Entri yang Diunggulkan

Meraih Mimpi di #UsiaCantik

Rabu, 05 Oktober 2016

Tips Mempercantik Blog Ala Heni Puspita



Assalamualaikum sahabat Smart Mom, hari ini aku mengenalkan Blogger Lampung yang sangat kece badai. Ia seorang ibu rumah tangga yang tak biasa. Kenapa? Wah, salut deh dengan konsten ia mencari ilmu. Selain seorang ibu, ia seorang blogger yang pintar mempercantik blog. Yuk belajar Tips Mempercantik Blog Ala Heni Puspita.

Aku mengenal Heni Puspita beberapa tahun lalu di IIDN Lampung, group facebook. Ia sering sekali mengshare link blognya. Saat itu aku ngebatin, "Rajin banget update blognya!" dulu kan aku belum banyak terlibat jadi blogger. Tapi, lama-lama aku kena virus blogger *tsaaah* jadilah aku ikutan jadi emak bloger. Kami pun ketemu lagi diberbagai komunitas blogger di media sosial.

Baca Juga : Tapis Blogger, Komunitas Blogger Lampung


Pertemuan Pertama dengan Heni Puspita di Jelajah Seni Festival Krakatau  Lampung di MBK

Saat aku pindah ke Lampung lagi, aku langsung  mengajak Heni untuk mendirikan komunitas blogger di Lampung. Heni setuju dan kami berkolaborasi di Tapis Blogger. Saat bertemu pertama kali, aku enggak nyangka suaranya pelan banget, beda dengan tulisannya yang tegas, bernas dan kuat *loh?* berapa kali ngobrol aku harus konsetrasi penuh hihi...ini emak pendengarannya yang kurang atau emang Heni suaranya halus banget bak putri solo :)

Namun, pas ngobrol lama, orangnya cocok abis deh buat jadi sahabat. Ngobrolin apa aja nyambung, hihi... beberapa kegiatan kami sering ketemu dan mudah akrab. Nah, langsung saja ya kita ngobrol kiat-kiat  Heni Puspita di dunia blogger.


Heni Puspita Family
Baca Juga : Pembukaan Jelajah Pasar Seni Lampung : Penulis dan Blogger Lampung Bertemu Ibu Aprilani Yustin Ficardo



Kenal Lebih Jauh dengan Heni Puspita



Heni Puspita (32 tahun) memulai ngeblog sejak kuliah  tapi dulu belum konsisten. Ia memiih media blog karena lebih bebas berekpresi. “Ya pada awalnya memang belum pernah terpikir untuk menulis buku atau menulis di media.”

Ibu dari satu anak bernama Rayyan ini memang memilih blog sebagai wadah ekspresinya. Tapi, jangan salah. Blognya tidak Cuma satu, tapi ada 3 blog yang dikelola secara rutin. Kok bisa ya mengelola blog secara rutin? Ternyata Heni yang juga sedang mengandung anak kedua ini memilih menulis di pagi hari karena lebih fresh.

“Tapi sejak jadi IRT prioritas pagi hari untuk mengurus rumah & keluarga. Jadi, biasanya malam kalau tidak terlalu lelah. Atau kapan saja sesempatnya bikin tulisan corat-coret di sebuah buku lalu diketik ulang yg lebih rapi via lappie,” ujar Heni.

Aku juga melihat blog Heni ini sungguh kece badai! Selalu update mengenai tutorial mempercantik blog. Dari memilih font yang bagus-bagus, hingga cara membuat postingan terencana dan terjadwal tanpa harus selalu di depan laptop! Aku yang gaptek soal info ini jadi sangat terbantu dengan informasi dari blog Heni yang beralamat di

Foto masakan hasil Heni Puspita, pemenang ketiga lomba "Makan Mi, Gak Masalah Dong!" 

Heni memilih niche (tema) blognya  lifestyle (campur-campur), “Ide menulis sih bisa dari mana saja. Dari ide kegiatan anak dan resep masakan. Untuk ide kegiatan anak dan resep masakan karena 2 hal itu yg paling dekat keseharian.”

