Sabtu, 24 Desember 2016

10 Ide Mengisi Liburan Untuk Anak Usia 5 Tahun



Assalamualaikum sahabat Smart Mom,


10 Ide Mengisi Liburan Untuk Anak Usia 5 Tahun. Liburan ini pada ke mana? Aku di rumah aja nih. Enggak mudik, tapi insya Allah kakakku dari Jakarta akan datang. Jadi, rencana liburan buat jalan-jalan akan dimulai. Namun, jangan sedih buat yang liburan di rumah saja. Ada banyak ide kegiatan liburan loh! 

Untuk anakku yang kedua, saat ini Fatih usia 5 tahun 5 bulan. Fatih sekarang sekolah di TK A. Saat bagi rapor, aku tanya ke gurunya, "Ada tugas liburan bu?" ternyata enggak ada, hanya disuruh mengulang hapalan saja. Nah, akhirnya ikutan merancang deh apa saja kegiatan liburan buat Fatih. 

Beberapa ide sudah menari di kepala, apa saja kegiatan saat liburan ini. Soalnya, anakku aktif sekali jadi kalau tidak ada kegiatan, bisa-bisa lari main games di hp atau nonton TV aja. Jadilah, aku memikirkan kegiatan liburan yang murah dan nyaman. 

Inilah10 Ide Mengisi Liburan Untuk Anak Usia 5 Tahun :

1. Mengunting dan menempel

Moms, kegiatan mengunting dan menempel ini dapat dilakukan dengan cara membuat kolase dari kertas origami. Kita siapkan saya gambar yang akan kita kolase. Contohnya, gambar kupu-kupu. Kita foto copy dan siapkan peralatan lainnya seperti :

lem
gunting
kertas origami warna-warni

Langkah selanjutnya, ajak anak mengunting kertas origami dengan ukuran kecil-kecil. Lalu, ajak anak menempel dengan memberikan lem di kertas atau langsung ke origami.

Berikan apresiasi pujian kepada anak yang berhasil menyelesaikan :) Insya Allah anak akan suka dengan kegiatan ini.

2. Memberi makan hewan peliharaan

Saat di Padang, anak-anakku mempunyai kucing kesayangannya. Dibuatkan rumah-rumahan dan selalu disayang. Namun, saat pindah ke Lampung, kucing itu ditinggal. Kan enggak mungkin bawa ke Lampung naik truk, hehe... jadilah, selama di Lampung, anak-anak mencari kucing lain buat peliharaan. Namun, aku sendiri enggak bisa dekat kucing karena bulunya merangsang asmaku kambuh. Untuk itu, anak-anak biasanya memberi makan kucing yang sering datang ke rumahku. Kucing datang tanpa diundang karena kami selalu menyiapkan sisa makanan di depan rumah atau di dekat kotak sampah. Biasanya malam hari kucing akan datang mengambil 'jatah' mereka :)

Baca Juga : 5 Ide Bermain Anak Bersama Ayah

3. Menanam dan merawat tanaman
Di rumahku sempit, tak banyak tanah lapang. Beda dengan rumah kontrakan di Padang, di depan rumah dapat ditanamani pohon karena ada tanah yang cukup luas. Namun, beruntung di depan rumah di Lampung ini ada tanah yang luas sekali. Kami dapat bercocok tanam di atas tanah ini. Pemiliknya tinggal di Jakarta dan mengizinkan untuk becocok tanam.

Untuk Fatih, aku mengajak Fatih mengenal tanaman yang ada. Aisyah juga suka menunjuk pohon pisang yang ditanam di tanah luas ini. Aku juga mengenalkan Fatih untuk menanam dan merawat tanaman. Fatih senang sekali diajak menyiram tanaman :)


4. Meningkatkan ibadah

Fatih memang tidak ada tugas dari sekolahnya, tapi aku mengecek rapornya dan ada beberapa hapalah surat, doa dan hadist yang belum lancar. Maka, aku mencoba membuat jadwal untuk mengulang-ulang. Ini aku adaptasi dari jadwal yang ada di sekolah atau saat aku mengajar dulu. Memang sih belum aku paksakan Fatih menghapal, namun pelan-pelan agar Fatih enjoy dan menikmati proses belajar ini.

Fatih ikut sholat Maghrib berjamaah di Masjid

5. Berenang
Anak-anak senang banget diajak berenang. Kadang aku ajak berenang di kolam dekat rumah, tapi lebih banyak berenang di kolam plastik di rumah saja hehe.... anak-anakku emang suka sekali bermain air. Kalau berenang pasti lama dan betah banget. Agar hemat, ya berenang di kolam plastik aja :)

Berenang di kolam plastik saat liburan
6. Ke kebun binatang

ke Lembah Hijau :)
Ini rencana yang masih tertunda. Kami sekeluarga pengen banget ke Lembah Hijau untuk melihat hewat di sana. Untungnya Fatih sudah ke kebun binatang di Bengkulu dan di Lembah Hijau bersama guru dan temannya. Namun, tetap pengen jalan-jalan bareng ke kebun binatang. 

