Selasa, 10 Januari 2017

Mildaini : Blogger Bengkulu yang Gemar Berbisnis dan Menulis



Assalamualaikum sahabat Smart Mom, apakabar semua. Tahun 2017 semangat ngeblognya makin kece kan? Hari ini aku mengenalkan sahabat bloggerku baik dari dunia maya mau pun dunia nyata, hehe... Nah, udah pada tahu belum sih ada Komunitas Blogger di Bengkulu. Yup, salah satu penggagasnya adalah Mildaini. Aku kenal Milda sejak lama. Sejak aku masih tamat SMA dan kami sesama tes AKPER di Curup. Saat itu kami masih unyu-unyu eh sekarang ketemu lagi sudah emak-emak, hehe...

Aku dan Milda sering banget ketemu dalam sebuah forum. Kadang ngebatin, "Elo lagi, elo lagi!" mungkin karena kami memiliki kesukaan yang sama. Kami suka menulis dan berorganisasi. Dulu, aku ketua FLP Bengkulu dan Milda  suka mendampingi muridnya ikutan lomba Mading dan Menulis Cerpen. Lalu, kami sama-sama suka merintis buletin remaja di Bengkulu. Bedanya, Milda suka banget berbisnis. Aku taunya dia suka ikutan MLM, dulu macem-macem produk deh dijualnya sampai membuka toko buku. Kini, tinggal ada toko baju yang dikelolanya cukup besar dan aku pernah ke sana loh, dapat diskon gede, hehe!

Zaman masih unyu-unyu aku dan Milda ^_^ 

Satu yang unik dari Milda, dia jarang sedih. Orangnya pintar memotivasi orang.  Tapi juga rada keras kepala, hahah... Ups! Orangnya optimis banget, kamu bakal dapat inspirasi yang banyak kalau kenal lebih dalam. Yuk, lebih mengenal Mildaini, Amd, Kep. S.Pd! Ibu 3 anak dari Nawra Izzah Muthmainnah, Athifah Shidiqi Khalilah dan Annasya Shazfa Mafazaa. 

Inilah wawancara bersama Milda, teman arisan Blogger Perempuan 3 :)

Sejak kapan memiliki jadi IRT penulis?
Ini  maksudnya memilih ya. Sejak tahun 2013, barengan pas hamil Athifah. Waktu itu garansi dengan suami, mau resign kerja, fokus ngurus anak, kelolahbisnis dan menulis. Selama ini toko, dikelolah karyawan, hampir 75 persen.

Sebelumnya pernah berbisnis, ceritakan dong apa aja usahanya?
Kalo bisnis, emang dari kelas 5 SD  sudah senang jualan. Sampai ke jenjang kuliah, masih suka jualan, seperti hobi juga. Selepas kuliah, buka toko buku, namun sejak Gramedia masuk Bengkulu, pendapatan toko kian menurun, apalagi pas gempa, buku2 juga bayak yang rusak,  jadi putar bisnis lain. Kebetulan ada yang menawarkan toko dengan harga lumayan murah. Bekas toko pakaian, dijual beserta dengan isi dan alat-akat di dalamnya. Akhirnya toko dibeli tapi blm langsung jualan karena belum begitu paham, baru mau belajar. Apalagi Nawra masih kecil. Meski dulu ortu juga jualan, namun jualan model sekarang beda banget dengan dulu ya. Apalagi dulu ortu jualan sembako. Hampir 2 tahun tokonya tidur. Setelah itu baru dijalankan dan berdagang pakaian ibu dan anak secara online dan offline.



