Selasa, 22 Desember 2020

5 Resolusi Tahun 2021

 Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

5 Resolusi Tahun 2021. Tak terasa tahun 2020 sudah akan berakhir. Tahun 2021 sudah di depan mata. Waktu seakan lekas berjalan hingga lembaran kalender segera berganti. Tahun 2020 ini aku memulai bisnis masker tapis. Berkah tersendiri sejak pandemi. Belajar berbisnis memang tak hanya 1 usaha saja, aku juga mencoba berjualan berbagai produk, seperti kosmetik, makanan, buku dan lainnya, sampai akhirnya aku menyadari passion-ku.

Aku mencari di blogku, apakah tahun 2019 aku menuliskan resolusiku. Ternyata aku hanya menulis di Instagram untuk resolusi tahun 2020. Alhamdulillah dengan penuh rasa syukur tahun 2020 ini membawa banyak cerita, terutama lompatan besar dalam berbisnis dan dunia kepenulisan.

Untuk itu, aku membuat  resolusi tahun 2021 agar kelak menjadi bahan evaluasi dalam evaluasi diri. Berikut 5 resolusiku tahun 2021 :

1.  Menerbitkan Buku Anak

Tahun 2020 aku sudah berhasil menerbitkan buku anak berjudul 17 Cerita Anak Hebat bersama FLP Lampung. Buku yang ditulis 17 penulis Lampung ini mengajak anak-anak untuk belajar bekerja sama, saling menolong dan mengenal budaya Lampung. Tahun 2021 insya Allah aku bersama teman-teman CH 7 Kepenulisan Hexagon City akan menerbitkan buku cerita dan aktivitas anak. Tentu saja aku sangat excited karena buku ini akan ditulis 10 orang ibu rumah tangga dengan berbagai profesi. 

2. Ternak Akun

Sejak pandemi ini, aku lebih  banyak memantau media sosial.  Ada berbagai cara menambah penghasilan di media sosial. Dari komen di IG, ngetwit, review produk dan lainnya. Memiliki 1 akun saja tidak cukup. Maka, aku menambah akun IG dan akun twitter. Bagaimana denganmu? Hehe....

Baca Juga : Resolusi 2018 : Menjadi Ibu Cakap

3.  Sekolah Menulis Lampung

Sudah sejak 5 tahun lalu aku memulai membuka kelas online. Baik kelas menulis buku non fiksi, cerpen dan kelas blog. Tahun 2021 aku berharap dapat semakin banyak kelas menulis online yang aku buka tentunya bukan aku sendiri, tapi bekerjasama dengan penulis yang ada di Lampung. Aku berharap semakin banyak penulis baru lahir dari kelas menulis ini.

4. Mencapai Target Penjualan Bisnis Online

Beberapa bulan ini aku sempat off mengelola akun bisnis onlineku. Baik di IG dan marketplace. Semangat berbisnis sempat down karena beberapa alasan. Namun, aku menyesal dan sedih ketika akun diaktifkan lagi, ada banyak pelanggan mencari dan membatalkan pemesanan. Huhu... aku berharap kejadian ini tidak terulang lagi. Memiliki Olshop memang ada pasang surutnya. Semangat juga perlu dijaga dengan membuat target realistis. Untuk itu aku belajar tidak mengecewakan pelanggan lagi.


Baca Juga : Resolusi 2017 : Ngeblog atau Nulis Buku?

Apalagi sejak berbisnis masker tapis, aku selalu menggunakan jasa paket JNE. Senang sekali pelayanan JNE ramah dan cepat. Berhubung dekat rumah, aku bisa mengantarkan sesuai jadwalku. Alhamdulillah paket yang aku kirim selalu aman dan tepat waktu. 

Pelayanan JNE ini membuat aku nyaman merekomendasikan jasa pengiriman ini dengan pelanggan. Untuk pembelian barang secara online, aku juga menggunakan jasa JNE. Pernah aku memenangkan lomba blog sebuah smartphone, pengiriman via JNE kemasannya rapi, aman dan ada asuransinya.

5. Mengejar Optimasi Youtube

Nah, ini resolusi tahun 2020 yang belum tercapai. Aku belum berhasil konsisten membuat video untuk akun youtube. Sejak belajar daring, banyak sih video pembelajaran bersama Aisyah dan Fatih, tapi buat ngedit videonya kok malas ya? Huhu... Makanya, tahun 2021 aku memasang target untuk konsisten membuat video untuk akun youtube. Niatnya buat menabung agar bisa umroh, aamiin.

Nah, sahabat Smart Mom, itulah 5 resolusiku di tahun 2021. Aku berdoa semoga tercapai semua rencanaku di atas. Perjuangan ini pastinya akan ada hambatan, namun aku optimis dapat menjalankannya.  Nah, ini ceritaku, apa resolusimu? Share dong!

32 komentar:

  1. Saya sejak dulu gak pernah bikin resolusi, Mbak. Males aja gitu bikinnya hehehe. Semoga resolusi Mbak Naqi tercapai, ya

    BalasHapus
  2. Wah keren banget mbak, tercapai nih resolusi 2020 berarti sudah waktunya bikin reslolusi 2021 hehe
    Keren banget bisa ternak akun nih mbak, aku ngurus 1 akun IG dan twiter aja puyeng sendiri hahaha

    BalasHapus
  3. Masya Allah TabarokAllah, selalu terperangah dengan semangaaatt Mba Naqi
    Keep Fastabiqul Khoiroot yaa, semoga kita senantiasa menggapai keberkahan dari Allah ta'ala.

