Tips Mengatasi Anak Tidak Suka Makan Buah dan Sayur ala dr Zaidul Akbar

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Anak tidak suka makan sayur menjadi PR banget bagi seorang ibu. Kebiasaan kurang sehat ini dapat berakibat buruk bagi pertumbuhan anak. Anak yang jarang makan buah dan sayur akan rentan terkena penyakit. Mulai dari sembelit hingga daya tahan tubuh lemah.

Tips Mengatasi Anak Tidak Suka Makan Buah dan Sayur ala dr Zaidul Akbar

Emang sih anak-anak balita ada yang suka menolak makan buah dan sayur. Namun, kebutuhan gizi sanga perlu bagi pertumbuhan anak. Solusinya bagaimana? Hal ini dapat dilakukan mulai dari orang tua.

Inilah cara mengatasi anak tidak suka makan buah dan sayur ala  dr Zaidul Akbar dari kanal YouTube yang diunggah pada 13 Oktober 2020 lalu, simak penuturan dr Zaidul Akbar  berikut:

1. Harus dipaksakan. Sebagai orang tua, kita harus memaksakan agar anak mau makan buah dan sayur. 

Pengalamanku, anak kedua sulit makan sayur dan buah. Abang Fatih aku akali dengan membuat bayam crispy atau makan buah salak dan pisang. Untuk makan pisang pun, dikasih iming-iming dulu biar makan buah pisang. Misalnya, kalau sudah makan 1 buah pisang, baru boleh main hp, atau boleh main sepeda.

2. Fasilitasi. Siapkan buah dan sayur di dalam kulkas. Perbanyak variasi dan rasa.

Pengalamanku, Aisyah senang sekali makan buah-buahan. Mulai dari buah pisang, salak, jeruk, semangka hingga kelengkeng. Nah, suatu hari dikasih tetanggaku buah belimbing. Awalnya, aku tidak mengira Aisyah akan suka juga karena belimbing rasanya agak asem. Eh, malah suka banget! 

Artinya, kadang sebagai orang tua, kita karena suka buah tertentu, sehingga malas mengenalkan buah tersebut dengan anak-anak. Padahal, belum tentu anak-anak tidak suka juga. Buktinya, Aisyah malah suka banget makan buah belimbing.

dr Zaidul Akbar di YouTube juga menceritakan pengalamannya dalam membelikan buah untuk anaknya. Menurutnya, ia membeli buah Kiwi berwarna merah dengan membeli 5 buah dan memperkenalkan anak rasa buah Kiwi kepada anaknya.

"Ini makan buah Kiwi, enak dan manis," ceritanya. Tapi, ternyata anaknya tidak suka karena asem. 

"Tapi rasa itu sudah masuk ke mulutnya dia, karena buahnya ada dan disiapkan oleh kita," jelasnya. 

Menurut dr Zaidul Akbar, ia mencoba fasilitasi di rumah dengan mencoba mengupas buah Mangga Kuweni dan mencicipi ke anaknya. 

"Prinsip otoriter Anda pakai di rumah secara baik agar anak suka makan buah dan sayur," tutupnya. 

Nah, Moms, terkadang boleh-boleh saja sikap "otoriter" dalam hal kebaikan. Jangan sampai kita acuh mengenalkan buah dan sayuran kepada anak-anak. Malah, seharusnya kita evaluasi, apakah sudah benar pola makan kita selama ini?

Jujur, aku sendiri diawal nikah baru kenal banyak sayuran. Aku masa gadisnya enggak suka makan sayuran. Beruntung ketem suami yang pecinta sayuran dan buah. Segala sayuran suka tidak ada pantangan. Jadilah, pas aku hamil dan alhamdulillah nikah 1 bulan, bulan kedua udah hamil, jadinya aku "dipaksa" makan sayuran dan buah. Sampai sekarang aku udah bisa makan sayuran pahit sekalipun seperti pare dan kembang kates.

Untuk anak sulung, masa balita juga sulit makan sayuran. Tapi, suka makan buah. Ia juga banget makan buah jeruk, pisang, salak atau semangka. Nah, sejak  kelas 4 mulai suka makan daging dan sayuran ditambah masuk pondok saat tamat SD, alhamdulillah sekarng gemar makan buah dan sayuran.

Kita dapat belajar dari sikap dr Zaidul Akbar dalam mengatasi anak yang tidak suka makan buah dan sayuran dengan sikap "memaksakan" dan memfasilitasi. Yuk, lebih peduli dengan kebisaan makan anak. Selamat mencoba!


3 komentar untuk "Tips Mengatasi Anak Tidak Suka Makan Buah dan Sayur ala dr Zaidul Akbar"

  1. Soal makan anak memang sedikit sulit apalagi kalau sudah sayur dan buah, lihat aja mereka sudah lari tidak mau makan. Wah ada tips dari spesialisnya, nih, bisa dicoba kalau mau anak nurut makan sayur dan buah bahkan sampai suka. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Kalau anak mau makan ini itu, ortunya kudu ikut makan juga. Kan anak itu peniru. Kaya keponakanku yang paling kecil. Apa aja dia makan sampai yang rasanya pahit pun oke

    BalasHapus
  3. Iya sepakat banget dengan ustaz zaidul akbar, kita harus proaktif dan ekspresif saat mengenalkan sayuran dan buah ke anak . Saya juga melakukanmya di rumah, alhamdulillah anak anakku semua suka sayur dan buah dengan tips ini

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^