Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Usai Liburan dan Masuk Sekolah di Tahun Ajaran Baru

Liburan sudah usai, anak-anak siap ke sekolah lagi. Walau liburan tidak jadi ke luar kota, Alhamdulillah anak-anak tetap menikmati liburan dengan ceria. Kami sempat berenang ke Kolam Renang Unila dan bermain di Pantai Mutun. 

“Mi, Mamas kok enggak libur?” Tanya Abang Fatih.
“Iya, nak. Belum libur!” jawabku.




Ya, Mamasnya yang di pondok tidak liburan. Sejak wisuda Al Qur’an 30 Juz lalu, langsung balik ke pondok. Walau sedih enggak bisa bermain dengan Mamasnya, sebisa mungkin aku membuat kegiatan di rumah agar anak-anak tetap happy.

Kini, masuk sekolah sudah di depan mata. Anakku masuk sekolah Senin, 18 Juli 2022 dan mulai bersiap-siap dengan suasana baru. Abang Fatih naik ke kelas 5, sedangkan Aisyah naik ke kelas 2. Suasana baru menjadikan anak-anak perlu persiapan karena kelasnya akan berganti teman, sedangkan selama pandemi, teman sekelasnya sudah hampir 3 tahun tidak berubah.

Untuk itu, diperlukan persiapan masuk sekolah berikut ini :

1. Mempersiapkan Mental

Bertemu teman baru pastinya membutuhkan penyesuaian. Di mana cara bicara, gaya belajar dan tingkah laku berbeda. Anak-anak juga butuh belajar bersosialisasi. Maka, aku banyak memberikan nasehat dan cerita agar mau menerima teman baru dan bisa akrab dengan guru baru.

2. Mempersiapkan Seragam

Alhamdulillah seragam anak-anak masih pas. Kebetulan Abang Fatih baru aja beli seragam baru setelah sejak pandemic, baju Abang Fatih sudah kekecilan. Jadilah beli seragam baru. Sedangkan Aisyah karena baru kelas 2, jadi soal seragam tidak masalah. Tinggal disetrika dengan rapi.

3. Alat Tulis

Nah, walau hari pertama sekolah anakku belum belajar, tapi alat tulis tetap aku siapkan. Biasanya, sekolah anakku mengadakan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). Jadi, anak-anak di hari pertama pulang cepat.

4. Mempersiapkan Bekal

Siapa nih Moms yang sudah sibuk dengan menu bekal anak ke sekolah? Aku termasuk yang bersiap stok menu snack dan makan siang anak. Jujur, aku tuh enggak jago bikin snack yang homemade, tapi tahun ajaran baru ini aku udah berencana pengen lebih sering bikin sendiri.

5. Mempersiapkan Kesehatan Anak

Ini persiapan yang cukup penting. Sejak pulang dari Pantai Mutun, anak-anak sempat cerita, “Mi, kok badan masih bergoyang-goyang, ya?” atau “Mi, perut Abang mual kayak mau muntah!” Waduh, aku sudah waspada. Khawatir anak-anak demam atau malah enggak jadi masuk sekolah di hari pertama karena kecapekan.



Jujur ya, Sekolah Tatap Muka masa transisi ini membuat aku lebih ekstra menjaga daya tahan tubuh anak. Anak-anak masih diwajibkan pakai masker, tapi selama proses belajar tetap saja interaksinya aku tidak bisa memantau, apalagi sekelas ada 27 siswa. Untuk itu, aku mempersiapkan booster untuk memelihara kesehatan anakku. Terutama untuk kesehatan saluran cerna.

Kenapa? Soalnya ya Moms, letak sistem imun manusia adalah di saluran cerna. Untuk itu, paramedis sepakat bahwa kesehatan saluran cerna yang baik adalah cerminan dari kesehatan secara umum. Saluran cerna yang sehat memiliki kandungan bakteri baik (probiotik) yang mampu mendukung sistem imun.

Perlu diketahui juga kesehatan saluran cerna dapat terganggu dengan berkembangnya bakteri jahat. Hal ini terjadi karena kebiasan makan yang buruk, kurang bersih, stres, diare atau pemakaian obat berlebihan.

