Tips Membeli Rumah untuk Generasi Millenial

Tips Membeli Rumah untuk Generasi MillenialSebagai generasi milenial atau pasangan muda saat ini, Anda harus tahu tips membeli rumah pertama untuk keluarga kecil. Apalagi pasca pandemi Covid-19, pandangan orang tentang rumah sangat berbeda. Jika dulu, rumah menjadi tempat istirahat saja setelah lelah bekerja, kini rumah idaman yang dicari menjadi banyak persyaratan. 

Rumah yang nyaman untuk istirahat juga bisa nyaman untuk bekerja dari rumah atau WFH. Ditambah dengan fasilitas Wifi dan dekat dengan fasilitas umum, seperti rumah sakit, perkantoran, gedung pemerintahan dan lainnya.

Pasca pandemi Covid-19, harga rumah naik, tapi juga banyak peminatnya. Untuk itu, diperlukan persiapan matang dalam membeli rumah.

Untuk membeli rumah ada banyak cara pembayaran yang bisa dilakukan. Jangan sampai Anda salah memilih sistem pembayaran yang akan digunakan karena akan menyusahkan Anda di masa depan. Selain itu memang ada banyak faktor yang harus di pertimbangkan sebelum membeli rumah.

Tips Membeli Rumah untuk Generasi Millenial

Ingin Membeli Rumah? Ini 6 Tipsnya untuk Generasi Millenial


Bagi Anda kaum milenial yang ingin memiliki rumah pertama kali, harus sangat berhati-hati dalam proses pembeliannya. Ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk mendapatkan rumah pertama yang nyaman dan aman, seperti di bawah ini tipsnya:

1. Pilih Sistem Pembayaran yang Sesuai Kondisi Finansial

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, ada banyak sistem pembayaran yang bisa digunakan saat membeli rumah. Anda harus memilih dengan bijak, mau melakukan pembayaran dengan sistem yang mana cash atau kredit. Pastikan Anda menyesuaikan dengan kemampuan finansial saat ini, agar Anda tetap bisa menjalani hari tanpa gangguan finansial.

2. Jika Kredit, Pastikan Developer Kredible

Ketika Anda memutuskan untuk membeli rumah secara kredit melalui KPR maka Anda harus memastikan bahwa developer perumahan kredibel dan terpercaya. Cari referensi dan rekomendasi developer perumahan dari orang-orang terdekat untuk mendapatkan yang terpercaya. Dengan begitu Anda tidak akan mengalami penipuan di tengah jalan.


3. Pilih Lokasi yang Aman

Keamanan adalah faktor utama yang harus dipastikan saat Anda membeli sebuah rumah untuk tempat tinggal. Lakukan survei terlebih dahulu di area sekitar rumah yang ingin dibeli. Jika memungkinkan lakukan wawancara dengan penduduk sekitar perumahan tersebut untuk mendapatkan data yang valid tentang keamanan setempat.

4. Pertimbangkan Fasilitas Umum di Sekitar Lokasi

Selain keamanan setempat Anda juga harus mempertimbangkan fasilitas umum yang tersedia di sana. Misalnya saja tempat ibadah, sekolah, fasilitas kesehatan. Apakah fasilitas-fasilitas umum tersebut mudah dijangkau dari rumah? Jika memang dekat dan mudah dijangkau, maka itu menjadi nilai plus untuk rumah yang akan dibeli.

Tips Membeli Rumah untuk Generasi Millenial


5. Pastikan Kelengkapan Dokumen dan Legalitas Rumah

Tips membeli rumah selanjutnya adalah harus memastikan kelengkapan dokumen dan legalitas rumah tersebut. Periksa kelengkapan seperti sertifikat, IMB, PBB juga skema pembayaran KPR yang sesuai dengan ketentuan berlaku. Dengan begitu keamanan properti yang Anda beli akan terjamin. Tips ini harus dilakukan baik Anda membeli rumah bekas ataupun rumah baru, semua harus lengkap.


