Tips Membuat Flyer Kegiatan dengan Canva Pro

Tips Membuat Flyer Kegiatan dengan Canva Pro. Setiap ada acara, baik offline maupun online untuk komunitas atau organisasi kepenulisan yang aku ikuti, selalu sibuk mencari orang yang bisa membuat flyer. Entah untuk pelatihan menulis, ucapan selamat, ucapan duka cita sampai untuk membuat konten lainnya.

Keberadaan flyer ini cukup penting agar komunitas berjalan dengan baik. Apalagi diera digital ini, di mana informasi singkat dapat dengan mudah disampaikan lewat flyer.

Tips Membuat Flyer Kegiatan dengan Canva Pro

Namun, tidak semua orang memiliki skill membuat flyer. Biasanya tim humas yang mengelola media sosial komunitas atau seseorang yang ditunjuk khusus membuat disain flyer.

Nah, pengalaman pahit pernah aku alami saat membutuhkan orang membuat flyer kegiatan. Suatu hari, teman yang awalnya bersedia membuatkan, tetiba menghilang. Dihubungi tidak aktif sampai beberapa hari kemudian dengan berbagai alasan. Rasanya tidak enak sekali seperti “mengemis” minta tolong. Apalagi pasti dia ada kesibukan lainnya. Belum lagi biaya kuota iya kan?

"Udah, Mbk kita pesan aja flyer dengan temanku!" usul teman lainnya. Okelah satu dua kali, tapi lama-lama lumayan juga biayanya. Apalagi tidak semua komunitas punya dana kas. Bahkan aku pernah demi membuat flyer yang menarik untuk komunitas menggunakan dana pribadi.

Lain waktu, ada juga teman yang bersedia membantu membuat disain flyer. Sebulan, dua bulan dia rajin membantu, tapi lama-lama mungkin aku yang terlalu “rewel” minta revisi ini itu, dia dengan tegas tidak bersedia lagi dan ingin fokus dengan kegiatan lainnya.

Ya udah, aku pasrah. Pengalaman inilah yang akhirnya membuatku berani belajar membuat disain flyer agar bisa membuat flyer kegiatan sendiri. Tentunya setelah belajar dari kelas online sampai langsung bertanya pada yang sudah ahli disain.

Flyer sendiri adalah media promosi yang mirip dengan brosur atau pamflet. Media promosi ini dapat disampaikan melalu media digital, seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya.

Jika zaman kuliah, aku sering sebar pamflet yang difotocopy saja terus di tempel di mading-mading kampus. Kini, di era digital informasi lebih cepat tersebar dan tersampaikan pesan lewat flyer.

Alhamdulillah setelah belajar sana-sini, aku bisa membuat disain flyer untuk kegiatan komunitasku dengan Canva

Mengenal Canva Pro Untuk Membuat Flyer Kegiatan

Sudah lama aku mengenal Canva. Tapi, dulu hanya digunakan untuk membuat konten di Instagram, ilustrasi untuk blog atau membuat konten untuk iklan jualan. Lama-lama mulai tertarik setelah melihat teman-temanku dengan lihatnya membuat spanduk, flyer, sampai disain buku dengan Canva Pro.

“Ayo, langganan aja! Murah kok!”
“Bisa beli berkelompok kok!”

Teman-teman komunitas menulisku mengajak langganan Canva Pro. Sama-sama kami saling mendukung. Tak lama kemudian, aku pun berlangganan Canva Pro. Wah, skill membuat flyerku perlahan meningkat.

Tips Membuat Flyer Kegiatan dengan Canva Pro

Apalagi saat diawal pandemi, aku menjadi panitia lomba membuat flyer bertema Covid-19. Aku jadi semakin mendalami cara membuat disain flyer yang menarik dan bertema khusus sehingga pesan yang akan disampaikan dapat tertuang dengan pas.

Membuat flyer kegiatan dengan Canva Pro ini gampang-gampang susah. Ya, iyalah soalnya aku kan enggak punya basic disain grafis. Alhasil, aku mencoba terus!

Dari pengalaman selama ini, ada baiknya sebelum membuat flyer, kita sudah memiliki contoh flyer atau riset dulu contoh flyer yang akan kita buat. Aku sendiri lebih senang mencoba hal baru. Jadi, melihat flyer orang lain hanya sekilas aja, aku mencoba disain dengan rancangan sendiri.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam membuat flyer kegiatan dengan Canva Pro.

