Belajar Jualan Es Coklat di Market Day

 Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Belajar Jualan  Es Coklat  di Market Day. Hari Kamis selalu Abang Fatih berlatih menjadi wirausaha di acara Market Day. Kegiatan Market Day ini rutin dilaksanakan di sekolah SDIT Permata Bunda 1.  

Belajar Jualan  Es Coklat  di Market Day

Market Day dilaksanakan pada Kamis 8 Juni 2023 dengan tema, "Jual Beli Ala Rasulullah".

Kegiatan ini berlangsung khusus untuk anak kelas 5 yang berlatih berjualan sedangkan kelas lain itu sebagai pembeli.

Sebagai petugas penjual di Market Day tahun ini kelas 5. Anak-anak ditugaskan mempersiapkan dagangannya dengan syarat yang telah ditentukan.

Dari Abi Sa’id, dari Nabi Muhammad SAW bersabda: “Pedagang yang jujur dan terpercaya bersama para Nabi, orang-orang yang jujur dan syuhada,” (HR Tirmidzi)

Belajar Jualan  Es Coklat  di Market Day
Abang Fatih menghadapi pembeli yang antri


Berikut peraturan yang dibagikan: 

1. Siswa Kelas 5 berperan sebagai penjual

2. Barang yang dijual bisa dalam bentuk makanan, handycraft, atau barang bermanfaat lainnya

3. Siswa belajar membuat Rencana Anggaran yang berisi modal yang dikeluarkan, omset dan keuntungan yang akan didapatkan (form dari sekolah sudah dibagikan)

Market Day 2023 SDIT PB 1
Market Day 2023 SDIT PB 1

4. Harga barang yang dijual berkisar antara : 2 ribu - 10 rb rupiah dengan jumlah barang yang dijual sebagai berikut :

💓  Harga 2rb - 3rb : Jumlah maksimal 30 porsi

💓 Harga 4rb - 5 ribu : Jumlah maksimal 20 porsi

💓Harga di atas 6rb -7 rb : Jumlah maksimal 15 porsi

💓Harga 8rb -10rb : Jumlah maksimal 10 porsi

5. Dalam rangka mengurangi penggunaan plastik, siswa kelas 5 dihimbau tidak menggunakan plastik sebagai pembungkus barang dagangan kecuali untuk barang-barang tertentu yang membutuhkan plastik.

Belajar Jualan  Es Coklat  di Market Day
Menghitung uang kembalian dari pembeli

Nah, mulailah Fatih mempersiapkan ide jualan. Mulai donat, roti hingga es coklat. Kebetulan Mas Faris emang sudah menyiapkan peralatan jualan karena Mas Faris ingin sekali buka usaha. Namun, masih cari tambahan modal nih hihi...

Maka, disepakatilah Es Coklat menjadi dagangan Abang Fatih di Market Day. Hitungan modal emang lumayan, tapi berhubung lagi belajar, kita tetapkan harga Es Coklat 5 ribu saja. Idealnya sih kalau mau untung lumayan harganya 7 ribu. Iyalah capeknya juga dihitungkan?

Belajar Jualan  Es Coklat  di Market Day
Menyiapkan es Coklat untuk pembeli

Pukul 09.30 WIB Es Coklat diantar ke sekolah. Berhubung wadah di rumah enggak ada, jadilah dibawa panci ke sekolah karena Coklatnya juga masih hangat. Alhamdulillah stok es batu di warung dekat rumah banyak, jadi kami beli 5 saja.

Kerjasama pun dimulai. Mas Faris membuat Coklatnya, Umi memecahkan es batu dan yang mengantar ke sekolah adalah Abi. Kebetulan banget Abi mau dinas ke Padang jadi bisa ikutan sibuk hihi ... karena enggak ke kantor.
Senyum ceria anak-anak belajar jualan di Market Day

Sampai di sekolah sudah mau dimulai. Abang Fatih sudah gelisah menunggu. Tak lama, pembeli sudah mengantri dan Abang Fatih sibuk menyiapkan pesanan. 

Banyaknya permintaan, Abang Fatih sempat pusing menentukan mana yang duluan. Nah, inilah menjadi catatanku saat anak-anak berjualan. Entah apakah dievaluasi pihak sekolah atau tidak. Managemen menghadapi pembeli yang antri hihi...

