Rabu, 30 Desember 2020

Tips Belajar Daring Menyenangkan

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Tips Belajar Daring Menyenangkan. Alhamdulillah anak-anak sudah bagi rapor dan liburan. Sejak pandemi, belajar daring membawa banyak hikmah. Salah satunya, lebih mengenal gaya belajar anak-anakku, terutama Abang Fatih. Sesi konsultasi dengan wali kelas kemarin, membuat aku memahami targetan sekolah dan kondisi anakku. Apalagi persiapan naik kelas 4 SD, makin sulit lagi pelajarannya.

Selama belajar daring di rumah, aku selalu menemani dan membimbing. Ada beberapa tips yang aku lakukan agar anakku nyaman dan bahagia, walau hanya belajar daring. 

tips belajar daring menyenangkan

Berikut tips belajar daring menyenangkan versiku :


1. Manajemen Waktu

Ajarkan anak-anak membuat jadwal dan mematuhi aturan jadwal belajar. Biasanya, aku membuat jadwal di papan tulis yang aku tempel di dinding kamar. Untuk Abang Fatih yang sudah bisa membaca, aku tak perlu banyak menjelaskan. Abang Fatih akan mengetahui kegiatan belajar daring targetan pencapaiannya.

2.  Makan dan Minum Bergizi

Untuk ini aku perlu mengatur menu makanan yang bergizi. Abang Fatih termasuk pemilih dalam memilih makanan, makanya aku membuat beberapa kreasi. Tak kuduga, Abang Fatih ternyata suka kangkung krispi dan omelet tahu. Wah, ternyata kreasi makanan itu perlu, ya!

3.  Olahraga

Di era new normal ini, anak-anak perlu menjaga kesehatan dengan berolahraga. Abang Fatih senang sekali bermain futsal. Sejak pandemi, sudah jarang anak-anak bermain futsal di lapangan. Sempat sedih karena harus bermain di rumah saja. Untunglah bersepeda tidak memerlukan waktu yang lama. Abang Fatih bisa berkeliling naik sepeda sekitar rumah. 

Baca Juga : Menjadi Orang tua Hebat

tips belajar daring menyenangkan
Bermain sepeda dan olahraga sambil berjemur

4. Bermain 

Tidak dapat dipungkiri selama pandemi, anak-anak mudah bosan di rumah. Bermain adalah hal yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Untuk itu bermain gadget perlu diatur jadwalnya. Bagimana anak-anak enggak “iri” kalau orang tua juga sering pakai gadget. Untuk itu, aku perlu mengajak ngobrol secara spesial anak-anakku sekitar 1-2 jam agar semakin akrab. Sesekali menyelipkan bahaya terlalu lama bermain gadget.

5. Membuat Media Pembelajaran

Selama belajar daring, aku dituntut untuk berkreasi membuat media pembelajaran. Abang Fatih masih kesulitan membaca panjang dan matematika. Pelajaran matematika perlu diulang-ulang dan sempat bikin pusing agar Abang Fatih menyerap lebih cepat haha...

Beruntung metode belajar di sekolah ada yang menggunakan lagu dan video. Abang Fatih senang menghapal pelajaran dengan lagu. Namun, aku juga perlu membantunya dengan membuat mading dari materi belajar  dan menempelnya di karton agar lebih mudah menghapalnya. 

tips belajar daring menyenangkan
Belajar dengan mendengarkan lagu dan bimbingan orang tua

Baca Juga : DIY : Membuat Perahu dan Ikan dari Origami

 6. Komunikasi Orang Tua dan Guru

Selama belajar daring, komunikasi dengan pihak sekolah perlu dijaga. Apalagi konsep belajar semakin berbeda. Orangtua dituntut belajar secara cepat dalam mendampingi anak belajar. Di sekolah Abang Fatih, ada 3x dalam seminggu kelas zoom dan ada 1 kali video call untuk kelas tahsin dan tahfidz.  

Sampaikan perkembangan belajar anak di rumah dengan jujur. Minta juga kerjasama guru untuk memberikan motivasi. Biar bagaimana pun, anak-anak rindu bertemu guru dan teman-temannya di sekolah. 

7. Bimbingan Belajar Online

Suatu hari aku seorang wali murid berkeluh kesah di group WA orang tua. Beliau kesulitan membimbing anaknya belajar daring karena dia juga seorang ibu pekerja. Sampai rumah, sudah tidak ada lagi tenaga untuk mengerjakan tugas-tugas. 

