Selasa, 20 Oktober 2020

Kisah Sukses Bisnis Tanaman Ala Rini Riana

Rini Rina Sukses Bisnis Tanaman

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Bisnis tanaman baik buah dan buah menjadi tren kembali. Apalagi saat pandemi Covid-19 ini orang lebih banyak di rumah saja. Hobi bercocok tanam kembali menjadi pilihan.  Aku jadi teringat ibuku yang senang sekali memelihara bunga dan tanaman obat-obatan.  Bunga itu dirawat di dalam polibag dan pot bunga. Nah, apakah kamu juga senang bercocok tanam?

Jumat, 02 Oktober 2020

Tips Menjual Produk Lewat Media Sosial Ala Willgoz

 Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Masa pandemi ini aku dan keluargaku kerap kali membeli makanan lewat online. Selain menjaga efesien waktu, foto-foto makanan yang dipajang di media sosial memang sangat menggiurkan. Membuat ingin segera pesan dan menikmatinya.

Beberapa temanku juga mulai membuka usaha kuliner dan produk cemilan. Ada yang berhasil dan eksis sampai sekarang, ada juga yang akhirnya berhenti. Salah satu alasannya produknya tidak bisa stabil diproduksi. Bahan baku mulai langka di pasar dan kesulitan untuk memasarkan secara online.

Tips Menjual Produk Lewat Media Sosial Ala Willgoz

Nah, beruntung sekali aku dapat ikut Fun Talk #AyoMajuBersama dari @homecreditid pada Rabu, 30 September 2020 lalu. Fun Talk ini menghadirkan Chef William Gozali seorang Chef dan Content Creator dengan topik Makin Menjual Lewat Media.

Selasa, 29 September 2020

7 Tips Menyikapi Pelanggan di Bisnis Online

 Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,  


“Mbk, maskernya sudah dikirim?”
“Mbk, motif yang ready apa saja?”
“Mbk, pesanan saya kapan jadinya?”

Itulah dialogku dengan pelanggan masker tapis setiap harinya. Sejak bisnis masker tapis, aku mulai belajar berkomunikasi dengan pelanggan. Ada yang ingin serba cepat, ada juga yang sangat slow respon saat sudah dibuatkan nota dan tinggal proses pembayaran, hihi...

Rabu, 23 September 2020

Anti Bosan di Rumah Saja, Baca Komik Perempuanmu!

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,
Di era pandemi ini kita diminta untuk tetap banyak di rumah aja. Hal ini untuk menekan penyebaran virus Covid-19. 

Selama di rumah aja, teman-teman melakukan kegiatan apa saja sih? Pasti ada rasa kangen piknik, kumpul kegiatan blogger,  pergi ke mall atau kangen ke pantai. 

Agar tidak bosan kegiatan banyak di rumah saja, aku mau berbagi pengalaman kegiatanku di rumah aja biar enggak bosan.

Sabtu, 19 September 2020

Waspada Bahaya Kosmetik Bermerkuri

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

“Wih, cantiknya!” 
“Makin cantik aja, sih!” 
“Makin putih aja, ya!” 

Ayo, siapa sih enggak senang dipuji seperti di atas? Ya, setiap perempuan ingin sekali tampil cantik. Mempesona dan ‘menyihir’ siapa yang melihatnya. Kata cantik menjadi sebuah pujian yang kadang memabukkan! 

Akibat ingin dipuji cantik, banyak perempuan terjebak dengan menghalalkan segala cara agar wajah semakin cantik. Salah satunya menggunakan kosmetik. Memang sih tidak salahnya ingin tampil cantik, apalagi tampil cantik itu fitrah setiap perempuan. 
Bahaya Kosmetik Bermerkuri

Selasa, 15 September 2020

Beli Buku Murah di Toko Online KulakanBuku


toko buku online murah terpercaya

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

“Mi, buku baru ya?”
“Iya.”
“Mamas baca, ya!”
Tentu aku senang sekali Mas Faris memilih bacaan yang aku belikan. Apalagi bacaannya tentan motivasi menghapal Al-Quran.

Sesungguhnya buku ini bakal jadi teman menghalau rasa bosanku karena banyak di rumah aja hihi... jadilah aku stok banyak bacaan. Sudah kangen jalan-jalan ke toko buku. Membuka lembaran buku baru atau mengulas buku yang baru saja dibeli.

Rabu, 09 September 2020

Optimalkan Imunitas Anak Kelahiran Caesar dengan Mikrobiota Sehat


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Optimalkan Imunitas Anak Kelahiran Caesar dengan Mikrobiota Sehat. Saat kehamilan anak pertama, proses melahirkanku nyaris secara ceasar. Hal ini karena janinku mengalami sungsang bokong murni. Ilmuku mengenai persalinan ceasar saat itu masih sedikit sekali. Rasa takut, cemas, sedih menghantuiku. Walau akhirnya anak pertamaku akhirnya persalinan normal,  sejak itu aku  mencari banyak informasi mengenai persalinan ceasar.

