Rabu, 27 Mei 2020

Cerita Lebaran 2020 di Rumah Aja

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,


Bagaimana nih kabarnya. Tahun ini kami lebaran di rumah aja. Tidak mudik ke Bengkulu seperti rencana semula, ataupun ke Lampung Timur melihat Mamak mertua. 

Aku juga tidak belanja banyak persiapan lebaran. Tahun ini aku bisa santai karena belanja bisa menutup teman yang buka jasa belanja. Untuk makanan aku juga ada pesan tetangga yang masak lodeh dan sambal kentang. 

Tapi, untuk ketupat, opor dan rendang aku masak sendiri. "Nanti kalau enggak sesuai rasanya, gimana?" itu kata suami pas aku ingin pesan makanan lebaran.

Baiklah, jadilah aku masak dengan ilmu seadanya. Soalnya aku enggak terlalu jago masak rendang atau opor. Semua bermodal niat dengan semangat hehe...

lebaran 2020 di rumah aja

Masak Persiapan Lebaran 


Setiap tahun aku memasak makanan lebaran. Awalnya ingin pesan saja. Tetangga juga membuka jasa masakan lebaran. Dari ketupat, lodeh, sambal kentang ampela, opor dan rendang. 

Tapi, suamiku ingin masakan sendiri. "Nanti beda rasa bagaikan?" katanya. Jadilah aku memilih masak ketupat, opor dan rendang saja, lodeh dan sambal kentang aku pesan. 

Memasak Ketupat


Sejak aku menikah, resep masak ketupat selalu meniru kakakku. Walau bertebaran resep di internet, aku lebih nyaman pakai resep lama. 

Caranya beras direndam selama 1 jam. Kemudian dimasukkan ke sarang ketupat dan akhirnya direbut di air yang telah mendidih kurang lebih 45-60 menit di dalam presto.

menu lebaran 2020

Memasak Rendang


Nah, masak rendang ini baru aku pelajari. Seingatku sejak anak kedua lahir aku baru berani bikin rendang sendiri. Awalnya masak dagingnya dulu di presto biar lembut dan baru ditumis dengan bumbu giling yang aku beli di pasar. Kemudian tambahkan santan encer. Setelah tercampur rata dan lembut. Beri santan kental, aduk dengan api kecil, sampai santan mengering. 

Nah, Moms, masak rendang dengan bumbu giling ini ternyata sudah asin. Jadi jangan tambahkan garam lagi, ya! Kalau masih asin bisa tambahkan santan atau kentang. 

Tahun ini rendangku keasinan dan akhirnya aku panaskan lagi dengan menambahkan santan heheh...

Masak Opor


Bagi pemula yang belajar masak sepertiku ini, andalan banget bumbu giling yang dijual di pasar (warung). Jadinya bikin opor dengan bumbu giling saja. Alhamdulillah sukses hehe...

Sholat Ied di Rumah Aja


Tahun ini kami memilih sholat Ied di rumah saja. Sholat dipimpin oleh Abi dan khutbah singkatnya. Alhamdulillah sholat berjalan lancar dan selanjutnya kami bersalam-salaman. Anak-anak yang awalnya semangat diajak berfoto bersama, pas mulai ada yang cemberut, ada yang ngambek, ada yang gayanya tidak pas dan lainnya. Aduh, emang rempong foto dengan anak-anak, hehe...

THR dan Baju Baru


Tahun ini tidak ada baju baru. Kami juga tidak sempat mau belanja online, maklum THR juga turun menjelang Idul Fitri jadi kami memilih baju lama saja. Namun, tiga hari sebelum Ied, ada paket dari Bengkulu dan Jambi, anak-anak dapat kiriman baju baru dari tantenya. Alhamdulillah...

thr lebaran 2020

Baca Juga : 

Tahun ini Faris yang di pondok bisa puasa full, belajar jadi imam tarawih dengan bacaan 1 Juz, Fatih sempat sakit tipes dan harus batal puasa 12 hari. Sedangkan Aisyah bisa puasa sampai Maghrib selama 5 hari dan sisanya puasa setengah hari. Alhamdulillah.