Nah, kondisi ini memerlukan mentor atau bimbel belajar online agar orang tua dan anak lebih bahagia.  Soal biaya memang akan menambah anggaran pengeluaran, tapi kondisi psikis anak dan kesiapan orang tua juga perlu diperhatikan. Aku pun Googling dan menemukan, salah satu bimbel online terbaik adalah Kelas Pintar.


Kelas Pintar, Bimbingan Belajar Online Terbaik

Bertemu dengan bimbel yang bagus tentu sebuah angin segar dari solusi belajar daring. Orang tua akan sangat terbantu dengan fitur di Kelas Pintar, apalagi ada video pembelajaran, soal latihan dan stimulasi latihan.  Kelas pintar menjadi harapan baru bagi orang tua yang membutuhkan anaknya didampingi guru dari Kelas Pintar.

kelas pintar bimbel online terbaik
Bersama Kelas Pintar, belajar daring makin menyenang


Beberapa fitur yang disediakan Kelas Pintar dalam kita pilih sendiri. Disesuaikan dengan kebutuhan dan target capaian. Misal, ingin belajar 1 mapel saja, semua mapel per 1 bulan, semua mapel per 3 bulan, semua mapel per 6 bulan atau semua mapel per 12 bulan.

Jika memilih fitur Guru, anak akan dibimbing guru secara online. Orang tua dapat memantau perkembangan anak melalui rapor online. Nah, metode belajar yang menarik tentu akan menambah semangat belajar anak di rumah. Video yang disampaikan sangat mendukung mapel yang dipilih.

kelas pintar bimbel online terbaik

Nah, sahabat Smart Mom, itulah tips belajar daring menyenangkan versiku. Semoga membantu kita sebagai orang tua menyiapkan anak-anak kita tidak ketinggalan pelajaran. Yuk, siapkan generasi yang tangguh bersama Kelas Pintar!

28 komentar:

  1. masya Allah lagi kesulitan cari BIMBEL ada artikel tentang Bimbel online,
    semoga anakku bisa semangat lagi belajarnya, terimakasih mbak Naqi

    BalasHapus
  2. Keren nih tips daring menyenangkannya, yang penting anak senang, ibu senang yah jadi kalau salah satu ga seneng yah susah pembelajarannya yah.

    BalasHapus
  3. manajemen waktu belajar daring ini gak hanya diterapkan oleh anak-anak ya semua ikut berpartisipasi termasuk orang tua. Misalnya menyiapkan sarapan tepat waktu dll termasuk menyiapkan tambahan pembelajaran melalui kelas pintar

    BalasHapus
  4. alhamdulillah ya mba sudah menemukan cara yang nyaman buat belajar secara daring, anakku juga udah menemukannya, dan sekarang dia malah kelewat happy belajar dari rumah

    BalasHapus
  5. pandemi ini memang mengakibatkan banyak perubahan termasuk proses belajar anak-anak di sekolah dipindah ke rumah. Bagaimanapun orang tua sebaiknya beradaptasi ya Mbak, bagaimana cara supaya anak anak tetap nyaman dan senang belajar secara dring di rumah

    BalasHapus
  6. Nah sepakat nih, memang walau belajar di rumah dan orang tua mendampingi, orang tua nggak perlu memaksakan diri untuk menguasai semua materi. Bisa dibantu dengan bimbel online kayak kelas pintar ini

    BalasHapus
  7. Emak dan anak2 sama frustrasi selama PJJ.
    Akupun begituuu mba Naqi.
    Sampai kemudian, ada yg cerita soal Kelas Pintar ini.
    Super duper bermanfaat untuk kita semua

    BalasHapus
  8. Semester 2 di Jakarta masih PJJ, mesti tetap semangat mendampingi anak-anak belajar. Dan saya setuju jika bimbingan online bisa membantu. Seperti Kelas Pintar. Apalagi anak saya dah SMA kelas x dan SD kelas 6 ..kadang emaknya dah bingung ngajarinnya..hiks

    BalasHapus
  9. Bagus ini programnya Kelas Pintar untuk membantu orang tua yang tak bisa membimbing anaknya suatu mata pelajaran hihi kayak aku Matematika, nyerah mbak...

