Rabu, 01 April 2020

Mengenalkan Bahaya Virus Corona Pada Anak

Mengenalkan Bahaya Virus Corona Pada Anak


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Sejak sekolah diliburkan, anak-anak mulai beradaptasi belajar di rumah. Awalnya memang sulit untuk berbagi tugas. Dari tugas domestik, menemani anak belajar hingga mengerjakan pekerjaan lainnya.

Beruntung aku mengenal Mbk Watiek Ideo dalam salah satu Kulwapp yang aku ikuti. Alumni kelasnya sangat aktif berbagi informasi bagaimana mengenalkan Virus Corona pada anak-anak. Cerita ini tak lama menyebar di semua media sosial. Aku pun mengirimkan tulisannya ke beberapa group wali murid. Tanggapannya sangat bagus. Banyak wali murid yang terbantu dengan certa yang mudah disampaikan ke anak-anak ini.


Mengenalkan Bahaya Virus Corona Pada Anak


Mbk Watiek Ideo yang menuliskan info Virus Corona dengan sangat mudah untuk dijelaskan kepada anak-anak. Tidak lama kemudian, tulisan itu viral dan bahkan banyak sekali beredar video atau suara penjelasannya. Baik versi PDF, Bahasa Inggris sampai story telling.

Aisyah dan Fatih mendengar dengan takzim. Awalnya mereka sedih tidak bisa bermain dengan bebas keluar rumah. Namun, setelah diberikan pengertian, Alhamdulillah Aisyah dan Fatih mengerti. 

Anak-anakku adalah anak yang kinestetik. Jika diam saja di rumah mereka mudah bosan. Entah ini nurun Uminya, kali ya? Hehe... tapi dengan proyek keluarga dan kegiatan dari sekolah, alhamdulillah sampai saat ini bisa berjalan lancar. 

Mengenalkan Bahaya Virus Corona Pada Anak
Ayo, ajarkan anak-anak bahayanya Virus Corona, tapi dapat juga disembuhkan, loh!

Mengenalkan bahaya Virus Corona pada anak dapat beranekaragam. Dengan bercerita, menggambar, menonton film hingga membuat program keluarga. Aisyah bahkan membuat cerita sendiri versinya. Aisyah merekam suaranya dan meniru cerita di buku yang ditulis Mbk Watiek Ideo. Bahkan Aisyah menggambar Virus Corona.

"Ternyata dampak Virus Corona itu luas, ya!" kata seorang wali di group orang tua TK A.

Benar sekali, dampak Virus Corona bagi rumah tangga itu besar sekali. Terutama ibu-ibu menjadi guru, koki dan ustadzah di rumahnya. Bukan karena tugasnya, ya! Tapi, bebas psikologis itu semakin terasa. Apalagi jika punya balita dan ekonomi menurun sejak ada Virus Corona.


Mengenalkan Bahaya Virus Corona Pada Anak
Mengajarkan anak untuk tidak batuk sembarangan dan menjelaskan kenapa harus pakai masker.


Tugas sekolah anak juga semakin banyak. Awalnya stres juga mendadak anak harus belajar di rumah sedangkan suami masih kerja. Aku sendiri baru fit usai vertigo yang sampai ke IGD lalu.  Tak terbayangkan Virus Corona sampai ke Lampung.

Saat di Wuhan heboh ada Virus Corona, aku mengikuti beritanya, tapi tidak terlalu intens. Nah, ketika para wali murid mendesak sekolah diliburkan, sebagai ketua komite aku turun menyuarakan ini. Tak lama, keputusan bapak wali kota Lampung juga turun, jadilah anak-anak diliburkan. 

"Aisyah, ayo, rajin cuci tangan!" 
"Fatih, jangan main keluar rumah!"
"Ayo, kita berjemur!" 

Mengenalkan Bahaya Virus Corona Pada Anak
Ajak anak mencuci tangan yang benar dan makan bergizi.
Aisyah malah menggambar bentuk Virus Corona. Berbentuk lingkaran merah dan berduri. Digambarkan virusnya ala anak-anak ya, apalagi emang terihat lucu seperti bola saja. Namun, tetap disampaikan bahaya jika terpapar Virus Corona ini. 
Ajak anak tidur siang dan tidur malam dengan cepat.

Untuk cuci tangan, Aisyah sudah diajarkan di sekolah bagaimana mencuci tangan yang benar. Bahkan ada lagunya. Alhamdulillah sampai hari ini. Anak-anak masih mendukung program sekolah. Mau bekerjasama untuk menyelesaikan tugas-tugas belajar di rumah. 