Mildaini membina kelas menulis dan bengkel sastra Bengkulu

Selama ini membina kelas menulis untuk anak, apa saja kegiatannya? Gimana tipsnya mengajarkan anak SD menulis?
Iya, sudah hampir tiga tahun mengajar kelas menulis. Untuk tingkat SD dan SMP. Semacam eskul. Kegiatannya satu pekan sekali, selama 90 menit di sekolah masing-masing. Kegiatan menulis ini difokuskan untuk menulis cerpen atau cerita pendek dan puisi. Selain kegiatan menulis, kegiatan ini juga bekerjasama dengan perpus, saya menawarkan sebuah program ke sekolah dengan nama Duta baca, dipilih dari anak-anak yang paling banyak meminjam buku di perpus. Kemudain diberikan hadiah. Ada program wakaf buku, ada audisi menulis. Untuk audisi diadakan satus emester satu kali. Alhamdulillah sudah terbit 2 buku antologi mereka. Tahun ini diupayakan terbit buku duet atau buku solo. Untuk mengejar terkumpulnya naskah. Saya menggunakan sistem one week one title. Jadi setiap habis pertemuan, anak-anak  menulis sebuah cerita atau puisi, sesuai dengan materi yang dibahas. Selain itu ada kegiatanlainnya pelatihan, bedah buku, seminar, jumpa penulis, dll yang berkaitan dengan buku dan menulis. 


Milda di acara SGM


Sejak kapan punya blog dan berganti menjadi blogger profesional?      
Kalo punya blog sejak lama, sejak ikut pelatihan blog dan sosmed di medan tahun 2012. Namun belum fokus ngbelognya dan masih gratisan ya. Baru tahun 2015 saat teman2 blogger FLP bikin grup khusus blogger dan men-support untuk pake TLD. Baru agak serius nulis blognya. Apalagi saat itu bedrest hamil Annasya, jadi ya banyak waktu di rumah dan akhirnya ngeblog. 

Apa nih niche blognya dan mengapa alasannya pilih niche tersebut?        
Blog saya masih gado-gado sih. Cuma labelnya saya buat lima aja, kesehatan, keluarga, perjalanan, berita dan gaya hidup. Itu aja, biar mudah dan gak panjang banget labelnya, supaya gak lupa juga labelnya apa aja.

Kapan jam biologis yang paling sering untuk ngeblog dan mengapa?
Kalo ditanya kapan seringnya, di pagi hari antara jam 10 sd 12 siang. Tapi kalo jadwal rutin atau emang siap dari dulu sih, malam Sabtu dan malam Minggu. Karena besoknya suami libur dan ahad anak-anak libur, jadi lebih luang dan banyak waktu. Selebihnya liat kalo ada kerjaan aja. Belum punya jadwal one day one post nih!


Milda di acara Kompasiana

Saat ini kan aktif di Blogger Bengkulu, cerita dong kegiatammya aoa aja dan harapannya untuk blogger di Bengkulu?

Iya,kegiatan Blogger Bengkulu (BoBe) ada harian, mingguan dan bulanan. Untuk harian dan mingguan semua difokuskan secara online, ada grup khusus via fesbuk dan wasap. Klo kegiatan bulanan biasanya dijadwal setiap akhir bulan pada hari Ahad, terakhir, jam 13.30 s.d 15.30. tempatanya ganti2 dan tema yg dibahas juga ganti-ganti. Ada yg gratis tapi ada juga berbayar.  Narsumnya juga gantian memberdayakan teman-teman yang ada. Harapannya semoga komunitas ini bisa menjadi wadah untuk berkumpul, belajar dan berbagi ilmu blogging. Semoga Blogger Bengkulu bisa menjdi tuan rumah dan corong  untuk promosi dan publikasi Bengkulu itu sendiri. Bisa berperan aktif juga dan memberikan kontribusi bagi kemajuan Bengkulu.