Aku beruntung karena diajak ikut webinar “Optimalkan Imunitas Anak Kelahiran Caesar dengan Mikrobiota Sehat” oleh @nutriclub_id , dengan narasumber DR. dr. Ali Sungkar, Prof. Dr. Moh. Juffrie, SpA(K), PhD hingga Cynthia Lamusu selaku mama yang melakukan persalinan secara caesar pada tanggal 27 Agustus 2020.


Selasa, 08 September 2020

7 Makanan Khas Daerah Lampung

Assalamualaikum sahabat Smart mom,

Ada yang pernah ke Lampung? Kalau teman-teman belum pernah ke Lampung, pasti sudah pernah mencicipi beberapa makanan khas daerah Lampung ini. Tapi, jika belum pernah, maka aku mau ceritakan tentang makanan khas daerah Lampung. Oiya, sebenarnya aku bukan asli Lampung. Aku kelahiran Jambi dan dibesarkan di Bengkulu. Sejak menikah tahun 2005, aku ikut suami tinggal di Lampung. Saat ini tinggal di kota Bandar Lampung.

Nah, sejak itu aku mulai mengenal makanan khas daerah Lampung. Aku sendiri tidak kesulitan dalam penyesuaiannya. Apalagi makanannnya sudah sering aku temui dengan citra rasa yang hampir sama. 

Penasaran kan apa saja makanan khas daerah Lampung? Yuk, aku kenalkan! 

Sabtu, 05 September 2020

Menjaga Kesehatan dan Gizi Optimal di Masa Pandemi Covid-19 Bersama GGF

Sumber Foto IG @greatgiantfoods

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

Kondisi new normal saat ini membawa kebiasaan baru bagi kita semua. Masyarakat dihimbau untuk mempersiapkan diri sebelum keluar rumah. Persiapan itu adalah memakai masker, membawa hand sanitaizer, jaga jarak dan hindari keramaian. 

Beruntung aku mengikuti webinar yang diadakan Great Giant Foods (GGF) Selasa, 11 Agustus 2020 dengan tema GGF Turut Menjaga kesehatan dengan gizi Optimal di Masa Pandemi Covid 19. Webinar ini menambah wawasanku mengenai menjaga kesehatan di era pandemi ini.


Menurut Reihana, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, kebiasaan baru ini memerlukan kedisiplinan dan kemandirian semua orang. Apalagi dalam 2 minggu terakhir berdasarkan angka reproduksi efektif (RT), berfluktasi antara 0,27 s.d 2,03 belum stabil, pandemi ini belum dapat dikendalikan, sehingga kita perlu terus waspada.

Situasi pandemi Covid-19 di Provinsi Lampung masih berlangsung hingga saat ini. 

Sampai tanggal 18 Agustus 2020 ada 316 dengan : 

- Jumlah kasus sembuh : 227 971, 84%) 
- Jumlah kasus dirawat/ isolasi : 76 (24, 05%) 
- Jumlah kasus meninggal : 13 (4,11%) 

Melihat kondisi di atas, maka sebagai warga Lampung, aku perlu meningkatkan waspadaan. Mengingat  Lampung dekat dengan ibu kota. 

Provinsi Lampung sendiri memiliki tantangan dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini karena : 

1. Diapit oleh wilayah dengan kasus tinggi (DKI, Banten, Sumatera Selatan) 
2. Pintu gerbang Sumatera 
3. Mobilitas yang tinggi : dunia kerja,wisata 
4. Adanya kelompok yang belum melaksanakan protokoler kesehatan 

Pola Konsumsi Masyarakat Sebelum Pandemi Covid-10 Berdasarkan Survey Diet Total 2014 

Perlu diketahui berdasarkan survei, pola gaya hidup masyarakat jarang melakukan aktivitas fisik, jarang mengkonsumsi buah dan sayur, merokok, mengkonsumsi gorengan, lemak, minuman bersoda sehingga menyebabkan gangguan obesitas, pencernaan, stroke, kanker paruh (bagi yang merokok), dll. 

Reihana juga mengatakan Indonesia tahun 2014 kelompok mengkonsumsi Serelia dan Olahannya terbanyak adalah beras, olahan beras, terigu, mie jagung dan lainnya. Pola konsumsi ini sendiri perlu diatur sehingga tidak terjadi stunting, obesitas, underweight atau wasting. 

Untuk itu, Reihana menghimbau masyarakat untuk makan makanan yang bergizi. Gizi seimbang ini sangat berperan penting dalam menjaga kondisi tubuh untuk tetap sehat. Gizi seimbang ini harus seimbang dalam mengkonsumsi karbohidrat, protein dan lainnya. Gaya hidup sehat ini memerlukan dukungan orang tua, agar anak terbiasa makan sehat dan olahraga teratur. 

Ada 4 Pilar gizi seimbang : 

1. Mengkonsumsi pangan yang beraneka ragam 
2. Membiasakan perilaku hidup sehat 
3. Melakukan aktivitas fisik 
4. Mempertahankan dan memantau Berat Badan Normal. 