Belajar menjadi penjual dan pembeli di Market Day

Catatan agar anak nyaman berjualan di Market Day :

1. Siapkan dagangan sesuai dengan jumlah yang ditentukan.
2. Siapkan uang kembalian.
3. Siapkan barang dagangan dulu, baru ambil uang pembeli agar tidak bingung uang kembaliannya.
4. Melakukan jual-beli sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.
5. Membersihkan tempat jualan dengan membuat sampah pada tempatnya.

Adapun manfaat yang didapat saat anak belajar jualan di Market Day :

1. Belajar berani bertransaksi jual-beli.
2. Belajar menata emosi menghadapi pembeli yang ingin duluan.
3. Belajar sabar menunggu pembeli jika dagangan sepi.
4. Melatih berhitung uang kembalian.
5. Belajar berdagang sejak dini ala Rasulullah SAW.

Alhamdulillah Abang Fatih berhasil menjual 20 Cup Es Coklat. Saat menghitung uang pendapatannya, Abang Fatih senang sekali. Aku sendiri melihat saja dari jauh karena orang tua juga tidak boleh banyak membantu. Hanya mengabdikan momen saja.

Tak lama gantian kelas 5 berikutnya menjadi penjual dan Abang Fatih jadi pembeli. Masya Allah seru banget Market Day ini, semoga anak-anak mendapatkan pengalaman berharga dan kelak menjadi pengusaha, ya!

26 komentar untuk "Belajar Jualan Es Coklat di Market Day"

  1. Emang seru banget ini belajar jualan di sekolah ya, sukses selalu Abang Fatih.

    BalasHapus
  2. . Hebat, si, guru bisa ngajarin bisnis yang baik juga. Agar anak-anak ketika lulus ada bekal skill yang dibawa saat keluar sekolah

    BalasHapus
  3. Menyiapkan kembalian itu kesannya sepele tapi penting banget. Pas ada market day awal-awal di sekolah banyak yang kacau gara-gara gak ada kembalian.

    BalasHapus
  4. Wah kereeen nih SDIT Permata..Abang Fatih langsung belajar banyak hal yaaa. Di sekolah dasar anak saya belum ada market day. Kalau yg SMP baru belajar kewirausahaan di projek P5. Itu pun jualnya ga di market day seperti itu, tetapi di di acara pameran pas peneriman raport.

    BalasHapus
  5. Kelas 5 mungkin sch mulai bisa betkolaborasi ya. Bisa pula berhitung sehongga cepat bisa memberikan.kembalian uang belanja. Cucu bunda dl mulai bljr aktivitas market day di kelas TK/B. Ortu pun ikut berperan mengawasi. suasananya .
    meriah.

    BalasHapus
  6. Anakku juga ada market day, kami bikin bola bola coklat bareng. Emang seseru itu ya ngajarin anak berdagang sejak dini wkwk. Sama jualannya juga rentang di bawah 10k. Eh keren banget lho ada antisipasi bungkus ga pake plastik.

    BalasHapus
  7. Seru ya kegiatan market day di sekolah. Bisa untuk mengajarkan menjadi wirausaha sejak kecil. Abang Fatih, keren juga nih jualanya, Es Cokelat, yang beli antrinya panjang.

    BalasHapus
  8. Seru dan bermanfaat ini praktik market day buat anak-anak, aku pernah waktu itu ikutan belanja loh, pas acara wisuda tahfid. Lumayan harga dan makanannya jadi ikutan belanja di sana. Kalo kakak Nawra terakhir puasa lalu, tugas dari sekolah benaran jualan di bazaar takjil, hehehe

    BalasHapus
  9. Anakku pas Market Day pas SD malu-malu jualannya. Hehhehe. Ada temannya yang aktif ngajak orang buat beli. Tulisan ini akan diingat tentang pengalaman anak saat market day di sekolah ya mba

    BalasHapus
  10. Waktu anak-anak saya masih SD, sekolahnya rutin bikin acara seperti ini. Selalu ditunggu deh sama anak-anak. Sayangnya di jenjang SMP dan SMA gak ada. Padahal selain seru juga bisa semakin mengasah kemampuan anak menjadi pengusaha, ya