Cara Mengenalkan Bahaya Virus Corona Pada Anak :


1. Mengajarkan mencuci tangan dengan benar.




2. Mengajak olahraga dan berjemur.
Lawan Virus Corona dengan menjaga daya tahan tubuh. Ajak anak berolahraga dan berjemur sebelum pukul 09.00 WIB. Bermain bola di depan atau belakang rumah saja, ya! Jangan jauh-jauh. Tidak usah lama sekitar 15 menit saja. Menendang bola, melambungkan bola, menangkap bola dan lainnya. Gerakan ini akan disukai anak-anak. Aisyah juga bermain menendang bola dan membuat gawang sendiri, seru deh!


Mengenalkan Bahaya Virus Corona Pada Anak
Ajak anak berolahraga dengan bermain bola.
3. Mengajak anak menjaga kebersihan rumah.
Disaat wabah Virus Corona ini, kebersihan perlu banget dijaga-jaga. Apalagi Virus Corona bisa menempel pada benda-benda dengan waktu tertentu. Ajarkan anak-anak untuk menyapu, mengelap meja atau mengepel. Tentunya dengan pengawasan orang tua, ya! Selain itu, siapkan tempat khusus untuk anak-anak bermain. Ruangan TV sudah menjadi rumah-rumahan buat Aisyah. Menjadi tempat bermain masak-masakan. Walau kesannya berantakan, aku tenang Aisyah bisa happy bermain di dalam rumah. Asal tetap dibereskan setelah bermain.


Mengenalkan Bahaya Virus Corona Pada Anak
Ajarkan anak menyapu dan bebereskan mainan sendiri

4. Makan 4 Sehat 5 Sempurna
Aisyah suka susah kalau makan sayuran, kecuali makan sup. Itu pun sayurannya sering disisihkan. Namun, Umi akali dengan memotong sayurnya dengan kecil-kecil. Nah, Aisyah suka deh! Apalagi kalau dibikinkan kangkung krispi, wiih Aisyah suka sekali. 

Untuk makan buah-buahan, aku tidak kesulitan, Aisyah menyukai banyak buah-buahan. Dari pisang muli khas Lampung, salak, jeruk, pepaya hingga duku Aisyah suka sekali. Buah yang paling sering stok di rumah adalah buah pepaya, hehe... sejak kecil, Aisyah suka makan pepaya. Untuk minum susu, Aisyah juga tidak ada kesulitan. Mau minum susu kotak atau bubuk, Aisyah sangat menyukai minum susu.


Mengenalkan Bahaya Virus Corona Pada Anak
Aisyah makan sup. 
5. Menggambar 
Mengenalkan bahaya Virus Corono dengan mengajak anak-anak menggambar bentuk Virus Corono sesuai imajinasi anak-anak sendiri. Setelah diceritakan, minta anak-anak menceritakan kembali. Jika anak sudah paham, ajak membuat aturan di rumah dan kerjasamanya. 


Mengenalkan Bahaya Virus Corona Pada Anak
Ini loh bentuk Virus Corono hasil gambar Aisyah

Alhamdulillah selama ini anak-anak sudah dijadwalkan untuk beberapa kegiatan seperti :
1. Sholat Dhuha
2. Mengaji Wafa.

3. Kegiatan motorik halus.
4. Kegiatan motorik kasar.
5. Murojaah doa dan hadist.
6. Hapalan doa dan hadist.

7. Olahraga.
8. Tidur siang pukul 13.00 WIB
9. Tidur malam pukul 20.00 WIB.
10. dll

Nah, bagaimana Moms, apa saja kegiatan mengajarkan anak-anak tentang Virus Corona? Share dong! Semoga pengalamanku Mengenalkan Bahaya Virus Corona Pada Anak bermanfaat!

25 komentar:

  1. Minggu ini tema kegiatan sekolah jg lebih concern ke corona mengingat jumlah pasien makin bertambah.

    BalasHapus
  2. Wah infonya berguna banget, tentang pandemi Corona saat ini dengan bahasa sederhana yang mudah dipahami anak. Semoga pandemi segera berlalu dan Aisyah bisa main di luar lagi.

    BalasHapus
  3. Seru sekali bisa mengajarkan anak-anak untuk mengerti apa itu virus corona dam bagaimana cara untuk menghadapinya. Dengan ilustrasi yang lucu dan penjelasan yang tidak rumit, anak-anak pasti paham tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan.

    Info yang bagus Mba Naqi :) Terima kasih

    BalasHapus
  4. Mengenalkan tentang virus corona dengan cara yang asik begini pastinya lebih efisien buat anak2 ya mba. Aku suka ilustrasinya, lebih mudah dipahami buat anak2.

    BalasHapus
  5. Nah, bener ini.
    Mengenalkan tentang corona harus dgn bahasa dan style yg mudah dipahami oleh anak.
    Jadinya, anak bisa mengerti kenapa begini kenapa begitu ya Mak.
    Semoga wabah corona segera berlalu, aamiin aamiiin ya robbal alamiin.

