Selasa, 02 Juli 2019

7 Tips Memilih Jaket Muslimah

jaket muslimah syari





7 Tips Memilih Jaket Muslimah. Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, Sebagai muslimah yang memiliki alergi dingin, jaket adalah sahabatku. Sejak kecil kalau udara dingin, aku mulai mengigil dan flu. Jadilah sering banget pakai jaket sampai kuliah pun sering dibilang penyakitan haha... mungkin karena sering banget pakai jaket. Nah, pernah juga aku tuh kehilangan jaket kesayangan dan benar-benar bikin aku sedih, saat itu aku jadi wartawan Warta UNIB. Jadi, kami kasih jaket seragam, ada namanya loh. Lalu, aku dan teman-teman duduk santai di samping ruang kuliah. Keasyikan ngobrol, jaketnya ketinggalan. 

Belum sampai 5 menit, balik lagi ke tempat semula tapi jaketnya sudah hilang, hiks... sedih banget loh. Kalau berjalan sampai melihat-lihat siapa tahu ada yang memakai jaketku itu, tapi tidak juga ketemu. Ada juga jaket almamater.Jaket kehutanan kesayangan yang sering aku pakai naik motor dizaman kuliah. Saat PU (Praktek Umum), ada yang meminta jaketku itu, ya udah deh aku kasihkan. Ada juga pas aku baru menikah, kakaku membelikan jaket yang cukup tebal. Aku sering memakainya bahkan sampai robek sana-sini hehe... disemua jaket yang aku miliki, ada yang paling berkesan jaket pernah kuajak ke Munas 1 FLP di Yogya, yaitu jaket Kehutanan itu. 



Sebelum lebaran lalu, aku membeli jaket di IG @jaketmuslimah aku suka mencari-cari jaket muslimah syar'i dan jaket muslimah panjang. Tapi, aku juga pengen punya jaket wanita kekinian sehingga pakai jaket modis juga ala wanita Korea gitu. Soalnya aku juga sering ada acara di dalam ruangan AC yang membuat aku pengen punya jaket yang modis tapi juga melindungi aku dari kedinginan hehe... Zaman sekarang jaket muslimah panjang cantik-cantik ya? Aku sendiri memilih jaket dengan beberapa pertimbangan. 


Nah, berikut 7 Tips Memilih Jaket Muslimah versiku :


Jaket muslimah panjang dan syar'i


1. Pilih Jaket Muslimah yang Syar'i 

Bagi seorang muslimah, jaket bukan hanya saja sebagai melindungi tubuh dari udara dingin, tapi akan menjadi pembungkus tubuh yang membuat anggota tubuh menjadi ngepres saat dilihat. Untuk itu pilihlah jaket muslimah yang syar'i, tidak tembus pandang, longgar dan warna yang tidak terlalu menonjol. 


2. Pilih Jaket Muslimah yang Panjang

Dulu, aku punya jaket yang hanya sebatas pinggang. Kalau digunakan untuk pelindung naik motor sih enggak apa-apa, enggak terlalu kelihatan ngepres anggota bagian dadanya. Tapi, kalau jilbab dimasukkan ke dalam jaket dan dipakai cukup lama, aku sarankan belilah jaket muslimah panjang. Akan lebih terlindungi dari fitnah. 


3. Pilih Jaket Muslimah Sesuai Tujuan 

Pilih jaket muslimah sesuai dengan manfaatnya. Ada jaket muslimah yang tebal untuk menghalau hawa dingin yang cukup dingin, seperti mau digunakan ke tempat yang dingin, untuk bawa motor atau mau dibawa ke luar negeri? Jaket muslimah yang tebal lebih cocok dengan tujuan ini. Kalau pun hanya sepinggang saja tidak masalah, apalagi untuk mendaki gunungkan? 