1. Berlangganan Canva Pro karena banyak sekali fitur dan menu yang dapat dipilih.
2. Foto narasumber yang jelas.
3. Rancangan kegiatan, seperti tema, tanggal, tempat, dll
4. Pemilihan warna yang tepat
5. Hindari Typo (salah ketik)
6. Cek sekali lagi sebelum publish

Fitur-fitur dalam Canva Pro

Jika kita membuka platform Canva, sebenarnya sudah langsung mendaptkan tampilan dan pilihan fitur di Canva. Fitur yang disedikan sangat mudah digunakan, berikut fitur-fitur di Canva Pro :

- Template Premium
Ada berbagai template yang dapat kita pilih, mulai untuk membuat undangan, presentasi, konten di Instagram, kartu dan lainnya.

- Konten dan Ilustrasi Menarik
Ada berbagai pilihan konten di Canva Pro, baik foto atau video yang dapat digunakan secara gratis. Selagi berlangganan Canva Pro, maka tidak ada watermark. Ilustrasi foto dan video ini akan membuat disain kita semakin menarik.

-Brand Kit
Ada berbagai logo dan font yang dapat dipilih di Canva Pro. Kita dapat menggunakan untuk membantu disain. Bahkan kita dapat membuat logo sendiri dengan bantuan ilustrasi yang ada di Canva Pro.

- Ubah Ukuran Disain
Capek membuat disain dari ukuran Instagram ke Insta story? Nah, di Canva Pro, kamu hanya mengubah ukuran saja, sehingga disain untuk IG dan IGS dapat seragam.

- Gambar Transparant
Bosan dengan foto atau gambar dengan back ground itu-itu saja? Dengan Canva Pro kita dapat menggantikan back ground yang kita sukai. Dapat menggubah latar menjadi warna yang berbeda atau foto lokasi lainnya.

- Jadwalkan Postingan Di Media Sosial
Kita dapat merencanakan disain dan tayang di media sosial yang kita pilih langsung dari Canva. Wah, menarik sekali kan? Fitur-fitur di atas sangat membantu kan?

Tips Membuat Flyer Kegiatan dengan Canva Pro


Sebenarnya di Canva sendiri sudah ada banyak disain flyer atau pamflet, kita tinggal menambahkan atau menyesuaikan saja yang kita butuhkan.

Cara Membuat Flyer dengan Canva Pro

1. Buka tampilan Canva/ Canva Pro



2. Temukan template yang dibutuhkan (Kalau aku pilih yang kosong. Aku memilih ukuran Instagram.

3. Pilih ukuran untuk Instagram pilih 1:1

Tips Membuat Flyer Kegiatan dengan Canva Pro


4. Kreasikan disain dengan berbagai banyak elemen disain, mulai dari bingkai, ilustrasi, menghapus background, font yang menarik dan lainnya.

Tips Membuat Flyer Kegiatan dengan Canva Pro

5. Unduh dengan kualitas tinggi, misalnya untuk flyer pilih PNG atau jika untuk spanduk pilih simpat dengan format PDF.


Uji Coba Canva Pro

Oiya teman-teman, dalam membuat flyer di Canva, tidak harus Canva Pro sih, cuma bedanya di Canva biasa, lebih sedikit pilihan untuk mencari ilustrasi yang tanpa watermark. Jika ada watermark tentu disain kita dianggap kurang profesional dan tidak menarik.

Canva sendiri sangat membantuku dalam membuat konten di Instagram, Blog atau pun presentasi dalam aku mengelola kelas menulis atau kelas blog. Untuk yang belum punya Canva Pro, dapat mencoba Canva Pro secara gratis. Nah, buat belajar bolehlah, tapi selanjutnya aku sarankan untuk berlangganan Canva Pro.

Caranya mudah sekali, daftarkan akun kamu ke  https://partner.canva.com/NaqiyyahSyam dengan akun Google yang belum pernah mendaftar. Aku sendiri mencoba di akun anakku dan berhasil!

Tips Membuat Flyer Kegiatan dengan Canva Pro


Tips Membuat Flyer Kegiatan dengan Canva Pro


Masa coba gratis Canva Pro ini hanya berlaku selama 30 hari saja. Tapi, lumayan banget euy kamu bisa menggunakan template dan fitur di Canva Pro! Disain di Canva Pro ini sangat membantu kita merapikan media sosial, loh!

Jangan salah, loh klien dan brand juga mengecek media sosial kita! Jika rapi dan terawat, maka mereka akan mengajak kerjasama. Misalnya, jika feed Instagram rapi atau branding kamu kuat, maka cuan juga berdatangan.