    BalasHapus
  11. Keren program sekolahnya ini, mengajarkan wirausaha sejak dini. Nggak semata-mata bagaimana menjual, tapi sampai ke perhitungan modal dan penentuan harga juga. Belajar manajemen emosi juga nih ngadepi pembeli yang antri, apalagi klo antrinya nggak tertib, ada yang nyerobot minta didahulukan

    BalasHapus
  12. Aku lihat Market Day ala anak-anak tuh seru ya. Mereka belajar berdagang. Cape pasti, tapi senang pas jualannya laris manis. Keponakanku baru ikuti sekali. Kitanya cape yang nyiapin bahan jualan, hehehe

    BalasHapus
  13. exercise seperti ini bagus ya mba.. sejak awal anak - anak bisa belajar mandiri dan berjiwa wirausaha. Great job untuk anak - anak

    BalasHapus
  14. Abang Fatih laris manis nih jualannya. Seru banget ya mbak market day gini, di sekolah anakku juga sering diadain. untungnya memang ga seberapa, tapi mereka senang, dan belajar bisnis jadinya

    BalasHapus
  15. Market Day ini kayanya jadi program sekolah ya. Soalnya anakku yang kelas 1 pun kebagian acara ini. Dulu anakku jualan minuman juga. Acara seperti ini bagus sih biar anak belajar berwirausaha atau berjualan.

    BalasHapus
  16. Yeaay, seru banget Abang Fatih. Anak anakku juga di sekolah ada kegiatan market Day, dan memang selalu excited kalau pas giliran dia yang jualan. Kalau bawa pulang hasil jualan kelihatan happy banget deh.

    BalasHapus
  17. Market day tuh kegiatan yang selelu ditunggu oleh anakku karena dia senang banget menjual barang ke sekolah. Apalagi kalau makanan dan minuman yang anak-anak suka pasti cepat ludes ya mak.

    BalasHapus
  18. Bagus ya program market day ini..belajar anak utk gimana prosesnya menghasilakn uang.. jadi bljar menghitung kembalian..

    Anakku malah lg SD bawa es mambo coklat kak buat di jual ke temen2nya

    BalasHapus
  19. Seru sekali pengalaman jualan es cokelat di market day ini
    Bisa mengasah jiwa wirausaha anak anak ya mbak

    BalasHapus
  20. Zamna sekarang sekolah2 banyak yang bikin market day. Banyak sekali juga ya mbak manfaatnya buat anak, selain suoaya paham literasi keuangan juga mendorong skill mereka, kek berbahasa juga. Ternyata menata emosi bahkan masuk ya dari kegiatan semacam ini.
    Aku juga paling suka karena bisa beli banyak jajanan hehe.

    BalasHapus
  21. Suka banget sama Market Day.
    Market Day di sekolah mas Fatih bener-bener terlaksana dengan baik yaa.. Kalau di sekolah anakku nih sedikit unik nih.. Karena yang menyediakan semuanya adalah Ustadz/ Ustadzahnya. Anak-anaknya cuma discuss mau jualan apa dan dijual dengan harga berapa.

    Hhuu..jadi agak kurang tepat sasaran yaa..

    BalasHapus
  22. Market day ini bagusss melatih keberanian anak, berpikir mau jualan apa dan bagaimana menjualnya supaya laku. Behind the scene ada emak-emak yang heboh siapin jualan, hihi...

    BalasHapus
  23. nah seru ini market day, banyak jajanan di sekolah xD anak bisa belajar entrepreneur, mau jualan apa ya, gimana cara buatnya, cara masarinnya, bekerjasama dengan rekan, menghitung modal dan penghasilan, dll. ^^

    BalasHapus
  24. Bagus... Saya teh suka heran da kalau ada yang jualan tapi engga ada kembalian... Meski saya pembeli pertama, harusnya kan penjual sudah menyiapkan uang kembalian...

    BalasHapus
  25. Samaa nih kaya di sekolah anakku. Tapi gak tiap minggu, satu semester 6x aja kayanya (6 kelas jadi 6x, hehe). Seru saat perencanaan ya, anak-anak beneran belajar dagang dan memperhitungkan modal jadinya

    BalasHapus
  26. Seru sih market day di sekolah itu, anak2 senang emaknya lebih senang , jadi supporter jd pembeli, foto foto hahahah malah para walimurid yang lebih heboh

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^