Wajib Tahu! 7 Tips Perawatan Motor Agar Liburan Makin Menyenangkan

 Assalamu'alaikum Sahabat Smart Mom, liburan ke mana nih? Kami liburan di dalam kota aja, pernah sebentar mudik ke kampung halaman suami, Lampung Timur. Nah, agar anak-anak tidak bosan, kami berenang di Waterpark Lampung Walk, kami berangkat dengan mengendarai motor.

7 Tips Perawatan Motor Agar Liburan Makin Menyenangkan


Liburan natal dan tahun baru, Waterpark ramai dengan keluarga mengajak anak-anaknya berenang. Untungnya motor yang aku pakai sudah diservis, jadi gak ada drama mogok dong! 

Bila Anda ingin liburan mengedarai sepeda motor, pastikan keamanannya. Yuk, cari Planet Ban terdekat di kotamu agar motormu terawat. Berikut tips perawatan motor agar liburan makin menyenangkan, wajib tahu, ya Moms!

Wajib Tahu! 7 Tips Perawatan Motor Agar Liburan Makin Menyenangkan


1. Cek Kondisi Ban Motor

Pernah banget kejadian, aku pulang dari pasar, ban motor pecah. Asli, sedih cari bengkel banyak tutup di akhir tahun ini. Agar tidak terjadi sepertiku, segera cek komponen vital yakni ban motor. 

Demi kemanan dan keselamatan perjalanan juah, Anda dapat mengecek bagian luar dari ban motor, apakah ada keretakan, sobekan, alur yang menipis, maupun tekstur ban bergelombang.

Nah, jika Anda baru saja ganti ban, sebaiknya pastikan terlebih dahulu tekanan udara dalam kondisi normal pada ban.Tak perlu ragu buat ganti ban, langsung saja ke Planet Ban terdekat. Di sini ada berbagai merk dan ukuran motor yang bisa disesuaikan dengan sepeda motor Anda.

2. Cek Kondisi Rem

Pernah kejadian, aku tuh merasa rem motorku enggak nyaman banget. Ditarik harus kuat banget, jadi takut tetiba ada yang rem mendadak di depan, akunya bisa terjungkal. Jadinya, rem ini penting banget buat dicek sebelum perjalanan libur ke lokasi wisata atau sekedar jalan-jalan di dalam kota, loh!

Tanda perlu mengganti kampas rem, Anda cukup cek apakah rem sudah terlalu dalam saat tuas ditekan atau diinjak. Dapat juga dicek secara manual tanda kehausan pada rem. Cek indikator penunjuk yang terdapat di setiap dinding tromol. Jika dinding tromol sudah sejajar dengan tanda batas yang ada, maka bagian kampas tromol (brake shoe) perlu segera diganti.

Selain itu, pada rem Cakram, Anda bisa melihat ketebalan dari kampas maupun piringan rem, supaya mengurangi risiko yang tidak diinginkan selama perjalanan.

perawatan motor sebelum liburan

3. Cek Kondisi Oli Mesin

Motor matic milik Mas Faris pernah mogok. Pas dicek lupa mengganti oli. Padahal penting banget rutin mengganti oli mesin motor. Apalagi jika mau perjalanan jauh. Anda juga wajib mengecek kandungan yang terdapat di dalam oli.

Misalnya, kandungan ester. Ester pada oli merupakan kandungan yang mampu menjaga tingkat kepanasan mesin motor dengan baik. Kandungan ester pada oli mesin dapat menjaga suhu mesin tetap stabil. Nah, pastikan jika mau perjalanan jauh, olinya mengandung ester, ya!

Untuk mendapatkan oli dengan kandungen ester dengan harga terjangkau, pastikan belinya di Planet Ban. Anda akan menemukan  Oli eksklusif, yakni oli X-Ten.  Oli X-Ten mampu digunakan untuk perjalanan 5000 kilometer.

