Kamis, 16 Mei 2019

Review dan Giveaway : 500 Cara Membenahi Perilaku Anak

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 


Beberapa hari yang lalu, aku menemui guru kelas Fatih. Menurut guru kelasnya, Abang Fatih mudah cemberut dan sensitif. Emosinya mudah tersulut, bahkan hanya karena masalah kecil dengan temannya. Wah, ini jadi bahan evaluasiku. Apakah sikapku di rumah jadi terbawa Fatih ke sekolah? Memang sih, beberapa bulan ini aku seperti menjadi bukan diri sendiri yang sering bernada tinggi. Ini akibat sulutan kata-kata seorang teman kalau aku “Bukan ibu yang becus!” kata yang membekas itu malah membuat aku ingin berkata, “Aku loh bisa marah!” akhirnya malah enggak bagus. Anak-anak merasakan aura Uminya suka ngomel, huhu... 


Menyadari hal itu kurang baik, aku terus mempelajari bagaimana memahami perilaku anakku agar menjadi anak yang baik. Ya, terkadang diajak keluar rumah, anak-anak tetap saja sulit sekali untuk tertib. “Ayo, Mi, diajarkan kalau keluar rumah, anak-anak paham aturan!” tegur Abi. Aduh, emang teori itu enggak mudah ya Moms, lain anak lain pula penerapannya. 

Contohnya Aisyah, anak ketigaku ini. Sangat berani dan suka “kabur” kalau diajak ke mall dan aku sedang sholat di mushola, Aisyah malah keluar mencari play ground di samping mushola. Bikin jantung deg-degan deh kalau bawa anak keluar rumah! 

Belum lagi sekarang Abang Fatih suka takut kalau ke kamarr mandi sendirian, padahal dulu kalau malam bisa ke kamar mandi sendiri. Terus bobok lagi. Eh, sekarang nangis bangunin Uminya. Apakah Moms punya pengalaman anaknya takut gelap? Takut sendirian? 

Beruntunglah aku menemukan buku yang pas apa yang aku butuhkan saat ini, yaitu 500 Cara Membenahi Perilaku Anak karya Kusumastuti. 


Lebih Dekat dengan Kusumastuti 


Mbk Uti kami memanggilnya karena sesuai nama akun medsosnya. Bernama lengkap Kusumastuti kelahiran Jakarta dan ibu dari dua anak beranjak remaja ini lulusan Fakultas Teknik Mesin, Universitas Indonesia. Pernah bekerja di perusahaan pembuat bajak di Australia, namun memilih resign ketika anaknya keduanya lahir. Lalu, mendalami pengasuhan anak dan belajar dari banyak ahli pedagogis dan dokter anak. 

Buku Mbk Uti sudah banyak terbit, termasuk seri parenting Mendidik Anak ala Homeschool. Mendidik ala Homeschooling ini terdiri dari : 

- 52 Aktivitas Menyenangkan Belajar Sains 
- 52 Aktivitas Untuk Meluaskan Wawasan Anak 
- 52 Aktivitas Untuk Memacu Otak Anak Berpikir Cepat 
- 52 Aktivitas Untuk Membuat Anak Aktif & Lincah 
- 52 Aktivitas Untuk Membuat Anak Pede & Kreatif 


Review dan Giveaway : 500 Cara Membenahi Perilaku Anak 


Judul : 500 Cara Membenahi Perilaku Anak 
Penulis : Kusumastuti 
Penerbit : BIP (Bhuana Ilmu Populer) 
Terbit Tahun : 2019 
Jumlah Hal : 354 halaman 
ISBN : 978-602-483-582-8 
Harga : Rp.105.000 (pulau jawa) 

Buku non fiksi ini memiliki keunikkan tersendiri. Dari 354 halaman, kita tidak akan bosan membaca tips dalam pengasuhan anak. Bahasa yang dipilih begitu singkat, padat dan tepat sasaran. 

Buku ini membahasa bagaimana orang tua mampu mendapatkan solusi dari permasalahan yang kerap terjadi bersama anak-anak. Orang tua akan merasa “tersentil” dengan tips yang disajikan tanpa merasa digurui. 

Aku sendiri merasa rugi kenapa ya baru menemukan buku ini karena bukunya sangat cocok menjadi panduan orang tua. Walau tidak ada gambarnya (contoh dengan foto) pembaca akan mudah sekali memvisualisasikan.