Lakukan pola hidup sehat di era adaptasi kebiasaan baru dengan taat prokotoler kesehatan (memakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan). Selain itu melakukan gerakan hidup sehat dengan melakukan kegiatan berikut : 

1. Melakukan kegiatan fisik 
2. Mengkonsumsi sayur dan buah 

Dampak Pandemi terhadap Gaya Hidup Kesehatan dan Konsumsi Masyarakat : 


1. Menurunnya daya beli masyarakat. 
2. Menurunnya konsumsi masyarakat 
3. Meningkatnya pembeliaan makanan siap saji sehingga konsumsi sayuran berkurang.
4. Hanya memilih makanan yang disukai bukan makanan yang sehat 
5. Menyediakan makanan ringan, makanan kemasan sehingga berpotensi meningkatkan berat badan.
6. Sering berada di rumah menyebabkan kurang minum airi putih. 

Aduh, aku sendiri mengalami. Selama di rumah saja berat badanku bertambah banyak. Gerak jadi malas sehingga potensi untuk lemas, lesu dan mudah mengantuk. Awalnya, aku menganggap, "Ah, wajar sih. Kan di rumah saja!" Namun, lama-kelamaan aku jadi mudah lelah dan aktivitasku mulai terganggu.

Soalnya, di era pandemi ini kita perlu menjaga keseimbangan gizi dengan melakukan adaptasi kebiasaan baru. Tak hanya mengenai makanan, tapi juga istirahat yang cukup. Jika dulu aku sering sekali begadang, saat pandemi aku menjaga agar tidur cukup.  Kebiasaan menunda sarapan juga aku hentikan. Aku ingin hidup lebih sehat. Namun, sayangnya sulit sekali menghindari kenaikan berat badan hehe...

Penerapan Gizi Seimbang di Era Adaptasi Kebiasaan Baru : 

1. Biasakan sarapan pagi sebelum memulai hari. 
2. Membuat makanan dan cemilan sehat di rumah. 
3. Belajar makan baik dan sesuai kebutuhan. 
4. Bawa bekal serta alat makan sendiri dari rumah. 
5. Minum air putih minimal 8 gelas sehari. 
6. Tidur cukup. 

Nah, dari keenam di atas, aku menerapkan makanan dan cemilan sehat kepada anak-anakku. Aku menyiapkan sayuran dan buahan yang mengandung vitamin untuk meningkat imunitas tubuh anak. Adapun makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh adalah :

Makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh : 

1. Vitamin A 
Berguna untuk membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan sebagai pelindung terhadap berbagai infeksi 

2. Vitamin C berfungsi untuk merangsang pembentukan antibodi 
3. Vitamin E berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dan menetralkan radikal bebas. 
4. Zinc yang berfungsi untuk membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik menyembuhkan luka 


Mau Pilih Buah Terbaik dan Aman Untuk Keluarga? 


Sejak pandemi Covid-19, konsumsi masyakarat terhadap buah meningkat. Jika dulu mungkin beli hanya buah 1 bulan sekali, sekarang meningkat 1 minggu sekali, bahkan ada yang stok buah setiap hari. Tapi, bagaimana sih memilih buah yang aman dikonsumsi? 



PT Great Giant Foods (GGF)  satu-satunya pemegang sertifikasi GAP di Indonesia telah terbukti kualitasnya. Sertifikat GAP (Good Angricultural Practies) adalah bukti sudah terjamin keamanan pangannya. Dari higenis produknya, fresh, bebas dari pestisida, dan sudah eksport kualitasnya ke pasar Jepang yang dikenal sangat ketat untuk standar keamanan pangan. 

Kontribusi GGF di Era Pandemi Covid-19 


Masa pandemi ini, membuat orang ingin saling membantu. Tak ketinggalan yang dilakukan oleh GGF. Program yang diberikan ke masyarakat dari Maret-Juni 2020 adalah memberikan bantuan masyarakat berupa 4,3 ton Pisang, 4,1 ton jambu kristal, 3,800 pcs susu segar murni, 220.000 pack APBD, 120 hand was facility, dll. 

Sumber foto koleksi pribadi

PT Segar Sewu Nusantara atau dikenal dengan nama Sunpride di bawah naungan GGF menjadi perusahaan yang tak hanya berbisnis semata, tapi juga peduli dengan gizi masyarakat. Sunpride sendiri perusahaan yang bergerak memproduksi buah-buahan lokal, di antaranya  Pisang Cavendish, jeruk, melon, jambu kristal, nanas honi, pir, pepaya, salak, markisa dan lainnya. Selain buah tersebut ada juga buah mancanegara, seperti buah kiwi sungold, zepri, pear golden, pear honeybelle dan berbagai apel. 

Atas desikasinya GGF dalam memberikan sumbangsih ke masyarakat, maka mendapatkan penghargaan sebagai Peringkat kinerja stunting terbaik Provinsi Lampung dan masih banyak penghargaan laginya. 