4. Periksa Aki Motor

Wajib tahu ya, Moms. Rutin cek aki motor. Sebelum liburan atau perjalanan jauh, pastikan aki motor dalam kondisi aman. Tidak mengalami bocor, karat atau rusak. Jika rutin mengecek aki motor, maka Anda akan mengetahui kondisi aki baik atau harus diganti.

Aki motor adalah komponen penting untuk menjaga daya listrik sepeda motor. Nah, sudahkan mengecek aki motor?

5. Cek Sistem Pendingin

Walau letaknya tak terlihat secara langsung, komponen sistem pendingin wajib dicek secara rutin. Jika Anda tidak mengeceknya, makan sistem pendingin akan bermasalah, seperti membuat panas sehingga tidak mampu diredam dan terjadilah overheat pada mesin. 

Untuk Anda yang ingin liburan, pastikan kondisi air pendingin (coolant) dalam indikator yang cukup. Serta mampu menjaga temperatur mesin tetap optimal.

6. Periksa Busi

Siapa nih yang pernah motornya mogok dan perlu ganti busi? Yes, aku pernah banget! Ini dikarenakan aku lupa merawat motor. Padahal jika busi motor kotor, maka perlu dibersihkan. Jika bisi sudah terlihat haus, wajib diganti yang baru.

Jika busi tidak optimal, maka sistem perapian tidak bekerja dengan baik. Alhasil, menganggu proses perapian pada sepeda motor. Ya, pantesan mogok! Hiks...

7. Cek CVT dan Rantai

Mas Faris sering akhir pekan membawa motor ke Kota Metro. Perjalanan dari Bandar Lampung sekitar 45 menit. Untuk motor matic, diperlukan cek secara rutin pada komponen CVT  dan rantai pada sepeda motor jenis moped/bebek dan sport. Sistem penggerak ini memiliki fungsi dalam melakukan transfer tenaga pada sepeda motor ke roda.

Jika tidak rutin dicek, makan motor tidak seenak dikendarai kalau kondisi penggerak pada CVT atau rantai motor tidak berfungsi dengan sempurna. Ini menyebabkan perjalanan liburan Anda kurang optimal. 

Untungnya Aku mengenal Planet Ban sebagai sahabat merawat motor sebelum liburan. Di Toko Planet Ban, motor jadi lebih seru diajak keliling Kota Kota Bandar Lampung.

Oiya Moms, di Toko Planet Ban, tidak hanya tersedia ban motor, tapi juga ada spare part berkualitas lainnya. Seperti aki, busi, kampas rem, cairan pendingin, hingga layanan Servis Rasa Mesin Baru yang mampu meningkatkan kinerja sepeda motor Anda layaknya sepeda motor baru.


konsultasi planet ban


So, jangan sepelekan pemeriksaan kondisi sepeda motor. Jika motor enak dipakai, keselamatan insya Allah terjaga. Jika bingung, konsultasikan dengan mekanik Planet Ban. Caranya mudah sekali loh, kunjungi saja ke toko-toko Planet Ban terdekat di kota Anda.

Selain itu, konsultasi dapat dilakukan secara online dan gratis, loh! Silakan konsultasi melalui Whatsapp Customer Service Planet Ban dengan menghubungi Tim Konsultasi Online Planet Ban.

Nah, Moms, itulah info 7 Tips Perawatan Motor Agar Liburan Makin Menyenangkan. Selamat mencoba, ya!

33 komentar untuk "Wajib Tahu! 7 Tips Perawatan Motor Agar Liburan Makin Menyenangkan"

  1. Bener nih, mbak. Kita wajib tahu perawatan motor itu penting. Apalagi aku kan berkendara pake motor. Senang juga di Planet Ban ini ada konsultasi gratisnya.

    BalasHapus
  2. Setuju bangat, perawatan motor sangat penting sebelum liburan. Salah satu tempat kepercayaan saya untuk periksa motor ya di Planet Ban

    BalasHapus
  3. Nah memang olanet ban itu sahabatnya roda dua. Seperti suamiku selalu percayakan kesehatan motornya dengan planet ban. Mudah ditemukan, pelayanannya bagus, kualitas terjaga, dan harga yang ramah.

