Manfaat Minum Kopi

Manfaat Minum Kopi - Ada banyak rumor, mitos, dan kontroversi seputar minuman yang memikat ini yaitu kopi. Tetapi tidak peduli berapa banyak mereka berbicara tentang minuman ini, pecinta kopi tetap memiliki banyak alasan mengapa minum kopi keuntungan jika mengonsumsinya. Setelah mencicipi kopi sekali, tidak mungkin untuk menolaknya. 


Terlepas dari sejumlah besar kerugian yang jelas, pecinta kopi masih akan menemukan manfaat minum kopi. Lagi pula, rasa unik dan aroma biji kopi yang memikat ini tidak bisa dibandingkan dengan apa pun. Sebagai penggemar berat minuman ajaib ini, saya memutuskan untuk mencari tahu apakah kopi benar-benar berbahaya apa justru manfaat minum kopi banyak sekali.


Baca Juga : Jenis Makanan dari Pisang Tanduk

Apa Saja Manfaat Minum Kopi yang Bisa Anda Rasakan?

  1. Kopi meningkatkan efisiensi, memberi semangat dan meningkatkan mood. 
  2. Minuman kontroversial ini sangat bermanfaat bagi orang yang rentan terhadap depresi.  
  3. Yang terbaik, menghilangkan kantuk dan kelelahan di pagi hari dan merangsang aktivitas mental, yang sangat berguna untuk orang yang bekerja dan belajar. 
  4. Kopi membantu mengatasi migrain dan dapat meredakan sakit kepala.
  5. Ini mengandung zat-zat yang berguna bagi tubuh seperti kalsium, kalium, magnesium dan fosfor. 
  6. Manfaat penting lainnya dari kopi adalah melindungi sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari pengaruh lingkungan yang berbahaya.
  7. Kopi hitam alami bebas gula melawan patogen kerusakan gigi dan meningkatkan kesehatan gusi.
  8. Bagi perokok, minuman ini adalah obat mujarab yang vital. Kopi secara signifikan mengurangi efek berbahaya nikotin pada tubuh perokok dan risiko kanker.  
  9. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda akan senang mengetahui bahwa kopi tanpa gula dan krim mempercepat metabolisme, membakar sel-sel lemak dan membantu menurunkan berat badan. 
  10. Kafein meningkatkan aliran darah ke otak, jantung, dan ginjal.

Untuk menentukan apakah kopi berkualitas tinggi atau rendah, tuangkan susu ke dalam minuman. Dominasi rasa dan aroma kopi di dalamnya menunjukkan kualitas kopi yang tinggi. Jika rasa susu mendominasi minuman yang dihasilkan, berarti kualitas kopinya kurang tinggi. 


Kopi dan Kesehatan Mental

Pernah enggak Moms, mendengar kata, "Ngopi dulu!" sering banget istilah ini disampaikan buat orang yang mulai ngomong tidak nyambung atau sudah keluar dari pembicaraan obrolan group. Ya, kata ngopi dulu menjadi ajang penyegaran buat acara santai.

Pertemuan ngopi bareng tak hanya didominasi oleh kaum laki-laki, tapi kaum hawa juga mulai nongkrong di kedai kopi. Sembari menunggu anak sekolah atau melepaskan penat sejenak alias me time. Tak hanya di luar rumah, di dalam rumah sendiri menikmati aroma kopi segar dari secangkir kopi panas membantu mengurangi stress.

Stress yang ditimbulkan karena pekerjaaan dapat membuat kurang tidur dan badan mudah lelah. Dengan menghirup aroma kopi bikin semangat lagi, kesehatan mental pun terjaga. Dibanding marah-marah, mending ngopi dulu, iya kan?

Bagi seorang penulis, kopi udah jadi sahabat, kopi menjadi pengusir kantuk di tengah deadline, walau aku sendiri sudah mulai stop kopi karena berpengaruh pada asam lambung. Akibat dulu suka minum kopi berlebihan saat Aisyah anak ketigaku lahir. Asli biar enggak ngantuk aku ngopi sachet sehari bisa 2-3 kali, hiks.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Mental Anak Saat Covid-19


Menjaga kesehatan mental seorang ibu rumah tangga selain ngopi, cobalah berkumpul dengan teman-teman. Dengan ngobrol dan bercanda gurau akan mengurangi rasa galau di hati. Nah, ingin banyak teman, silakan mampir ke blog temanku Siska Dwyta di sana banyak sekali tips me time ibu rumah tangga dan cara menjaga kesehatan mental yang baik. 

Bagi kesehatan mental yang sudah sangat terganggu, jangan ragu ke psikolog. Kopi tak cukup mengusir galau kalau sudah masuk tahap mental. Ada banyak kisah ibu-ibu membunuh anaknya atau manyakiti anaknya karena mengalami masalah kesehatan mental. Ayo, peduli dengan ibu di sekitar kita. Jika ada gejala suntuk, murung atau menyendiri, ajaklah sesekali ngopi bareng, oke? Semoga cerita tentang manfaat minum kopi di atas bermanfaat semoga dan silakan mampir ke blog kamar kenangan untuk menemukan artikel mengenai kesehatan mental lebih dalam. Selamat ngop

2 komentar untuk " Manfaat Minum Kopi"

  1. Saya Banget nih. Pecinta kopi. Hehe

    BalasHapus
  2. Minum kopi itu ada manis pahitnya, ya, seperti rasanya begitu juga dampaknya pada tubuh. Ada kelebihan dan kekurangannya minuman satu ini di tengah trend olahannya yang banyak digemari. Terlebih buat penderita maag, terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^