Menurut Nanda D Syahpradana, Health Campaign Specialist GGF ini telah melakukan promosi kesehatan jauh sebelum pandemi terjadi. Bahkan sudah ada 200 ruma tangga yang telah diberdayakan di Lampung Tengah.

Contohnya kegiatan pola asuh di mana targetnya wanita usia subur, ibu hamil dan menyusui untuk mampu memberikan gizi dan nutrisi bagi dirinya sendiri dan keluarga. Selain itu anak-anak juga diajarkan cara mencuci tangan yang benar. Kemudian ada program Rumah Pangan Lestari yang mengajak ibu-ibu kelompok tani untuk produktif dan memberdayakan perkarangan rumah tangga. Dengan  menanam tanaman dan sayuran dapat lebih mudah memenuhi  gizi, sehingga menekan data stunting. 


Pada tanggal 10 September 2020 lalu, Sunpride kembali meraih penghargaan Marketeers Omni Brands of the Year 2020 setelah menerima penghargaan sebagai "Buah Bermerk Terbaik"
dari IOB bulan Juli lalu (Sumber IG @
sunprideid)



Pengalaman Makan Buah Sunpride


Sebagai warga Lampung, buah Sunpride bukanlah hal baru lagi bagi kami sekeluarga. Buah Supride muda sekali di dapat. Ada di minimarket dan supermarket. Buahnya terlihat segar. Membuat aku selalu ingin menyiapkan buah-buahan ini untuk keluargaku.

Anak ketigaku senang sekali makan buah pisang, jeruk dan salak. Sebelum pandemi, makan buah bagi kami cukup stok hanya 2 kali saja. Namun, sejak pandemi, makan buah sudah jadi kebutuhan kedua setelah makanan pokok.

Jika keluar kota, aku dan keluarga juga membawa buah Supride sebagai oleh-oleh atau sebagai makanan dalam perjalanan. Buah  Supride yang segar, kaya vitamin dan kaya seratnya menjadi pilihan kami sekeluarga. 

Nah, Sahabat Smart Mom, itulah sekilas ceritaku selama mengikuti webinar yang dilakukan GGF pada Selasa, 11 Agustsus 2020 lalu, semoga bermanfaat. Jika ingin mengetahui produk GGF lebih lanjut silakan cek di IG @greatgiantfoods.

Kamis, 20 Agustus 2020

Ella Skin Care Lampung : Kulit Cerah dalam 30 Menit


Ella Skin Care Lampung. Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, Jumat, 14 Agustus 2020 yang lalu, aku menghadiri Grand Opening Ella Skin Care Lampung. Tentu saja aku senang sekali. Sejak pandemi aku jarang keluar rumah, apalagi melakukan perawatan kulit. Nah, aku exited banget ingin merasakan wajah makin glowing dengan perawatan 30 menit langsung hasil yang nyata dengan harga terjangkau di Ella Skin Care Lampung.

Ella Skin Care Lampung


Sampai di lokasi, aku turun dari motor dan langsung mencuci tanganku. Air dan sabun sudah disiapkan di depan pintu masuk. Kemudian aku disambut oleh seorang Mbak cantik yang mengukur suhu dan memberikan hand sanitaizer. Di sana tak hanya aku, ada beberapa orang lainnya yang akan merasakan sensasi perawatan di Ella Skin Care Lampung. Kami duduk berjarak sembari menunggu pendaftaran. 

Rabu, 19 Agustus 2020

7 Manfaat Memancing Bersama Anak

 Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

7 Manfaat Memancing Bersama Anak. Memancing ikan adalah hal yang paling menyenangkan bagi anak-anakku kalau mudik ke Lampung Timur. Maklum Mbah Kakung memiliki tambah ikan dan beberapa kolam ikan yang berisikan ikan nila, gurami, baung dan lainnya. Selain memancing ikan besar, anak-anak juga suka menangguk ikan dengan jaring kecil. Serunya maennya di sekitar sungai di belakang rumah Kakung di Lampung Timur.

manfaat memancing

Minggu, 16 Agustus 2020

Hamil di Saat Pandemi Covid-19? Lakukan 7 Hal ini!

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Hamil di Saat Pandemi Covid-19? Lakukan 7 Hal ini! Beberapa hari yang lalu sahabatku melahirkan anak kembar di saat pandemi Covid-19 ini. Masya Allah, kami yang mendengarkan ceritanya sangat surprise.  Apalagi mendengar pengalamannya untuk membatasi diri keluar rumah sejak pandemi Covid-19 ini. Bahkan suaminya yang biasanya sholat 5 waktu di masjid, turun membatasi diri saat masjid lockdown beberapa waktu lalu.

Hamil di Saat Pandemi Covid-19? 

Lakukan 7 Hal ini!



