10 List Blog Favorit Untuk Blogwalking


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

“Mbk, apa itu BW?”
“Itu singkatan Blogwalking, saling berkunjung dan berkomentar di blog orang lain.”
“Apa manfaatnya?”
“Semakin banyak blogwalking akan meningkatkan DA blogmu, silaturahmi dan juga dapat banyak ilmu.”
“Aku sudah sering BW kok DA enggak naik-naik?”
“Sehari berapa blog yang kamu BW?”
“Jarang sih....”
“Idealnya sih minimal 10 blog perhari.”

***

Menjadi blogger yang mengejar DA/PA atau tidak itu pilihan. Toh, ada berbagai cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Namun, banyak banget manfaat jadi blogwalking sehingga aku sering BW ke blog berikut :


1.Leyla Hana (https://www.leylahana.com)
Aku kenal Mbk Leyla udah lama, sejak  menjadi anggota FLP, aku suka dengan tulisannya. Lalu, ketemu di facebook dan bergabung di group Ibu Muda. Kemudian aktif di komunitas besutan Mbk Leyla, Be a Writer (BAW) kemudian sama-sama fokus dengan dunia blogger. Sering bertemu dalam job, akhirnya aku sering mampir ke blog Mbk Leyla yang emang bahasannya bagus, soalnya penulis euy!

2. Eni Martini (https://www.duniaeni.com)
Mbk Eni salah satu sahabat mayaku yang sering memberikan support. Kenal sejak zaman masih anak 1 dan sekarang sudah anak 3. Sejak zaman labil sampai sekarang agak bijak haha... saling berbagi informasi mengenai dunia parenting dan job haha... akhirnya nyaman ngobrol dengan Mbk Eni dan blog Mbk Eni sering aku BW.




3. Ernawaty (https://www.ernawatililys.com)
Satu group arisan dengan Erna membuat aku kenal lebih banyak dan akhirnya sering saling BW. Kami sama-sama aktif di FLP dan seangkatan aktif ngeblognya hehe... salut buat Erna membagi waktunya selain ngeblog juga menulis buku. Mengelola juga kelas menulis. Blognya sering aku mampir.

4. Bambang Irwanto (https://www.bambangirwantoripto.com/)
Ini guru menulis cerita anakku. Mas Baim kami memanggilnya, baru aktif ngeblog tapi rajin banget update blog. Isinya ilmu kepenulisan semua. Pokoknya mampir ke blognya semangat menulis bakal terbakar deh.

5. Risalah Husna (http://www.risalahhusna.com)
Uci nama panggilannya, ini salah satu guru ngeblogku diawal merintis blog. Aku suka japrian nanya ini dan itu, dibalas dengan ramah. Selain itu, Uci juga sering menulis dengan apik di blognya. Apalagi font dan infografisnya menarik. Bikin betah baca artikelnya deh.

6.  April Hamsa (https://keluargahamsa.com)
Aku belum pernah ketemu dengan Mbk April tapi tulisannya bertenaga. Sering menang lomba blog. Suka mampir ke IG-nya dan ahirnya suka mampir ke blognya juga. Suka dengan tulisannya bertema parenting hehe..

7. Helena Mantra (https://www.helenamantra.com)
Awal kenal karena Mbk Helena ini sebagai pj sebuah job. Dia telaten dan sabar banget menjawab pertanyaan kami. Jadi nyaman ngobrol di WA. Lalu saling komen di IG. Melihat ativitasnya, Mbk Helena ini tipe ibu yang kretatif, jadi senang mampir ke blognya banyak tema edukatif.

8. Katerinia (http://www.travelerien.com)
Siapa enggak kenal dengan Mbk Katerina, blogger yang hobi jalan-jalan. Fotonya selalu kece bak model propesional. Namun, tulisannya juga tak kalah kecenya, terbukti sudah dimuat di media cetak. Nah, beberapa aku ketemu dan Mbk Katerina suka balas komen BW jadi serulah.




9. Myra Anastasia (https://www.jalanjalankenai.com)
Blog Mbk Myra menjadi inspirasiku membuat blog untu Aisyah. Kisah perjalanan beliau emang seru banget. Apalagi khas gaya berceritanya membuat betah untuk berlama-lama. Seru banget membaca kisah perjalanan bersama keluarganya. Apalagi postingan makanannya, bikin ngiler deh.

