Jumat, 11 November 2016

Fokus Jadi Blogger


Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Hari Jumat ini aku mau curhat hehe... iyalah sesekali curhat, boleh ya J Di group Blogger FLP sedang ada menulis serentak tema curhatan penulis. Nah, sebagai penulis yang dibesarkan di FLP dan juga jadi Blogger FLP, aku mau mengucapkan terima kasih banget kepada para “petinggi FLP’’ . Nah, berikut curhatan lengkapnya ya J *baca sampai habis ye!*

Aku fokus ngeblog itu baru, baru seujung kuku. Masih sangat muda hehe... Agustus 2015 aku membeli domain dengan harapan, blogku mendapat uang tambahan. Wih, matre banget? He eh, enggak bisa ku pungkiri, blogku sekarang bukan sekedar isi curhatan, ngumpulin info lomba sana-sini, nyimpan foto anak-anak, tapi lebih dari itu, mau dapat uang tambahan.

Oke, setelah niat terkumpulkan. Duit dari mana nih buat beli domain? Eits, dulu kebayang ya bikin domain itu mumet, makanya aku pakai jasa dan bikin domain blog seharga kurang lebih 125 ribu. Lalu, aku mulai fokus mengisi blogku.

Awal mau nulis bingung lagi, blog aku ini nichenya apa? Apa itu niche? Kok orang ribut soal niche? *orang? Loe aja kalee!” intinya, apa sih pentingnya niche?

Meja kerjaku di mana aja. Kadang di meja, kadang di atas box, kadang di atas kardus :)

Ternyata, niche itu penting saudara-saudara sebagai identitas isi blogmu. Misalnya aku pengennya tema parenting, MPASI, bayi, jalan-jalan, waduuh banyak ya? Pokoknya tema perempuan deh. Maka, temanku menyarankan blogku berniche lifestyle aja, dan memang lebih fokus ke parentingnya. Yuhui, akhirnya aku memantapkan diri blogku berisi Lifestyle Smart Mom.

Lalu, setelah rajin mengisi blog dengan berbagai artikel, aku beruntung tak lama sekitar 3 bulan, DA blogku naik menjadi 20. Saat itulah aku bisa mendaftar ke sebuah group blogger terbesar untuk mendapat job review. Sayangnya kontrak berakhir hanya 3 bulan. Blogku kembali sepi job. Paling ada 1-5 artikel yang rata-rata hanya @Rp 100 ribu. Tapi, tak apalah, namanya juga blog unyu-unyu kan ya? Libas aja deh! Haha...seiring waktu, alhamdulillah kini penghasilan blogku lumayan :) pas butuh, pas ada hehehe...

Uang tambahan dari ngeblog, kadang jajan bakso kesukaanku :) 

Tapi, saat ini aku mau serius FOKUS ngeblog, untuk itu aku mulai mengazzamkan untuk rutin mengisi blog. Ide blog  tentu banyak banget kan ya? Nah, dilemanya aku enggak punya ART. Suamiku juga lagi kuliah di Padang. Otomatis, badan ini seperti ditarik-tarik, urusan domestik, bayar SPP hingga lainnya bikin enggak konsetrasi. Kemarin aja, bolak-balik nyari slip SPP di kantor TU, aku sih udah yakin slip itu udah ada, tapi pas ngubek-ngubek tas enggak ketemu. Aisyah lari, Fatih nangis.  Wiih, jadi panik! Akhirnya balik lagi ke rumah, Fatih kutinggal di sekolahan karena ngambek enggak mau pulang, maunya ke kantin dulu. Sampai di rumah aku bongkar sana-sini, enggak ketemu juga! Duuh, ya Robb, berikan kesabaran, lalu aku duduk sendiri, istighfar berkali-kali.

“Ya Allah, mohon lancarkan urusanku.”

Aisyah sudah narik-narik minta nenen. Duuh,pas buka tas lagi. Jreeng, slip SPP Faris ada di selipan dompet. Alhamdulillah, emang ya emak-emak suka panik kalau dengar suara tangis anak. Ampe enggak kelihatan slip yang ada dalam tas sendiri, hiiks.

Aku pun balik lagi ke sekolah, nemui Fatih dan ke TU melaporkan kalau Faris berhenti ekskul renang, Faris ingin ekskul memanah aja. Jadilah uang ekskul renang bisa di cancel. Alhamdulillah hemat 70 ribu,hehehe...

Siangnya dzuhur, pulang ke rumah. Sesudah makan dan istirahat, bawa Aisyah dan Fatih ke Bank Muamalat, lalu membayar SPP. Sampai rumah ngetweet dan cek beberapa group di WA. Sorenya baru buka laptop lagi BW ke beberapa blog dan malamnya tepar! Hahaha....