Tips Berbisnis Untuk Pemula

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

Tips Berbisnis Untuk Pemula di Era Pandemi. Di tengah pandemi Covid-19 ini kita dihadapi dengan kebutuhan yang kian banyak. Dari kuota, vitaman, makanan, buahan dan lainnya. Anjuran orang di rumah saja, membuat beberapa UMKM pendapatannya merosot tajam. Bahkan tidak ada pemasukan sama sekali. Contohnya kakakku yang memiliki butik Batik Rindani di Jambi, sejak Covid-19 penjualan batik khas Jambi menurun dratis. Orang lebih banyak memilih produk makanan, minuman atau masker. 

masker tapis lampung

Jumat, 07 Agustus 2020

Bikin Betah! Ini Tips Agar Kamar Tidur Tetap Rapi dan Bersih

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Bikin Betah! Ini Tips Agar Kamar Tidur Tetap Rapi dan Bersih. Gak setiap orang bisa menjaga kamarnya agar tetap rapi dan bersih. Salah satu alasannya karena gak ada waktu buat membereskan kamar sebab banyak pekerjaan dan aktivitas yang harus dilakukan. Padahal di tempat inilah kamu paling sering melakukan aktivitas saat di rumah. Ketika berada di kamar tentunya kamu ingin merasa nyaman dengan suasana kamar yang tampak rapi dan bersih? Kamar yang bersih dan rapi juga bisa mempengaruhi kesehatan si pemiliknya. 

Oleh karena itu, tatalah kamar dengan rapi dan bersih. Supaya kamu tidak kesulitan menjaga biar kamar kamu tetap rapi dan bersih, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

Ini Tips Agar Kamar Tidur Tetap Rapi dan Bersih

kamar rapi dan bersih ini tipsnya
Sumber: pinterest.com

Sabtu, 01 Agustus 2020

Nutrisi Untuk Imunitas, Kunci Utama Tumbuh Kembang Optimal

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Nutrisi Untuk Imunitas, Kunci Utama Tumbuh Kembang Optimal. Menjadi orangtua selalu berproses belajar dalam mendampingi tumbuh kembang anaknya. Teringat saat anakku pernah mengalami diare diusia balita. Bahkan sempat dirawat di rumah sakit. Saat itu ilmu parenting belum banyak kupelajari. Aku bahkan tidak menyadari pencernaan anakku sangat sensitif dengan makanan tertentu. Imunitasnya rendah, mudah sekali sakit. 

Selasa, 21 Juli 2020

Kopi Organik Air Hitam dan Way Tenong Lampung Barat

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,


Setiap hari yang ditunggu suamiku adalah secangkir kopi. Sejak sering begadang mengerjakan tesis, tiga tahun lalu. Suamiku akrab dengan kopi. Berbagai jenis kopi sering dibelinya. Apalagi kopi yang berasal dari Lampung. Nah, saat aku kenalkan dengan kopi organik air hitam dan Way Tenong Lampung Barat ini, suamiku exited sekali.



Sabtu, 18 Juli 2020

Pengalaman Berbagi Makanan di Era New Normal


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Beberapa hari yang lalu aku melihat warung langgananku sepi. Sejak pandemi Covid-19 ini pelanggan merosot tajam. Dulu, warungnya ramai dengan anak kos di sekitar warung. Para pekerja juga banyak sarapan di warungnya. Kini sepi dan aku merasakan omsetnya menurun tajam. Padahal, dibanding warung sayur matang, warungnya paling murah dan enak. Bayangkan, sayuran matang seporsi bisa beli dengan tiga ribu rupiah saja. Wih, murahkan?

Tapi, aku juga sedih mendengarkan ada tunanetra di sekitar rumahku yang kesulitan mencari pekerjaan. Rata-rata mereka berprofesi sebagai tukang pijat. Ya, sejak pandemi ini mereka berhenti total. Orang-orang takut menerima pijatan. Tidak ada lagi pemasukan. Nah, aku dan teman-teman pengajianku berinisiatif memberikan bantuan sayuran.


Jumat, 10 Juli 2020

Cara Mudah Edit Foto dengan Snapseed

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,
Sejak pandemi COVID-19 ini aku belajar bisnis masker tapis. Alhamdulillah respon pasar menyambut dengan baik. Sejak tanggal 9 juni 2020 hampir 1000 masker yang terjual. Pengiriman sampai ke Jakarta, Kalimantan, Bengkulu dan lainnya. 


Kamis, 09 Juli 2020

7 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh pada Fase New Normal

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 
Beberapa pekan ini aku sibuk belajar bisnis masker tapis. Tentunya aku mulai sering keluar rumah. Padahal, di fase new normal ini, aku perlu banyak persiapan saat keluar rumah. Selain masker, aku juga membawa Hand sanitizer atau sering cuci tangan saat usai ke ATM atau mengantarkan paket pesanan masker tapis. 



Suatu hari, aku kehujanan. Pakaianku basah kuyup dan mulai terasa mengigigil. Wiih, kepala mulai pusing, perut mual dan panas dingin. Tak enak sekali rasanya mengalami masuk angin. Aku sudah mulai khawatir kalau aku akan terkena flu atau batuk. 