10. Grace Melia (http://www.gracemelia.com)
Di dunia blogger, nama Mbk Gesi terkenal euy. Apalagi beliau mendirikan Rumah Rubella. Membaca buku karyanya mengenai anakknya Ubii yang berkebutuhan khusus membuat aku makin sering mampir ke blognya. Blognya dikelola secara profesional. Menurut Mbk Gesi, blognya sudah ‘dimodali’ sebelum menghasilkan hehe... banyak ilmu parenting, tumbuh kembang Ubii dan sering ada giveaway di blognya.

Nah, sahabat Smart Mom, itulah 10 List Blog Favorit Untuk Blogwalking rekomendasi dariku. Semoga bermanfaat ya!

20 komentar untuk "10 List Blog Favorit Untuk Blogwalking"

  1. Terima kasih mba Naqy, aku dulu sering banget whatsapp tentang lomba nulis dan blog sama mba naqy. Semoga semakin produktif.

    BalasHapus
  2. Masya Allah terharu banget nih diriku, Mbak, makasih ya. Kita belum pernah foto bareng.

    BalasHapus
  3. Barakallah Mbak Naqiyyah. Terima kasih sudah masuk list-nya. Semoga ada manfaat dari tiap hal sederhana yang aku sajikan di blog. Begitupun dengan Mbak Naqiyyah. Bagiku Mbak Naqiyyah juara dengan tulisan-tulisannya yang khas, dan banyak cerita tentang parenting. Itu mengagumkan.

    Semoga selalu sehat dan penuh semangat menjadi sosok penuh manfaat bagi umat ya mbak.

    BalasHapus
  4. Beberapa di antaranya pun suka aku mampiri mba. Asik dapat list tambahan nih aku.

    BalasHapus
  5. Aih seneng banget bisa kenal mb naqi, entah kenapa ya kita berasa dekat banget meski jauh

    BalasHapus
  6. Blogger-blogger inspiratif ya mbak, aku juga suka mampir ke blog mereka. Tulisannya memang bagus

    BalasHapus
  7. Akh blog blog luar biasa semua ini ya hahaha . Semoga ke depan blog ku juga makin baik kayak mereka akh akh hahaha

    BalasHapus
  8. Mbaaaak... kok ada namaku di nomer 7. Wah, terima kasih banyak yaa. Aku tuh suka baca tulisanmu juga lho tentang mbak yang aktif kesana kemari sambil ngurus 3 anak.
    btw, iya yaa kita jadi kenal karena job yang itu. Banyak banget job desc-nya eh tapi mbak menang kan. hihihi...

    BalasHapus
  9. Sip mba, mereka blogger-blogger favorit aku juga, jago nulis semuanya.

    BalasHapus
  10. Aku juga senang BW di blog mba Naqi >.< Inspiratif dan informatif banget

    BalasHapus
  11. Baru nyadar ada namaku heheh, Gak sering juga kali mak menang lombanya. Itu pas lg pengen ikutan aja. Skrng dah mulai males2 #emangdasarnyamalesikutanlomba :P
    Moga2 bisa ketemu yaaaa, doakan aku ada rezeki dan kesempatan pergi ke Lampung aamiin :D

    BalasHapus
  12. Seru banget ya list blog favorit untuk blog walking, aku mau berkunjung ah ke masing-masing blog yang sudah di list ini

    BalasHapus
  13. Iya sama aku juga suka baca blog mereka dan belajar banyak dari blog ya biar tulisan enak dibaca

    BalasHapus
  14. Beberapa sudah tau, beberapa belum, jadi pengen kepoin list punyamu bund. kalau mbak Katerina saya sudah beberapa kali kepoin beliau karena lomba ASUS

    BalasHapus
  15. Harus belajar dari mereka nih supaya tulisanku tambah rapi dan bagus ☺☺. Nanti kapan2 belajar lagi belajar blog ahh

    BalasHapus
  16. Blog kece semua nih, buat naikin Da yah, enak kalo bewe ke blog wordpress atau blogspot yang ga pake capcay yaaah

    BalasHapus
  17. semuanya blogger keren yang blog nya emang pantas dikunjungin untuk cari bahan bacaan dan menambah kosakata kita dalam dunia kepenulisan yaa. paling suka blog mbak grace amelia

    BalasHapus
  18. Noted, beberapa sudah masuk dalam list blog favorit untuk bw beberapa lagi belum. Terima kasih rekomendasinya ya mbak Naqi

    BalasHapus
  19. senangnya jadi blogger.. bisa berbagi info dan inspirasi dengan cara blog walking.. semoga jaringan pertemanan kita pun menambah kuat ikatan silaturahmi.. Aamiin..

    BalasHapus
  20. Berkunjung ke tempat sahabat sambil melihat informasi yang bisa menambah pengetahuan, salam silaturahmi ...

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^