Rabu, 21 Februari 2018

4 Kata Ajaib Ini Perlu Diajarkan Pada Anak

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Aisyah putri kecilku sekarang sudah usia 3 tahun. Makin lincah dan ceriwis. Kalau diajak ke sekolah Mas Faris dan Abang Fatih, pasti banyak keluar pertanyaannya. Nah, kecerdasan linguistik Aisyah lebih dominan dibanding yang lainnya. Untuk itu aku juga perlu menstimulasi mengenalkan empat kata ajaib.

Apa itu empat kata ajaib?


Apa itu empat kata ajaib?

Keempat kata ajaib yang akan aku ajarkan tersebut adalah maaf, permisi, tolong dan terima kasih. Ini perlu diajarkan sejak dini agar melekat menjadi karakter jika sudah dewasa kelak. Saat nonton Film Bunda, Kisah Cinta Dua Kodi juga tokoh Tika tidak pernah mengatakan maaf kepada anak-anaknya, sehingga anak-anaknya sedih. Ini mengingatkanku untuk terus mengajarkan empat kata ajaib kepada Aisyah.



Cara  Mengejarkan Empat Kata Ajaib :

1. Maaf
Meminta maaf ini perlu diajarkan kepada anak-anak sejak dini. Entah karena sudah membuat temannya sedih, menganggu orang lain atau anak sudah merusak mainan temannya. Bahkan pernah Aisyah memukul Abang Fatih dengan mainan (mungkin dikira becandaan), Abang Fatih nangis. Aku pun mengajak Aisyah meminta maaf. Caranya mengajak keduanya bersalaman dan mengatakan, “Maaf ya Abang Fatih,”  biasanya setelah ini Abang Fatih akan diam dari tangisnya dan ikut main lagi. Aku juga sering meminta maaf kepada anak-anak. Terlebih kasus telat antar bekal makan, telat jemput Fatih atau menyimpan hp dan menolak anak-anak menambah jam bermain gadget.
“Maaf ya Aisyah, tadi Umi marah, gak boleh nonton tayo terlalu lama,” nah biasanya Aisyah mengangguk dan kami saling berpelukan. 
2. Permisi
Mengajarkan anak sopan satun sejak dini penting banget Moms. Sikap ini mulai luntur. Anak-anak berjalan di depan orang lebih tua, jarang menunjuk atau tangannya diuntaikan (apa ya istiahnya) lalu bilang, “Permisi, numpang lewat.”
Kalau pengajian, Aisyah sering ikut dan bermain dengan teman sebayanya Nah, biasanya setelah bermain mendekati aku dan meminta cemilan yang telah disediakan. Di sini biasanya menerapkan salah satu empat kata ajaib yang telah diajarkan, yaitu kata permisi

“Permisi,” ujarkku sambil menuntun tangan Aisyah yang sedang berjalan ke arahku. Biasanya duduknya melewati ibu-ibu yang lainnya.

3. Tolong
Aku mengajarkan Aisyah kata tolong dimulai dengan tiap mau minum harus mengucapkan, “Tolong minum, Mi.” Namun pas didengar Abang Fatih jadi ikutan hehe... “Umi, tolong ambilkan minum!” ujar Bang Fatih. Tapi aku menolak, “Abang sudah besar, bisa ambil sendiri loh!” jawabku. Ini beda lagi, kalau usia Fatih sudah belajar mandiri, jadi aku pelan-pelan mengajak Fatih mengambil minum sendiri. Beda untuk usia Aisyah usia 3 tahun. Sementara belum kuajarkan menuang air minum sendiri. Nanti deh kalau udah punya teko ukuran kecil hehe...
4. Terima kasih
Dari empat kata ajaib di atas, no 4 ini paling mudah mengajarkannya kepada Aisyah. Setiap memberi selalu aku pancing, “Bilang apa?” Aisyah akan menjawab, “Terima kasih.”

Kalau berbagi dengan teman, menolong aku mengambilkan barang atau usai beberes mainan, aku juga mengucapkan terima kasih sambil memeluknya. Empat kata ajaib di atas akan membantu anak-anak dalam bersosialisasi. Sopan dan satun akan mudah diterapkan menjadi karakter bila sejak dini diajarkan. Kadang keselkan ketemu teman yang merepet ngomol hingga menyela atau memotong pembicaraan orang lain tanpa mengucapkan kata MAAF. Bisa jadi proses pengenalan empat kata ajaib tidak berhasil diterapkan sejak usia dini.


Nah sahabat Smart Mom, ayo ajarkan anak empat kata ajaib, Maaf, Permisi Tolong dan Terima Kasih. Bagaimana pengalaman sahabat Smart Mom mengenalkan empat kata ajaib di atas? Share yuk!

