Review Mesin Jahit Janome RE1312


Review Mesin Jahit Janome RE1312. Bisa menjahit adalah salah satu impianku sejak dulu. Sudah lama ingin punya mesin jahit dan baru bisa terkabul dengan ikut arisan mesin jahit. Bersyukur banget aku bertemu dengan Rumbel Menjahit dari Ibu Profesional Lampung. Di Rumbel Menjahit inilah aku belajar menjahit dari nol. Eh, sebenarnya enggak dari nol banget sih. Dulu ibuku punya mesin jahit jadi aku belajar memasangkan benang ke jarum mesin jahit sampai belajar mengoyang-goyangkan pijakan kakinya. 

Teringat juga ketika SMP ada tugas pelajaran keterampilan belajar menjahit. Emang sih masih pakai tangan. Tapi, seru aja belajar menjahit dari jiplakan baju yang lain. Pun ketika akhirnya aku ikut arisan dan berhasil keluar namaku duluan, aku senang sekali. Akhirnya memilih mesin jahit Janome RE1312 menjadi pilihanku untuk belajar menjahit.

Belajar Menjahit Mukena bersama Rumbel IP Lampung

Pertama membuka mesin jahit adalah pengalaman pertama dan mendebarkan. Membuka dari kardus dan membaca buku petunjuk sampai mengetahui apa saja alat-alat dan letaknya. Jujur jika bingung aku cek di youtube. Tutorialnya banyak sekali. Apalagi jika kulihat eh letak putarannya berubah karena Aisyah anakku sering berubah tata letaknya.

Belum lagi soal tempat mengaitkan benangnya jika tidak hati-hati akan patah. Dan inilah kesalahanku diawal entah bagaimana sempat terkait dan akhirnya bagiannya tercuil sedikit. Masih bisa dipakai untuk memasukkan benang tapi repot dan lama, akhirnya manual langsung dimasukkan ke lubang jarumya.

Oh ya, untuk pemula,belajar menjahit dengan mesin jahit Janome RE1312 sudah sangat bagus loh! Teman-teman dapat belajar menjahit dari pola yang sudah jadi. Aku belajar membuat mukena, jilbab dan lainnya bersama teman-teman Rumah Belajar Menjahit ini. Tidak segera mudah mengerakkan tangan, kaki dan memotong polanya. Namun, perlahan hal itu jadi sebuah hobi baru.

Mesin Jahit Janome RE1312

Merek : JANOME (JAPAN)
Tipe : RE 1312 P (NEW 2020)
Made in : Thailand 
Kelas Mesin : Mesin Jahit Portable
(Mesin Jahit Portable tidak menggunakan meja)

Mesin jahit ini pengoperasiannya mudah dan ringkas. Mudah juga dibawa kemana-mana. Cocok buat pemula dan mahir. Rangka terbuat dari besi dan kokoh. Dapat digunakan di meja (portable).

Dapat 1 box yang isinya :
- 1x Mesin Jahit Janome RE 1312 P
- 1x Foot/Pedal Controller
- 1x Buku Panduan Penggunaan (Bahasa Inggris)
- 1x Label Garansi Service Janome 1 Tahun
- 1x Tool Kit Standard (1 Bks Jarum Organ Needles (isi 10),3-5pcs Bobbin/Spool Plastik,3-6pcs Sepatu/Kaki Jahit Standard, Pendedel Benang, dll ( Sesuai Foto )

Harga Mesin Jahit Janome RE1312 ini ketika aku beli dari arisannya itu sekitar 2,2 juta dan mungkin sejak harga sekarang naik/turun teman-teman bisa cek di Google ya. Tentunya aku masih harus banyak belajar menjahit lagi karena aku motong pola juga belum bisa. Pernah belajar aku malah mumet hahaha soalnya ukurannya pakai pengaris khusus menjahit kan dan lain-lain aku malah enggak enggak enjoy, pusing duluan hahaha... 

Pengalaman Menjahit Mukena Sendiri


Belajar Menjahit Mukena Sendiri

Menjahit mukena sendiri adalah impianku. Setelah menemukan Rumbel Menjahit, jadilah aku belajar bikin mukena. Bersyukur sekali pola mukena sudah dibuatkan Mbk Lusi. Bahkan sepaket dengan bahannya. Sudah dipotong loh! Kebayang dong serunya kami dan semangatnya membuat mukena sendiri.

