Serunya KWT Barokah Panen Sayuran

Serunya KWT Barokah Panen Sayuran. Assalamualaikum sahabat Smart Mom, Hari ini aku mau cerita tentang pengalaman aku panen di kebun KWT Barokah.

Sebelumnya, aku pernah menulis tentang kegiatan baruku bersama ibu-ibu KWT Barokah. Kelompok Wanita Tani atau yang disingkat dengan KWT ini telah berdiri sekitar 4 bulan lalu di lingkungan sekitar rumahku.

Serunya KWT Barokah Panen Sayuran


Ada sekitar 18 anggota yang rutin mengikuti kegiatan KWT Barokah. Dari anggota 18 itu kami berbagi tugas untuk piket menyirami tanaman yang didampingi oleh petugas dari IZI. Seperti yang pernah aku keceritakan sebelumnya juga Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) bekerja sama dengan CSR PLN mengadakan program ketahanan pangan dengan KWT Barokah.
Maka bibit dan juga perlengkapan pertanaman ini disiapkan oleh IZI. Setelah melakukan kegiatan penyuluhan dan juga persiapan pembibitan maka panen ini pun menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri sebelumnya sebenarnya sudah panen yang pertama tapi hasilnya masih sedikit dan ini panen kedua hasilnya lumayan banyak.


Serunya KWT Barokah Panen Sayuran


Panen Oyong



Sebelum panen, kita foto dulu, oyongnya alhamdulillah tumbuh subur dan bikin gemes. 

Serunya KWT Barokah Panen Sayuran

Ini bayang belang dan bayam merah, Yang bayam merah sudah ketuaan, kelamaan enggak dipanen.

Serunya KWT Barokah Panen Sayuran


Tanaman yang kami panen seperti kangkung, sawi, bayam  belang, bayam merah timun, dan oyong. Sedangkan tanaman lainnya belum bisa dipanen. Tanaman lainnya banyak sekali loh seperti melon, tomat/ rampai, terong, cabe dan lainnya. 

Oh ya teman-teman, kami didampingi juga penyuluh pertanian yang siap membantu kami jika kami ada dalam permasalahan tentang tanaman kami untuk itu kami juga rutin pertemuan dengan Penyuluh Pertanian yaitu bersama Ibu Susi.


IZI x KWT Barokah Bandar Lampung

Kami panen ini juga dihadiri oleh bapak-bapak dari IZI. Nah teman-teman kalau teman-teman punya lahan kosong Mari memanfaatkan pekarangan dengan menanami tanaman sehingga ketika kita kekurangan bahan makanan atau ingin bahan makanannya itu sehat secara organik kita tinggal petik di pekarangan kita aja tapi kalau tidak memiliki perkarangan yang luas teman-teman bisa seperti aku mengadakan KWT dan bercocok tanam di pekarangan yang bisa dipakai atau disewa.

Serunya KWT Barokah Panen Sayuran


Dapat juga mencari sponsor loh untuk mendanai kegiatan KWT karena kalau di perkotaan itu tidak banyak loh Adalah yang bisa ditanami tapi kalau di perdesaan tentunya masih banyak tanah kosong. Nah sekreatif apa kamu bercocok tanam bisa dicoba! 

IZI x KWT Barokah Bandar Lampung


Baca Juga : 
Cara Menanam Cabe di Pot yang Benar

Cara yang kami lakukan ini memang sangat mudah, teman-teman mempersiapkan media tanamannya dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang. Diamkan selama 1 minggu, setelah bercampur dengan baik, siap ditanami. Siapa nih mau mencoba bercocok tanam juga?

Hasil Panen Sayuran di KWT Barokah


Nah, Sahabat Smart Mom, kurang lebih 1 jam kami panen, hasil yang didapat ditimbang dan dicatat. Kemudian dibagi untuk anggota, baik yang hadir atau tidak. Tentunya yang hadir lebih banyak karena sudah ikut panen. 

Panen Sayuran KWT Barokah Bandar Lampung


Panen kali ini memang lebih banyak, dibanding panen pertama. Saat panen pertama aku hanya dapat 1 ikat kangkung dan 1 ikat bayam merah. Sedikit banget deh! Tapi, kali ini aku dapat lumayan banyak yakni 1 ikat kangkung, 1 ikat bayam belang, 1 ikat sawi, 2 buah oyong dan 2 buah timun. Lumayan banget kan? Apalagi tanaman ini dengan pupuk organik, sehingga rasa sayuran lebih manis.

Kesanku Setelah Ikut KWT Barokah




Alhamdulillah aku senang banget bertemu dengan circle baru. Di mana bertemu dengan ibu-ibu bukan hanya dari gang dekat rumahku, tapi beda gang dan agak jauh. Tapi, kami bisa kompak berbagi tugas, sehingga bisa panen sampai kedua kalinya. 

Profesi ibu-ibu di sini beraneka ragam, ada yang ibu rumah tangga, penjahit, guru tahsin, pedagang, pemilik kos-kosan dan lain sebagainya. Setiap bertemu mereka menambah rasa syukurku. Kami bisa berbagi cerita dan tertawa sejenak. Melupakan kepenatan tugas domestik. 

Memang aku belum rajin membuat jurnal syukur, tapi aku rajin mengumpulkan momen indah dalam hidupku menjaid sebuah tulisan, foto dan video. Setidaknya, aku bisa makin bersyukur melewati momen indah seperti bergabung dalam KWT Barokah ini. 

Ke depan, KWT Barokah semoga semakin maju dan meningkatkan budidaya ikan di kolam yang saat ini baru berisi ikan nila dan  ikan mas. Sapa tahu kan ada bantuan budidaya ikan lele  jadi kelak sudah panen sayuran, tomat rampai, cabe, bakar ikan bisa makan seruit, makanan khas Lampung. 

