Entri yang Diunggulkan

Meraih Mimpi di #UsiaCantik

Senin, 03 Oktober 2016

Tips Memilih Mainan Untuk Anak 2-3 Tahun


Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Tips Memilih Mainan Untuk Anak 2-3 Tahun. Tidak dapat dipungkiri bahwa bermain sangat disukai anak-anak. Kadang lagi jalan-jalan ke mal atau ke pasar, lihat mainan jadi pengen beli buat Aisyah. Sejak Aisyah bayi, aku sudah gemar beli mainan bayi. Menurutku, permainan bayi itu sangat berguna menunjang kecerdasannya.

Sekarang Aisyah sudah dua tahun. Aisyah  lagi senang banget bermain. Tapi, tidak semua mainan aku beli. Aku selalu pilih dulu apakah mainan tersebut edukatif atau mainan biasa. Bedanya apa? Mainan edukatif ya mainan yang mengajak anak bermain tapi juga belajar. Jadi, jangan asal pilih mainan ya, Mom, hihi...


Baca Juga : Aisyah Aisyah 18 Bulan

Lalu, bagaimana dengan mainan biasa? Emang enggak boleh ya? Boleh aja kok Moms, tapi ada syaratnya. Mainan biasa itu contohnya boneka, mobil-mobilan, kereta-keretaan, tembakan atau pistolan. Sebenarnya termasuk permainan edukasi juga sih, tapi...perlu diarahkan saat bermainnya. Moms perlu mendampingi si buah hati. Nah, beda dengan mainan edukasi seperti balok-balok, puzzle, kartu huruf dan angka atau bentuk lainnya. Permainan edukatif mengajak anak bermain sambil belajar.


Alhamdulillah di ulang tahun Aisyah 2 tahun lalu, Aisyah mendapatkan kiriman hadiah dari Kidipal.com. Permainannya ada 5 jenis dan semua permainan anak yang edukatif dan murah.

Moms, Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih mainan edukatif :

 1. Usia dan Kemampuan Anak

Aku sendiri memilih maenan untuk Aisyah sesuai dengan kemampuan Aisyah. Apakah sudah bisa menyusun balok, memasukan kepingan pasak atau membuat puzzle. Jadi, aku mengenali dulu kemampuan Aisyah.

2. Dampingi Saat Bermain

Saat Aisyah bermain, aku mendampinginya. Kuatir juga kalau ditinggal sendirian, apalagi kalau bermain air. Aisyah suka bermain air, sudah ada kolam renang air. Aku letakkan kolam renang di dapur. Aisyah boleh bermain dijadwal aku masak saja. Jadi aku bisa memantau. Selain itu, kalau seusia Aisyah, aku memilih mainan yang berukuran lebih besar dari lubang  telinga, hidung dan tenggorokan. Takut banget kalau benda-benda kecil masuk ke lubang THT itu, hiiks.... perlu juga memilih mainan yang tumpul, kalau tajam kan ngeri takut tergores atau terluka.

3. Waktu Bermain

Biasanya aku mengajak Aisyah bermain kartu huruf atau angka tidak lama. Takutnya Aisyah bosan, usahakan ketika Aisyah lagi kenyang dan bukan jam mengantuknya. Aku juga bisa menstimulasi kecerdasan Aisyah tanpa menganggu jam istirahatnya.



Baca Juga : MPASI Homemade Saat Mudik

Tips Memilih Mainan Untuk Anak 2-3 Tahun

Moms, sejak Aisyah usia 2-3 tahun ini, aku mulai memilih mainan yang berbeda saat Aisyah bayi. Berikut beberapa maianan Aisyah diusia 2-3 tahun ini :

1.   Kolam Renang Anak
Aisyah senang sekali bermain air. Di rumah bolak-balik ke kamar mandi.
“Ummi, cuci tata!”

Maksudnya mau cuci tangan. Aduuh, gemes deh! Dan itu bisa berulang-ulang membuat bajunya ikutan basah. Tapi, aku trauma anak anak-anak bermain di kamar mandi. Soalnya kakakku ada yang kebentur di lantai kamar mandi. Akibatnya geger otak dan meninggal diusia 5 tahun. Untuk itu, aku ekstra hati-hati anak-anak bermain air di kamar mandi. Lalu, aku mulai kepikiran membeli Aisyah kolam kamar mandi. Alhamdulillah akhirnya punya, harganya juga murah euy hanya Rp. 150.000,-


Saat kolam ini sampai, Abi langsung membawa ke bengkel untuk di pompa angin. Biaya pompanya tidak mahal loh! Hanya Rp. 2 ribu. Usai dipompa, Aisyah senang sekali. Apalagi mandinya bareng Abang Fatih dan Mamas Faris. Serulah mereka bertiga bermain di Kolam Renang Anak hehehe....

2.     Musikal (Deluxe Xylophon)
Aisyah senang sekali mendengar musik. Jika sudah mendengar musik akan bergoyang-goyang. Untuk itu aku membeli mainan Deluxe Xylophon  ini bermanfaat mengenalkan musik pada Aisyah. Mainan ini terbuat dari plastik san tidak berbahaya. Harganya cukup murah  Rp. 52.500,-


3.   Flashcard Huruf Hijaiyyah
   Sejak usia 1 tahun, Aisyah sudah dikenalkan Huruf Hijaiyyah. Aku menempel poster di dinding. Poster bisa dibeli di pasar dengan harga yang murah. Sayangnya cuma bisa belajar disatu tempat saja atau tidak bisa berpindah-pindah. Untuk itu aku membeli Flashcard Huruf Hijaiyyah di Kidipal seharga Rp. 50.000,-. Kartu huruf hijaiyyah ini sangat berguna mengenalkan huruf hijaiyyah dengan cara menyenangkan. Kartu Hijaiyyah ini terdri dari :
28 kartu huruf Hijaiyyah berbaris Fathah.
28 kartu huruf Hijaiyyah berbaris Dhammah
28 kartu huruf Hijaiyyah berbaris Kasrah
+ 30 kartu Nama Hewan + Fotonya dalam Bahasa Arab
Total  ada 114 kartu Hijaiyyah.