Apa nih prestasi Milda dalam menulis dan blog?
Prestasi blog belum ada karena ikut lomba blog juga baru beberapa. Biasanya saya ikut lomba blog itu karena ingin upgrade ilmu blog. Karena lewat lomba memang menjadi salah satu motivasi untuk segera belajar ilmu blog dan mengasah keterampilan menulis dan blog. Saya ikut lomba blog awal2nya pengen tau apa itu backlink, gimana pasang banner, dll. Alhamdulillah sudah paham. Lalu ikut lomba tempra itu kmren karena mau belajar soal page piew, pasang dan pengen tau soal google analytic , dan alhamdulillah masuk nominasi juga. Jadi dengan ikut lomba itu secara enggak langsung belajr banyak hal. Lalu ikut lomba yg telkom, walo gak menang, karena metode lombanya yang unik, pake sistem referal, jadi ada pengalaman baru. Ini sedang ikut lomba Acer, juga sama pengen tau, karena sebelumnya blm pernah ikut lomba yng mereview barang-barang elektronik, apalagi barangnya belum dimiliki. Foto-fotonya pake yang sudah disediakan dll. Saat ini jika ingin ikut lomba blog, cuma mengandalkan kekuatan menulis konten saja, tentu kita akan bersaing cukup kuat dg teman-teman yang lain karena banyak yg sdh melakukan dgn tambahan video, infografis, foto yang menarik. Jadi tidak hanya konten, tapi perlu penampilan dan cara menyampaikan yang menarik, sehingga peluang untuk menang semakin besar. Oleh karena itu pelan-pelan, kita belajar ya ilmu blogging tahap pertahap, dan saya suka melalui sebuah pembelajaran dan proses. Ini pengen banget belajar infografis. Sehingga nanti tampilan lomba gak kalah atau gak jauh bedalah ama yang lain-lain, hehehe., Saya juga jarang ikutana Give away , apalagi kalo banyak syarat dan ketentuannya, Agak malese berurusan dengan yang ribet. Ini mungkin karna waktu banyak tersita mengurus anak dan orang tua. Jadi kalo mau ikutan GA, milih2 yang mudah dan bisa dilakukan saat itu juga. Alhamdulillah ada aja yang nyangkut :D.

Buku karya Mildaini

BUKU SOLO
1. Buku Nutrisi Pintar Golongan Darah A
2. Buku Nutrisi Pintar Ibu Hamil dan Menyusui Golongan Darah B
3. Buku Nutrisi Pintar Ibu Hamil dan Menyusui Golongan Darah AB
4. Buku Pintar Nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui Golongan Darah O
Keempat buku ini diterbitkan oleh penerbit Bhuana Ilmu Populer (BIP) Kelompok penerbit Gramedia.

BUKU ANTOLOGI

Ada, 14 buku dari berbagai penerbit 
1.  Nikah Gak Boleh Ngutang, My Wedding Story
2. Di Masjid Hatiku Terkait
3. Pujangga Kedurang, Sebait Kisah Dari Bengkulu
4.Menjadi Salah Satu Tim Penulis Buku Kamus Indonesia
5. Kejutan-kejutan Abi Tersayang, Kejutan-kejutan Abi Tersayang
6. Bukan Lajang Desperado
7. Rejang Be'ikuak Serawai Anggit, Perempuan Langit
8. Neng, Korban Jimat Bapaknya, Obat Galau Masa Kini
9. Put Your Heart Into Teaching
10. I Love Bengkulu
11. My Wedding Story
12. Asma Nadia Inspirasiku
13. Sepucuk Surat Untuk Rasulullah
14. Melukis Langit

PENGALAMAN ORGANISASI
1. Koordinator Ibu-ibu Doyan Nulis Wilayah Bengkulu (2012 sd sekarang)
2. Badan Pengurus Pusat (BPP) Forum Lingkar Pena Divisi Jaringan Wilayah ( 2013 sd sekarang)
3. Pengurus Komunitas Seni dan Budaya Ambin Bengkulu 2016 
4. Pendiri Komunitas Cinta Buku (KCB)
5. Pendiri Komunitas Blogger Bengkulu (BoBe)



Gimana pendapat Milda jika ada job yang masih di bawah standar (contoh di bawah 100 rb) bagaimana menyikapinya? 

Soal fee job, biasanya diberikan sesuai DA dan PA ya. Menurut saya DA 15 itu standar minimal , jadi kalo mau nerima job ya liat juga dulu DA kita berapa. Gak suah takut nawarin harga. Kasih garansi bahwa kita bisa berikan yang terbaik, jangan lupa postingannya juga rajin-rajin kita share. Menurut saya lagi, level aman buat ber-gaining itu adalah DA 20, jadi kalo ada yg nawarin under 100, bayarnya sebulan kemudian, Cuma satu artikel dan nulis sendiri, mending gak usah deh. Tapi kadang balik lagi ama bloggernya ya. Kalo saya kadang yang menjdi pertimbangan nerima job itu juga siapa brandnya dan apa yang akan dibahas, kalo saya pro ke postingan atau keyword yang diberikan, kadang soal harga bisa nego. Saya niatkan untuk berbagi dan iklas buat amal jariah.