Kamis, 02 Juli 2020

Pelatihan Blog Online Bersama Naqiyyah Syam

:: Kelas Ngeblog Seru ::⁣⁣
⁣⁣
Menulis di blog dapat menjadi sarana untuk terapi diri, dokumentasi keluarga,  portofolio prestasi dan sebagai sarana personal branding. ⁣
Bonusnya, menulis di blog dapat menghasilkan uang! Wow, bagaimana caranya? ⁣

pelatihan blog online


Jumat, 12 Juni 2020

7 Manfaat Meresensi Buku

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

Disaat pandemi Covid-19 ini banyak waktu untuk di rumah saja. Salah satu yang aku sukai adalah membaca buku. Setelah membaca, aku mememilih untuk meresensinya di blog atau instagramku. 

Meresensi buku adalah keterampilan yang dapat dilakukan semua orang. Saat sekolah dasar (SD) juga sudah diajarkan cara meresensi buku kan? Tapi, tidak semua orang menekuni dunia meresensi buku. 

Aku pun dulu awalnya tidak tertarik, namun semakin dicoba, meresensi buku saat mengasyikkan. Nah, kamu penasaran manfaatnya meresensi buku? 


Selasa, 09 Juni 2020

Resensi Buku Risalah Pesona


Judul             : Risalah Pesona
Penulis          : Rafif Amir
Penerbit         : Satoe
Tahun terbit   :  April, 2020
ISBN             : 978-623-93404-2-1

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Episode kehidupan pasti membawa banyak cerita. Ada yang suka, maupun duka. Kepingan cerita itu jika digabungkan membawa banyak sekali makna. Menjadikan kenangan dan juga pembelajaran. Untuk itulah penulis menuliskan 107 halaman dalam buku non fiksi berjudul Risalah Pesona.

Buku Risalah Pesona

Buku ini kumpulan kisah kehidupan penulis dari nol berkarir sebagai penulis, sebagai suami bahkan kisah sebagai anak dengan kedua orang tua bercerai. Kisah diawali dengan tulisan Calon Ayah dan Calon Bayi, bagaimana penulis menghadapi istri yang ngidam dan bagaimana ia memperlakukan sang janin di dalam kandungan. Bahkan sudah mempersiapkan mental jika istri mengalami baby blues sydrome (Hal 3).

Senin, 01 Juni 2020

Cara Mencegah Gigi Berlubang

Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Menjaga kesehatan gigi memang sangat diperlukan. Apalagi saat suasana Idul Fitri kemarin, di mana banyak mencoba makan atau minum manis.

Gigi merupakan salah satu organ penting manusia yang berguna untuk memotong dan atau menghancurkan makanan agar dapat didicerna dan ditelan dengan baik. 

Cara Mencegah Gigi Berlubang
Senyum merona bikin makin mesra :)

Kamis, 28 Mei 2020

Strategi Auto 2000 Kertajaya dalam Memberikan Pelayanan Terbaik di Masa Covid-19

Auto 2000 Kertajaya ternyata mempunyai cara tersendiri dalam menarik perhatian para masyarakat di tengah pandemic Covid 19 ini. Toyota dan Auto 2000 melakukan berbagai strategi supaya dapat meminimalisir adanya penularan virus covid 19. Hal ini dikatakan pada saat melakukan open house yang dilakukan untuk memperkenalkan produk Toyota terbaru New Agya. Peserta Operation Manager terbaru Auto2000 Jawa Timur yang sengaja dilakukan supaya menghindari adanya perkumpulan orang banyak.



Rabu, 27 Mei 2020

8 Tipe Mobil Sesuai Katalog Daftar Harga Toyota

Salah satu pabrikan mobil yang sukses merajai pasaran otomotif di Indonesia, Toyota memang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Toyota mempunyai banyak pilihan mobil yang selalu laris manis dipasaran Auto2000. Beragam tipe mobil diluncurkan di Auto2000.co.id dengan jenis yang banyak, salah satunya adalah untuk kebutuhan transportasi pribadi atau MPV (multi purpose vehicle), daftar harga Toyota yang ditawarkan juga bervariasi dan cukup terjangkau. Daftar harga mobil Toyota sendiri dibanderol mulai dari harga 100 jutaan saja.



Cerita Lebaran 2020 di Rumah Aja

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,


Bagaimana nih kabarnya. Tahun ini kami lebaran di rumah aja. Tidak mudik ke Bengkulu seperti rencana semula, ataupun ke Lampung Timur melihat Mamak mertua. 

Aku juga tidak belanja banyak persiapan lebaran. Tahun ini aku bisa santai karena belanja bisa menutup teman yang buka jasa belanja. Untuk makanan aku juga ada pesan tetangga yang masak lodeh dan sambal kentang. 

Tapi, untuk ketupat, opor dan rendang aku masak sendiri. "Nanti kalau enggak sesuai rasanya, gimana?" itu kata suami pas aku ingin pesan makanan lebaran.