4.   Puzzle Bentuk
Untuk permainan ini Aisyah belum paham sih gimana caranya, namun permainan ini aku simpan untuk usia Aisyah menjelang 3 tahun mendatang. Aku mengenalkan permainan ini perlahan-laha saja karena Cuma dua kepingan, jadi Aisyah tidak terlalu sulit untuk menyatukan. Permainan puzzle ini lebih banyak dimainkan oleh Abang Fatih yang sudah usia 5 tahun. Fatih sangat menyukai permainan ini. Aisyah dan Fatih sering bermain bersama. Aku beli puzzle bentuk ini di Kidipal seharga Rp. 30.000. Senang banget lihat Fatih dan Aisyah bermain karena manfaat mainan anak ini mengajak anak belajar memecahkan masalah, melatih motorik halus dan meningkatkan daya ingat.



          5.  Gajah Dorong
Nah, aku pilih mainan ini agar  Aisyah belajar mendorong mainan. Senang berlari-lari dan melihat gajah dorong yang lucu. Sayangnya mainan ini jadi rebutan dengan Abang Fatih, duuu.... gantian dong sayang mainnya.. Aku beli hanya Rp. 17.900,- di (harga diskon).





Sebenarnya, banyak sekali ide mainan anak untuk batita atau anak di bawah usia 3 tahun. Namun, cukup 5 ide permainan itu saja dulu ya yang aku kenalkan. Lagipula, sekarang udah ada Toko Mainan Online seperti Kidipal yang menjadi alternatif untuk memilih mainan yang edukatif. Kidipal.com adalah Toko Mainan Anak Online Terlengkap. Tak perlu susah ke pasar dengan antri dan macet. Tinggal klik dari rumah saja, Mom bisa memilih mainan untuk si buah hati. Serukan?

Lain kali aku cerita lagi mengenai stimulasi kecerdasaan anak lewat mainan. Nah, semoga Tips Memilih Mainan Untuk Anak2-3 Tahun di atas bermanfaat ya! Selamat mencoba!

16 komentar:

  1. Aku jarang ngebeliin Raya mainan hihhihi paling dapat dari kado or limpahan. Jadi dikaryakan aja mainan yg ada buat belajar sekarang. Nice sharing mba :)

    BalasHapus
  2. ponakanku mainan favoritnya puzzle mbak, sampe bermacam-macam puzzle dibelikan ibunya :)

    BalasHapus
  3. kalau anak-anakku sekarang sudah agak besar..jadi suka pilih sendiri kesukaan mereka

    BalasHapus
  4. anak2 saya dari kecilnya suka banget sama bola dan balon. bola dari mulai yg terkecil sampe bola basket dan bola sepak punya. Pernah dikasih hadiah berupa mainan kolam renang, cuma dipake sekali :(

    BalasHapus
  5. Kolam renang asyik tuh sambil diisi bola-bolan berasa mandi bola, tapi orang tua harus mengawasi sih ya mbak :)

    BalasHapus
  6. Dulu, waktu Naeema masih usia 2 tahunan, saya belikan sia flash card itu, dan minibook. Lebih banyak beliin buku sih dibanding bonekA-boneka gitu. Punya kolam renang seperti itu bisa boros air va sih mba?

    BalasHapus
  7. Baru tau Saya ttg kidipal.com. Tq mb Naqi

    BalasHapus
  8. Kolam renang anak mainan yg bikin nagih n ga akan pernah bikin anak2ku bosen :D

    BalasHapus
  9. Belum bisa beliin anak sendiri mainan heeehe, tapi seringnya beliin jajan buat keponakan2 :D

    BalasHapus
  10. Nadia waktu kecil kalo dimasukin kolam gtu udah ga mau mentas pasti dan bertahan smpe skr klo diajak renang sampe badannya biru pun tetep aja bertahan

    BalasHapus
  11. Kita selaku orang tua memang harus lebihbteliti memilih mainan untuk anak, ya Mbak. Harus mengedukasi dan aman untuk anak.

    BalasHapus
  12. Anakku kalau udah masuk kolam renang, ga mau keluar. Bakal lama banget mainnya.

    BalasHapus
  13. Saya pengen beliin kolam2an ituh. Murah ya harganya 150. Thanks for sharing, Mom :)

    BalasHapus
  14. Aku nih sedang berada di moment pengen beliin Umaro Mainan ini dan itu hihihi. Soalnya lucu liat dia main dan merangsang dia biar gesit (latihan merangkak) karena ngejar mainan. Tapi untung ada Ayahro yang selalu ngerem dan nyimpen ATM kwkwkw...

    BalasHapus
  15. Main air, Faraz klo dibawa ke kolam renang atau laut malah nangis Mbak, ntah knapa takut air gtu padahal anak2 kan biasanya doyan air. Tapi klo mandi di rumah mah dia senang2 aja, suka main air. Heran deh knapa nangis klo lihat air yg buanyaaakk, hihihih

    Mau intip2 jg ahh Kidipal ini. Thanks share nya ya Mbak :)

    BalasHapus
  16. Ooh begitu ya mbak, jadi mainan anak umur dua tahunpun harus dipilih-pilih. Makasih ya mbak sharingnya, bermanfaat buat aku kedepannya jika punya anak. Doain aku cepat nikah ya mbak hehe.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...