Kamis, 16 Februari 2017

Pengalaman Mengisi Kelas SULUH (Meraih Rezeki Dari Nge-Blog)




Assalamualaikum sahabat Smart Mom,  apakabar semua? Aku mau cerita pengalamanku mengisi kelas SULUH. Wah, apa itu SULUH? Buat yang baru dengar, SULUH adalah singkatan dari Satu Jam Literasi Untuk Hati, program kelas menulis FLP Surabaya melalui group WA yang dibuka khusus untuk anggota Forum Lingkar Pena (FLP) saja. Nah, kalau kamu anggota FLP boleh banget gabung setiap kelas SULUH dibuka :)

Aku mengenal SULUH pertama kali saat Mbk Gesang share info ini di group Blogger FLP. Aku langsung mengikuti kelas yang diisi oleh Cerpenis Mashdar Zainal. Cerpenis ini sudah malang melintang di dunia media cetak. Cerpennya sering menghiasi Kompas, Majalah Femina, Majalah Kartini dan sejumlah koran di tanah air lainnya. 

Setelah Mashdar, SULUH menghadirkan Benny Arnas. Pengarang yang tinggal di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan ini kerap menulis dengan tema lokalitas yang kental. Benny karyanya banyak berhasil mendapatkan penghargaan. Kelas SULUH ini aku sempat terlewat di dalam kelasnya karena vertigoku kambuh. Nah, uniknya di Kelas SULUH, setelah usai, semua peserta dikeluarkan dari group WA tapi peserta tetap bisa membaca materi yang telah disampaikan. Bahkan isi tanya jawab bisa dicek ulang, keren kan?

Nah, suatu hari Pj Pemateri, Ihdina Sabili menghubungiku. Awalnya nanyain kabar, soalnya aku kenal Dina sejak Munas 3 FLP di Bali. Kami satu kamar. Saat itu aku, Desti dan Dina. Aku taunya Dina ini suka nulis dan baca puisi, hehe... anaknya agak kalem dibanding aku yang heboh hehe... jadi kaget aja ketika Dina nodong ngasih materi di SULUH. Huaaah.... aku kan masih blogger unyu-unyu *ngadap cermin*

Tapi, bismillah, kalau buat berbagi ilmu,ada setitik ya berbagilah agar ilmu yang ada pun mengalir dan bermanfaat bagi orang lain. Akhirnya aku menyetujui untuk mengisi Kelas Menulis SULUH dengan tema Meraih rezeki Dari Nge-Blog.



Kelas SULUH dibuka dengan perkenalan pemateri, selanjutnya mengenalkan prestasi dan karya pemateri. Kemudian, peserta diberi kesempatan untuk membaca materi dan dilanjutkan tanya jawab.

Berdasarkan pengalaman dan pengamatanku, berikut cara meraih rezeki dari ngeblog :

1. Mengikuti Lomba Blog
Setiap bulan ada saja lomba blog. Dari yang hadiahnya voucher, buku, uang tunai, hp hingga jalan-jalan keluar negri. 


2. Pasang Iklan (Google Adsense)
Jika ingin mendapatkan penghasilan dari iklan di blog, kamu bisa mendaftarkan blogmu google adsense. 

3. Mereview Produk atau Jasa
Blog yang berdomain dengan DA 15 lebih sering dicari sebuah agensi atau brand untuk mereview produk atau jasa. DA hanya berlaku bagi blog TLD (Top Level Domain).  



4. Menjual Produk
Berjualan di blog kenapa tidak? Lebih bagus lagi kalau ikut menjualkan produk, pengunjung di blog kian ramai dan penghasilan tambahan semakin banyak.  Bisa juga menjual buku, ebook atau produk lainnya.

5.  Mengikuti Event (Mendapat Fee atau ikuti lombanya)
Beberapa kota besar sering mengadakan acara dan mengundang blogger. Contohnya Tapis Blogger diajak sebagai media patner untuk kegiatan Lacofest, Tapis Evolution dan lainnya. 


6. Percantik Blog
Blog yang tampilannya putih, templatenya lebih friendly akan disukai, jadi tidak berat saat membaca di hp.


7. Ikuti Komunitas
Informasi mengenai agensi, review produk aku dapat dari komunitas. Aku mengikuti komunitas blogger seperti KEB (Kumpulan Emak-emak Blogger), Blogger Perempuan, Tapis Blogger dan Blogger FLP.


Itu sebagian materi yang aku sampaikan di SULUH. Lebih lengkap tidak aku ceritakan di sini ya soalnya lebih seru kalau diskusi di group SULUH hehe... Oh ya, bagi kamu anggota FLP jangan ketinggalan SULUH ya!



7 komentar:

  1. Waaaah, terima kasih untuk ilmu dan apresiasinya untuk SULUH. Terharu Mbaaa... *tisu mana tisu*

    BalasHapus
  2. Pingin aktif lagi ngelomba. Tapi apa daya, ciut nyali, Mbak. :D

    BalasHapus
  3. Intinya, ngeblog nggak ada ruginya deh. Malah manfaatnya banyak. :D

    BalasHapus
  4. Itulah kenapa aku gak bisa berhenti ngeblog. Kalau ikut komunitas, emang manfaatnya jadi berlipat2.

    BalasHapus
  5. Kemarin gak sempet join di grup suluh, eh ilmunya udah dituangin di sini ^^
    Makasih bgt, Mba Naq. Saya jadi banyak belajar.
    Awalnya blog cuman tempat curhat, sekarang udah bisa nambah penghasilan. Minimal bisa buat bayar domain tiap tahun. Hihihi XD

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^