Tips Menjaga Kesehatan Pasca Kuret yang Hemat dan Mudah

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 
Perawatan pasca kuret alhamdulillah tak harus lama di rumah sakit. Sehari sudah kuret, esoknya aku sudah boleh pulang. Bersyukur banget enggak lama-lama di rumah sakit. Kasihan anak-anak kelamaan ikutan di rumah sakit. Maklum enggak ada keluarga yang bisa dititipkan jaga anak-anak. Seketika badan jadi kian sehat ketika dokter bilang perawatan pasca kuret di rumah saja. 

Tips Menjaga Kesehatan Pasca Kuret yang Hemat dan Mudah
Olahraga jalan kaki menjaga kesehatan pasca kuret

Untuk tips menjaga kesehatan pasca kuret yang hemat dan mudah bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Selain banyak istirahat, ibu pasca kuret harus rilek dan jangan banyak pikiran. Untuk mengobati kesedihan, perbanyak dzikir dan berserah diri pada Allah. Cari teman curhat? Yes, aku curhat dengan teman SMA yang juga bidan plus beberapa teman yang aku percayai.

Namun, kondisi pasca kuret setiap orang berbeda-beda. Ada yang 3 hari sudah langsung bisa masuk kantor. Ada yang 2 bulan badan baru fresh. Ada yang 40 hari baru sehat bugar. Jadi kenali diri sendiri. Aku sendiri 2 minggu baru berani keluar rumah. Baru berani bawa motor karena emang kondisi terasa lelah sekali pasca dikuret. 
Menikmati berkumpul bersama anak-anak



Setelah 2 minggu aku melakukan jalan pagi di sekitar rumah, masak makanan yang aku sukai dan kegiatan lain yang bisa aku lakukan di rumah saja. Perlu diketahui aku kuret di usia 41 tahun, bisa saja beda kondisi ketika orang lain kuret diusia 30 tahun. Jadi, jangan bandingkan!

Tips Menjaga Kesehatan Pasca Kuret yang Hemat dan Mudah


· Beristirahat saat perut kram

Efek samping yang umum setelah prosedur ini adalah ketika Anda mengalami kram ringan di dalam dan sekitar perut. Oleh karena itu, Anda perlu istirahat agar rasa sakit yang Anda rasakan berangsur-angsur hilang. Jika Anda tergolong rentan nyeri, ada kemungkinan dokter akan meresepkan obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau parasetamol. 

· Menggunakan pembalut

Kemudian efek samping lain yang mungkin terjadi setelah kuret adalah munculnya bercak darah hingga pendarahan ringan. Oleh karena itu, perbanyak istirahat, makan obat yang teratur, ganti pembalut jika masih banyak darah keluar. Tapi, pengalamanku hari kedua pasca kuret sudah sedikit darahnya.

· Melakukan aktivitas dan olahraga ringan

Bahkan jika Anda mengalami kram dan rasa tidak nyaman di bagian tubuh lainnya, Anda diharapkan tetap melakukan aktivitas ringan. Aktivitas ringan atau olahraga merupakan salah satu perawatan baik setelah maupun setelah kuret.

Misalnya, cobalah berjalan-jalan di sekitar rumah sambil melakukan gerakan ringan untuk mengaktifkan kembali otot-otot. Hal ini dilakukan untuk menjaga otot tetap kuat dan mencegah penggumpalan darah di kaki.

Menjaga Kesehatan Pasca Kuret
Makin romantis bersama suami agar cepat sembuh pasca kuret


Hindari Makanan Ini Pasca Kuret?


1. Junk Food atau Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji seperti pizza, burger, ayam goreng dan makanan beku sangat menarik untuk disantap setiap saat. Namun, lebih baik untuk menghindari junk food setelah Anda melalui proses kuret. Cobalah makanan yang bergizi seperti bening-beningan, ikan gabus, telur dll. 

2. Makanan Manis

Anda harus membatasi asupan makanan manis setelah menjalani kuret. Makan terlalu banyak gula meningkatkan risiko terkena diabetes karena kadar gula darah yang terlalu tinggi. Kondisi ini memperlambat proses penyembuhan luka. Anda bisa mengganti makan buah untuk mendapatkan gula dan energi dalam tubuh melalui makanan manis alami. Namun, perhatikan bagian penggunaannya.

3. Susu Berlemak

Konsumsi susu berlemak setelah prosedur kuretase dapat menyebabkan luka meradang yang menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Hindari makanan susu berlemak untuk sementara waktu untuk membantu rahim lebih cepat sembuh. 

Spritual Pasca Kuret


Jika Anda mengalami kuret ketika usia kandungan Anda sudah cukup besar, apalagi anak yang diunggu-tunggu, pastilah rasa sedih itu datang. Belum lagi jika kuret bukan yang pertama, sedih kian bertambah. Tapi, yakinlah Allah menyiapkan sesuatu yang indah setelah rasa sedih ini.

