.

Kunci Sukses Ibu Rumah Tangga Menghapal Al-Qur'an

1. Tawakkal kepada Allah dan saling mendoakan (Ad-Du'a).
2. Memberi teladan (Al-Qudwah).
3. Membangun suasana kondusif (Al-Bi'ah).
4. Saling menasehati dan saling mengingatkan (Al-Mau'izhah).
5. Membangun kebiasaan (Al-Audah)
6. Reward dan Punishment (Al-'Uqubah).

Tips Ibu Rumah Tangga Menghapal Al-Qur'an


Setiap orang berbeda-beda metoda menghapal Al-Qur'an. Ada yang harus di tempat sepi, di depan kaca, di tempat khusus penghapal Al-Qur'an dan lainnya. Walau tugas ibu rumah tangga itu banyak. Namun, hendaknya kita terus meningkatkan diri untuk menambah hapalan Al-Qur'an. 

Nah, Moms, aku menulis ini bukan berarti hapalan Al-Qur'an aku sudah banyak, tapi ini bentuk memotivasi diriku. Memotivasi diri dan tekad yang benar adalah faktor besar dalam kemampuan untuk terus menghapal Al-Qur'an. Tekanan dari luar tidak akan bertahan lama, tekanan dari luar hanya akan menjadi sumber kekecewaan dan kejenuhan, tapi kalau motivasi dari dalam diri akan terus bertahan.

Oiya Moms, selama Bulan Ramadhan ini, hendaknya terus perbanyak membaca dan menghapal Al-Qur'an. Mari optimalkan indra penglihatan, pendengaran dan ucapan kita. Bacalah terus Al-Qur'an, pelajari hukum-hukum bacaannya. Manfaatkan waktu efektif dan waktu luang dalam menambah hapalan Al-Qur'an.

Berikut tips khatam Al-Qur'an dalam 1 bulan selama Ramadhan.

Tips Khatam Sebulan

Namun, sebagai perempuan kita ada jadwal haid dan itu membuat kita stop dalam membaca Al-Qur'an untuk mengejar khatam. Tapi, kita bisa tetap mengulang-ulang hapalan Al-Qur'an yang sudah ada. Misalnya memutarkan video/rekaman bacaan Al-Qur'an di hp atau laptop. Ada banyak amalan  yang boleh dilakukan perempuan ketika haid di Bulan Ramadhan, loh! Moms juga dapat memperbanyak dzikir dan doa. 

Peserta Zoom Kunci Sukses Ibu Rumah Tangga Menghapal Al-Qur'an

Yuk, semangat terus dalam memperbaiki bacaan Al-Qur'an dan menghapal Al-Qur'an, semoga Ramadhan kali ini kita semakin baik dari tahun sebelumnya. Terima kasih buat Conneting Mama atas acaranya yang super kece. Barokallah.

27 komentar untuk "Kunci Sukses Ibu Rumah Tangga Menghapal Al-Qur'an"

  1. Ini nih yang pas banget, sering kali sibuk sama pekerjaan rumah dan pekerjaan sampai lupa dengan mengaji. Belum pernah terpikirkan buat menghapalkan karena kesibukan, ibadah seperlunya juga. Mantep ini pasti webinarnya.

    BalasHapus
  2. wah ini reminder banget sih mba untuk aku sebagai seorang ibu. bulan puasa ini aku sama sekali belum ngaji lho huhuhu dasar manusia

    BalasHapus
  3. Ya ampun mbaa tipsnya keren sekli semoga saya bisa tetep istiqomah juga

    BalasHapus
  4. MasyaAllah tabarokAllah, super hepiii dgn kiat2 yg dibagikan di sini.

    aku udah lama ngga menghafal Qur'an nih mba

    insyaAllah mau mulai lagi... Bismillah!

    BalasHapus
  5. terima kasih sudah diingatkan kembali yah mbaak
    Semoga di bulan puasa ini bisa lancar menghapal Quran yah mbaaak
    Iya nih, kadang kalo abis datang bulan semangat suka jadi anjlok yaaah

    BalasHapus
  6. iya nih, udah setengah bulan Ramadhan, bacaan quranku 10 juz juga belum ada. Semoga masih bisa mengejar supaya ramadhan ini bisa khatam

    BalasHapus
  7. Masya Allah tabarakallah. makasih nih disharing kunci suksesnya. Saya sedang menghafal juga nih, semoga Allah mudahkan.

    BalasHapus
  8. Wah, harus dipraktekin nih tips khatamnya. Huhu Ramadan kali ini aku payah. Biasanya bisa khatam banyak. Sekarang masih ngesot. Ayo semangaaat!

    BalasHapus
  9. Masya Allah, terima kasih mbak banyak tipsnya..
    Banyak tantangannya ya kalau ibu rumah tangga ingin menghafal Al-qur'an, yang penting niat..tapi ini tipsnya bener-bener sangat bermanfaat mbak. Aku juga mulai hafalan lagi, pelan pelan bareng si kecil gitu

    BalasHapus
  10. Dengan kita hapal dan cinta Al-qur'an hubungan kita dengan Allah semakin dekat. Terimakasih bu sudah berbagi tips kunci sukses ibu RT menghafal Al-qur'an

    BalasHapus
  11. Aku mengaji belum istiqomah mbak hihihi. Aku usahakan biasanya setelah salat dhuha. Mengaji ga terlalu banyak baru secukupnya alias sedikit banget, duh jadi malu. Yang penting aku niat dan insya allha berkesinambungan aamiin. Ternyata ada cara khususnya buat ibu rumah tangga supaya bisa khatam Quran dalam sebulan Ramadan. TFS.