Di Canva sendiri, membuka peluang mendapatkan penghasilan dari creator disain Canva. Buat yang pintar menggambar atau ilustrasi bisa saja daftar ya!

Berikut keunggulan membuat disain di Canva Pro :

  1. Dapat membuat disain dari awal dengan menggunakan template yang sudah ada.
  2. Dapat menambahkan teks atau gambar ke dalam disain.
  3. Ada berbagai pilihan font atau ilustrasi yang dapat dipilih secara gratis.
  4. Dapat menyimpat disain secara online, jadi dapat dibuka di mana saja.
  5. Mudah digunakan dan sangat bermanfaat untuk membuat presentasi, flyer atau edit video.
Nah, teman-teman jika ingin mencoba Canva Pro dengan gratis silakan menggunakan link di atas, semoga disain teman-teman dapat menjadikan media sosial semakin menarik, rapi dan menghasilkan pundi-pundi uang. Selamat mencoba!

34 komentar untuk "Tips Membuat Flyer Kegiatan dengan Canva Pro"

  1. Lumayan juga ya mbak fitur Canva pro ini, selama ini saya masih pakai Canva biasa emang terbatas sekali fiturnya saya jadi pengen beli Canva pro juga biar makin semangat ngonten.

    BalasHapus
  2. Iya memang jadi mudah yambak membuat flyer menggunakan canva pro karena banyak fitur dan template yang menarik untuk membuat flyer. Jadi bagus flyer kita sesuai yang diinginkan

    BalasHapus
  3. Suka banget sama aplikasi Canva Pro, rasanya semua dipermudah untuk urusan desain mendesain. Salah satunya untuk membuat flyer kegiatan.

    BalasHapus
  4. canva versi gratis aja udah ter wow-wow saya, bisa lamaa gitu milih-milih gambar saking senangnya dan banyak pilihan. Apalagi kalau pakai canva pro ya kan, makin terlove ama canva. Saya akui banyak banget terbantu dengan adanya canva ini.

    BalasHapus
  5. Canva pro juga bisa patungan lhoo mbak, asik ya. jadi bisa dipakai sampai 5 akun canva, lumayan jadi lebih hemat lah yaa, hehehe

    BalasHapus
  6. Sejak kenal canva sekarang apa-apa jadi ngandelin canva saya juga. Tinggal tempel tempel gak ribet

    BalasHapus
  7. Aku masih pakai yang Canva gratis.
    Hihihi.
    Seru memang melakukan hal baru.
    Kudu meluangkan waktu.

    Namun memang kadang kala kalau sudah asyik utak-atik, giliran pas buat konten tulisan otak sudah ngos-ngosan, kudu diboost sama secangkir kopi.

    Anyway,
    Canva pro seems worth it to try.

    BalasHapus
  8. sudah 2 tahun terakhir aku membuat desain untuk blog, sosmed, dan sekarang untuk media sosial perusahaan pun menggunakan canva

    BalasHapus
  9. Canva Pro banyak banget pilihan elemen dan lainnya. Kalau bikin desain, jadi lebih oke deh apalagi kaya flayer buat kegiatan ya, Mbak

    BalasHapus
  10. Aku juga langganan Canva Pro...wah bisa nih dicoba bikin flyer kegiatan dengan canva, mudah dan praktis ya.

    BalasHapus
  11. Mau dan butuh banget pakai canve pro.
    Karena desain tuh ya.. sesusah itu kalau masih kosongan. Kalau sudah ada templatenya dan bwanyaaakk pilihannya kan jadi nyaman banget.

    BalasHapus
  12. Canva sangat membantu banget dalam hal desain, aku sukaak pakai tapi kalau yg pro belum next time dicoba kalau sudah banyak waktu longgar.

    BalasHapus
  13. Berlangganan Canva Pro ini emang banyak untungnya ya mbak
    Bisa buat desain apa saja dengan mudah termasuk bikin flyer kegiatan seperti ini

    BalasHapus
  14. Bikin apa saja dengan Canva ini emang jadi lebih baik ya. Apalagi Canva juga upgrade terus. Alhamdulillah saya udah langganan yang pro dong dengan Canva nya

    BalasHapus
  15. Sekarang aplikasi Canva jadi kebutuhan siapa aja yang ingin praktis bisa bikin desain untuk banner ataupun gambar. Dan aku setiap update blog suka edit gambar di Canva tapi masih yang gratisan. Pengen sih nyoba Canva Pro, tapi belum pernah ada kesempatan. Atau sekarang aja ya pakai link mba Naqi

    BalasHapus
  16. Sekarang design apapun mudah banget ya mba, tinggal sat-set-sat-set di Canva Pro. Aku juga pake ni Canva Pro banyaak banget manfaatnya apalagi buat blogger Dan content creator, berguna banget deh...