Buku ini terdiri dari bagian 1 dan bagian 2. Masing-masing tips dibedakan sesuai dengan perkembangan usia anak. Ada untuk bayi, balita sampai usia awal sekolah dasar. Cocok sekali menjadi bahan bacaan orang tua, wali kelas (guru/pendidik) termasuk calon ibu rumah tangga loh!

Aku cukup terbantu dengan tips yang diberikan pada buku ini, misalnya pada 50 cara Membenahi Perilaku Anak yang Pemarah, penulis memberikan tips dari keadaan di sekitar kita. Pada point Marah Itu Menular, penulis mengatakan, “Tidak heran, bayi atau balita akan menangis ketika orang tuanya saling membentak......”
atau “Jangan jadikan kemarahan suatu kebiasaan yang sering didengar karena akan ditirunya. Akan akan meniru apa yang dilihat dari sekelilingnya.” (Hal 9). 

Tips lain yang diberikan adalah untuk membuat catatan. “Buatlah catatan lengkap mengenai kapan anak mulai marah, di mana, mengapa, sedang apa, marahnya seperti apa, berapa lama, atau siapa yang menyebabkan kemarahannya.” (Hal 13). 

Pada 50 Cara membenahi Anak yang Gemar Berkelahi, ada tips yang perlu kita renungi sebagai orang tua, yaitu menjadi teladan, konsisten akan peraturan, membuat daftar kewajiban dan lainnya. “Jika hati terbakar, amarah tentunya susah meminta maaf. Ajari anak meminta maa, yang dapat dimulai dari Anda, sebagai orang tuanya. Jika melakukan sesuatu yang membuat pihak lain susah, segeralah meminta maaf.” (Hal 54). 



Hal yang paling aku sukai pada buku ini adalah tipsnya praktis dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas orang tua akan mudah memahaminya. Tipsnya bertahap dan sesuai kebutuhan. Contohnya aturan makan yang dapat diterapkan pada anak (Hal 161) dan Tugas Rumah (Hal 168).

Untuk orang tua yang masih memiliki anak usia bayi, buku ini dapat menjadi panduan 50 Cara Membenahi Perilaku Anak yang Sedang Belajar Bicara. Dari Tips memahami bahasa bayi, permainan gelembung sabun, mengenal warna, bentuk dan cerita malam (361).

Buku dengan cover yang imut dan menarik ini membuat kita ingin segera belajar menjadi orang tua yang memahami karakter anak. Kita tidak boleh memaksakan anak sesuai kehendak kita, tapi pelajarilah karakternya dan berilah aturan agar perilaku anak menjadi lebih santun.

Give Away Buku 500 Cara Membenahi Perilaku Anak 


Sahabat Smart Mom, setelah membaca review buku di atas, pasti penasaran dan ingin memiliki bukunya kan? Tenang, akan ada 1 pemenang akan mendapatkan buku ini GRATIS dan bebas ongkos kirim dari penulisnya. 

Caranya pun mudah, kamu boleh komen di blog atau di IG (Pilih salah satu) peserta akan digabungkan dan dipilih menjadi 1 pemenangnya. Nah, segera cek syarat berikut ya!

Syarat dan ketentuan giveaway: 


1. Mengasuh anak usia 0-7 tahun (tidak harus mengasuh anak kandung, pekerjaan pengasuh atau guru dengan murid range usia tersebut juga boleh ikut) 

2. Follow instagram saya @naqiyyahsyam dan penulisnya Mbak @utiauthor 

3. Tulis di bagian komen blog dan atau di Instagram : "Saya sangat menginginkan buku ini karena..." 

4. Ketik "Done" di komen Instagramku yang memposting Giveaway ini (foto seperti di atas ini) sambil mention 3 orang teman yang mempunyai anak usia 0-7 tahun dan hastag #NaqiyyahSyamXUtiauthor #500Cara 

5. Periode giveaway 16-23 Mei 2019. Silakan menunggu pengumuman tanggal 25 Mei 2019 di post ini atau di instagramku.

Nah, sahabat Smart Mom, semoga beruntung ya!