Selain itu, walau vitamin D sudah bisa didapatkan dengan berjemur di sinar matahari, tapi aku berharap ada di dalam vitamin. Ini agar daya tahan tubuh anak semakin terjaga, di mana merebak info adanya varian virus covid yang semakin banyak.

Peranan Vitamin D :

  1. Membantu perbaiki fungsi otak.
  2. Membantu menurunkan tekanan darah.
  3. Mempengaruhi ekspresi gen yang terlibat dalam perkembangan kanker.
  4. Menjaga fungsi paru dan kesehatan kardiovaskuler.
  5. Menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  6. Menjaga fungsi sistem imun, otak dan saraf.
  7. Meregulasi kadar insulin dan membantu tatalaksana diabetes.
Nah, syukur Alhamdulillah kebutuhan kesehatan cerna dan vitamin D ini aku temukan Interlac + Vitamin D3. Emang sih anakku sudah melaksanakan vaksin anak, tapi jaga-jaga aja soalnya Sekolah Offline ini anak-anak akan sibuk belajar karena sudah PTM 100%.




Pengalaman Mengkonsumsi Interlac + Vit D3


Nah, Moms, aku mau ceritakan kalau Abang Fatih sudah mencoba Interlac + Vit D3. Ini suplemen praktis menjaga daya tahan tubuh anak. Anak-anak akan suka karena hanya dikunyah saja. Apalagi ada kandungan vitamin D. Berikut aku infokan apa saja sih kelebihan dari Interlac Tablet + Vit D3.

Interlac Tablet + Vit D3 memiliki kelebihan, yakni :

  1. Memiliki rasa jeruk.
  2. Mengandung Lactobacillus reuteri DSM 17938.
  3. Merupakan kombinasi probiotik.
  4. Interlac merupakan probiotik berpaten yang memiliki paling banyak studi dibanding probiotik lainnya.
  5. Meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas)
  6. Menjaga kesehatan saluran cerna dari diare, sembelit, kembung, begah
  7. Praktis tinggal dikunyah (tidak seperti suplemen sirup yang lebih ribet saat diberikan pada anak)
  8. Cukup 1x sehari
  9. Meskipun tampilannya seperti obat, Interlac + Vit D3 adalah suplemen.
  10. Cocok untuk anak-anak usia 2-18 tahun, dewasa dan ibu hamil.
Nah, Moms, mudah sekali mengajak anak rutin mengunyah Interlac + Vit D3. Aku sendiri sudah stok nih untuk persiapan anak-anak masuk sekolah. Aku beli di Shopee : https://shopee.co.id/interbathealth. Inflo lainnya bisa cek aja Moms di IG @interlacprobiotics (Klik link-nya aja, ya!) Selain itu, Interlac juga bisa ditemukan di apotek dan babyshop kepercayaan Mom semua. Selamat mencoba dan selamat back to school ya adik-adik!

38 komentar untuk " Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Usai Liburan dan Masuk Sekolah di Tahun Ajaran Baru"

  1. Keponakanku udah masuk sekolah seminggu lalu. Emang namanya baru masuk kudu banyak persiapan apalagi masalah kesehatan. Kan covid belum kelar ya. Jadi tambah suplemen dan vitamin biar makin oke

    BalasHapus
  2. Keponakanku udah masuk sekolah seminggu lalu. Emang namanya baru masuk kudu banyak persiapan apalagi masalah kesehatan. Kan covid belum kelar ya. Jadi tambah suplemen dan vitamin biar makin oke

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak saya juga baru masuk SD. Sepertinya saya juga perlu buat sedia Interlac di rumah buat menjaga daya tahan tubuh anak soalnya biar engga gampang sakit

      Hapus
  3. samaan dengan Saki mbak, saya juga memberikan interlac untuk menjaga pencernaan anak-anak, agar terjaga imunitas tubuhnya dari sakit.

