Cara Menanam Cabe di Pot yang Benar

Cara Menanam Cabe di Pot - Beberapa waktu lalu, aku diajak tetanggaku untuk gabung dalam pendirian Kelompok Wanita Tani (KWT). Loh, di kota ada kelompok tani? Tentu saja berbeda bukan kelompok tani seperti di perdesaan, tapi ibu-ibu di kota tetap bisa bercocok tanam. Jika selama ini lahan kecil tak bisa bercocok tanam, makanya ada KWT yang menyiapkan lahan untuk bercocok tanam bersama.

KWT Barokah Bandar Lampung

KWT Barokah yang kami dirikan ini insya Allah berkerjasma dengan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI). Bersama IZI ke depan KWT Barokah akan menamam berbagai tanaman sesuai kesepakatan. Di antaranya cabe, tomat, gambas, kangkung, bayam, dll.

Kebetulan lahan yang ada milik tetangga kami. Lalu, kami membersihkan lahan bersama-lama dengan gotong-royong. Anggotanya kebanyakan ibu rumah tangga yang bekerja di rumah. Tapi juga ada yang bekerja sebagai ART pagi-siang saja, ada juga guru, penjahit dan lainnya.

Nah, bertemu dengan tetangga ini membuat semakin semangat menjalani hari-hari. Soalnya, hidup di kota jarang bertegur sapa. Kalau ada kegiatan KWT jadi bisa menikmati tertawa bahagia. Pertemuan sering diadakan sore setelah asar, sekitar pukul 16.00-17.30 WIB. Jadi, siapa nih yang betah di rumah dengan bercocok tanam?

Back to cara menanam cabe di pot yang benar. Walau kelak kami akan menanam di lahan yang disediakan. Tapi, sebagian anggota sudah menanam cabe di rumah dengan pot. Kebanyakan Cabe tidak sulit untuk tumbuh, tetapi mereka sedikit berbeda dari tanaman pangan lainnya. Misalnya, Benih perlu lebih hangat untuk tumbuh, dan tanaman akan mendapat manfaat karena lebih kering saat disiram. 

Sumber : https://ketahananpangan.semarangkota.go.id/


Mulai sekarang, penting untuk mengetahui bahwa cara menanam cabe di pot lebih intens daripada jenis Cabe lainnya. Berikut adalah beberapa yang termudah dan paling dapat diandalkan. Tanaman ini mudah tumbuh dan ramah lingkungan, sehingga mudah menanam cabe dirumah.

Pisahkan Bijinya

Setelah beberapa hari daunnya bertunas dan ini juga merupakan tanda untuk memindahkan tanaman lada ke pot atau kebun lain. Jika Anda ingin menanam cabai di dalam pot, Anda bisa meletakkan tanaman di dalam pot dan mendapatkan nutrisi yang paling banyak untuk tumbuh dan berbuah dan selalu perhatikan untuk semprot dua kali sehari. 

Pemilihan Bibit Unggul

Jika Anda ingin menanam cabai rawit dari biji, pilihlah cabai rawit yang terbaik. Bibit unggul membuat nangka lebih baik. Bila ditanam dengan benih cabai unggul, tanaman tahan terhadap gerakan tetapi tidak mati. Jika ditransplantasikan selama transplantasi, benih dapat mati jika tidak ditangani.

Perkebunan Cabai Rawit

Cara lain untuk menanam paprika adalah di pembibitan. Anda dapat memulai pembibitan dengan merendam paprika dalam air hangat selama 30 menit. Jika begitu, Anda bisa merendamnya dalam 1 hari 1 malam menggunakan obat perangsang akar.

Bagaiman Cara Menanam Cabe di Pot yang Benar?

Siapkan pot dan isi dengan Media Tanam.

Anda dapat memilih pot dengan lubang untuk menanam Cabe. Pot jenis ini memiliki sistem drainase yang baik sehingga air dapat keluar dari pot dan mencegah tanaman membusuk. Isi pot dengan media tanam dengan jarak 5 10 cm dari mulut pot.

Bilas dengan air bersih

Taburi Cabe dengan air bersih jika disemprot dua kali sehari untuk menjaga benih tetap lembab. Sekali di pagi hari Air sekali malam.

Jauhkan dari Sinar Matahari Langsung

Tanaman membutuhkan lebih banyak sinar matahari untuk memantulkan cahaya, tetapi lebih banyak kelembaban diperlukan untuk proses pertumbuhan awal.

Oiya Mom, ke depan KWT Barokah juga akan mengadakan kegiatan lainnya, seperti pendampingan menanam, memelihara tanaman, sayuran dan pupuk sampai kepemasaran.



Pendampingan oleh IZI sudah berjalan, bahkan Selasa, 6 September 2022 sudah diadakan penyuluhan pertanian Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung,  Susetiowati, S.P. Bu Encus panggilan akrabnya memberikan pengarahan untuk KWT Barokah belajar bercocok tanam dengan benar.

Penyuluhan Pertanian Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung,  Susetiowati, S.P.

Nah, Moms semoga info cara menanam cabe di pot yang benar di atas bermanfaat dan semoga ketahanan pangan di keluarga kita tetap terjaga. Jika tetangga ada yang kekurangan dapat kita ajak untuk membentuk KWT. Dengan bercocok tanam bersama, maka ketersediaan pangan keluarga akan semakin terjamin.

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Cabe di Pot yang Benar"