Manfaat Bermain Pasir Untuk Anak

 


Manfaat Bermain Pasir Untuk Anak. Siapa nih yang masa kecilnya suka bermain pasir? Ya, aku salah satunya. Sejak kecil sering diajak ayahku ke Pantai Panjang. Masa kecilku di Bengkulu dan ayahku memiliki adik yang rumahnya dekat dengan Pantai Panjang, namanya Pak Wan. Bermain pasir di tepi pantai menjadi sebuah kenangan indah sehingga aku ingin sekali mengajak anak bermain pasir di Pantai Mutun, Lampung.

Bermain pasir banyak manfaat bagi anak di antaranya adalah :


✅Mengasah Kreativitas Anak
Anak bermain pasir dengan imajinasi masing-masing, mulai dari membuat cetakan pasir berbentuk geometri, membuat istana pasir, masak-masakan, dll.

✅ Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi
Sembari membuat cetakan pasir, anak akan bercerita bersama teman atau orang tuanya. Ini akan membantu anak banyak bercerita atau membangun kedekatan antara kakak dan adik.

✅ Memberikan Pengalaman Baru
Bermain pasir selalu menarik bagi anak-anak. Anak-anak selalu penasaran, bagaimana membuat bangunan yang tinggi, membuat terowongan dll. Bentuk ini dapat dilakukan dengan bermain pasir. Cobain, yuk! 

✅ Belajar Mengenal Huruf
Bermain dengan pasir dapat juga mengajarkan anak mengenal huruf. Saat Aisyah masih TK, aku menyiapkan pasir dan mengajak anak menulis di atas pasir dengan jarinya. Hal ini mengasah anak untuk menguatkan otot jarinya. Stimulasi motorik halus ini sangat bermanfaat agar anak siap untuk belajar menulis.

Manfaat motorik halus ini mampu menguatkan kemampuan anak dalam hal  sebagai berikut:

✅  Memegang pensil dengan sempurna.
✅ Mampu meniru membuat garis tegak/datar/miring kanan/miring kiri/lengkung dan lingkaran.
✅  Menjiplak huruf
✅  Menulis huruf. 



Nah, pengalaman anakku diajak bermain pasir di Pantai Mutun sangat menyenangkan. Walau bermain hanya sebentar dan banyak banget orang di sana. Sisa-sisa permainan orang pun juga banyak juga kami temui. Dari rumah aku sudah membawakan cetakan untuk anak-anak membuat bentuk di Pantai Mutun. Cerita pengalaman kami ke Pantai Mutun menyusul ya, Moms!

Sebelum bermain pasir, hendaknya Moms melakukan hal sebagai berikut :

✅ Kunjungi pantai yang pasirnya bersih dari sampah. Anak-anak akan terganggu dengan sampah menumpuk, apalagi jika menyebarkan bau tidak sedap.
✅ Hindari pasir yang basah karena bisa jadi tempat berkembang biak parasit dan cacing kremi. Aduh sedih dong, usai bermain pasir, anak-anak sakit perut atau malah demam.
✅ Selalu cuci tangan dan mandikan anak hingga bersih setelah bermain pasir. Nah, walau susah banget membersihkan pakaian usai anak bermain pasir, terutama yang di tepi pantai, Moms dapat membilas berkali-kali agar pasir hilang dari pakaian atau merendam pakaian dengan ditergen sebelum dicuci dengan bersih.
✅ Gunakan tabir surya pada kulit anak saat pasir di bawah sinar matahari. Untuk anak-anak sudah ada loh! Tabir surya ini berguna melindungi kulit anak dari sunburn pada kulit anak. Sunburn pada anak akan menimbulkan risiko kanker kulit.

Oiya Moms, bermain di pasir itu bisa juga latihan menggambar bebas loh! Masa kecilku senang menulis atau menggambar di atas pasir! Gambar wajah, hewan atau juga geometrik. Yes, seru pokoknya! Siapa nih yang suka menggambar? Seni gambar ini dapat dilakukan dengan media apa pun. Aku sendiri menikmati banget seni gambar sejak ada tiktok. Ada seorang content creator yang aktif membuat video tentang kegiatan menggambarnya. 

Cocok banget dengan kegiatan yang dilakukan oleh Mbk Tanti Amelia yang senang membuat doodle. Menurut  Wikipedia, Doodle atau corat-coret adalah gambar yang dibuat saat seseorang kehilangan perhatiannya. Doodle adalah gambar sederhana yang dapat memiliki makna representasi konkret atau hanya terdiri dari garis acak dan abstrak, umumnya tanpa pernah mengangkat perangkat gambar dari kertas, dalam hal ini biasanya disebut "coretan".



Banyak juga ternyata ceritaku ya, Moms, dari bermain pasir di Pantai Mutun sampai membuat doodle. Emang ya Moms, jadi ibu itu mesti upgrade ilmu. Jika motorik anak tuntas, maka akan memberikan pengaruh positif pada hidup yang akan datang. Yuk, Moms kita semangat terus mendampingi anak-anak kita. Semoga ceritaku mengenai manfaat bermain pasir untuk anak di atas bermanfaat! 

Posting Komentar untuk "Manfaat Bermain Pasir Untuk Anak"