Wah, betul juga tuh cara Heni memilih niche blog. Pilihlah yang paling dekat dengan keseharian. Nah, buat kamu yang masih bingung fokus niche blog mana, coba dong tips Heni ini.

“Saya menulis idenya dari kegiatan anak dan resep. Ide itu saya dapati dari buku, buku, internet, sharing dengan teman atau keluarga.” Kata Heni. Yup, sepakat banget! Ide ada di mana saja. Tinggal kita mengelolanya agar lebih enak dibaca. Apalagi kalau ditambah foto yang menarik di lihat. Seperti foto-foto di blog Heni Puspita ini.

pengen nyicip :)

Foto masakan  Heni Puspita selalu mengiurkan :)


Heni saat ini mengelola 3 blog, yakni www.henipuspita.net,  www.letsplayandlearn.net dan www.dapurimut.com. Setiap hari ada saja yang update di 3 blognya. Heni juga beberapa kali mengitu giveaway yang diadakan teman-teman blogger. Bahkan pernah menang lomba yang diadakan oleh salah satu produsen Mie.

Nah, makin penasaran kan dengan Tips Mempercantik Blog Ala Heni Puspita ini? Berikut tipsnya :

1.   Selalu pilih background putih dan huruf gelap supaya lebih jelas terbaca.
2.   Edit font blog dengan memilih font yg tersedia di Google Font.
3.   Buat gambar header sendiri supaya lebih sesuai selera.

4.   Baca tutorial tentang mengedit layout blog, lakukan trial dan error sendiri sampai dapat layout sesuai keinginan.

Selain keempat tips di atas, Heni Puspita yang pernah bekerja dari tahun 2009-2011 di Internasional Languange Programs (ILP) Lampung ini juga menuliskan Tips di blognya. Menurut aku tips ini sangat membantu bagi yang ingin fokus membuat blog resep atau masakan. 

Berikut Tips 3 Tips Sederhana Memotret Makanan Ala Heni Puspita :

1. Punya beberapa wadah makan berwarna putih polos.
2. Memotret makanan di tempat yang pencahayaannya bagus.
3. Gunakan alas berwarna putih.

Saat ini Heni tergabung sebagai admin di Tapis Blogger. Komunitas Blogger Lampung yang telah dideklarasikan sejak tanggal 10 Agustus 2016. Menurut Heni, bergabung di Komunitas Blogger itu penting lho. “Penting supaya menjaga semangat ngeblog dan menambah pengetahuan. Misalnya dengan blogwalking dan membaca postingan dengan tema beragam.”


Bersama teman-teman Tapis Blogger

Heni sendiri bersyukur kegiatan ngeblognya didukung oleh keluarga. “Alhamdulillah didukung. Diperbolehkan ikut acara kopdar jika memungkinkan. 'Maklum' kalau saya suka foto-foto termasuk memotret makanan setelah dimasak,” ucap Heni

Heni berharap agar Komunitas Tapis Blogger Lampung lebih dikenal dan bekerjasama dengan banyak pihak. “It's not only about berharap kegiatan ngeblog bisa menghasilkan, tapi supaya blogger terutama Blogger Lampung bisa jadi tuan rumah di provinsi sendiri, misalnya dalam mempromosikan pariwisata dan  produk-produk Lampung.”

Selalu seru ngobrol bersama Heni Puspita dan Tapis Blogger (foto by Heni)

Baca Juga : Talkshow Kepenulisan & Rahasia Menulis Buku Best Seller

Kece deh harapannya Heni. Wah, yuk kita doakan harapan Heni ini. Semoga Heni juga sukses dan persalinannya lancar. Jadi, kalau kamu senang enggak mempercantik blog? Cerita dong! 

Pengen kenal Heni Puspita lebih dekat, silakan add akun media sosialnya ya!

Facebook : Heni Puspita
Twitter @henipuspita29
Instagram @henipuspita29

Nah, sahabat Smart Mom, semoga Tips Mempercantik Blog Ala Heni Puspita ini bermanfaat ya!

25 komentar:

  1. Sebuah berkah bisa bertemu dan berkenalan dengan kawan2 Tapis Blogger.

    BalasHapus
  2. Bukan cuma mbak Heni, tapi emak-emak blogger di tapis blogger ini emang keren-keren semua.. salut saya sama semangatnya..