    BalasHapus
  4. Bener banget nih kak... jarang-jarang perempuan peduli dengan perawatan motor, biasanya tinggal pakai seperti aku ini hehehe....

    BalasHapus
  5. Penyakit motor saya biasanya kadang sulit di starter, mana gak ada kick starter nya. mungkin akibat dari Akinya. Penting untuk cek rutin di bengkel seperti Planet Ban ini.

    BalasHapus
  6. no 3 nih paling penting, pastikan oli masih bekerja dengan baik karena bila tidak yang ada mesin bisa rontok dan mengharuskan turun mesin

    BalasHapus
  7. Bagi yang belum punya kendaraan roda empat. Motor emang satu-satunya moda yang paling kami andalkan di segala suasana. Makanya perawatan motor juga jadi hal yang begitu penting. Adanya planet ban juga membantu wanita kayak aku yang kadang gak telaten merawat motor. Bisa konsultasi gratis lagi.

    BalasHapus
  8. Wah perawatan motor di Planet Ban mudah banget ya, apalagi kalo ganti oli harus rutin

    BalasHapus
  9. Bagi kita para wanita yang tidak mengerti tentang perawatan mesin pada kendaraan memang baiknya untuk menyerahkan kepada ahlinya. Planet ban salah satu tempat favorit aku kalau mau ganti oli dan ban juga

    BalasHapus
  10. Kendaraan memang harus rutin dicek dan diservis, nggak mesti nunggu mau liburan dulu, takutnya ada masalah yang menumpuk dan malah bikin motor harus stay di bengkel. Kalau sudah rutin perawatan, pas cek motor sebelum jalan jauh ibaratnya untuk memastikan aja semua oke sebelum liburan. Untungnya di Planet Ban bisa konsultasi gratis ya dan mau ganti ban atau ganti oli juga bisa di sini.

    BalasHapus
  11. Perawatan motor ini penting banget. Agar berkendara lancar dan aman. Saya biasanya melakukan pengecekan oli secara rutin setiap 1-2 bulan. Sembari sesekali melakukan pengecekan CVT dan Vanbel setiap 3-4 bulan sekali. Tentu, agar tarikan motor tetap nyaman dan tidak mogok di tengah jalan.

    BalasHapus
  12. Aku pernah merasakan v belt putus di jalan, rasanya aneh banget bisa di gas tapi ga bisa jalan, tapi mesinnya enggak mati juga, itu karena aku enggak rutin cek kondisi kendaraan, jadi pelajaran banget deh pokoknya

    BalasHapus
  13. Baru tahu kalau motor tuh banyak perawatannya wkwk, yang kutahu cuma harus sering ganti oli dan cek AKI 😂

    BalasHapus
  14. Kalau mau liburan atau jalan yg agak jauh, emang kudu ngecek kondisi motor ya. Jangan sampai di jalan bingung sendiri cari bengkel buat ganti spare part.

    BalasHapus
  15. jadi keinget sudah waktunya service motor nih .... apalagi lagi pengen liburan wajib cek ya bunn

    BalasHapus
  16. Perawatan motor sering banget disepelekan, padahal penting banget loh. Apalagi kalau mau menempuh perjalanan jauh, harus bener bener dicek kondisi motornya. Memungkinkan gak untuk menempuh perjalanan jauh? Kalau nggak ya sebelum berangkat bisa ke bengkel atau tempatservice dulu ya

    BalasHapus
  17. Perawatan motor dan pengecekan sebelum berkendara jauh seperti liburan harus dilakukan untuk memastikan perjalanan aman dan semua mendapat pengalaman menyenangkan ya Kak

    BalasHapus
  18. Kalau bawa motor masuk ke Planet Ban, keluar-keluar jadi kayak baru lagi ya. Dirawat dan diservis bener-bener. Kita pun jadi lebih tenang berkendara karena kondisi motor udah fit lagi.

