Manfaat Asam Jawa yang Tidak Boleh Kalian Abaikan

Manfaat Asam Jawa - Dikenal karena rasanya yang manis kecut dan asam. Asam Jawa sudah banyak digunakan di seluruh dunia untuk membuat semacam chutney, semur, saus, dan bahkan makanan penutup saji. Selain, cita rasa yang dimiliki Asam Jawa ini sangat luar biasa, tentunya asam jawa juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Manfaat Asam Jawa

Dari meningkatkan kekebalan Anda untuk menjaga hati dan jantung Anda aman dari penyakit, asam membuat kesehatan Anda. Selain itu Asam jawa mengandung banyak serat dan tidak memiliki kandungan lemak. Nah, hasil menunjukkan bahwa manfaat asam jawa ini dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung flavonoid dan polifenol.

Apa Manfaat Asam Jawa yang Tidak Boleh Kalian Abaikan?

Mencegah Tukak lambung
Ulkus peptikum bisa sangat menyakitkan yang disebabkan oleh luka yang muncul di lapisan dalam lambung dan usus kecil. Berkat senyawa polifenol yang ditemukan dalam asam, buah ini dapat mencegah penyakit.

Bisa Menyembuhkan Diabetes

Ekstrak biji asam jawa bersifat anti-inflamasi dan bahkan dikatakan menstabilkan kadar gula darah dan membalikkan kerusakan jaringan pankreas pada mereka yang menderita diabetes .

Membantu Pencernaan

Asam jawa sudah dikenal sejak lama, seperti yang sering terjadi pada Asam malatarat, asam malat, dan kaliumnya. Kemampuannya dapat mengutkan otot perut juga dapat digunakan sebagai obat diare. Karena itu, penting untuk membiasakan diri dengan bantuan pencernan dengan cara menghilangkan stres, dan cara menghilangkannya yang sulit dihilangkan.

Merawat Liver

Ternyata asam jawa juga bisa menjaga liver. Diet kaya kalori menyebabkan hati berlemak dan penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak asam jawa setiap hari dapat membalikkan kondisi ini.

Dapat Membantu Anda Mengatasi Alergi

Ini adalah cara yang efektif untuk mengatasi asma alergi dan batuk karena sifat antihistaminnya.

Kaya Vitamin C

Asam jawa juga merupakan sumber yang kaya vitamin C dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah pilek dan batuk.

Mengurangi Peradangan

Asam Jawa bisa digunakan sebagai minyak atsiri yang mengandung anti-inflamasi. Kandungan ini bisa mengurangi arthritis, rematik, nyeri sendi, peradangan, mampu mengurangi asam urat.

Pengalaman Menggunakan Asam Jawa Untuk Masak

Asam Jawa dapat digunakan untuk berbagai masakan. Bagiku sendiri, asam jawa menjadi pengganti jeruk nipis saat masak ikan. Agar tidak amis, ikan direndam dengan asam jawa. Ada juga digunakan untuk tambahan bumbu membuat cuka pempek. Nah, rasa asam di cuka itu dari asam jawa. Beda lagi kalau membuat sayur asam kacang merah, aku menambahkan asam jawa selain daun singkong.

Menanam Asam Jawa

Buat teman-teman yang menyukai bercocok tanam, bisa banget asam jawa ditanam di perkarangan rumah. Apalagi bisa mengembangkan bonsai asam jawa. Info lebih lanjut banyak diberbagai media lainnya. Oiya, teman-teman setelah bergelut di dapur, emang enaknya bikin makanan dengan pelengkap asam jawa dibawa ke tempat wisata. Siapa nih suka jalan-jalan kalau weekend?

Nah, salah satu tempat wisata yang menarik ada beberapa Curug di Jawa Barat, seperti Ke Curug Kiara dan Curug Batu Ampar yang dilakukan oleh Lifestyle Blogger satu ini. Pengalamannya ke dua curug ini sangat menarik. Kalau di daerahku namanya apa ya? Air terjun gitu aja, kalau di Jawa disebut Curug. Jadi ingat zaman kecil maen ke air terjun dengan memasukin hutan kecil di Kepahiyang, Bengkulu.

Wisata Menarik yang udah aku lakukan di daerah asalku banyak sekali, soalnya ayahku dulu senang mengajak anak-anaknya bermain ke tempat wisata. Nah, siapa nih yang belum pernah ke Bengkulu? Bolehlah mampir kelak ya! Eits, sapa tahu ke depan ada yang membuat wisata kebun asam jawa. Biasanya kan kebun teh kebun durian, ke depan bisa jadi wisata asam jawa hehe…

Nah, Sobat Smart Mom, itulah kisahku mengenai manfaat asam jawa, semoga bermanfaat dan yuk, masak menggunakan asam jawa. Kalau ada resep masakan menggunakan asam jawa, boleh dibagi di kolom komentar! Selamat mencoba!

1 komentar untuk " Manfaat Asam Jawa yang Tidak Boleh Kalian Abaikan"

  1. Asam Jawa sering banget buat jamu tradisional Jawa, tapi juga bisa diseduh biasa malah seger dan rasa asamnya enak sih. Memang banyak manfaatnya asam yang satu ini, cuma kadang mikir di Jawa mitos pohon ini ditinggali hantu, jadi siapa yang mau nanem? Enggak habis pikir sampai sekarang.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^