    BalasHapus
  12. Alhamdulillaaah ditulis di sini sama mbak Naqi!
    Iya aku jadi termotivasi untuk kembali menghapal ayat demi ayat!

    BalasHapus
  13. Amiin, timing yang pas ya untuk makin sering berinterkasi dengan Al Quran di bulan Ramadhan ini. menghafal memang jadi tantangan tersendiri untuk mama-mama nih, tapi kadang saat anak2 murojaah dengan hafalan mereka kita juga sekaligus mengulang hafalan kan ya?

    BalasHapus
  14. rupanya ibu rumah tangga pun bisa jadi oenghafal alquran yaa, Mba

    BalasHapus
  15. Bagus sekali acara Connecting Mama ini, memang Ramadhan momen yang tepat untuk kita semakin mendekatkan diri kepada Allah Swt dan semakin banyak tilawah Al-Qur'an. Terima kasih sudah mengingatkan:)

    BalasHapus
  16. Wah makasih ya mbak
    Sudah berbagi tips agar ibu rumah tangga bisa lebih mudah menghafal Al-Qur'an
    Mau menerapkan tips tipsnya ah

    BalasHapus
  17. Kalau aku kemairn dengan teman-teman komunitas fotoku bikin ngaji bersama. Tujuannya sih biar sama-sama membaca Quran, biar gak malas dan alhamdulillah sih kemarin jadi ganti-gantian untuk baca setiap juznya.

    BalasHapus
  18. Ya Allah keren banget, aku jd tertohok nih hafalan gak nambah2. Tp pas anak2 hafalan tuh kadang jd ikutan belajar. Kudu bener2 maksain diri emang ya? Apalagi level otak kyknya menurun huhu atau cuma perasaanku aja yaa
    Kalau haid jdnya mending hafalan tau dengerin gtu kali yaa
    BTw thanks pencerahannya mbak Naqy :D

    BalasHapus
  19. Mashaallah..salut banget ibu rumah tangga yang meluangkan waktu dengan disiplin menghafal quran, semoga membawa keberkahan mak...jadi pengen nambah hafalan surat pendek lagi nih..

    BalasHapus
  20. Bagus banget webinarnya ya jadi menambah semangat kita untuk menambah hapalan selama ramadan, memang lebih semangat kalau ada komunitasnya untuk menghapal bareng...terima kasih artikelnya ya Mak..

    BalasHapus
  21. Kalau aku tipe yang sulit menghafal, Mbak. Jadi untuk Al-Quran tuh baca aja terus menerus. Jadi terbiasa dan tahu bacaannya. Alhamdulillah kalau Juz 30 lumayan lah

    BalasHapus
  22. semangaaat tahfiz nya buat ibunya
    aku anak aja yang baru mak tapi ya deg2an juga takut dia salah ayat apa gimana
    tapi namanya juga mencoba
    ibu2 ga mau kalah juga kudu hapal al quran ya mak :")semoga suatu saat bisa

    BalasHapus
  23. Aku jadi malu. Ramadhan ini jangankan menghafal. Ngajiku sendiri gak karu karuan baru dapat sekian juz. Entahlah kemana menguapnyq semangat di awal Ramadhan

    BalasHapus
  24. Terimakaasih, kak Naqi..
    Kebetulan saat halaqah mengenai tips menghapal Qur'an ini aku gak ikut. Qodarulloh...
    Dan kini bisa dibaca rangkumannya di blog kak Naqi.
    Senang sekali..

    Barakallahu fiik~
    Semoga Allah mudahkan dalam menghapal Qur'an dan terus berdekatan dengan Al-Qur'an sehingga kelak di akhirat bisa menjadi syafaat.

    BalasHapus
  25. Terima kasih banyak Mba Naqi, serasa diingatkan kembali untuk makin rajin membaca Al Qur'an. Meskipun banyak hal yang harus dilakukan tiap hari, kita sebagai ibu tetap harus semangat menambah bacaan dan hapalan Qur'an.

    BalasHapus
  26. Wah makasihh mbak, sudah menulis resumenya, pas hari itu saya pas gak bisa ikutan. Padahal materinya bagus banget ini yaa. Memang penting ya tawakal pada Allah karena Allah yang memberi kita ilmu dan Allah pula yang mencabut ilmu dari kita. Biah atau lingkungan juga mempengaruhi juga ya. Maka ibu yang jadi sentral keluarga harus bisa mengondisikan lingkungan rumah agar kondusif dan menyenangkan. Hayuklah semangat khatam 1x dan memperbanyak hafalan Al quran di bulan Ramadan ini

    BalasHapus
  27. Masyaallah, tipsnya sangat bermanfaat, Kak. Sampai hari ini saya masih di juz 30 aja, heuheu. Kadang merasa gak ada progress. Tapi bismillah, saya akan coba mempraktikkan tips-tipsnya. Membaca dan menghapal Al-Quran itu memang tidak boleh terputus karena untuk memulai lagi biasanya agak berat. Jadi konsisten adalah kunci. Terima kasih sharingnya

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^