Tahun ini lebaran di masa pandemi yang mengharu biru. Tidak bisa pulang kampung. Tidak bisa silaturahmi ke tetangga. Tidak bisa ke tempat wisata. Semuanya sepi dan hening. 

lebaran di rumah aja
Foto keluarga lebaran 2020 yang penuh perjuangan hehe...
Namun, perlu disyukuri, lebaran tahun ini adalah lebaran tertenang. Fokus ke ibadah, fokus memperbaiki diri. Tidak sibuk dengan acara bukber, ngabuburit atau kerjaan lainnya.

Bersyukur tetap dapat job dari rumah. Mengerjakan Kulwapp Tapis Blogger Peduli dan lainnya. Akhirnya diri ini merasa sangat memerlukan pertolongan Allah, semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Aamiin.

Bagaimana kisah lebaranmu? Cerita dong! Selamat  Idul Fitri 1 Syawal 1441H

TAQOBBALALLAAU MINNA WA MINKUM.

29 komentar:

  1. Maaf lahir dan batin ya mak.
    Iya nih Lebaran kali ini yang sangat spesial sepanjang hidupku.
    SAma, di rumah aja lebaran kali ini, meski begitu ga mengurangi kebersamaan bersama keluarga.

    Huhuuu, masakannya menggodaa, yang ga ada di aku sayur lodeeh.

    BalasHapus
  2. Sama mba. Lebaran tahun ini aku juga sedih nggak bisa pulang lihat mama dan nggam bisa ngumpul keluarga besar. Ya Allah semoga pandemi ini segera beralalu ya mba. Amin dan mohon maaf lahir dan batin ya mba 🙏

    BalasHapus
  3. Tahun ini aku ke rumah mama. Karena jaraknya dekat sekali hehe. Kalau tahun lalu bagian ke rumah ortu suami. Ganti2an..
    Wah aku jadi mau icip keasinan pas ditambah santan jadi enak kan mba hihi

    BalasHapus
  4. Tiap Lebaran aku gak pernah masak Mbak. Karena, mertua dan ortuku rumahnya masih satu kota. Tahun2 sebelumnya, ritual Lebaran itu sholat ied di rumah sendiri. Lanjut ke rumah Mamah, makan sesi pertama. Sorenya ke mertua, makan sesi dua hehee.

    Yg bikin aku sedih dari Ramadhan tahun ini, aku gak bisa ajak anakku Mada tarawih ke masjid. Hikmahnya, memang sih lebih fokus dengan ibadah dan stay safe.

    BalasHapus
  5. wah masakan lebarannya komplit! aku ga masak ketupat, alhamdulillah dapat kiriman dari tetangga, hehe
    trus ga kepikiran amplop lebaran padahal tahun lalu aku buat sendiri, lho.

    BalasHapus
  6. Lebaran tahun ini jelas beda banget dengan lebaran tahun-tahun sebelumnya ya. Aku juga sama. Dari beberes rumah, bikin2 kue, masak2, hingga semuanya dilakukan sendiri. Biasanya dibantu mama yang mudik ke rumahku. Dan iya, shalat ied pun di rumah. Alhamdulillahnya masih bisa silaturahmi melalui aplikasi chatting online.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah lebaran tetap happy walau masa pandemi ya Mbak, aku juga ngga mudik, jadinya nitip masakan lebaran sama tetangga jadi sekompleks menunya sama semua..maaf lahir batin ya Mbak..

    BalasHapus
  8. Wah lebaran th ini rajin bener mb naqi masak. Aku blank sama sekali gak .. haha maklum emak pergi di ramadan terakhir. Btw mohon maaf lahir batin ya

    BalasHapus
  9. lebaran tahun ini aku juga di rumah aja mbak nggak bisa mudik ke Medan, padahal tiap tahun kudik makan lontong buatan ibu.. jadi tahun ini Alhamdulillah makan ketupat buatan mertua :)

    BalasHapus
  10. Kalau saya biasanya lebaran tuh nyantai, paling persiapan mudik saja . Tapi sekarang berhubung di rumah saja, hrs stok makanan jadi harus masak2...

    BalasHapus
  11. Aku gak masak rendang nih lebarab kemarin, tapi sehari sbeelumnya buka puas apakai rendang tapi beli hihihi. Cuma masak ketupat sayur, opor, & sambal goreng ati aja buat lebaran

    BalasHapus
  12. nggak ada yang berubah ya mak. gimana dengan kue keringnya, masak apa aja, belum dikeluarin nih

    BalasHapus
  13. Taqobbalallahu yaa Kariim.