    BalasHapus
  10. Belajar daring akan terus berlanjut entah sampai kapan. Memang perlu situasi atau cara yang menyenangkan. Semester ke 2 segera dimulai nih, siap - siap aja.

    BalasHapus
  11. kelas pintar memang bagus banget untuk media belajar anak-anak selama pandemi ya mbak naqi. kita sebagai orang tua tentunya akan berupaya terus agar buah hati kita tetap semangat belajar di tengah pandemi ini

    BalasHapus
  12. Untuk anak yang sudah dapat "dilepas", bimbel yang tepat dapat sangat membantu belajar anak. Karena jujur, sebagai orangtua, kadang banyak pelajaran SMP yang aku sendiri sudah lupa atau malah kurang paham karena cukup sulit pelajarannya

    BalasHapus
  13. Belajar daring harus semangat
    Kalau nggak bisa bikin anak-anak ikut bosan
    Jadi mamanya dulu yang kudu semangat

    BalasHapus
  14. wah untung ada kelws pintar ya mbak, mamak bisa punya bala bantuan buar nemenin anak belajar daring
    apalagi kita masih belum tahu sampai kapan akan belajar daring seperti ini

    BalasHapus
  15. Senang ya ada bimbingan belajar online... Membantu banget untuk anak dan orang tua dalam proses belajar dari rumah...

    BalasHapus
  16. iya bener banget ya mba, komunikasi antara ortu dan guru memang perlu banget dijaga biar mood ortu bagus sata mendmapingi anak belajar daring. kalo ortu mood udah bagus anak2 juga akan ngikut ya

    BalasHapus
  17. Belajar daring memang butuh banget bimbingan kita, kalau gak ketinggalan banget nih materi dak kompetensi anak

    BalasHapus
  18. Sekarang semuanya jadi daring ya, lagi pandemi begini solusinya semua dilakukan secara online ya mba. Seperti bimbel ini

    BalasHapus
  19. Nah belajar daring itu karena dilakuka sendiri di ruamah dengan interaksi yg terbatas, harus pintar mencari cara biar ga bosen ya mb.

    BalasHapus
  20. Solusi yang bagus nih mba ikutan Kelas Pintar. Terkadang ada aja mata pelajaran yang kita ga begitu ngerti ya. Pelajaran anak sekarang makin susah sih hehehee..

    BalasHapus
  21. Aku ngerasain banget bedanya anak PJJ dengan didahului sarapan plus olahraga sama yang tanpa melakukan persiapan pagi hari.
    Jadi lebih semangat dan bener, bikin PJJ nyaman.

    Jika perlu tambahan kelas, tinggal mengikutkan anak-anak di Kelas Pintar yaa..

    BalasHapus
  22. Sebagai karyawan yang bekerja dari rumah, saya juga menerapkan langkah-langkah serupa biar tetep produktif dan nggak suntuk saat berada di rumah terus Mak. Olahraga sih yang masih jadi PR sampe sekarang. Kalo bisa jangan sampe skip olahraga karena ini aspek yang bikin metabolisme kita tahan banting :))

    BalasHapus
  23. Olahraga nih, Mba dirumah yg masih susah untuk diterapkan. Padahal alat2 ORnya sudah ada. Kalau ga diikuti niat kuat emang ga akan jalan.

    BalasHapus
  24. Semester ini anak-anak masih belajar daring yaaa. Tipsnya bermanfaat banget supaya anak dan emak sama-sama nggak terlalu stres. Semangat semua untuk semester baru.

    BalasHapus
  25. Jadi penasaran sih sama kelas pintar. Videonya mudah dipahami gak mbak sama anak²?

    BalasHapus
  26. kelaspintar.id mudah2an sesuai kebutuhan ya. soale apk2 yg direkomendasikan kemdikbud byk gak nyambung dg materi anakku. ujung2nya ke youtube, kuota gak kepake

    BalasHapus
  27. Saya pernah mengunjungi website Kelas Pintar, pilihan paket belajarnya beragam ya, bisa untuk satu mata pelajaran aja, bisa yang lengkap juga. Layak dicoba orang tua untuk bimbel online anaknya

    BalasHapus
  28. aplikasi yang bagus nih, tapi anakku belum ngerti banget pakai gadget untuk belajar lewat aplikasi semacam ini mak

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^