Allah memilihmu karena yakin kamu kuat menghadapi rasa ini. Ikhlaskan diri dan hati menghadapi rasa sakit dan sedih ketika kuret. Bagi teman-teman yang berkunjung atau mendengar teman yang mengalami kuret, memang kata-kata SABAR itu terdengar klise tapi kadang BERAT sekali menjalankannya. Coba hibur dengan kata-kata : Semoga Allah memberikan kekuatan dalam kesabaran. Peluk dan hibur teman Anda.

Nah,sahabat Smart Mom, semoga pengalaman di atas dalam menjaga kesehatan pasca kuret yang hemat dan murah bermanfaat, ya! Selamat mencoba!


40 komentar untuk "Tips Menjaga Kesehatan Pasca Kuret yang Hemat dan Mudah"

  1. Berat juga ya pasca kuret semangat saja melewatinya, hehe mantep ini tipsnya agar pasca kuret lebih sehat. Terima kasih tipsnya.

    BalasHapus
  2. Duh, aku baca kuret itu ngilu. Sehat-sehat ya mba naqi, semoga lekas sehat tuntas semuanya, aamin

    BalasHapus
  3. Mba Naqiiii semogaaa semakin sehaatt, tawakal dan semangaatt, ya.

    Yah, begitulah kehidupan. Ujian rasa senang dan sedih datang silih berganti.
    Bismillah, semoga kita semua ikhlas dan makin optimistis plus beriman.

    BalasHapus
  4. Wah, mbak Naqi menjalani kuret di usia 41 tahun.... :) Salut dengan semangat mbak yang sabar dan semakin bisa menjaga kesehatan pasca dikuret dan mengikhlaskan segalanya kepada Allah SWT. Oh jadi ada makanan2 tertentu yang sebaiknya tidak dikonsumsi ya, seperti yang susu berlemak, makanan manis dan junk food. Sehat2 ya mbak.

    BalasHapus
  5. kuret itu sakitnya kebayang sih, ngilu aku juga, sehat-sehat terus ya mba, semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbk awal sebelum operasi kayak kontraksi melahirkan normal

      Hapus
  6. Beberapa waktu yang lalu sepupuku kuret di kehamilan 3 bulan.Janinnya gugur begitu saja mungkin karena kecapean ya.Takut gak bersih akhirnya dikuret. Thanks mom untuk tipsnya pasca kuret

    BalasHapus
  7. Semoga kini kondisinya sudah pulih kembali ya, Mbak. Sehat dan tetap semangat ya. Benar, yakin saja Allah memeprsiapkan sesuatu yang indah setelahnya.
    Jangankan masih berapa bulan ya. anak pertama saya 13 hari meninggal dunia. Peluk untuk semua Ibu yang mengalami hal sama

    BalasHapus
  8. Sehat-sehat ya, Mbak. Kondisi tubuh di usia 40-an tentunya berbeda dengan usia 30-an. Gak bisa dipungkiri, sel-selnya kan sudah lebih lama diajak bekerja. Jadi memang perlu treatment khusus agar kondisi tubuh tetep fit apalagi selepas kuret begini.
    Semoga Mbak Naqi sehat selalu, sabar dan ikhlas. Semoga Allah kuatkan ya, Mbak.

    BalasHapus
  9. Luar biasa perjuangan kuret itu ya mba. Teman pernah cerita kalau sakitnya tuh melebihi sakit lahiran. Mungkin seperti mba Naqi bilang masing-masing orang beda-beda ya mba, ada yang lekas pulih ada yang lama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mbk tiap orang beda daya tahan tubuh juga

      Hapus
  10. Kata temanku, sakitnya kuret itu melebihi sakitnya pas melahirkan. Ih saya bayanginnya aja ngeri. Jadi bener-bener wanita yang kuat yang karena keguguran lalu harus di kuret tuh menurut saya.

    Selain pemulihan fisik, harus diperhatikan juga sisi psikologisnya. berat pastinya, sudah berharap tak lama lagi bakal menimang bayi, tapi ternyata nggak jadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbk psikologisnya juga perlu dijaga, apalagi kalau anak pertama atau anak yang lama diharapka hadir, terasa lebih sediih...

      Hapus
  11. Mba Naqi sehat selalu yaaa.. pengalaman kuret rasanya campur aduk ya mba. Terima kasih udah nulis inii..Sahabat aku dulu pernah dikuret. Trauma dan merasa kehilangan sekali. Butuh dukungan dari sekeliling..
    Btw, semangat jalan sehatnya ya mba

    BalasHapus
  12. Aku tuh ngilu kalau dengar teman atauy kerabat yang habis kuret, terlebih lagi ke psikis ibunya. Ada yang bisa menerima tapi ada juga yang tidak, memang support keluarga itu perlu banget untuk perempuan ya. Sehat-sehat ya mbak Naqi.

    BalasHapus
  13. Halo mba Naqi. Semoga selalu diberikan kesehatan ya mba. Aku jadi ingat mamaku yang menjalani proses kuret. Tak mudah memang. Dan teryata juga ada banyak makanan manis yang harus dihindari ya mba

    BalasHapus
  14. Semoga tidak mengalaminya, terbayang sedihnya buah hati yang di tunggu tidak bisa kita asuh.