32 komentar:

  1. Saya sangat menginginkan buku ini karena saya memiliki dua balita perempuan yang butuh pendidikan berkualitas dari umminya. Sedangkan umminya masih belajar mengelola emosi ketika mendidik anak anak. Menjadi orang tua tidak ada sekolahnya. Tapi sebagai orang tua perlu banyak belajar bagaimana cara mendidik anak karena anak adalah investasi akhirat orang tuanya. Terima kasih mba Naqiyyah Syam. Semenjak mengikuti blog dan instagram nya mba Naqiyyah saya banyak belajar dari Mba. Alhamdulillaah dipertemukan dengan penulis baik.

    BalasHapus
  2. Saya sangat menginginkan buku ini karena ingin mengetahui lebih lanjut tentang cara membenahi perilaku anak, terutama terkait anakyang susah tidur, anak yang penakut, dan anak yang kurang percaya diri. Saya juga ingin menulis review buku ini agar semakin banyak orang tua di luar sana yang mengetahui ada buku penting tentang aneka tips membenahi perilaku anak.

    Vita. @storiadellavita akupunmenulis.wordpress.com

    BalasHapus
  3. Wah bnyk bgt tipsnya ya. Tapi disajikan dgn bahasa yg singkat. Jadi pingin punya nih. Semoga suksea giveawaynya

    BalasHapus
  4. Saya sangat menginginkan buku ini karena penting sekali untuk dipahami bagi ibu-ibu muda seperti saya. Dua anak balita di rumah saya rawat dengan kasih sayang, dan bekal ilmu psikologi yang pernah saya pelajari, namun itu tidak cukup tanpa reminding dari rajin membaca dan mendapatkan ilmu parenting seperti buku 500 cara membenahi perilaku anak. Semoga saya beruntung dn bis membawa manfaat bagi banyak orang:)

    BalasHapus
  5. Mau banget Mbaaakk.
    Saya pengen buku ini karena ingin belajar lebih banyak lagi tentang pengasuhan, salah satunya dengan membaca buku keren ini. Saya yakin buku ini bisa menjawab keresahan saya yang juga memiliki 3 orang anak seperti Mbak yang punya karakter berbeda. Pengen deh tahu cara memperbaiki prilaku anak sebelum semua terlambat. Biar bisa belajar dari sekarang mumpung anak-anaknya masih kecil gini.
    Makasih sharingnya ya Mbak, saya sungguh penasaran dengan buku ini. :)

    BalasHapus
  6. Makk, aku pertama tahu buku inj di gramedia digital
    Tapi waktu itu enggak terlalu tertarik karena kupikir untuk anak2 usia mo sekolah
    Ternyata ada pembahasan untuk batita juga ya
    Wahh... noted
    Jadi tertarik

    BalasHapus
  7. nah buku ini kayanya pas banget buat mama muda seperti aku ya mba, karena kebanyakan buku-buku parenting itu menjelaskan secara global, jadiaku sering merasa bingung kira-kira tepat gak kalau diterapkan di usia anak balita. Asiknya buku ini juga ada visualisasinya ya mba.

    BalasHapus
  8. Wah artikel bergizi banget ini buat saya. Dunia Parenting saya memang masih cetek. Bukunya mau banget saya hehehe...
    Eh harus ikut GA nya ya.
    Coba ikut ah. Kalau dapat, ilmunya bukan hanya buat saya, tapi juga buat komunitas emak desa di kampung ini. Semoga dapat...

    BalasHapus
  9. Saya sangat menginginkan buku ini karena saya penasaran bisa jadi perilaku saya dulu yang harus dibenahi baru perilaku anak, atau mungkin ada penjelasan di buku ini yang bisa saya praktekkan, benahi perilaku orangtua berbarengan memberi contoh baik untuk anak sehingga seiring sejalan secara gak langsung turut benahi perilaku anak, ❤️
    -Nurul Fauziah- , IG: @nufaz3e

    BalasHapus
  10. Yah, saya tak bisa ikut GA-nya karena umur Palung 9 tahun, he he.
    Sebagai ortu saya banyak kecolongannya, tak punya bekal dasar ilmu parenting secara memadai. Buku panduan sangat pemtingf apalagi jika berdasarkan pengalaman, Kita bisa belajar.
    Sampai sekarang saja saya tetap merasa dangkal sebagai ortu, Anak adalah pribadi dinamis.
    Sukses untuk bukunya. Selamat kepada penulis, Semoga buku keren ini laris manis.