26 komentar:

  1. Benar, hal itu harus diajrkan sejak dini

    BalasHapus
  2. Aku juga mau menulis soal ini, mba. Beta skarang banyak yang terabaikan dengan kata2 ajaib itu. Padahal ini harus dibiasakan sejak dini ya

    BalasHapus
  3. Setuju mba, 4 kata ajaib di atas maaf, permisi, tolong, terima kasih harus diajarkan sejak dini pada anak-anak biar jadi kebiasaan, karena kerasa ajaibnya pas sudah dewasa. Setelah benar-benar paham arti dan dampak dari keempat kata tersebut. Kayanya aku juga punya draft namun untuk sebuah power dari kata terima kasih dan maaf. :D

    BalasHapus
  4. Permisi ini saya contohkan dengan langsung membungkuk di depan orang yg aaya lewati mbaa. Dan labib otonatis ngikutin aku. Duh jadi meleleh lihat dia kayak gt. Memang anak peniru ulung yaa.

    BalasHapus
  5. Kalau anak usia 5 tahun sudah bisa mengucapkan 4 kata diatas dan benar dalam penerapan, dia sudah luar biasa

    BalasHapus
  6. Setuju. Apalagi zaman sekarang, keempat kata ini harus semakins ering diingatkan

    BalasHapus
  7. Wah iya 4 kata ajaib ya, kayaknya aku ketinggalan ngajarin kata permisi nih. Terimakasih artikelnya mak

    BalasHapus
  8. Setuju banget kalo empat kata ajaib ini harus diajarkan sejak kecil. Anakku 2 taun, terbiasa bilang "amit" yg maksudnya permisi kalo dia lagi nglewatin orang. Kalo makasih masih kadang ngucap kadang enggak hehe. Pelan2 ya mbak.

    BalasHapus
  9. 4 kata ajaib ini memang harus diperkenalkan kepada anak sejak dini ya biar kelak anak2 tumbuh menjadi pribadi yang baik. Thanks sudah diingatkan :)

    BalasHapus
  10. Benar mbak. Empat kata itu harus diajarkan sejak dini. SUpaya anak2 tahu sopan santun dan punya empati TFS

    BalasHapus
  11. Bismillah nanti kalo punya anak aku praktikan bun
    Terima kasih bunda pelaajarannya :love:

    BalasHapus
  12. Ke empat kata kunci itu emang penting banget untuk mulai ditanamkan ke dalam jiwa si anak agar terbawa ke dlm prilaku danenjadi bekal dlm membentuk pribadi2 yan mulia.

    Nice post, Kak Naqqy!

    BalasHapus
  13. sepakat, kita pun juga harus terbiasa menggunakan kata-kata tersebut jadi makin terbiasa juga

    BalasHapus
  14. anak-anak saya juga sudah dibiaskan ngomongin itu sejak kecil, meski memang harus tetap diingatkan juga

    BalasHapus
  15. betul.. empat kata ajaib itu juga yang saya biasakan pada diri sendiri dan murid-murid.. makasih sharingnya mbak..

    BalasHapus
  16. Empat kata ajaib ini dah lama aku kenalkan ke Olil mb, kadang dia lupa, perlu diingetin berkali kali dan disertai contoh langsung emak bapaknye hehe. Semangat terus Aisyah ^^

    BalasHapus
  17. Rania tuh mb.. galak banget klo mau minya tolong. Hahaha. Trus aku bilang, "Gimana cara ngomong yg baik?" Barulah dia mesem mesem, "Bunda, tolong.." hadehhh.

    BalasHapus
  18. Betul mbak. Sepakat banget. Anak anak jadi tau menghargai sesamanya dan orang yang lebih tua

    BalasHapus
  19. Setuju mbak. 4 kata ajaib ini harus dibiasakan pada anak sekaligus membentuk kepribadian yang baik

    BalasHapus
  20. Betul Mbak penting banget ya mengajarkan kata-kata ajaib ini kepada anak2, selama ini yang aku tahu 3 kata aja (maaf, tolong, terimakasih), ternyata jadi 4 ya ditanbah "permisi"...

    BalasHapus
  21. setuju, mbak. penting banget buat kita mengajarkan 4 kata tersebut ke anak-anak. tapi katanya yang paling susah itu ngajarin minta maaf ya.

    BalasHapus
  22. Iya mbak... harus itu diajarkan.. karena ke-4 itu termasuk dasar dalam bersosialisasi dengan masyarakat nantinya

    BalasHapus
  23. Betul banget memang, empat kata itu hrs diajarkan sejak dini

    BalasHapus
  24. aku sempet gagal fokus liat gaya aisyah dengan jari 4 nya hehe.. bener banget umi.. sepele dan sering tapi mudah terabaikan kata-kata ajaib ini. namuun sangat melekat untuk mereka yang sudah terbiasa menggunakannya.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^