Baiklah, jadilah aku masak dengan ilmu seadanya. Soalnya aku enggak terlalu jago masak rendang atau opor. Semua bermodal niat dengan semangat hehe...

lebaran 2020 di rumah aja

Selasa, 12 Mei 2020

7 Hal Kegiatan Ngabuburit di Rumah Aja

Kegiatan Ramadhan tahun ini berbeda. Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan negara lainnya, Ramadhan di rumah saja. Kegiatan bukber atau buka puasa yang biasanya diinginkan sudah tak ada. Padahal, kalau ada bukber, acara yang paling ditunggu itu adalah ngabuburit alias acara mengisi waktu menunggu adzan maghrib berkumandang. Banyak hal positif yang dapat dilakukan saat ngabuburit loh!



Nah, berikut kegiatan seru yang dapat dilakukan selama ngabuburit di rumah aja :



7 Hal Kegiatan Ngabuburit di Rumah Aja

Selasa, 05 Mei 2020

Tips Foto Produk dengan 5 Aplikasi Edit Foto

Sejak anak-anak bersiap makan dan membuat MPASI, aku senang sekali mengabadikan menu makanan mereka. Walau saat itu, ilmu fotografiku masih sangat minim. Berjalan dengan waktu, aku semakin sering diundang untuk mereview makanan dan mereview produk dan jasa. Aku mulai berpikir untuk mendalami ilmu editing foto. Setidaknya dengan modal smartphone, foto yang dihasilkan bagus dan indah. 



Tips Foto Produk dengan 5 Aplikasi  Edit Foto

Kamis, 30 April 2020

Tips Menjaga Kesehatan Mental Anak Saat Covid-19


“Mi, adek kangen teman-teman! Adek kan
gen sekolah!” 


Begitu cerita Aisyah beberapa hari lalu. Tentu saja mendengarnya aku terenyuh sedih. Sejak adanya wabah Covid-19, anak-anak belajar di rumah saja. Memang sih setiap hari akan ada sapa dari gurunya di group WA, dari voice note, video hingga mengajak video call. 

Namun, itu belumlah menjadi obat kangen Aisyah dengan sekolah dan teman-temannya. Maklum sekolah sangat dekat dengan rumah kami. Dari rumah saja, sudah terlihat gerbang belakang sekolah. Aisyah sebelum wabah Covid-19 sering bermain di sekolah. 

  Tips Menjaga Kesehatan Mental Anak Saat Covid-19

Jumat, 24 April 2020

Social Distancing dan Kopdar Daring KEB

Social Distancing dan Kopdar Daring KEB


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Kamis, 23 April 2020 suami mendapat WA dari kakak ipar kalau tetangganya dijemput ambulan sebagai pasien positif Covid-19. Langsung saja suami menyampaikan untuk waspada, mengingat rumah kakak ipar sangat dekat dengan rumah pasien tersebut.

Beberapa hari juga mendengar kabar seorang mahasiswa Unila positif Covid-19. Rumahku dekat dengan Unila dan sempat berpikir, wih banyak saja pasien di Bandarlampung. Namun, sebagai ibu rumah tangga, aku masih harus ke warung dan belanja beberapa keperluan rumah tangga. 

Catatan Pernikahan ke-15 : Pentingnya Komunikasi Suami-Istri


Catatan Pernikahan ke-15


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Bulan April adalah istimewa bagi kami. Lima belas tahun silam tepatnya 24 April 2005 kami mengikat janji. Ya, kami mengadakan pernikahan di Bengkulu. Tahun itu aku belum wisuda, keputusannya kami menikah setelah seminggu aku ujian skripsi. Alhamdulillah proses pernikahan lancar.

Perjalanan pernikahan kami tentunya seperti pasangan lainnya. Mengalami pasang surut menghadapi lika-liku kehidupan berumahtangga. Ada saat LDR, ada saat berkumpul. Ada saat tertawa, ada saat menangis. Kami belajar saling mendukung dan memahami.

Kamis, 23 April 2020

Mencegah Penyebaran Covid-19 dalam 7 Langkah



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Mencegah Penyebaran Covid-19 dalam 7 Langkah. Membaca berita mengenai penyebaran Covid-19 semakin membuat cemas. Ya, angka kematian semakin meningkat. Kadang bertanya, "Sampai kapankah berakhir?" Namun, tak habis pikir setelah berita penyebaran antar manusia ke manusia, tapi tetap saja banyak yang mau berkumpul.

Rabu, 22 April 2020

Cara Membantu Sesama Saat Pandemi Covid-19


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 
Pandemi Covid-19 menjadikan kita harus stay at home. Bosan enggak? Pastilah ada perasaan bosan dan sedih. Tapi, lihatlah di sekitar kita apakah masih ada yang jauh lebih menderita dibanding keluarga kita? 