Milda Family

Apa saja persiapan saat ngenlog versi Milda
Persiapan ngeblog ya :
  • Lakukan pengamatan, analisa, baca, liat televisi, internet atau apa saja ttg hal2 yang ingin kita bahas, atau keyword yang ingin kita ulas.
  • Liat koleksi foto penunjang yg tersedia, kerea foto ini sangat penting, kalo masih bsa, ambil foto baru terkait apa yang ingin diuals.
  • Bikin mapping atau draf dulu dari ide yang ingin disampaikan. Termasuk berapa foto yg mau ditampilkan berapa dan ttg apa aja.
  • Tentukn judul supaya fokus membahas soal apa, usahakan judulnya SEO sehingga jika gak menang lomba, tulisannya masih bsia dibaca sampai kapan pun
  • Tulisannya, enggak usah panjang, jika banyak yang akan diulas, buatlah beberapa tulisan dengan keyword yang ingin disampaikan, supaya pembaca gak bosan. 
  • Bagusnya nulis di word dulu.
  • Persiapan fisik, ngeblog dlam kondisi kenyang dan sudah mandi, hehehe.
  • Kondiiskan dulu, atau buatlah nyaman dulu suami, anak keluarga, baru deg ngeblog. Kalo nulis itu cepat, yang lama itu mapping ide dan menampilkannya di blog ya
Milda di Radio Swara UNIB


Apa harapan yang belum tercapai dalam dunia kepenulisan dan blog? 
Kalo harapan banyak ya, namanya juga keinginan. Ini saya balik ya keinginan yang diharapkaan akibat menulis dan ngeblog. Satu hal yang ingin dicapai, pengen ngajak anak-anak jalan-jalan ke suatu tempat yang indah  di luar Indonesia dari fee atau honor menulis. Semoga 2017, di akhir tahun bisa tercapai, jadi nabung dulu dari sekarang.

Wah, semoga harapannya tercapai ya Milda! Nah, sahabat Smart Mom, pengen kenalan lebih jauh, yuk, kepoin aja Medsos Mildaini ya!

Fesbuk : Milda Ini
Instagram : @mildaini.bkl 
Twitter : @mildainibkl
Blog : http://www.mildaini.com




14 komentar:

  1. Kalo inginkan Buku Pintar Nutrisi untuk golongan darah A kemana ya Mak Naq?

    BalasHapus
  2. Hebring prestasi mb Bengkulu satu ini, aku juga sudah ga sabar buat mengulasnya di blog aku

    BalasHapus
  3. Senang bisa jumpa bunda milad saat acara temu bunda SGM 2016. Saya ditodong foto hasil karyanya setelah ditanya golongan darah saya apa. Hahaha...

    Oya, koper bunda milda sudah sampai di rumah saya lho sepulangnya dari yogya kemarin sayang orangnya malah tidak ikut hihihi...

    BalasHapus
  4. Baru tau Mbak Milda dulu bisnis toko buku, knp gak dilanjutin lg ya, mungkin onlen bookshop hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya katanya karena ada Gramedia masuk Bengkulu :)

      Hapus
  5. Senang baca cerita blogger yang konsisten menulis dan bisa menginspirasi orang lain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, iya Mbk senang bisa menginpirasi ya bikin semangat :)

      Hapus
  6. mba Milda ini semangatnya luarbiasa. keren dan inspiratif.

    BalasHapus
  7. Kak Milda bisnisnya dl buku tooh..trus sekarang blogger..nggak jauh-jauh dengan tulisan ya kak..Inspiratif banget

    BalasHapus
  8. Wow mba Milda berniaga dan menulis. Keren. Salam kenal mba Milda! :D

    BalasHapus
  9. Ternyata udah temenan lama ya ama mak Naqi :D mudah2an awet temenanannya ^^

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^