Pola  Menjahit Mukena Dewasa
Pola  Menjahit Mukena Dewasa

Ribet enggak belajar menjahit? Awalnya sih iya terutama apa-apa dikasih jarum pentul biar jahitnya lurus. Apalagi pemula seperti aku ini, menjahit lurus itu susah sekali. Namun, lama-lama sudah tahu caranya agar sabar. Hehe... mana sambil bawa anak, jadilah banyak berhentinya meladeni anak dulu.

Cara Pasang Renda Mukena

Bagian pasang renda ini yang paling disukai soalnya jadi makin cantik deh mukenaku. Alhamdulillah mukena ini jadi dalam 1 hari dan bisa langsung dipakai loh! Kami belajar dari pagi sampai menjelang asar, masya Allah... 

Nah, seru kan belajar menjahit? Itulah review mesin jahit Janome RE1312 yang aku gunakan saat ini dan hasil belajar menjahitku, semoga bermanfaat!

27 komentar untuk "Review Mesin Jahit Janome RE1312"

  1. Wah mantep menjahit itu pekerjaan favorit banget yang sebenarnya semua perempuan itu bisa sama kayak memasak. Apalagi kalau bisa membuat baju yang bagus, mantep mesin jahitnya.

    BalasHapus
  2. wah mantap banget nih mba mesin jahitnya, suamiku sempet minta aku untuk cari mesin jahit supaya kalo ada yang baju yang rusak atau perlu menjahit yang simple bisa dikerjakan dari rumah. Makasi reviewnya mba

    BalasHapus
  3. Wah, mbak Naqiiiiii keren bener bisa menjahit nih :) Aku? hadeh kaboooorrr wkwkwkwkwk :D Aku udah sering dengar mesin jahit merk Janome ini terkenal bagus dan harganya ramah di kantong juga. Bisa menyalurkan hobi sekaligus memperoleh cuan yach. Asik nih mau puasa ramadan dan lebaran bikin mukena aja mbak. Itu cantik motifnya deh. TFS.

    BalasHapus
  4. Wah, senengnya punya mesin jahit baru jadi bisa belajar bikin mukena sendiri nih mbaaaak. Emang kalo bikin sendiri rasanya beda dan lebih special yah mbaaak

    Jadi udah berhasil jahit apa lagi nih selain mukena pake mesin jahit Janome re1312 hehehe

    BalasHapus
  5. Tampilan body dari mesin jahit Janome ini bagus ya mom. Portable lebih memudahkan ya. Harganyapun terjangkau.Dulu ibuku almarhum penjahit, dengan mesin jahit tua yang kakinya bergerak menginjak pedal setiapkali menjahit.

    BalasHapus
  6. Senagnya bisa menjahit mukena sendiri ya mbak, awalanya memang ribet ya, tapi setelahnya lancar jaya kan ya hehe alhamdulillah.

    BalasHapus
  7. Produk.Janome jni baguss ya makk, banyak temanku yang newbie belajar jahit memakai mesin jahit Janome ini.

    BalasHapus
  8. Wah asik banget bisa menjahit. Aku udah lama banget nggak lagi menjahit. Problem visual, masukin benang ke jarum akhirnya ujung²nya ke tukang jahit deh

    BalasHapus
  9. Duh, pengen deh punya mesin jahit biar bisa jahit baju sendiri. Dr dulu pengen banget bisa buat baju sendiri ga tergantung sama konveksi dan tkg jahit

    BalasHapus
  10. Selamaaat sudah bisa jahit mukena sendiri. Semangat untuk menjahit bahan-bahan yang lainnya. Aku baru dengar nama mesin jahitnya..Ibuku bisa menjahit baju dan peralatan rumah lain yang dibikin dari kain, dan di antara keenam putrinya yang bisa jahit cuma 1, kakakku...Aku ga telaten huhuhu

    BalasHapus
  11. Aku pengen belajar menjahit aslinya, tapi melihat keribetan dan harus telaten begitu, akhirnya aku skip. Hihihi...