Itulah Sahabat Smart Mom, ceritaku Serunya KWT Barokah Panen Sayuran, semoga menginpirasi dan salam ketahanan pangan keluarga!

22 komentar untuk "Serunya KWT Barokah Panen Sayuran"

  1. dari awal ngebatin KWT tuh apaan, ternyata langsung ketemu jawabannya di paragraf kedua, ahahaha. seruu yaa kegiatan baru, bermanfaat pula. panen rame2 hasilnya untuk anggotanya masak sendiri. hobi membawa berkah ini mah :D

    BalasHapus
  2. masya Allah asyik banget mba panennya.. moga semakin barokah ya KWT Barokah . Itu hijau dan rimbun2 yaa, wah aku mau sayur bayam merahnya mba. Sukses terus panennya makin berkualitas subuuur^^

    BalasHapus
  3. Jadi pengalaman yg mengesankan sekaligus menyenangkan pastinya bisa turut serta di moment oahen sayurnya. Selain itu kegiatan ini jg cukup mengedukasi sebab ada penyuluhan dan juga prosesi pembibitan 

    BalasHapus
  4. duh asik banget ini mak Naqi melihat sayur-mayur yang sudah siap panen dan bisa langsung dinikmati juga ya. Aku kalau sayur hijau gini tuh suka kalap karena memang doyan makan sayur.

    BalasHapus
  5. Mak Naqiiii, aku mau banget deh gabung di KWT, di sini juga aku ada program penghijauan, tapi baru mau mulai banget, dan belum ada pengurusnya. Pengen suatu saat panen sayuran kayak begini deh

    BalasHapus
  6. Mbak senangnya bisa panen sayuran segar begini, di lingkungan sendiri sekalian bersilaturahmi. Sukses untuk KWT Barokah semoga panennya makin banyak nantinya. Semangat!

    BalasHapus
  7. mak sayurannya banyak banget lho, trus hasil panennya juga melimpah, seger seger, enak tuh langsung di eksekusi masak

    BalasHapus
  8. Wuaaa menarik sekali ini mbak, seru ya ikut kelompok KWT gini. Apalagi sayurnya seger seger banget...klop deh kalo nanti ada bididaya lele, nggak perlu ke pasar lagi ya hehe

    BalasHapus
  9. Bisa berkebun dirumah,impian banget ini. Kebayang perlu bahan2 makanan buat dapur,kita tinggal petik senengnyaa pastii :). Tapi aku masih perlu belajar kadar Ph tanah yang baik,belajar buat fermentasi pupuk kompos/kandang,cara menghindari tanaman dari jamur dan hama,banyak banget yg kudu dipelajari. Ini cocok banget mbaa cucookk hehehe :)

    BalasHapus
  10. Seru banget sih kegiatan berkenun maupun ternak ikannya pastinya pas panen bahagia ya rasanya.
    Baru tau ada lahan yang bisa disewa buat perkebun. Aku kepoh berapa biaya sewanya hehe
    Pengen jg nih nanti di rumah baru insyaAllah mau menyediakan lahan utk berkebun. Biar bisa metik sayuran dari rumah sendiri dan merasakan ketahanan pangan walau ada krisis, misalnya TFS

    BalasHapus
  11. Ya Allah~
    Seneng kalo bisa panen melimpah sayuran segar dari KWT Barokah.. Pengalaman untuk rajin menanam dan mendapatkan hasilnya ini, kak, alhamdulillah..

    BalasHapus
  12. Serunya panen di Kelompok Wanita Tani Barokah. Kalau di desaku, masih yang di pekarangan sendiri buat tanam-tanam. Paling bibitnya aja yang dikasih. Kalau ngumpul kaya gini, makin seru dan semangat buat berkebun

    BalasHapus
  13. Wah senangnya bisa panen sayuran seperti ini
    Berkebun jadi aktivitas yang menyenangkan ya mbak.
    Apalagi saat panen seperti ini

    BalasHapus
  14. Ikutan panen sayuran begini seru banget ya mba. Aku jadi ingat waktu di Jakarta, belajar sayuran petik dulu dari kebunnya.

    BalasHapus
  15. wah seru banget ya, mbak bisa ikutan panen kayak gini. kalau punya kebun sendiri kayak gini pastinya nggak perlu ribet ke pasar lagi ya, mbak buat sehari-hari

    BalasHapus
  16. seruuu ya mba bisa panen sayuran bareng begini . dan kelompoknya banyak kegiatan yang asyik dan bermanfaat yaa mba

    BalasHapus
  17. Seneng ya mba kalau bisa panen sayur sendiri. Apalagi kalau bisa langsung dinikmati. Maknyuss

    BalasHapus
  18. Enak banget kegiatan panen sayuran ini. Aku suka panennya, tapi ga bisa nanamnya wkwkwk. Pengan punya kebun sendiri di belakang rumah tapi belum kesampaian.

    BalasHapus
  19. Senengnya bisa panen tanaman sendiri, jenis sayurannya juga banyak ya, hijau segar kebunnya. Oyongnya besar-besar banget mbak. Cocok nih di sayur bening sama bayam hijau

    BalasHapus
  20. Wah seru mba.. merasakan langsung panen sayuran dan pengolahannya.. pasti berkesan ya, kegiatan yang sangat positif juga nih patut dicontoh

    BalasHapus
  21. whuaa seru banget mak, aku juga seneng nih kalau diajakin seseruan berkebun sayur kayak gini. Keren ini paguyubannya.

    BalasHapus
  22. Senangnya bs gabung, mau jg kalau ada. Selain bermanfaat kita jg bisa dapat sayuran segar langsung

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^