Karir Jurusan Teknik Komputer

Karir Jurusan TeknikKomputer. Setiap hari berapa jam membuka gadget? Aku sendiri, kegiatan sehari-hari banyak menghabiskan waktu dengan membuka laptop dan hp. Pekerjaanku sebagai blogger dan konten kreator membutuhkan perkembangan teknologi seperti komputer,laptop,hp atau internet.




Teringat zaman kuliahku, aku dibelikan komputer untuk mengerjakan tugas kuliah dan hobi menulisku. Komputerku cepat rusak ketika aku bawa ke kampung suami usai menikah, di mana sering mati listrik. Tapi, tidak bisa dipungkiri jasa komputer jadulku sangat banyak. Berbagai ide menulis dan cerpen yang dibukukan atau diterbitkan di media cetak sudah dilahirkan dari komputer jadulku.

Tak hanya sekedar mengetik, aku dulu ikut kursus komputer, walau sampai sekarang belum bisa mengetik dengan 12 jari hehehe...tapi, aku bersyukur banget dengan menguasai sedikit ilmu mengetik, excel dan power poin menjadi peluangku eksis di dunia blogger.

Sekarang, era digital semakin berkembang. Karir dunia perkuliahan dan dunia kerja dari jurusan teknik komputer sangat menjanjikan. Apalagi sekarang aktivitas sehari-hari tidak bisa lepas dari gadget. Peluang kerja terbuka lebar mulai dari jadi teknisi sampai merangcang sofware atau sistem perangkat lunak untuk menjawab sebuah permasalahan.

Beradasarkan pengalaman, untuk memilih jurusan kuliah, sebaiknya lakukan tips berikut ini agar tidak menyesal dikemudian hari :

1. Pahami Minat dan Bakat yang Dimiliki

Ada baiknya Anda melalukan tes bakat sebelum memilih jurusan kuliah. Dengan mengetahui minat dan bakat, meminimalisir salah memilih jurusan.

2. Lakukan Riset Jurusan yang Diminati atau yang Akan Dipilih

Perbanyak cari informasi mengenai jurusan kuliah yang akan dipilih. Dari internet, brosur sampai langsung bertanya dengan orang yang kuliah di jurusan yang diminati.

3. Jujur Pada Diri Sendiri

Memulai kehidupan dunia perkulihan, berarti memulai babak baru menuju cita-cita. Untuk itu, tanyakan pada diri sendiri untuk memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan diri termasuk kemampuan keuangan keluarga.

4. Cek Peluang Kerja

Jika jurusan yang dipilih dan diminati memiliki peluang kerja yang menjanjikan, maka pilihlah untuk langkah masa depan. Salah satunya adalah jurusan Teknik Komputer.







Dikutip dari umn.ac.id, Teknik komputer adalah ilmu yang berdasarkan pada teori dan prinsip ilmu komputer, matematika dan teknik. Diterapkan pada design perangat lunak, perangkat keras, jaringan, dan peralatan atau perangkat komputerisasi untuk memecahkn beragai masalah teknik, dapat diterapkan di berbagai bidang. Ada berbagai karir jurusan teknik komputer yang menjanjikan :



1. Machine Learning Engineer

Profesi ini bertanggungjawab untuk membuat program dan alogaritme yang membuat mesin bekerja tanpa arahan manusi.

2. Web Designer

Pekerjaan ini dapat dilakukan dari rumah. Apalagi sekarang era jualan online. Website yang cantik dan navigasinya lengkap sangat mendukung.

3. Programmer

Orang programmer adalah yang bertanggungjaab untuk mengembankan perangkat lunak atau aplikasi. Dengan membuat aplikasi yang dibutuhkan akan sangat membantu kehidupan sehari-hari, seperti aplikasi konsultasi kesehatan, transportasi, dll.

4. Data Scientist

Orang yang bekerja dalam memproses data, misalnya menganalisis hasil wawancara dan rekomendasi pengembangan bisnis.

5. Robotic Engineer

Pekerjaan ini merancang mesin-mesin otomotif untuk perusahaan.

6. Network Engineer

Profesi yang bertanggungjawab atas stabilitas internet dalam sebuah organisasi dalam perusahaan.

Wah, melihat karir jurusan komputer yang cerah ini jadi ingin salah satu anakku ahli komputer. Untuk ketiga ini, Aisyah senang sekali kegiatan berhubungan dengan gadget. Mungkin sering melihat kerjaan Uminya, jadi sejak kelas 2 SD sudah mengerti mengedit video dari salah satu aplikasi.

Kalau ditanya belajar dari mana? Aisyah belajar otodidak. Sampai menambah text saja sudah tahu caranya! Hal ini menjunjukkan bahwa anak-anak cepat sekali beradaptasi dengan teknologi. Untuk itu, sebagai orang tua harus pintar mendampingi anak-anak dalam memilih jurusan saat mereka kuliah kelak.

Dengan memilih jurusan yang mendukung minat dan bakat anak, maka akan membantu sukses lebih cepat. Apalagi kalau bisa menciptakan pekerjan baru, maka makin banyak orang yang terbantu mendapatkan penghasilan.

Itulah info karir jurusan komputer dengan peluang kerjanya, semoga info di atas bermanfaat dan salam sukses!

1 komentar untuk "Karir Jurusan Teknik Komputer"

  1. Jurusan teknik komputer di era digital seperti ini sangat penting memang, mengingat kebutuhan akan komputer yang menunjang pekerjaan tentu profesi ini punya prospek besar. Apalagi sekarang sulit untuk mempelajari komputer, tidak semua orang bisa. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^