    Di awal-awal memang ribet ya, Mbak. Harus fokus banget dan kudu sabar. Tapi pas udah lancar aslinya seru juga ya. Apalagi ada mesin jahit Janome yang simple dan praktis gitu. Bentuknya juga lebih cantik dari mesin jahit biasanya.

    BalasHapus
  12. Aku nih nggak bisa menjahit sama sekali mba. Malah suami dan anak perempuanku yang bisa. Bahkan akhirnya suami beli juga mesin jahit. Makasih rekomendasi mba. Mau aku sampaikan ah

    BalasHapus
  13. Wah, impianku dari dulu mbak pingin punya mesin jahit. Dulu suka banget jahit, seru aja gitu bisa bikin rok dan tas sendiri.

    BalasHapus
  14. Wahh keren mbak Naqi, jago jahit
    Buat yg hobi jahit,punya mesin jahit itu harus ya mbak
    Apalagi KLO pakai mesin jahit Janome ini

    BalasHapus
  15. Tahun 2013 kalau ga salah saya pun beli mesin jahit portabel janome. Tapi lupa deh type berapa. Sekarang malah terlupakan. Pas mau jahit pakaian tetap saja ke penjahit langganan hehehe

    BalasHapus
  16. keren banget mba Naqi! aku ga pernah bisa bener kalau jahit. pengen punya mesin gini buat benerin baju/celana sendiri tp takut ga bisa masang benangnya dong :D

    BalasHapus
  17. Aku bisa jahit lurus aja sih karena di rumah ortu ada mesin jahit. Kadang bantuin ibu jahit gorden dan sprei. Pengen punya mesin jahit juga disini biar ada kegiatan.

    BalasHapus
  18. Asyik juga belajar jahit, akhirnya impianmu tercapai Mak, aku nggak bisa jahit sama sekali padahal mamaku dulu sambil ngajar di sekolah juga terima jahitan, super deh..

    BalasHapus
  19. Seru belajar jahit itu, tapi pas praktik bikin baju dan ga enak dipake, suka hopelesss. sy juga pake janom, lupa tipenya heuheu .

    BalasHapus
  20. mesin jahitnya enak nih komplit...seru ya bisa cobain bikin mukena sendiri..AKu aja belum pernah meski di rumah ad amesin jahit kak heheh..udah kebayang susahnya duluan kalau mau jahit

    BalasHapus
  21. Sejak 10 tahun lalu wishlish aku banget nih punya mesin jahit Janome ini. Tapi beberapa tahun ini wishlist ini sempat terlupakan, baca artikel ini jadi pengen deh.

    BalasHapus
  22. sempat mau beli mesin kayak gini, tapi setelah dipikir-pikir lagi, kapan waktu buat jahitnya, nggak jadi beli, hehehe. Padahal uda tanya2 dan chat salesnya

    BalasHapus
  23. keren mba bisa jahit, ya ampun soal yang ini saya bendera putih, bisanya hanya benerin kancing yang lepas aja

    BalasHapus
  24. Ini impian suamiku...ingin istrinya pinter menjahit.
    Alhamdulillah, yang telaten menjahit ternyata bukan aku, kak...tapi anak pertama.
    Hehhe...si kakak suka banget dengan aktivitas kewanitaan seperti menjahit begini.. Rasanya cocok yaa..kalau mesin jahit besar beneran begini?

    Aman gak sih kak.. Mesin Jahit Janome RE1312 untuk anak remaja usia 11 tahun?

    BalasHapus
  25. Ikut seneng...
    Saya mah menjahit cuma bisa sebatas tusuk jelujur sama tusuk tikam jejak... Dulu waktu smp pernah belajar tata busana (ngukur badan, bikin pola, dll), tapi enggak pernah dipakai, hiks...

    BalasHapus
  26. sama banget mba dulu SMP aku juga belajar jahit sampe bikin baju tidur sama rok blouse gitu akhirnya pengen banget kursus, baca ini jadi pengen belajar jahit lagi sama punya mesin jahit

    BalasHapus
  27. MasyaAllah, mukenanya cantik gitu hasilnya Mbak, pasti jadi makin semangat beribadah dan juga belajar menjahit nih dengan mesin jahit barunya :)

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^