    BalasHapus
  4. Dengan persiapan mental dan fisik anak2 bisa PTM yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, penting banget dua hal ini mental dan fisik karena anak anak dah lebih 2 tahun sekolah lebih banyak di rumah, jadi penting beri booster vitamin Interlac untuk daya tahan tubuh anak anak

      Hapus
  5. Selamat sekolah lagi abang Fatih dan Aisyah. Nice info mba Naqi. Mantap suplemennya bisa sekalian buat anak dan dewasa ya.

    BalasHapus
  6. kesehatan anak wajib dijaga ya, apalagi saluran cernanya, karena memang banyak penyakit yang datang lewat saluran cerna, anakku jg belum lama ini kena typus sampe 1 bulan

    BalasHapus
  7. Wah Adem Sari juga langganan saya, biasanya kalau sariawan atau pas hari lagi panas banget. Enak minum Adem Sari. Ternyata Adem Sari bisa untuk anak2 juga ya

    BalasHapus
  8. Masa kembali ke sekolah usai liburan panjang apalagi kondisi juga blm sepenuhnya pulih pasca pandemi.
    Harus lebih ekstra mempersiapkan kebutuhan kembali ke sekolah dan tentunya juga kondisi kesehatanya
    Asupan nutrisi dan suplemen/vitamin bisa jadi pelengkapnya

    BalasHapus
  9. Vitamin kunyah pasti enak ya rasanya. Coba juga ah buat anak-anakku. Selama ini mereka agak malas minum vitamin D. Adda aja alasannya. Tabletnya nyangkut di tenggorokan, nggak enak di lidah, dll.

    BalasHapus
  10. sekolah offline perlu banget nih mbak Naqi untuk daya tahan tubuh ananda!
    Saya dulu anak-anak "dicekokin" sama suplemen dan vitamin C. paling bagus sih telor setengah matang tiap pagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asiik si adek udah bebas ketemuan sama temen temen ya dek,
      inget dek masker sama cuci tangan jangan ditinggalkan yaaa

      Hapus
  11. Karena suatu hal, aku sempat mau pindahkan anak pertamaku ke HS pas naik kelas 6 ini. Eh tapi telat ajuin ke sekolahnya dia, jadi dia tetap di sekolah yang sama (gak jadi HS). Walhasil aku grabak grubuk beli seragam sekolah anak persis sehari sebelum masuk. Alamaaak rame luar biasa, mana harganya juga beda jauh sama beli online. Hehehe. Soal kesehatan aku juga wanti-wanti sama anakku karena kan pandemi belum benar-benar selesai ya. Termasuk soal makanan dan bekal sekolah biar nggak ada drama sakit pencernaan.

    BalasHapus
  12. Penting banget nih semua persiapan di atas karena anak-anak udah full day school lagi ya. Semoga anak-anak kita sehat selalu meskipun sudah sekolah offline.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Karena sudah banyak kegiatan offline, jadi persiapan kudu lebih di masa pandemi ini termasuk ngasih suplemen

      Hapus
  13. Meski pandemi sudah landai tetap harus waspada jaga kssehatan ya, Mba. Interlac mdnjaga kesehatan pwncernaan anak

    BalasHapus
  14. Aku juga percayakan kepada Interlac Mbaa sebagai probiotik untuk jaga imun anak-anakku. Dari sejak kedua anakku Bayi selalu dikasih interlac drop, serbuk, dan sekarang yang tablet kunyah. Apalagi Interlac ada kandungan Vit D3-nya ya, dibutuhkan anak terutama di masa pandemi yang memang belum usai. Semangat sehat anak-anak hebaaat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget deh aku sama mam Bil, karena probiotik buat pencernaan sehat yang menyebabkan imun anak meningkat apik ya. Sehat-sehat ya anak-anak semua

      Hapus
  15. Saya concern banget dengan daya tahan tubuh anak juga, Mbak. Soalnya kalo mudah sakit, makan jadi susah, sekolah jadi ga pernah. Akhirnya terhambat semuanya. Semoga anak-anak kita sehat selalu ya..

    BalasHapus
  16. waw mantap sangat bermanfaat sekali infonya. sukses ya mb naqi.