Selasa, 21 April 2020

Dampak Covid-19 Terhadap Kehidupan Sehari-hari




Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Covid-19 memberi dampak yang meluas sekali bagi kehidupan sehari-hari, termasuk aku sebagai ibu rumah tangga. Sejak pandemi Covid-19 anak-anak libur sekolah dan mulailah cerita mengenai aku menemani anak-anak belajar di rumah.

Pekan pertama, rasanya  stres melanda. Aku terbiasa sepi kalau pagi, tiba-tiba semua berkumpul dan tidak boleh keluar rumah. Anak-anak protes dong, "Kenapa tidak boleh ke warung?" atau "Ih, Corona bikin Aisyah enggak boleh main aja!" sedih melihat mereka murung tidak boleh keluar rumah, tapi demi keselamatan, aku terus memberikan pengertian.

Senin, 20 April 2020

Apa Itu Covid-19?

apa itu covid-19?


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

Beberapa waktu lalu aku mengikuti Kulwapp mengenai Covid-19 yang diadakan Forum Lingkar Pena (FLP) dengan pematerinya dr. Ainul Nismala. Nah, sebelum kita kenal Covid-19, kita lebih mengenal Virus Corona. Apa itu ya? Kok jadi Covid-19?


Menurut dr. Ainul Nismala, Coronavirus ini adalah jenis virus yang menyebabkan penyakit mulai dai gejala ringan sampai berat. Nah, ada 2 jenis Coronavirus yang dapat menyebabkan penyakit yang menyebabkan gejala berat, yaitu :

Minggu, 19 April 2020

7 Cara Mengajarkan Puasa Pada Anak Usia 5 Tahun

7 Cara Mengajarkan Puasa Pada Anak Usia 5 Tahun

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom

Tahun ini adalah tahun kedua Aisyah belajar berpuasa. Tentu saja aku senang sekali karena Aisyah mulai memahami kenapa berpuasa. Di group TK sudah disampaikan video dongeng tentang mengapa anak belajar berpuasa. Aisyah mengikuti dongeng itu dan belajar menceritakan kembali dongeng yang disampaikan.

Kamis, 16 April 2020

DIY : Membuat Perahu dan Ikan dari Origami


DIY : Membuat Perahu dan Ikan dari Origami. Assalamualaikum Sahabat Smart Mombagaimana kegiatan belajar di rumah? Anakku Aisyah yang TK A sudah mulai enjoy belajar dengan Uminya. Awalnya sedih tidak diperbolehkan main dengan teman-temannya. Tapi, setelah berulang-ulang dikasih pengertian mengenai keadaan pandemi Covid-19 ini, Alhamdulillah mau mengerti.

Sabtu, 11 April 2020

Resensi Kembara Rindu : Novel Habiburrahman El Shirazy Berlatar Lampung

Resensi Kembara Rindu Novel Habiburrahman El Shirazy Berlatar Lampung

Judul : Kembara Rindu
Penulis : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit : Republika
Cetakan : 1, September 2019
Jumlah Halaman : 266 hal

Adalah Ridho seorang lelaki asal Way Meranti Lampung Barat menuntut ilmu di Pesantren Darul Falah Desa Sidawangi yang diasuh oleh Kyai Nawir. Lama merantau sebagai santri dan khadim menemani Kyai Munawir Abdul Jalil berdakwah, akhirnya Ridho pulang ke kampung halamannya.

Jumat, 10 April 2020

Keuntungan Membuat Website Untuk Bisnis Online Yang Harus Kamu Sadari






Banyaknya pelaku bisnis online yang semakin hari semakin bertambah, membuat persaingan di dalamnya menjadi semakin ketat. Salah satu media perang yang digunakan adalah website

Ada sejumlah keuntungan akan kamu dapatkan dengan membuat website untuk toko online atau bisnis yang sedang kamu jalankan. Apa saja keuntungan itu? Berikut ini informasinya. 

Senin, 06 April 2020

Pengalaman Liqo, Keluarga Mengaji



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Alhamdulillah senang sekali di masa Covid-19 ini keluarga kami berkumpul di rumah dalam keadaan sehat. Abi sudah bekerja di rumah saja, tapi masih harus bolak-balik ke kantor karena mempersiapkan pelatihan online, maka menyiapkan videonya di lab kantor.

Selama di rumah saja, tentu mengalami anak-anak rewel, jenuh, bosan dan lainnya. Bagaimana sikap kita sebagai orang tua membujuk anak dan berkerjasama dalam memahami kondisi saat ini? Kenapa harus di rumah saja? Inilah menjadi ajang kami untuk memberikan pengertian kepada anak-anak. Bahkan perlu menceritakan pada zaman Rasulullah SAW pernah mengalami lockdown seperti ini.

Sore kemarin untuk pertama kalinya keluarga kecil kami mengadakan liqo keluarga atau mengaji bersama keluarga inti kami secara formal hehe... Jika selama ini Abi menasehati dengan cara santai, kemarin cukup formalitas karena kami melakukan urutan sebagai berikut :