6. Maksimalkan Uang Muka

Cicilan KPR akan terasa berat jika Anda tidak memaksimalkan uang muka saat membeli rumah secara kredit. Jika hal ini terjadi, maka akan mengganggu finansial dan kehidupan Anda kedepannya. Akan lebih baik jika Anda menabung dulu dalam waktu yang lama untuk mengumpulkan uang muka yang besar, baru kemudian mengajukan KPR.

mortgage calculator


Nah, salah satu cara menghitung persiapan uang muka, yakni dengan menggunakan kalkulator online, yakni https://www.mortgagecalculator.uk/. Melalui mortgage calculator persiapan membeli rumah akan lebih mudah. Aplikasi ini dapat dibuka secara online dan tanpa mengunduh aplikasi. Dapat dibuka di laptop atau PC atau hp.

Mortgage calculator membantu kamu mempersiapkan membeli rumah secara cash atau kredit. Jadi, keuangan dapat disiapkan untuk generasi millenial ke depan.

Oiya Moms, aplikasi mortgage calculator ini dapat menyesuaikan anggaran bulanan, mengubah suku bunga hinga mengubah jangka waktu.

Keputusan untuk membeli rumah adalah sebuah keputusan yang besar dalam hidup Anda, jadi jangan sampai melakukan kesalahan sedikit pun. Dapatkan rumah impian tanpa masalah dengan melakukan tips membeli rumah di atas. Yakinlah kaum milenial pun berhak mendapatkan rumah impiannya.

24 komentar untuk "Tips Membeli Rumah untuk Generasi Millenial"

  1. Zaman now semakin sulit rasanya untuk masyarakat memiliki rumah. Ternyata jika bisa mengelola keuangan seoptimal mungkin, rezeki rumah idaman bisa menjadi kenyataan ya aamiin. Senangnya kini ada Mortgage Calculator yang bisa membantu estimasi cicilan maupun tabungan yang mesti dipersipkan dari sekarang. Itung-itung investasi ya. Dokumen dan legalitas rumah serta poin2 lainnya harus diperhatikan baik2.

    BalasHapus
  2. Wah bener, tipsnya masuk semua di saya karena baru nyari rumah, berasa baca kisah sendiri hahaha. Pengalaman tetangga banyak banget developer nakal, jadinya pas nyari rumah bener-bener harus di cek ricek di internet soal ini. Enak juga ya mak ada aplikasi kayak mortgage calculator ini, ngebantu banget.

    BalasHapus
  3. Memang banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk membeli rumah yaah, bukan keputusan yang mudah apalagi kalo ngambil kredit harus bener-bener matang dulu jangan sampai menyesal di kemudian hari.

    Untunglah ada Mortgage Calculator yang bisa membantu kita dalam mengambil keputusan yaah

    BalasHapus
  4. Milenial harus beli rumah, jangan kebanyakan jajan dan jalan2 wkwkwk, karena sekarang harga rumah udah makin ngadi-ngadi deh, harganya selangit kalau di kota besar, dan memang harus bener2 dihitung nih, gimana caranya punya rumah dengan penghasilan yang dimiliki

    BalasHapus
  5. Benar nih maksimalkan uang muka agar di belakang enggak terganggu cash flow kita. Saya dan suami ada pengalaman nyaris nekat ambil KPR dengan uang muka seadanya. Syukurnya dibantu hitungan oleh pihak bank dan disarankan untuk menambah uang muka agar cicilan lebih ringan. Senangnya kini kita bisa menghitung sendiri dengan kalkulator online di mortgage calculator yang memudahkan

    BalasHapus
  6. Legalitas penting banget mbak karena rumah kan jangka panjang dan nominalnya besar. Buat menghitung cicilan aku pakai mortgage calculator juga. Ada fitur affordable untuk mengecek kemampuan berdasarkan income.

    BalasHapus
  7. Harga rumah sekarang rasanya udah tinggi selangit ya mba. Pakai kalkulator mortgage bisa jadi jalan untuk menghitung kemampuan kita. Milenial bisa yuk bisaa, nabung. Iya beneeer harus disurvey dulu, kudu teliti ya mba saat beli rumah

    BalasHapus
  8. Banyak yang mengira kalau generasi milenial ngga akan bisa memiliki rumah karena gaya hidup mereka. Salah besar! Sebenarnya ya bisa aja kalau ada niat, dan usaha. Apalagi bisa itung2 dulu pake Mortgage Calculator buat gambaran cicilan KPR tiap bulannya.