    BalasHapus
  17. Razqa dulu pakai Interlac tapi yang untuk bayi Mbak. Ternyata sekarang ada yang tablet juga ya

    BalasHapus
  18. Banyak yang harus dipersiapkan ya Mbak saat akan masuk sekolah. Tapi terutama memang stamina. Ini aja di kelasnya anak-anak, sudah pada mulai ijin sakit bergantian. Huhu.. semoga anak-anak kita disehatkan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alasan kenapa ada yang ijin sakit sampai bergantian, itu karena di tiap ruangan kelas pasti ada papan nama absen yang perlu diisi, Mbak... :)

      Hapus
  19. Bagus ya kandungan dari Interlac ini... jadi mau nyoba buat Adek deh, Mba.

    BalasHapus
  20. Ini andalan bgt utk para moms.
    Ahhh ku mau infokan soal Interlac ini ke buibu kompleksss dah

    BalasHapus
  21. Setuju mbak. Dokterku juga bilang hal yang sama. Kalau saluran cerna sehat, maka sehat pula organ dalam tubuh lainnya.

    Semoga anak-anak senantiasa sehat ya mbak, lancar beraktivitas di sekolah dan luar rumah.

    BalasHapus
  22. praktis banget interlac ini ya mbak, cukup dikunyah dan rasanya juga rasa jeruk, pasti disukai anak-anak. Saki juga suka mbak. Gak pake drama ngasih vitamin buat daya tahan tubuh anak

    BalasHapus
  23. Setelah liburan dan mulai masuk tahun ajaran baru, banyak hal yang harus dipersiapkan ya mbak. Salah satunya menjaga agar daya tahan anak tetap bagus dan sehat. Mau nyoba interlac buat anakku

    BalasHapus
  24. dengan banyaka kandungan bahan aktif yang baik dan vitamin yang dibutuhkan tubuh, suplemen ini bagus untuk kita ya mba

    BalasHapus
  25. Memang udah mulai aktivitas lagi anak2 di sekolah dan kita udah mulai ribet menyiapkan perlengkapan sekolah yaaah

    Baiknya memang anak konsumsi tambahan suplemen untuk menjaga staminanya supaya tetap fit seperti Interlac + Vit D3

    BalasHapus
  26. Kalau rasanya lezat dan tablet kunyah, biasanya anakku suka mowlagi mowmowlagiii.. memang penting banget nih, jaga kesehatan anak di masa-masa sekolah. Aktivitas yang padat karena anakku fullday, kudu di booster menggunakan Interlac.

    BalasHapus
  27. Haruss konsumsi suplemen atau vitamin buat anak2 supaya kuat. Duhh kmrn sekolah anak temenku dah online lagi gara2 ada yg positif, semoga sekolah anakku ga online juga soalnya mulai ada yg kena tapi pas belum masuk ke sekolah kenanya.

    Interlac ini komplit yaa mak kandungannya cocok buat anak2.

    BalasHapus
  28. Kayak kaget gitu ya mbak, abis sekolah online, sekarang setelah liburan udah langsung pelajaran tatap muka. Memang harus dipersiapkan semuanya, terutama suplemen, agar imun tetap terjaga bagus

    BalasHapus
  29. Makin banyak aktivitas di luar ruangan bikin kita harus mewaspadai kondisi anak2. Butuh suplemen untuk menjaga imunitas tubuh,

    BalasHapus
  30. Tahun ajaran baru ini menantang ya karena udah boleh masuk PTM 100% full, makanya pikiran emak2 bertambah gmn caranya bisa bikin anak selalu sehat jauh2 dari virus selama sekolah. Interlac ini bagus buat melindungi pencernaan anak dan vitamin D3-nya bagus buat daya tahan tubuh ya mbak.

    BalasHapus
  31. Sudah hampir merata anak-anak mulai PTM di sekolah ya mak.
    Penting banget nih untuk ibu-ibu siap sedia suplemen dan obat-obatan untuk menjaga daya tahan tubuh anak agar tetap fit menjalani PTM.

    BalasHapus
  32. Kandungannya pas banget utk sekarang anak kembali ke sekolah lagi utk nambah imun

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^