4. Pilih Jaket Muslimah Tidak Banyak Tali 

Ini pengalaman pribadi yang kurang menyenangkan, namun setiap muslimah pasti berbeda pengalaman ya. Aku pernah membeli jaket yang ada tali di bagian pingangnya. Kebetuan lupa mengikatnya dan malam itu aku membawa motor bersama Aisyah duduk di depan. Saat di tempat yang gelap, tiba-tiba seperti sesuatu yang menarik motorku dengan kuat. Kaget, aku malah ngegas dan akhirnya kami terjatuh. Baru aku ketahui setelah ditolong seseorang yang lewat melihat kami, terrnyata tali dari jaket masuk ke roda motor. Nah, alangkah bijaknya jika sebelum membeli jaket muslimah bertali, cek dulu jangan sampai lupa menariknya hehe... 

5. Pilih Jaket Muslimah Sesuai Budget 

Ini penting dalam kita memilih jaket muslimah, ada banyak model yang cantik dan menarik, tapi jika diluar budget yang dimiliki tentu kita melirik yang sesuai dengan budget kita. Saat ini jaket muslimah harganya bervariasi. Aku pernah membeli jaket muslimah dari 90 K sampai 200 K tergantung isi kantong ya! 

6. Pilih Jaket Muslimah Sesuai Warna Kepribadianmu 

Kata orang, warna adalah kepribadianmu. Ehem, ini mitos atau apa bukan ya? Tapi, benar loh jaket kan bisa sebagai asesoris pashion. Zaman sekarang lihat tempat yang instagramble aja langsung pengen foto. Tak beda memilih jaket muslimah, pilih warna yang senada yang paling banyak Moms gunakan saat diluar rumah. Kalau aku memilih warna yang netral jadi memilih jaket muslimah yang polos dan lebih sering aku gunakan adalah warna biru, merah dan hitam. 

7. Pilih Jaket Muslimah Sesuai Ukuran Model 

Nah, perlu kita ketahui ada beberapa model jaket, seperti jaket hoodie, style sweater dan ada juga jaket semi kulit. Pilihlah jaket yang model sesuai karaktermu dan sesuai ukurannya. Kalau buat muslimah, tentu ukuran yang lebih longgar. Walau pas di badan ukuran L (ngepres) aku lebih memilih ukuran L agar tidak membentuk anggota tubuhku. 

Nah, sahabat Smart Mom, itulah 7 Tips Memilih Jaket Muslimah versi aku, semoga artikel di atas bermanfaat ya! Selamat mencari jaket muslimah idaman ya!

32 komentar:

  1. Jaketnya bagus dan cocok untuk banyak tipe acara
    Mayan untuk jadi inspirasi

    BalasHapus
  2. Aku punya nih jaket muslimah panjang gini, cocok untuk dipakai dengan celana kulot atau celana panjang. Soalnya bisa nutupi bagian pantat kita mbak, hihiii

    BalasHapus
  3. wahh cocok nih buat musim dingin kayak sekarang... Jaketnya trendi dan syar'i..nyaman dipake kemana2

    BalasHapus
  4. Aku banget mba, nggak suka jaket yang banyak tali. Ribet buat aku soalnya. Dan kalau warna lebih suka yg netral kek hitam atau abu-abu.

    BalasHapus
  5. Lucu amat jaketnya Mak Naqy, modis dan syar'i ya aku seringnya pakai cardigan karena panas udaranya kalau semarang

    BalasHapus
  6. masalah jaket, sejak belajar pakai gamis biar lebih syari gitu mba, aku jadi lebih pilih jaket panjang model coat gitu, eh ternyata malah makin stylish ya

    BalasHapus
  7. Bagus jaketnya, panjang dan simpel modelnya.
    Saya juga suka jaket yang simpel, nggak banyak tali. Gampang pakainya, apalagi kalau lagi buru-buru, langsung sambar dan pakai aja

    BalasHapus
  8. Keinget aku mau beli jaket yang ukuran panjang juga kek gitu mbak, pasti hangat dipakenya apalagi di musim dingin kayak gini loh hehee.
    Terima kasih buat informasinya ya mbak ^_^

    BalasHapus
  9. Kalo soal memilih pakaian atau jaket aku paling ga bisa. karena terbiasa dibelikan dan siap pakai aja. tips nya mbak naqy bisa di coba nih buat referensi beli jaket.