7. Silaturahmi
Mengajak anak silaturahmi ke rumah saudara sungguh menyenangkan. Tapi, lumayan repot juga karena anak-anak harus diingatkan adab saat silaturahmi. Pernah kejadian, saat menginap di Bengkulu, anakku merengek minta tidur di kamar keponakan yang ada AC-nya. Saat menginap di rumah kakak ipar di Lampung (saat kami masih di Padang), anak-anak rewel karena panas atau emang belum betah. Belum lagi sennagnya lari-lari keliling rumah, aduuh....lumayan rempong deh. Namun, kalau sesekali perlu juga deh disiapkan, agar anak juga mengenal silsilah keluarga.

8. Kemah di depan rumah

Pengalaman berkemah anak-anak belum ada. Di sekolah tidak ada kewajiban berkemah. Acara Pramuka hanya untuk anak terpilih saja yang berkemah. Melihat itu Faris berinisatif bersama teman-temannya membuat tenda di depan rumah. Mereka berkemah semalam. Membawa selimut dan makanan ringan. Awalnya sempat kuatir apakah anak-anak tidak akan kedinginan. Tapi, mengingat akan menjadi momen indah pengalaman buat anak-anak, aku mengizinkan mereka berkemah. Ada 6 anak yang berkemah dengan 3 tenda. 


9. Masak bersama
Untuk Faris sudah bisa masak sendiri, terutama telur dadar. Kalau Fatih memang belum bisa. tapi, kalau diajak masak bersama Fatih sangat suka. Misalnya membuat donat, pempek atau ice cream. Nah, sudah jarang banget aku mengajak anak-anak memasak. Sepertinya liburan ini akan aku ulang lagi momen ini :)

Baca Juga : Tips Memilih Mainan Untuk Anak 2-3 Tahun

10. Menginap di hotel gratis
Liburan ke dalam kota kalau enggak kemana-mana bakal bosan juga ya? Nah, rencanaku aku akan mengajukan kerjasama dengan hotel untuk menginap dan mereview hotelnya. Sejauh ini, rencana sudah 80% doakan ya sukses melobi dan bisa menginap di hotel semalam dengan gratis.

Nah, itulah 10 Ide Mengisi Liburan Untuk Anak Usia 5 Tahun versi aku. Apakah sahabat Smart Mom, mau menambahkan? Yuk, share!


22 komentar:

  1. Seru banget bisa kemah dihalaman rumah. Andai punya halaman. 😄
    Sepertinya saya berkemah didlam rumah saja untuk sementara waktu.
    Semoga berhasil ya mba nginep gratis di hotelnya. 😘 nanti share2 deh pengalamannya

    BalasHapus
  2. Semoga rencana menginap di hotelnya terwujudkan Mbak. Jadi anak2 bisa lebih senang. ^_^

    BalasHapus
  3. Anak2 seru banget waktu main di kolam plastik. Tidak buat cemas karena nggak bikin tenggelam. ^_^

    BalasHapus
  4. Berkemah di sekitar rumah? Pasti seru, ya? Anaj kuga hadi belajar mandiri. ^_^

    BalasHapus
  5. Aku juga pengen ngereview hotel biar bisa ajak anak2 nginap gratis di sana. ^_^ Anakku yang sulung suka sekali diajak ke hotel. ^_^

    BalasHapus
  6. Selain masak bersama, juga bisa mencucui pakaian, mencuci piring, dan melakukan pekerjaan rumah lainnya bersama-sama ^_^ Tapi siap-siap saja, bukannya beres tapi malah tambah berantakan

    BalasHapus
  7. Waah ide liburan yang keren Mak, kreatif banget. Pastinya bakalan nambah riweuh sama anak2 di rumah tapi bakalan seneng menciptakan kebersamaan yaa.

    BalasHapus
  8. Seruuuu, itu di atas nyaris semua sudah dilakukan anak-anakku, mb
    Cuma kucingnya kucing tetangga wkwk, tiap Pendar makan wajib aku jatahin itu kucing-kucing liar

    BalasHapus
  9. Saya udah menerapkan ide liburan untuk anak seperti di atas, kecuali yang nomer 10, Mbak....pengen juga ngerasain nginep gratis di hotel hihihi

    BalasHapus
  10. Anakku liburannya bikin slime terus mbaa. Hihii

    BalasHapus
  11. Kalau banyak aktivitas kayak gitu, libur pun bikin anak-anak betah di rumah :)

    BalasHapus
  12. Berkemah asyik tuh Mbak. Ga mesti ke camping ground ternyata yak..bisa di depan rumah juga.

    BalasHapus
  13. Ide simple dan mudah dipraktikkan

    BalasHapus
  14. mau jugab duuung menginap gratis di hotel hehe

    BalasHapus
  15. seru dan mendidik.. sangat edukatif..

    salam http://balitours99.net/harga-sewa-mobil-di-bali/

    BalasHapus
  16. Anakku juga udah kuajarin menggunting dan nempel. Bt mau donk diajakin nginep hotel hihihi

    BalasHapus
  17. aku yang belum kemah didepan rumah hehehe kayaknya perlu dicoba

    BalasHapus
  18. kemah didepan rumah kayaknya asyik juga tu mbak

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^