Senin, 19 Februari 2018

Temu 20 Perempuan Kece Lampung



Assamualaikum Sahabat Smart Mom, 

Semalam (Minggu, 18 Februari 2018) aku menghadiri undangan dari Empowomen di Eatboss Lampung. Aku hadir mewakili Tapis Blogger sebagai stokhoder yang akan menilai presentasi dari beberapa peserta yang totalnya 20 peserta Empowomen.

Aku hadir sekitar Pukul 19.30 WIB. Peserta sudah hadir dan acara akan dimulai. Aku disambut hangat oleh Mbk Emilda yang telah menghubungiku via WA. Mbk Emilda ini penuh perhatian loh, selalu mengingatkan di WA bahkan hingga aku sampe rumah loh, dudu..perhatiannya bikin hati meleleh hehe..

Kami para undangan diajak makan malam bersama. Menunya istimewa nasi goreng, mie  dan ada pizza juga. Alhamdulillah enggak kelaparan, soalnya emak-emak super kilat mau berangkat acara, hehe... becanda, loh!



Ikut support atas kegiatan Empowomen

Ini pertama kali aku menghadiri acara Empowomen. Dulu pernah dapat email undangan dari Empowomen tapi jadwalnya tabrakan dengan acaraku ke Munas FLP. Jadilah ini aku sempatkan hadir, tentu dengan izin suami. Usai makan malam, tiap peserta dibagi kelompok untuk menghadap stakholders berpengaruh Lampung yang diundang untuk memfalidasi ide mereka. Tiap stakholders mendapat 3-4 peserta. Nah, aku kebagian tema pendidikan nih.

“Mbk Naqi koreksi atau memberi masukan terhadap ide-ide mereka. Sesuai dengan pengalaman sebagai penulis, blogger atau membuka TBM,” ujar Emilda.

Berdua Mbk Emilda
Mbk Dila Founder Empowomen

Yes, aku jadi berasa muda lagi! Soalnya 20 peserta itu masih unyu-unyu banget Rasa-rata masih mahasiswa, baru lulus kuliah atau masih baru bekerja. Jadi, rata-rata usianya di bawah 30 tahun deh! Nah, kan aku jadi berasa muda haha...

Peserta Pertama yang menghadapku bernama Dewi, idenya keren banget mau bikin TBM dan percobaan sains. Eh, ide rahasia gak ya, gak akan aku jelaskan detail sih, tapi senang sekali dengan ide cemerlangnya ini. Aku sedikit memberikan masukan untuk membuat jadwal kegiatan sains bersama anak-anak. Pengalaman mengajak Fatih percobaan sains sangat menyenangkan, namun diperlukan kesabaran menghadapi anak-anak usia SD..

Peserta yang duduk dengan penuh semangat :)



Peserta kedua yang menghadapku bernama Ade Pratiwi. Keren banget idenya dengan Smart Teens. Aku juga berharap anak remaja di Lampung makin kece dengan jadwal dan program yang ditawarkan Ade. Apalagi kekerasan terhadap perempuan dan anak di Lampung termasuk tinggi loh! Ide Ade ini keren abis deh! Salut!


Ade Pratiwi dengan ide kecenya :)

Aku jadi teringat Tokoh Sri dalam Novel Tentang Kamu karya Tere Liye. Sri juga menghibahkan hidupnya untuk panti jompo. Kebayang deh serunya kegiatan Soraya ke depan ya?


Peserta ketiga Katrin. Gadis hitam manis dan berkacamata ini seorang pustakawan di Perpus Unila. Ide kerennya ingin keliling dengan story tellingnya. Kece banget deh! Soalnya ya, kebayangkan kalau anak-anak di Lampung banyak mendengarkan dongeng atau cerita bertema kerukunan antar adat atau agama, pasti makin kompak.

Peserta keempat tak kalah serunya. Namanya Soraya. Relawan JJE ini punya ide kece membangun semangat para jompo. “Aku ingin mengajak para jompo itu berkebun, punya aktivitas yang menyenangkan dan berkomunitas,” seru Soraya.
Bersama Katrin sang pustakawan yang suka story telling

Mengenal Empowomen

Nah, itu baru empat ide dari 20 perempuan kece Lampung yang bertemu. Bayangkan kalau 20 perempuan muda itu bergerak sesuai dengan basic mereka masing-masing, bakal keren kan Lampung? Usai sesi memberikan masukan, aku mengobrol dengan founder-nya Empowen ini. Namanya Mbk Siti Fuadilla atau dikenal sebagai Dila. Seorang aktivis Save The Children Indonesia.