Begitulah suka dukaku menjadi penulis yang kini mau fokus ngeblog. Tak ada yang mudah. Semua butuh diusahakan. Semua butuh dipersiapkan karena aku ibu tiga anak, mereka membutuhkan juga perhatian dan waktu bermain bersamaku. Sedangkan, ekonomi keluarga juga membutuhkan kesigapanku dalam memanajemen waktu.

Nah, sahabat Smart Mom, itulah ceritaku. Apalakah kamu mau Fokus ngeblog juga?



23 komentar:

  1. Semangat Mbak! Semoga bisa menemukan waktu yang pas antara keluarga, blogging dan lain-lainnya :)

    BalasHapus
  2. Next time pasti aku pengen full time blogger agar bisa pokus, soale pekerjaan yang selalu bikin hepi.
    Aku masih menikmati "kerjaan berkah ngeblog" ya di tempat sekarang kerja.

    BalasHapus
  3. Aku malah awal ganti jadi TLD karena dibeliin suami dan justru belom tahu kalo ngeblog bisa menghasilkan uang. Kalau sekarang sih masih pas-pasan, pas pengen ini ada, pas pengen itu ndilalah ada jobnya. Syukuri saja, alhamdulillah.

    BalasHapus
  4. Tooossss, Mba Naqi. Anakku dua sih, tapi tau banget lah bagaimana rempongnya jadi ibu dengan seabrek kerjaan dan urus anak DAN punya keinginan untuk fokus ngeblog. Bismillah, insya Allah kita pasti bisa ya Mba.
    Yuk saling menyemangati! :).

    BalasHapus
  5. 3 bulan DA udah 20 mb? Emejiiiing...

    BalasHapus
  6. aku mah sekarang masih jungkir balik ngatur waktu ngeblog ama waktu sekolah plus me time, jadi agak susah atau bahasa kerennya "petekelan" untuk rutin ngeblog. Tapi kedepannya itu maunya sih bisa fokus ngeblog, jadi DA bisa naek dan job review berdatangan #eaaaa.. *blogger mata duitan*

    BalasHapus
  7. Wkwk..nano-nano aku baca tulisan ini.fokus ngiler ke baso lah, pusing bayangin mb naqi nyari spp pkus si kk ngambek dll...tapi tetep ya berkaah bgt
    Aku inget waktu pendaftaran job min DA 20 itu, aku br beli domain..jd deh ga ngicip job itu hehe
    Tapi alhamdullilah kebayar job lain

    BalasHapus
  8. Ngeblog skrg udh semacam kebutuhan buat aku mba :)

    BalasHapus
  9. benar, apa2 yang ditekuni pasti akan ada hasilnya :D

    BalasHapus
  10. Jangan lupa biar makin hebat blognya plus kepercayaan relasi, blogwalking juga ke sesama blogger... 😊

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah, uang tambahan hasil ngeblog bisa dibuat beli baju di pasar. :D Hihihi

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah, semoga makin berkah blognya ya naqii..

    BalasHapus
  13. Ngeblog juga menjadi kegiatan baru setelah saya pensiun dari dinas militer.
    Ini untuk menyalurkan hobi menulis dan juga agar tetap eksis dan tak tenggelam dalam dunia yang ramai dan befrwarna-warni ini.
    Mari kita ngeblog untuk berbagi ilmu dan pengalaman agar bernilai ibadah.
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  14. Masya Allah, semangat mbak! Aku juga sejak keluar dari kampus, fokus ngeblog. Dan pelan-pelan alhamdulillah meski baru 8 bulan TLD, tapi aku senang akan traffic blog-ku :')

    BalasHapus
  15. mba naqy keren sudah ternak blog, erna masih nunggu lahiran baby dan besarin balita krucil2 dulu :)

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah banget memang mbak, aku juga ngerasain banyak berkah dari ngeblog :)

    BalasHapus
  17. baksonyaaa enaaaak :)..aku pun menikmati banget jadi blogger mbaaa hehehe

    BalasHapus
  18. Barakallah mba..lama ngga mampir ke sini. Itu basonya yaampun pengen jadinya :)
    Jadi tanpa ART dan 3 orang anak ya mba. Perjuangan ngeblognya ^^ semangat dan sehat selalu ya mba

    BalasHapus
  19. betul, yg penting fokus blogging dulu baru nanti menentukan niche blog. Atau mulai bikin aja blog 1 lagi (heheheheh) yang lebih spesifik temanya.

    BalasHapus
  20. Mantep banget, 3 bulan lsg DA 20 mbak... Hebat euy!

    BalasHapus
  21. Alhamdulliah ya mbak lancar rezeki ya :)

    BalasHapus
  22. Semoga tetap lancar ikhtiarnya mbak, fokus ngeblog utk hasil lebih baik

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^