    BalasHapus
  11. wah bukunya bagus nih kayaknya, buku lainnya karya mbak uti juga bikin penasaran, menarik2 judulnya

    BalasHapus
  12. Wah buku ini tentunya sangat menarik dan pastinya akan sangat bermanfaat bagi para orang tua yang punya anak, terlebih mulai bayi sampai usia sekolah dasar ya.
    Kadang orang tua juga bingung cara menangani anak dengan perilaku tertentu, dengan adanya buku ini tentu orang tua akan mendapat informasi dan masukan2 yang berharga utk perkembangan anak.

    BalasHapus
  13. Yang pastinya orang tua harus lebih dulu membenahi perilakunya ya sebelum membenahi perilaku anak. Karena anak peniru ulung dan lebih cepat meniru yang dia lihat dibanding orang tua hanya memberi nasehat.

    BalasHapus
  14. Wah buku yang bagus ya mba, bisa jadi panduan ibu-ibu muda yang ingin membimbing anaknya. Eh untuk calon ibu juga bisa ya, semoga sukses Giveaway nya mbak.

    BalasHapus
  15. Huaa mupeng banget sama bukunya nih kayaknya bagus buat aku yang kadang masih kurang sabar menghadapi si Kecil. Cuss deh ke IG nya.

    BalasHapus
  16. Kece yaaa dengan adanya buku ini semoga ibu ibu muda lebih siap menghadapi tingkah polah anak yang ada ada saja setiap harinya.

    BalasHapus
  17. Penasaran dengan isi lengkap buku nya..ntar ikutan giveaway nya ah :)

    BalasHapus
  18. aku mau dong ikutan giveawag ini tapi disini gak bisa mention teman ha insyaAllah ikut di instagram aja

    BalasHapus
  19. Wah bagus kayaknya bukunya...aku mah sdh ga ada anak kecil jd tinggal memetik hasil aja..krn sdh hampir jd karakter kalau mau diubah tuh sdh mulai susah hrs perlahan...beda kalau anak kecil..msh bs kita perbaiki..

    BalasHapus
  20. kadang baca buku tips membosankan ya karena berisi suruhan2 gitu, tapi kalau bukunya unik dan gak bosan apalagi tentang pengasuhan anak jadi mau baca juga aku. Sebagai orang tua harus tetap belajar ya untuk mendidik anak.

    BalasHapus
  21. Saya sangat menginginkan buku ini karena saya merasa belum bisa menjadi ibu yang baik. Butuh semacam panduan atau buku pengetahuan untuk membuat anak bisa mandiri, tampil menjadi pribadi yang berani, dalam artian berani menunjukkan kemampuannya serta bisa menjadi anak yang bertanggung jawab pada dirinya khususnya pada perbuatan yang dilakukannya. Terus terang sebagai ibu kemauan saya terhadap anak sangat banyak. Saya ingin anak saya bisa begini dan begitu, kadang saya terkesan terlalu memaksa. Padahal ini yang tidak boleh. Anak mempunyai bakat dan kemampuan masing-masing yang tumbuh dg baik bila diasah dg baik pula...bukan malah dipaksa...nah saya ingin sekali punya buku ini sebagai panduan untuk mendampingi anak saya agar kelak dia bisa menjadi pribadi yang smart sesuai harapan saya sebagai ibunya.

    BalasHapus
  22. Aku pgn ikutan, tapi sudah gak punya anak usia di bawah 7 tahun. Hiks. Bukunya menarik, buat amunisi parenting. Belajar jadi orangtua itu nggak selesai2 yaa, panjaaaang prosesnya.

    BalasHapus
  23. Saya sangat menginginkan buku ini karena buku semacam ini penting sekali menjadi panduan orangtua dalam mengasuh dan mendidik anak secara tepat, terutama anak usia 0-7 tahun yang hasil pengasuhannya menjadi penentu karakter anak ke depannya. Anak saya sudah memasuki fase usia threenager (3 tahun) yang berperilaku seperti layaknya remaja: agak sulit memenuhi aturan yang sudah ditetapkan. Terutama soal jadwal mandi, memilih pakaian, jadwal makan, durasi menonton yang dibolehkan, dsb. Semua serba ingin dilakukan sekehendak hati. Memang pada akhirnya anak saya menurut sih, tapi mesti perang urat saraf dulu �� Jadi saya ingin tahu bagaimana caranya agar orangtua dan anak usia ini bisa berkompromi untuk mematuhi aturan yang ada tanpa harus diawali dengan ketegangan, berhubung orangtuanya pun masih terus belajar mengendalikan dan mengelola emosi.