Mbk Dila ini membuat project acara ini atas dukungan AGS (Australian Grand Schemata). Para peserta sudah diberikan bekal secara gratis dan akan dibantu mensukseskan program yang mereka siapkan. Program peserta akan di supervisor, dibimbing dan bisa mandiri.
Aku bersama Mbk Dila Founder Empowomen
20 peserta ini akan membuat project sosial yg dibagi ke beberapa isu:
1. Lingkungan
2. Mental Health & Politics
3. Education
4. Youth Development
5. Pergaulan Bebas/Family

“Peserta dipilih berdasarkan esai, interview, basic skill dan willingness dan lainnya,” ujar Mbk Dila.

Menghadiri acara Empowomen membuat aku makin semangat untuk berkarya agar Lampung makin jaya. Nah, sahabat Smart Mom, apakah sudah menular semangatnya dari 20 perempuan kece di atas?


25 komentar:

  1. This is so good! A great project to support women’s creative and inspiring activities. Keren!

    BalasHapus
  2. Begitulah ya mba.. Memang kolaborasi itu solusi dari sebuah solusi. Apa guna kita berbuat kalau tidak kolaborasi. Indah sekali kalau semua benar-benar berbuat sesuai basic. Duhhhh keceee

    BalasHapus
  3. Yaa Allah keren bgt acaranya, beruntunglaahh anak muda jaman now yaa, banyak kesempatan untuk aktualisasi diri...

    BalasHapus
  4. Subhanallaah.. acaranya keren banget mba. Mupeng..mupeng.. smg acara serupa juga bakal menyusul di kotaku. Tfs ya mbaaa

    BalasHapus
  5. Salut banget..bangga dengan perempuan-perempuan hebat yang menginspirasi

    BalasHapus
  6. Kereen acaranya, semoga terwujud ya ide cemerlangnya, koreksi dikit, paragraf tokoh sri tere liye kayaknya tertukar mba naqi, mestinya di bagian bawah..

    BalasHapus
  7. Wook keren ini, 20 perempuan kece dan hebat, semoga lampung makin berjaya terus yaaa.

    BalasHapus
  8. Keren ya empowomen, perempuan bs berkarya. Kayaknya di Surabaya belum ada ya mb Naqy.

    BalasHapus
  9. Emang kece semua deh cewek-cewek Lampung ini. Semoga semangatnya menular ke kita-kita deh ^^

    BalasHapus
  10. For me, issue yang di angkat ‘berat’ ya topic nya hehehe tapi seru event nya mba. Jarang jarang aku ke event seperti ini, pengen juga

    BalasHapus
  11. Project2nya oke2 mbak. Ibu2 emang ide2nya luar biasa :D
    Moga bisa terlaksana semua dan lancar. JD pengen ke Lampung :D

    BalasHapus
  12. Wah, Lampungku punya banuak SDM kereeen. Termasuk mba Naqi nih. Keren banget

    BalasHapus
  13. Tapis Blogger makin mengeliat aja neh acara-acaranya. Kapan2 mau dong diundang ke Lampung dan mencicipi tempat wisatanya hehehe

    BalasHapus
  14. Sukses dan semangat selalu untuk wanit-wanita yang menginspirasi di seluruh dunia.

    BalasHapus
  15. Keren dan kreatif banget project-nya. Apalagi yang menggerakan ternyata perempuan. Aku beberapa kali juga suka ikutan kegiatan seperti ini mba hihi.

    BalasHapus
  16. wah keren ya ide-idenya. kayaknya di lampung banyak organisasi keren euy

    BalasHapus
  17. Barokallah, perempuan2 Indonesia yang menginspirasi

    BalasHapus
  18. Wah,,, keren empowomen berisi perempuan-perempuan yang menginspirasi ^^ pingin juga deh ikut kegiatan ini hehhe, smeoga ada kesempatan... amiin

    BalasHapus
  19. Wah kerennya ketemu sama perempuan-perempuan kece, pasti banyak ide, inspirasi, atau cerita hebat yang bisa didapat dari mereka.

    BalasHapus
  20. Subhanallah..program yg destruktif sekali. Bisa disadur oleh daerah lain nih untuk maju bersama.

    BalasHapus
  21. Ini keren deh, par perempuan bersatu dan saling menginspirasi

    BalasHapus
  22. Semoga perempuan ini juga bisa menciptakan keluarga yang tawazun, dan kece juga

    BalasHapus
  23. Produktif dan bermnfaat banget mbak acaranya, btw itu para kok ada bapak-bapak sendirian kena foto :V

    BalasHapus
  24. Perempuan itu sebenarnya memang luarbiasa, hanya stigma kadang membatasi

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^