    BalasHapus
  6. aku juga suka nih sama ilustrasinya. semoga ada picbooknya ya mau kubelikan untuk ponakanku biar suka membaca sedari kecil hihii

    BalasHapus
  7. alhamdulillah guru2 di sekolah anak2 sudah duluan kasih materi ini jadi bagian mamak agak ringan hehe

    BalasHapus
  8. Ilustrasinya lucu-lucu dan menarik, ya. Keren deh cara edukasinya. Bahkan menggambar juga jadi kegiatan pengenalan yang menyenangkan

    BalasHapus
  9. Kebetulan putriku semata wayang, Yasmin berusia 18 tahun.
    Justru doi yang sering share info corona yang informatif sekaligus menghibur juga, misalnya animasi corona di YouTube.
    Banyak fakta baru kami dapatkan dari tayangan itu.

    BalasHapus
  10. selain mengenalkan virus ini juga cara pencegahannya pada anak, kita orangtua juga harus rutin untuk mengajak mereka melakukan hal-hal tersebut tiap hari ya, maklum lah kadang anak lupa. Mudah0mudahan prilaku hidup sehat seperti ini bisa dilakukan seterusnya gak cuma saat Pandemi ini ya. Sehat selalu untuk kita semua

    BalasHapus
  11. Anak-anak memang perlu diedukasi tentang bahaya Virus Corona.

    Tentunya juga dg cara yg menyenangkan ya. Apalagi dg ilustrasi yg cakep gitu. Anak-anak belajarnya jadi seneng.

    BalasHapus
  12. Ilutrasinya bagus banget ya, Mbak. Kalau mengedukasi anak dengan cara asyik begini anak-anak pasti lebih mudah paham, ya.

    BalasHapus
  13. Anakku pernah juga mba, dapat tugas dr sekolah mbikin poster sederhana ttng Corona, sama mbikin Vidio 6 Langkah cuci tangan. Jd nya dia sudah lebih riil, membayangkan ttng Corona itu seperti apa dan lebih nurut untuk ikut diem di rumah

    BalasHapus
  14. Itu ilustrasi bikin sendiri ya Mbak? bagus -bagus semua. Ini teman-teman kantor juga pada heboh mendampingi putra-putrinya mengerjakan PR ttg edukasi terhadap covid19.

    BalasHapus
  15. mengenalkan virus ini ke anak-anak itu memang agak-agak susah menurutku. karena nggak tahu langsung bentuknya. takutnya, malah membuat mereka takut juga

    BalasHapus
  16. MasyaAllah anak bayi ini udah gede banget sekarang
    halo Aisyah sayang, sehat selalu dan bahagia terus bareng bunda ya
    ilustrasinya dari mba Watiek enak banget.

    BalasHapus
  17. aku suka cerita and ilustrasi watiek tentang corona menarik dan lucu bikin anak-anak juga tertarik untuk belajar

    BalasHapus
  18. Bagus banget nih cara mengenalkan virus Corona kepada anak-anak. Melalui gambar dan penjelasan yang mudah, anak-anak jadi tahu pentingnya menjaga kebersihan dan makan yang bergizi.

    BalasHapus
  19. Makin banyak aja ya mbak tugas bunda di rumah tapi alhamdulillah bisa bersama anak-anak lebih lama, aku juga pakai nih cerita mbak watik tentang corona

    BalasHapus
  20. Sejak wabah anak2 jd aware soal kebersihan . Kadang2 anak2 diajak nonton berita tentang corona sesekali biar tahu keadaan dluar sana

    BalasHapus
  21. Aku agak susah menjelaskan virus Corona ke anak paling kecil Mbak Naqy. Soalnya kan masih 3.5 th dan selama ini sehari bisa berkali kali keluar naik motor sama aku. Antar jemput kakaknya, beli ini , beli itu . Sejak ada wabah ini tiap keluar aku sengaja gak ajak. Tapi kalau ketahuan pasti nangis minta ikut. Padahal kan bahaya banget bawa anak anak keluar ya meski sekedar ke Indomaret. Tampaknya dia sudah bosan sekali di rumah

    BalasHapus
  22. Iya alhamdulillah anak mengerti saat dijelaskan. Cuma kalo lagi agak bosan di rumah, si kecil cranky dah, lalu mama sumbu pendek dah, hahaha.

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah anak-anakku sudah ngerti soal virus Corona soalnya sering nonton teve dan YouTube. Jadi tau sendiri. Bermanfaat banget nih komiknya, bisa membuat anak-anak lebih paham ya harus senantiasa menjaga kebersihan diri dan makan makanan bergizi.

    BalasHapus
  24. anakku tipenya visual mbak, jadi aku menunjukkan video virus corona kepadanya. karena keluarga kami nakes, mungkin tentang virus dan cara cuci tangan sudah familiar ditelinganya

    BalasHapus
  25. Anak-anak memang perlu diperhatikan karena imunitas harus di tingkatkan dan mereka gampang jatuh sakit.

    Virus covid 19 sangat lah berbahaya bagi anggota keluarga kita

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^