    BalasHapus
  9. Nah, ini mak sekarang lagi khtiar juga dan nyari yang lokasinya aman, dekat masjid gak banjir, tetangganya asik, hehehe

    BalasHapus
  10. Beli rumah kalau bisa saat mampu. Bisa nabung emas dulu atau nyicil. Ada kalkulator mortgage jadi membantu banget ya supaya benar2 dihitung anggarannya

    BalasHapus
  11. Mortgage calculator ini memudahkan kita untuk menghitung dan perkiraan biaya beli rumah. Sampai serinci itu lho. Bener-bener kalkulator online yang keren nih.

    BalasHapus
  12. Urusan ruma ini memang jadi urusan yang lumayan rumit. Harga rumah selangit. Pili ruma suda seperti mili jodoh. Harus sosok di kantong dan di hati. Plus nyaman ditinggali untuk jangka panjang. Aplikasi ini bisa buat mengitung rencana kuangan buat beli rumah ya

    BalasHapus
  13. Enak ya ada mortgage calculator... Jadi sebelum mengajukan pinjaman, bisa coba-coba hitung-hitung sendiri dulu, jadi bisa ancang-ancang...

    BalasHapus
  14. Memaksimalkan uang muka biar nyicilnya ga berat ya, Mba.. Dan sebenernya pakai mortgage calculator juga kita agak sedikit aman sih. Pertimbangannya detail.

    BalasHapus
  15. betul mba keputusan membeli rumah termasuk keputusan yang sangat besar dan penting jadi harus benar2 diperhitungkan matang2, untung ada bantuan mortgage calculator ya

    BalasHapus
  16. Makasih tipsnya

    Selain soal finansial yang utama, lokasi jadi pilihan juga sih buatku. Masih nomaden ya nanti dulu. Kalau udah menetap, baru deh mikir KPR biar gak sayang kalau-kalau ada keinginan pindah

    BalasHapus
  17. Untuk membeli rumah ada banyak cara pembayaran yang bisa dilakukan, ya. Jangan sampai kita salah memilih sistem pembayaran yang akan digunakan karena bisa-bisa menyusahkan ke depannya.

    BalasHapus
  18. Salut sama anak muda zaman sekarang yang lebih memilih untuk memiliki aset properti sejak jauh-jauh hari. Dan dengan bantuan kalkulator online, yakni https://www.mortgagecalculator.uk/ maka impian memiliki rumah idaman, bisa segera terwujud.

    BalasHapus
  19. Buat generasi Millenial mesti ngelaksanain berbagai tips ini biar bisa beli rumah dengan perencanaan yang tepat. Terutama perhitungan cicilan, bayar uang muka dll.

    BalasHapus
  20. Bener banget, beli itu utamanya pilih pembayaran yg sesuai kemampuan. Kalau pilih kredit yaa pilih yg terpercaya. Sering banget dapat cerita teman2 yg udah DP sekian puluh juta nyatanya sampai bertahun-tahun juga rumahnya belum dibangun. Padahal saat beli dulu katanya bakal jadi perumahan yg cepat pembangunannya

    BalasHapus
  21. Adanya mortgage calculator bikin kita mudah ya menghitung cicilan kita per bulan dan apakah kita sanggup dalam jangka panjang membayar sejumlah itu untuk KPR... membantu banget nih

    BalasHapus
  22. Wah terimakasih tips nya mba ini membantu sekali. Akupun sedang cari cari ternyata memang banyak pertimbangannya ya. Punya rumah ibarat ketemu jodoh

    BalasHapus
  23. Kalau di Jogja sampe ada jokes seputar susahnya milenial Jogja punya rumah sendiri. Jadi cara kami buat punya rumah sendiri tu cuma 2: warisan atau voucher supermarket Mirota Kampus yang hadiahnya rumah wkwkwk

    BalasHapus
  24. tipsnya membantu banget nih mak. terutama teman2 yang sedang butuh rumah dan lagi nabung untuk beli rumah

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^