    BalasHapus
  17. Canva emang sekarang jadi andalan buat bikin desain grafis bentuk apapun ya mbak, banyak fitur dan pilihannya. Bahkan bisa buat video juga
    Kalau saya, karena pegawai kemdikbud, alhamdulillah bisa dapat fitur canva pro tanpa harus membayar, karena canva ada kerjasama dengan kemdikbud. bayar juga sih, tapi negara yang bayarin

    BalasHapus
  18. Aku pun pengguna Canva. Apa2 ya makai Canva, pernah biki e-flyer juga pakai Canva. Apalagi kalau pakai yang pro, fitur2nya kece2 lengkap bisa bebas kita pakai ya mbak.
    Pakai Canva tuh bikin aku serasa jago ngedesain gtu :D

    BalasHapus
  19. Memamg Canva nih terbaaiikk
    Ngertiin bgt klo ngga semua orang bs desain from.scratch
    Difasilitasi sedemikian rupa.
    Keren

    BalasHapus
  20. Pakai Canva ini kegunaanya lengkap ya Mba, termasuk bisa bikin flyer sendiri. Saya paling yang suka pakai editan langsung gitu. Bawaan template. Sayangnya Ada yang nggak free, memang harus langganan Canva pro ini kayanya

    BalasHapus
  21. Canva Pro tuh emang powerfull banget. Saya jadi terbantu untuk buat berbagai visual. Entah itu gambar/infografis pendukung postingan blog, e-flyer kegiatan, gambar untuk ucapan selamat, dll. Bener-bener membantu pokoknya.

    BalasHapus
  22. Sebagai pengguna canva yang masih gagap, saya mengakui kalau program canva ini worth it. bagi pemula, bisa menggunakannya doing by learning. Apalagi yang canva pro, fitur-fiturnya wouuuww, bikin desain jadi lebih menarik poolll

    BalasHapus
  23. Canva jadi andalanku juga mbak urusan buat flyer. Mudah dioperasikan untuk non-designer sepertiku. Kalau pakai yang pro malah lebih enak lagi yah, cocok buat yg punya komunitas atau usaha.

    BalasHapus
  24. Sejak kenal Canva jadi suka banget sama aplikasi Canva Pro ini, rasanya semua dipermudah untuk urusan desain mendesain. Salah satunya untuk membuat flyer kegiatan. Tinggal tempel ada referensinya pula,praktis

    BalasHapus
  25. Canva ini emang kereeen banget.Apalagi Canva Pro. Dulu yang bisa bikin desain dan poster pasti yang jago photoshop. Sekaarang emak-emak blogger seperti kita terbantu banget buat bikin desain grafis pakai canva pro.

    BalasHapus
  26. Saya termasuk pengguna setia Canva mba semua desain blog dan kerjaan saya pakai Canva, banyak pilihan, user friendly banget pengunaannya

    BalasHapus
  27. Aku salah satu yang pecinta Canva pro karena asyik banget bisa ini itu desain buat aneka rupa deh. BIsa buat banner, foto, sampai fashcard dll, beneran sangat rekomend

    BalasHapus
  28. Apapun kontennya, aku sering banget mengandalkan canva. Apalagi konten yang sifatnya untuk publikasi

    BalasHapus
  29. saya sudah addicted banget deh Mbak dengan Canva ini, apalagi dengan Canva Pro nya yang sangat memudahkan dalam design flayer untuk isi konten sosmed maupun blog :D
    nanti mau coba aahh yang free trial itu, lumayan 1 bulan free gak bayar tagihan *upsss :D

    BalasHapus
  30. Saaaved!! Aku sepertinya kurang ngulik Canva ini, wkwk.. Pengen nyobain juga ah ntar.

    BalasHapus
  31. Semua aktifitas saya juga pakai Canva mulai dr video, banner blog, isntagram. Komplit deh.

    BalasHapus
  32. Kalo saya pingin daftar canva premium, karena pictures-nya lebih banyak. Kadang saya pingin picture-nya, eh gak bisa free.

    BalasHapus
  33. Canva memang terbaik yaa. Jadi kepikiran daftar canva premium juga biar bisa eksplorasi lebih dalam

    BalasHapus
  34. Aku sudah dua tahun pakai canva pro nih dan ketagihan saat utak-atik foto di blog. Klo di IG aku blm dapat feel yang sesuai

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^