    Jadi tambah kreatif ya, lebaran di rumah. Biasanya sibuk persiapan mudik dan jalan-jalan.

    BalasHapus
  14. Lebaran tahun ini yang ditunggu anakku adalah hadiah dari ayah dan bundanya, karena dia berhasil puasa full. Biar rumah juga berasa suasana lebaran kita juga menyediakan menu lebaran yang dibawa dari rumah mamahku. hehehehe...

    BalasHapus
  15. Sama mba ga ada baju baru, hampir sama keadaannya mana nun jauh di rantau huhuhu
    Kalau inget sedih ya mak. untung aku ga masak ketupat sendiri hahaha pesen ke temen aja

    BalasHapus
  16. Waalaikumsalam. Met Idul Fitri ya, mohon maaf lahir dan batin.
    Lebaran kali ini sangat istimea ya, kita semua hampir punya cerita yang sama, enggak bisa mudik, Lebaran di rumah saja, sholat Ied juga di rumah saja. Semoga pandemi segera berakhir, kita semua bisa kembali beraktivitas di luar rumah.

    BalasHapus
  17. Mba Naqi rajin banget nih kegiatannya banyak dan semua itu berbagi di komunitas juga.
    Setuju deh Ramadan dan lebaran tahun ini adalah yang paling fokus ke ibadah ya

    BalasHapus
  18. Ramadhan dan lebaran tahun terasa istimewa ya mbak Naqi. Karena kumpul full sama keluarga

    BalasHapus
  19. Waalaikum salam.. meski lebarannya beda dr tahun sebelumnya tetep istimewa ya rasanya..tapi tetep ogah terulang lagi.. hehe Ngarep lebaran mendatang bisa normal lagi yaa

    BalasHapus
  20. selamat lebaran, kak... sama, saya jg di rumah ajah. gak banyak beli2, paling cm kirim barang via jasper untuk ortu di kampung halaman. masaknya nasi kuning ajah sih, belum bs masak menu sajian seperti kakak

    BalasHapus
  21. Selamat Idul Fitri Mbak Naqi. Mohon maaf lahir dan batin. Salam untuk keluarga. Maaf belum bertegur sapa di whatsapp atau medsos.

    BalasHapus
  22. Benar juga ya mba, Ramadhan yang ga harus pusing ikutan buka bersama di luar rumah. Lebih fokus puasa di rumah bersama keluarga. Meskipun sedih dengan kondisi pandemi, tetap harus kita ambil hikmahnya.

    BalasHapus
  23. Lebaraaan yang super duper special bangeet ya tahun ini mbaaa... seruu

    BalasHapus
  24. Taqabalallahu minna wa minkum.
    Senangnya merayakan lebaran bersama keluarga dengan menu masakan lengkap.
    Jadi hangatnya sampai ke sini.

    BalasHapus
  25. Mohon maaf lahir bathin kak, emang tahun ini berbeda banget dari tahun sebelumnya yah kak

    BalasHapus
  26. Lebaran 2020 ini memang beneran di rumah, bakalan jadi cerita kelak ke anak cucu nih, sepanjang sejarah lebaran di rumah aja dan itu bikin seneng yah dan penuh hikmah.

    BalasHapus
  27. Ya ampun, lebaran 2020 saya Mba, udah ga mudik, ga ada baju dress code, ga ada THR, eh ditinggal suami kerja lagi pas hari rayanya. Keselll. Untung ada kue kering hari raya. Ga jadi baper dan laper, wkwkwkw

    BalasHapus
  28. Mohon maaf lahir batin ya Mbak. Ceritanya hampir sama. Solat ied dan lebaran di rumah saja. Setelahnya diam di rumah, tidak terima tamu. Gak ada yg mau dekat juga sebab saya kerja di RS

    BalasHapus
  29. Lebaran tahun 2020 ini di kampung ku sepi sangat, seperti tidak ada hari raya, bahkan dari pagi setelah sholat Ied yang biasanya langsung berkeliling ke rumah tetangga, tradisi itu seakan punah.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^