    BalasHapus
  3. makasi mba naqy jadi pengen belajar langsung nih sama ma Heni, salam kenal juga buat mba heni ya

    BalasHapus
  4. Salam kenal mba heni..foto2nya kecee

    BalasHapus
  5. Waaah foto2 Mbak Heni keren2 ya, foto makanannya bikin lapar :)

    BalasHapus
  6. Berhubung aku gaptek habis, untuk design aku pasrah deh serahkan ke ahlinya dan tinggal bilang mau yang kayak gimana hihihi. Tapi oke juga nih mba Heni. Foto makanannya keren-keren euy

    BalasHapus
  7. Iyaaa. Mbak Heni emang pelan banget ngomongnya Mbak, hihi. Butuh konsentrasi juga sayaaa kalo pas ngobrool. Beda sama puteranya si Rayyan yang rame banget anaknya. Sepanjang perjalanan pulang bareng Mbak Heni, seru dan baik banget keluarganya Mbak Heni. Beliau juga nggak segan bagi ilmu. Jadi kangen kopdar n serap ilmu lagi sama rekan-rekan tapis bloggeeeer.

    BalasHapus
  8. aku termasuk yang males ngedit sendiri tampilan blog, hehe, gaptek nggak ilang2. Motret makanan juga sering desperate, nggak secantik jepretan food blogger2. Ujung2nya pake bantuan aplikasi deh

    BalasHapus
  9. Kalau ingat Heni Puspita yang langsung diingat adalah Let's Play and Learn. Termasuk ibu yang kreatif untuk anak :)

    BalasHapus
  10. Amiin ...
    Semoga dilancarkan persalinannya ya.

    Wah keren ini Mba Heni niy, kalo aku mempercantik blog jarang2 sih, kebanyakan standar aja bawaan template. Kadang lupaaa kalo mau moles cantik niy.

    BalasHapus
  11. Foto-fotonya kece.. tadi udah mbatin, ini jangan-jangan kemarin yang bikin postingan tips foto,, lha ternyata bener, :D

    Langsung meluncur ke blognya,, seneng banget liat orang pinter moto, hehe

    BalasHapus
  12. dasar putih... biar orang ngeliat fokus kemakanan kali ya..mba...

    terus bikin.. ngiler.. mupeng..

    kayanya mba heni pinter banget bikin org galau liat makanan yg dia potret hi2

    BalasHapus
  13. Cara mempercantik blognya langsung di cateet..! Memang lebih bagus, kalo niche blog kita sesuai dengan keseharian kita ya, mbak :)

    BalasHapus
  14. Selanjutnya, bikin postingan tips mempercantik diri ya mba :)

    BalasHapus
  15. wuaa tipsnya sederhana tapi berguna banget ya mba.. Saya suka deh lihat blog2 yang cantik minimalis tapi wah...

    BalasHapus
  16. Halo salam kenal mba Heni. Hehe.. aku jg dr Lampung lho :)

    BalasHapus
  17. Yaa sama nih niche blognya lifestyle.Tosss☺😊Ahamdullilah semua tips diatas sudah diaplikasikan dengan baik.

    BalasHapus
  18. Tips motretnya menarik makasih. Mbak Heni ini salah satu penggagas Tapis Bloger ya mbk?

    BalasHapus
  19. Iya ih, cantik-cantik foto masakannya :)

    BalasHapus
  20. Foto-foto makanannya keren euy, bikin lapar ngeliatnya.

    BalasHapus
  21. Salam kenal, mba..
    Waah..kl ngliat blogger-blogger hebat gini...jadi suka nongkrongin lama-lama.

    Bahkan tulisannya jadi selalu dinanti.
    Keren.

    BalasHapus
  22. Foto makanannya menggiurkan, pengen comot aja nih dari layar laptop

    BalasHapus
  23. Hihi Mbak Naqi orang kesekian deh yang bilang suaraku pelan. Nah anakku malah dalam banyak hal kebalikan ibunya :D :D Terima kasih ya Mbak :)

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...