4 Fakta Menarik Mengenai Cabai Hiyung Salah Satu Cabai Terbaik di Indonesia

Siapa nih di rumahnya selalu ada Sambal? Sebagai orang Sumatera, aku terbiasa dengan makan dengan Sambal. Kalau makan tanpa Sambal, rasanya mengurangi kenikmatan makan.

Pernah mencoba membuat berbagai resep Sambal. Mulai dari Sambal Petai, Sambal Teri medan hingga Sambal Tempoyak. Ayo, kamu suka Sambal yang mana?




Ngomong-ngomong soal Sambal, tak lepas dari Cabai sebagai bahan dasar membuat Sambal. Tahu enggak faktanya, Indonesia sebagai produsen terbesar nomor 4 di dunia. Cabai Indonesia sangat ideal dibuat Sambal.

Setiap daerah memiliki ciri khas tanaman Cabai tersendiri, salah satunya Desa Hiyung, Tapin, Kalimantan Selatan yang memproduksi Sambal lokal bernama Cabai Hiyung. Yuk, simak unik mengenai Cabai Hiyung!

Baca Juga : Resep Kuliner Legendaris FJB untuk Keluarga di Rumah

4 Fakta Menarik Menarik Cabai Hiyung :


1. Nama dan Bentuk Cabai Hiyung

Cabai Hiyung dalam bahasa latin memiliki nama Capsicum frutescens adalah salah satu jenis cabai terpedas menurut banyak orang.

Dilansir dari laman Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Cabai Hiyung memiliki bentuk kerucut kecil, dan warna buah muda hijau saat kecil, hijau keunguan saat menjelang masak, dan merah cerah saat telah masak.

2. Rasa Cabai Hiyung

Cabai Hiyung memiliki rasa pedas yang tinggi dan cocok dengan selera masyarakat di Indonesia. Tingkat kepedasannya Cabai Hiyung ini bikin nagih deh. Dikutip dari Instagram Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur, “Nama Cabai Hiyung telah mendunia lantaran memiliki rasa pedasnya melebihi pedasnya Cabai yang biasa kita temui di pasar,” tulisnya di akun @khofifah.ip.

3. Cara Budidaya Cabai Hiyung

Perlu diketahui, cara penanaman Cabai Hiyung ini cukup unik dibandingkan penanaman Cabai Rawit pada umumnya, yakni dengan penggunaan mulsa.

Mulsa adalah material penutup tanaman budidaya untuk menjaga kelembaban tanah. Mulsa yang digunakan berasal dari rumput rawa yang ada di sekitar areal penanaman. Fungsinya adalah untuk menekan pertumbuhan gulma, mengurangi evaporasi tanah, dan melindungi tanaman dari terik matahari yang menyengat.

4. Menjadi Salah Satu Rahasia Kelezatan Dibalik Sambal ABC

Agar praktis menambahkan rasa pedas pada makanan, tanpa repot membuat Sambal, aku stok Sambal ABC. Terutama kalau perjalanan jauh, aku sering bawa Sambal ABC kemasan botol.




Cabai Hiyung yang menjadi salah satu rahasia dibalik kelezatan Sambal ABC bikin aku jatuh hati dengan Sambal ABC termasuk ibu di luar sana yang menjadi penggemar kuliner di seluruh nusantara.

Sambal ABC menjadi pelengkap makanan karena dapat digunakan untuk segala jenis makanan sampai dengan cocolan cemilan lainnya sesuai selera. Sambal ABC punya banyak varian yang cocok untuk setiap kebutuhan keluarga, yakni : Sambal Asli, Sambal Extra pedas, Sambal Bawang, Sambal Manis Pedas dan Sambal Ayam Goreng.

Bagi yang ingin mencoba Sambal ABC, silahkan beli sekarang juga toko - toko terdekat atau di Official Store ABC Heinz Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada serta Blibli

Nah, itulah informasi mengenai 4 fakta menarik mengenai Cabai Hiyung, semoga bermanfaat!

5 komentar untuk "4 Fakta Menarik Mengenai Cabai Hiyung Salah Satu Cabai Terbaik di Indonesia"

  1. Wah ternyata cabai ini ya yang ada dibalik kelezatan sambal ABC

    BalasHapus
  2. Wah saya jadi ingin nge stok sambal ini juga nih, soalnya pedas hihi

    BalasHapus
  3. Saya jadi penasaran nih sama pedasnya sambal hiyung ini, Kak hihi

    BalasHapus
  4. Ternyata kalau hendak melakukan budidaya cabai ini cukup berbeda dengan cabai rawit biasanya ya

    BalasHapus
  5. Saya baru tahu nih, Kak sama cabai Hiyung. Jadi ingin coba rasa pedasnya gimana hehe

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^