    BalasHapus
  4. aamiin ya mba semoga semua resolusi 2021 kelak bisa tercapai semuanya atau malah bisa melampaui dari resolusi tersebut

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Saya juga pengen ternak akun Mba, biar lebih segmented. Cobain juga ah semoga bisa konsisten di tahun 2021

    BalasHapus
    Balasan
    1. sukses juga buat Mbk mengenai ternak akun ya.

      Hapus
  7. Aku langsung tertuju dengan poin ternak akun mbak, hehe keren mbak resolusinya. Aku juga punya beberapa akun termasuk akun untuk kelas dan usaha itupun sudah kewalahan. Semoga bisa tercapai semua resolusinya ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh iya mbk beternak akun biar makin happy sukses juga buat Mbk ya

      Hapus
  8. Wow, mau beternak akun beneran nih, Mbak Naqi? Hihihih aku mah ga sanggup wkwkwkw..Youtube juga cuma buat cepetin upload video di blog hahaha...Tapi paling ga tahun depan harus lebih baik semuanyaaa dibandingkan dengan hal2 di tahun 2020 aamiin.

    BalasHapus
  9. Semoga bisa terkabul semua yaa mbaa ... aku malah belum memikirkan goal 2021

    BalasHapus
  10. Gak berasa ya ini sebentar lagi kita sudah memasuki tahun 2021, semoga apa yang direncanakan untuk tahun 2021 bisa terlaksana ya teh.

    BalasHapus
  11. saya masih setia dengan 1 akun untuk IG dan twitter mbak. Pengen ternak blog, eh tapi nulis aja kadang masih malas-malasan.

    Semoga resolusi 2021 nya nanti tercapai semua ya mbak.

    BalasHapus
  12. Mantap sekali resolusinya. Bismillah insyaAllah bisa tercapai ya mba Naqi. Aamiin

    BalasHapus
  13. Mengaminkan semua resolusi yang tertulis. Semoga dimudah dan lancarkan ya mbk untuk banyak keinginannya.

    BalasHapus
  14. Sama Mbak, akun youtube saya juga belum bisa monetize dan itu padahal resolusi tahun-tahun sebelumnya.

    BalasHapus
  15. Beternak akun media sosial? Wah saya sepertinya belum sanggup. Instagram punya dua akun saja, yang satu gak keurus hihihi
    Semoga resolusi Mbak Naqi bisa tercapai , ya...

    BalasHapus
  16. wow mantap banget mbak resolusinya
    aku jadi tertarik yg ternak akun itu, hehe maintenance nya gmn itu mbak
    anyway smg sukses semua resolusinya ya mbak

    BalasHapus
  17. Ya amoun semngat ya mak Naqi untuk mewujudkannya, semoga klo lagi mager dan ada kendala, langsung ingat tulisan ini buat booster

    BalasHapus
  18. Wah keren mba Naqi, bersiap jadi peternak, bakal dapat banyak hasil perahan nih.. Upsss.. Eh iya emang sekarang banyak job yang butuh medsos dengan persyaratan variatif ya, punya banyak akun jadi bisa menyesuaikan deh, tapi kudu telaten emang ngurusnya..

    BalasHapus
  19. Resolusi ini selalu bisa menjadi penyemangat yaa, kak..
    Dan semoga setiap tahun, tercapainya resolusi lebih dari yang dituliskan, sehingga bisa melenting lebih tinggi dan tinggi lagi.

    Semangaaatt selalu, kak Naqi.

    BalasHapus
  20. Keren banget resolusinya, kelihatan banget kalo Mba Naqi adalah perempuan yang aktif. Semoga resolusinya bisa tercapai ya Mba.

    BalasHapus
  21. mangat meluangkan waktu ternak akunnya mak. ga penting tapi butuh memang kuakui
    mangat kita ya 2021 semoga lancar jaya bahagia dan tentunya sehat sekeluarga hadapi pandemi

    BalasHapus
  22. Semoga semua resolusinya tercapai ya mbak... Jadi malu, saya belum bikin resolusi apa-apa...

    BalasHapus
  23. Resolusi nomer 5 tuh aku juga pengen mbak, tapi belum bisa ngoten youtube maksimal soalnya cuma sndirian di rumah. Tukang edit alias pak suami jauh euy. Hehe

    Semoga resolusi mbak Naqi tercapai di tahun 2021 ya. Aminnnnnn

    BalasHapus
  24. Keren mbak Naqy, optimis sekali :D
    Aku jadi ikutan bersemangat dan optimis dengan resolusi2nya. Pengen juga punya buku anak terbitan sendiri, semoga bisa terealisasi :D

    BalasHapus
  25. Salut buat Mba Naqi. Tertata rapi, sekarang sudah sukses, ke depan akan lebih sukses, insyaallah

    BalasHapus
  26. Semoga resolusinya tercapai semua ya mba. Sama nih denganku yang tentang youtube, aku lama banget vakum enggak update lagi. Pengin mengaktifkan youtube kembali, tapi belum nemu mau diisi apa ya karena udah setahun ini enggak jalan-jalan dan kulineran lagi.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^