    BalasHapus
  10. Aku lagi pengen juga jaket ini mba. Dan aku setuju ada jaket muslimah biar lebih panjang dan kita pun nyaman pakai :)

    BalasHapus
  11. Lah ini.. Enggak kepikiran kalau jaket juga perlu syar'i. Bukan hanya bajunya saja, jaketnya juga perlu, apalagi pas buat naik motor. Perlu banget itu.

    BalasHapus
  12. Bagus jaketnya. Simple, panjang dan netral juga warnanya. Gampang dipadukan juga

    BalasHapus
  13. Jaket syari kayak gini aku punya juga mba...
    Pas lg musim dingin di tanah suci kepake bangat krn ga terlalu tebal dna berat tp panjang dan syari

    BalasHapus
  14. Aku udah lamaaa ga beli jaket. Kalau jaket sekarang biasa aja, pendek. Inginnya yang sepanjang punya Mba Naqi gitu. Lebih nyaman lah dipakai.

    BalasHapus
  15. Model jaketnya bagus Mbak Naqi. Aku loh belum punya jaket yang syar'i dan masih potongan kecil gitu, jadi kepo mau mampir ke Instagramnya

    BalasHapus
  16. Catete nih, aku juga pengen beli jaket. Yang kupunya pendek2. Maunya panjang gitu kaya di drama Korea, hahaha. Tapi aku pendek. Jadi maunya nyesuaiin badan aja

    BalasHapus
  17. Wah tips yang pas banget nih. Kebetulan juga dah lama pingin cari-cari jaket tapi yang syari. Soalnya jaket yang lama sudah lawas bulukan saatnya ganti.

    BalasHapus
  18. Aku udah punya mbaa,,, cuma gak Panjang bngt next mau yg kyk mba naqi,, tutupin bagian belakang jd nyaman yakk

    BalasHapus
  19. Aku jarang pake jacket nih Mba karena di Citayam panas banget. Tapi itu jaketnya cakep deh. Panjang pula.

    BalasHapus
  20. Jaket muslimah syari semakin melengkapi kemajuan fashion muslimah ya. Keren, jadinya totalitas dalam berdakwah dengan pakaian. Masya Allah.

    BalasHapus
  21. Jaketnya panjang sampaipaha ya mba memang cocok untuk muslimah..

    BalasHapus
  22. Selain jaket yang menyerupai jaket pun bisa digunakan seperti model baju long john atau sejenisnya karena lwbih menutup aurat.

    BalasHapus
  23. Terakhir saya pakai jaket setelah duduk di bangku S2 kayaknya
    Udah jarang pakai jaket apalagi kudu cari yang syari supaya ngga ketat

    BalasHapus
  24. Mba, aku pengin juga nih punya jaket yg panjang dan bisa beneran membantu kita menutup aurat. Selama ini klo mau beli jaket koq rasanya selalu kurang panjang aja rasanya.

    BalasHapus
  25. cocok banget jaketnya buat muslimah nih. biasanya gak sepanjang ini, hoho. syar'i tapi tetep modis bisa dipake buat pergi kejauh. :D

    BalasHapus
  26. Terimakasih mbak tipsnya.. bisa jadi referensi buat beliin jaket si 'dia'.

    BalasHapus
  27. Pilih jaket yang panjang dan menutupi tubuh bag belakang itu wajib he he. Sudah ga nyaman kalau cm pakai jaket pendek sepinggang.

    BalasHapus
  28. Mantap nih solusi yang keren.. kalau saya paling suka pake jaket yang halus lembut dan wangi

    BalasHapus
  29. Aku jarang banget pake jaket nih, mungkin karena gak bawa motor sendiri ya. Klo bawa motor kan wajib dan mudah simpannya saat sampai tujuan, tinggal masuk box. Btw jaketnya kece mba

    BalasHapus
  30. Penting banget ini infonya, aku suka beli jaket bahan parasut juga levis. Tapi susah banget dapet ukuran jaket yang panjang... Jadi selama ini cuma punya jaket sepinggang 😂

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^