    BalasHapus
  19. Memang penting merawat motor apalagi kalau sehari-hari pakainya motor harus dijadikan bestie dan dirawat sepenuh hati

    BalasHapus
  20. Ya Allah Mbak, gegara tulisan Mbak Naqi aku jadi keinget mo bawa motor ke Planet Ban buat servis kok ya nggak jadi-jadi mulu. Padahal motor udah lumayan juga kerasa nggak nyaman dipakai akhir-akhir ini. Soalnya enam bulan yang lalu cuma sempat ganti oli tapi nggak cek lengkap yang lainnya.

    BalasHapus
  21. Saya paling males untuk cek ini itu sendiri. Tinggal bilang saja sama montirnya, cek semua 😂. Sampai sekarang belum pernah ke planet ban. Kapan-kapan boleh juga nih dicoba

    BalasHapus
  22. kalau untuk ganti oli sudah menjadi agenda rutin per bulan. PR nih untuk yang lainnya untuk juga diperhatikan.
    Jadi serasa dingetin untuk lebih perhatiin motor nih. Terima kasih, Kak

    BalasHapus
  23. Terima kasih mba Naqi, sudah nulis ini. Karena jujurly aku merasa tertampar sekaligus diingatkan untuk selalu merawat motor, karena kadang tuh ya mager banget. Padahal lebih mudah merawat daripada beli

    BalasHapus
  24. Ganti oli ini emang yang suka lupa buat di cek. Padahal penting banget untuk ganti oli tuh biar nyaman digunakan motornya. Aku ganti oli juga suka di Planet Ban sih soalnya lengkap banget di sana untuk perawatan motor. Motor jadi kaya baru lagi.

    BalasHapus
  25. Penting banget untuk cek motor secara berkala demi keselamatan diri. Ah, jadi teringat dulu ada tetangga yang motornya nggak pernah diurus, cuma dipakai doang. Ya akibatnya, sering mogok di jalan.

    BalasHapus
  26. Memang sebaiknya yang namanya motor kudu rajin diservis ke bengkel ya, soalnya biar gak bingung kalau mau dipakai "kerja keras" misal kek touring2 gtu ke tempat jauh gtu hehe. Ban, rem, aki adalah beberapa komponen yang krusial jadi jangan sampai error yaa. Gak kebayang di tengah jalan mogok atau pecah ban waduh bisa bahaya tuh hehe.

    BalasHapus
  27. Perawatan motor emang gak boleh diabaikan ya nanti jadi bermasalah dikemudian harinya setuju banget ini

    BalasHapus
  28. Jadi inget kalo aku belom service motor nih, wkwk.. Etapi ini kerjaan paksu sih, karena memang males banget nungguinnya. Kebetulan ada PlanetBan deket rumah dong, jadi nggak perlu jauh².

    BalasHapus
  29. Walaupun dunia otomotif identik dengan laki-laki, tapi perempuan, apalagi yang mengenderai motor, perlu tahu sedikit banyak ilmu keteknikan yang praktis agar aman dan nyaman berkendara. Planet Ban ini memang penyedia jasa yang sudah banyak buka di berbagai kota di Indonesia ya, untuk kualitas pelayanannya rasanya tidak perlu diragukan.

    BalasHapus
  30. buat yang suka road trip pakai motor penting banget tahu soal perawatan motor ini ya Mba Naqi biar aman dan nyaman saat liburan menggunakan motor dan pastinya juga kalau terawat kendaraannya pasti aman dan nyaman dijalannya

    BalasHapus
  31. Tempat langganan kalau ban mulai harus diganti karena pilihan nya banyak, serta selain itu juga bisa service motor

    BalasHapus
  32. Terima kasih atas tipsnya mbak. Selama ini saya juga kurang perawatan motor. Kadang berbulan-bulan ngak ngecek oli. Tapi mungkin tahun 2024 ini bakal rutin perawatan. terima kasih sudah berbagi tips bermanfaat ini. Semoga bisa diterapkan.

    BalasHapus
  33. Eh pantesan aku tuh ditakdirkan enggak berani motoran. Karena kan kalau motoran, konsekuensinya tahu hal-hal kekgitu. Sementara aku enggak tahu dan enggak mau tahu. HahHHa ...

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^