    Terima kasih ��

    BalasHapus
  24. Hore masih kebagian ini sama gveawaynya
    3 hari menjelang deadline ini ya bund
    semoga beruntung, saolnya aku juga butuh ilmu parenting banget
    insyaAllah langsung menuju instagram

    BalasHapus
  25. Meskipun sama-sama anak, tapi karakter mereka berbeda dan istimewa yaa..kak.
    Aku suka belajar dari buku yang practically kaya gini..
    Jadi ga hanya teori, teori dan teori.

    BalasHapus
  26. Wajib punya nih bagi para orang tua yang memiliki anak di rentang usia hingga 7 tahun. Panduan parenting gini memang layak dijadikan referensi sebagai sarana belajar orang tua untuk meningkatkan diri dalam cara2 mendidik anak. Apalagi jika ternyata si buah hati memiliki salah satu perilaku yang sedikit berbeda.

    BalasHapus
  27. duh mba yang kabur pas mamanya shalat itu bikin deg-degan banget. Aku pernah meleng dikit anakku ilang, ternyata lagi di toko mainan sebelah

    BalasHapus
  28. Saya sangat menginginkan buku ini karena pengen banget. Saya punya anak-anak yang sangat aktif. Dia juga sering mengajak main teman-temannya di rumah. Anak-anak sering saling mempengaruhi dan pengaruh buruk lebih mudah diikuti. Sebagai seorang ibu, tante, dan tetangga perlu pegangan buku parenting karena terkafang selain membenahi anak sendiri, teman bermainnya juga perlu dipengaruhi hal yang baik.

    BalasHapus
  29. Saya sangat menginginkan buku ini karena ada beberapa sifat anak saya yang perlu pembenahan :)

    BalasHapus
  30. Putri NastitiRabu, Mei 22, 2019

    Saya sangat ingin mempunyai buku ini karena sebagai ibu dari 2 balita yang jarak usianya hanya 1 tahun, saya merasa cukup kewalahan dan ada masa dimana saya menyerah menghadapi kelakuan mereka. Kedua anak saya supet duper aktif, sama2 ngeyelan (ky emaknya hehe), ada kalanya mereka berdua beradu pendapat dan berujung dengan pukul-pukulan. Sebagai 'si emak sumbu pendek', saya mudah banget tersulut emosinya, apalagi kl mereka tidak menggubris saat kita masih berusaha mengingatkan dengan cara baik-baik. Niat hati jadi ibu berhati emas seperti ibu peri, eh malah jadi 'monster mom' . kadang kusedih kalo pas berada di fase itu. Nah makanya aku merasa butuh sekali buku Mba Uti #500cara supaya bisa menjadi pencerah dan solusi untuk kebuntuanku menghadapi krucil2 yang kucinta, supaya keluarga kami menjadi insan yang selalu belajar memahami dan menghargai setiap keunikan pribadi masing2 dan semoga keluarga kami tumbuh menjadi keluarga yang penuh cinta kasih

    BalasHapus
  31. Putri NastitiRabu, Mei 22, 2019

    Saya sangat menginginkan buku ini karena sebagai ibu dua anak balita yang jarak umurnya berdekatan, saya terkadang kewalahan menghadapi tingkah polah mereka. Kedua anak saya super duper aktif, sulit 'anteng', suka adu argumen dan terkadang saling usil, kalau salau satu tidak berkenan diusili, tidak jarang berakhir dengan bertengkar dan sering berujung dengan pukul-pukulan. Pusing? Bangeeet. Kadang saya merasa gak sanggup dan menyerah menghadapi anak-anak ini, karena itu saya berharap bangeeet bisa punya kesempatan untuk membaca buku #500cara nya Mba Uti, supaya bisa menemukan solusi dan pencerahan untuk membantu proses pengasuhan saya pada dua krucil kesayangan, serta menerapkan cara-cara yang di paparkan buku #500cara kepada mereka. Semoga kami bisa terus belajar saling memahami dan menghargai keunikan setiap pribadi masing-masing dan selalu menjadi keluarga yang penuh kehangatan dan cinta kasih

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^