    Perjuangan seorang wanita ya mam hamil melahirkan sedihnya kalau si kecil tidak mau kita rawat alhasil kembali ke Allah.

    ( gusti yeni famtrip)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bismillah terus semangat menerima takdir ini

      Hapus
  15. Mbak Naqi peluk erat yaaa semoga Allah SWT memberikan Jannah untuk ananda

    Kekuatan dalam kesabaran... Indah sekali kalimat ini ... Aku juga sedang bertanya "Kuatkah aku menjalani ini semua?"

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbk semangat buat kita semua perempuan tangguh insya Allah ya

      Hapus
  16. cepat pulih ya mba naqi, semoga tetap semangat dan bisa beraktivitas seperti biasa lagi.
    aku dulu pernah juga keguguran janin umur 3 bulan tapi nggak sampai dikuret karena janinnya keluar sendiri. cuma minum obat. sedih banget, tapi bersabar dan mengambil hikmah membuat kita tetap kuat dan lebih menerimanya

    BalasHapus
  17. Yang sering terlupa, berolah raga ringan. Biar siap menghadapi hari dengan sikap yang lebih positif dan hasil yang maksimal

    BalasHapus
  18. Sabar ya mbak
    Semoga Allah selalu memberikan kesehatan
    Apa yang terjadi ini emang tidak mudah ya mbak, tapi saya doakan mbak Naqi bisa melaluinya dengan baik

    BalasHapus
  19. Ya Allah,
    semoga Allah berikan dan limpahkan pahala bagi perjuangan para wanita yang ikhlas menjalani.
    Salut sekali dengan segala ujiannya, kak.

    BalasHapus
  20. Semoga senantiasa sehat selalu ya Mbak
    Aku doakan dari jauh
    I feel you dalam kondisi tersebut
    Semangat untuk berkarya lagi pokoknya setelah kejadian ini

    BalasHapus
  21. Harus pilih makanan kaya protein dan sehat ya mbak, biar pemulihan lukanya cepat.. Betul, kuret tu pasti pengalanan yang tidak mengenakkan. Jadi butuh banyak doa agar hati dan pikiran diberi ketenangan dan kesehatan. Semoga kita selalu sehat ya mbak..

    BalasHapus
  22. Makanan sehat memang berpengaruh banget untuk pemulihan pasca kuret ya mba. Semoga sehat seperti sedia kala ya mb Naqi

    BalasHapus
  23. Semoga lekas pulih bagi Mb Naqi atau siapapun yang menghadapi case sama. Hindari pantangan seperti yang disebutkan di atas agar makin cepat proses pemulihan fisiknya.

    BalasHapus
  24. terima kasih mak atas srana dan cerita pengalamannya semoga segera pulih kembali seperti sedia kala yah. tetap semangat sehat yah

    BalasHapus
  25. Bagi mereka yang kehamilannya benar-benar ditunggu proses kuret ini pastinya sangat bikin sedih ya, mbak. Makasih tipsnya nih pasti berguna banget buat para ibu yang harus menjalani kuret

    BalasHapus
  26. Kakak sepupuku pernah kuret di usianya yang ke 37 atau 38 gitu. Dan emang rasanya menghiburnya dengan kata yang sabar ya. Itu terdengar klise sekali. Karena bayinya adalah anak yang sedang didambakan.

    BalasHapus
  27. Setuju nih dengan pendapat mbak, bahwa orang per orang beda kondisinya. Ada yang pasca kuretnya masih harus kontrol sekian kali ke dokter atau rumah sakit, ada pula yang baik-baik saja dengan perawatan rumahan.
    Intinya sih, sama-sama tetap harus kita berikan empati yang luas.

    BalasHapus
  28. Turut prihatin ya mbak Naqi
    Speed recovery
    Pasca kuret tak hanya butuh pemulihan secara fisik ya, tapi juga perlu pemulihan spiritual
    Semoga Allah mudahkan ya, mbak

    BalasHapus
  29. Segera pulih kembali seperti sedia kala ya Mbak Naqi
    Saya sendiri pas Ramadan kemarin harus masuk IGD rasanya tuh nano nano padahal tindakannya tidak ada yang spesial.

    BalasHapus
  30. Beberapa waktu yang lalu juga dari keluarga ada yang mengalami hal ini, dan itu berangsur sangat lama banget sampe 3 bulanan. Sempat khawatir banget karena gak pulang-pulang harus terus dirawat di rumah sakit, tapi syukurlah sekarang sudah sehat kembali.. Saran-sarannya diatas juga jadi bisa lebih tau cara menjaga hal itu jika nantinya terjadi lagi..

    BalasHapus
  31. Entah kenapa aku tiba-tiba merasa ingat saat kejadian di kamar bersalin dulu bebarengan sama ibu-ibu yang mengalami kuret. Dan ternyata perawatannya pun harus kan perawatan ekstra ya

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^