Senin, 17 April 2017

Tapis Blogger : Tips Menulis Artikel Ala Adian Saputra

Tapis Blogger - Kelas Menulis Artikel - Pimred Jejamo-Adian Saputra


Sabtu, 16 April 2017 kemarin aku berangkat ke Gramedia bersama Izzah Annisa. Maklum rumah kami berdekatan, jadi sering soulmate nih hehe... sampai di Gramedia, sudah terlihat Yoga Pratama Novelis dan produser program ANTV Lampung bersama Bu guru Kesuma Aryanti dengan suaminya blogger juga, Bang Ismail.



Kami berbagi tugas, Yoga memasang X-Banner, Kesuma dan Izzah di meja pendaftaran dan aku menunggu peserta di dekat tangga. Tak lama peserta semakin ramai berdatangan, Ada Bang Ikhsan Aura Publishing, Bang Sandi Prayoga, Bang Rangga Aradea, Bang Rhodoy, Mbk Fitri Restina hingga Betty Permana (Ketua FLP Metro) datang bersama Dwi Bcc juga. Seru banget kan?




Yoga Pratama lalu membuka acara. Demi acara ini Yoga sudah cukur kumis dan janggut loh #infopenting soalnya lagi mencari belahan hati #eaa... Yoga di group emang sering jadi adik bungsu yang siap digodain karena si Begal cinta belum menemukan belahan jiwa hihi... semangat Pak Produser hehe....

Acara singkat kata sambutan dibuka oleh aku, menyapa peserta yang baru pertama kali bertemu. Ya, acara ini pertama kali Tapis Blogger membuka kelas menulis untuk umum, biasanya kita buka untuk sesama anggota saja. Acara perdana dulu di Hotel Horison, kedua di rumahku (Membahas SEO dan Adsense bersama Bang Rangga Aradea dan Mas Jumanto).



Tak lama Bang Adian Saputra memulai kelas menulis artikel. Oh ya, buat yang belum kenal siapa sih Bang Adian Saputra? Beliau saat ini sebagai Pimred Jejamo.com dulu 10 tahun menjadi wartawan Lampung Post, beliau juga pembina di FLP Lampung. Kalau soal dunia jurnalis jangan diragukan deh. Pernah beberapa kali menang lomba menulis di Kompasiana. Sudah menelurkan buku Menulis dengan Telinga, Biografi dan novel loh!

Tips Menulis Artikel Ala Adian Saputra :

1. Ide bisa dari mana saja.
Menurut Bang Adian, semua karya jurnalistik bisa ide dari apa saja yang penting fakta. Misal, kalau kamu  baru selesai baca buku penulis favorit kita, contohnya Buku Tere Liye, kamu menulis isi buku Tere Liye. Apa aja isinya? Ya, bisa menulis kritik, opini, apa saja. Itu sudah disebut karya jurnalis. Novel Tere Liye bisa saja fiksi, tapi karena kita menuliskan rangkuman isi novel Tere Liye, itu fakta.


2. Ambil Moment
Suka menulis nonton film? Berapa sih tiket ke bioskop? Nah, bisa diputar ulang loh dana yang kita pakai saat nonton. Caranya, kamu bisa kirim karya berupa kritik dan opini mengenai film tersebut ke media atau minimal ke blog pribadi.

3. Hindari Pelangaran ITE

Dalam menulis status FB dan juga menulis artikel, hindari pelangaran ITE. Contoh kalau kamu melihat orang kecelakaan di jalan raya. Lalu, kamu turun dari motor, langsung cekrek-cekrek, ambil foto dan sebar ke media sosial. Nah, ini jangan dilakukan. Hindari yang memposting darah, cabul, asusila ya!


  
4. Benci Boleh, Tapi Harus Adil
Mungkin kamu pernah tidak suka dengan salah satu pemimpin di negri ini. Contoh aja enggak suka dengan cara guyon Pak Jokowi saat menyikapi pinjaman dari Raja Salman. Kita harus cerdas, ini dalam gaya guyon (becanda) atau formal, jadi kita jangan asal tulis. Apalagi kalau sudah ke media sosial loh! Jadi kalau enggak suka dengan Ahok, misalnya, tapi jangan juga sedikit-sedikit sebar berita hoax. Nah, tidak suka boleh, tapi harus adil. Berita itu benar atau salah, so...hati-hati jangan sebar berita hoax ya!

5. Tulis Sesuai Kemampuan (Spesifik)
Jadi, aku ingat pertama kali ikut kelas menulis Bang Adian bertahun lalu di acara FLP Lampung. Bang Adian bilang, boleh saja untuk penulis pemula jadi penulis asongan, tapi untuk selanjutnya diperlukan spesifikasi. “Dokter spesialis aja lebih dipercaya, lebih mahal loh bayarannya!” ujar Bang Adian. Walau ya, kita ada juga fanatik ke dokter umum. Melihat wajah dokter umum saja udah sembuh, belum makan obatnya, hahaha....

Ini berlaku juga dengan niche blog ya. Sebaiknya emang spesialiasi. Orang akan mengenal dirimu sebagai apa? Blogmu sebaiknya diberi niche yang benar-benar kamu kuasai, kamu sukai dan enjoy dalam menulisnya. So, apa niche blogmu?


6. Percaya Diri (Pe-de)
Nah, kalau belum ngirim ngirim tulisan sudah takut duluan, waaah gimana biar tahu tulisannya bagus ya? Kalau enggak Pe-De dibaca oleh penulis terkenal, suruh baca oleh teman sendiri. Kalau enggak Pe-De dengan blogger profesional, ajak blogger pemula atau sesamalah. Minimal kalau baca blog orang yang lebih jelek, kamu harus nulis lebih bagus, xixixi.... Pe-de aja lagi!


7. Branding Diri
Nah, ini lanjutan nomer 5 ya. Jadi kalau sudah spesipikasi, perlu banget branding diri sesuai keunikan dan kepribadian si penulis. Bang Adian sudah membuktikan, ia dikenal sebagai jurnalis, ia sering diundang sebagai pemateri kelas menulis jurnalistik. Apalagi dosen kece ini emang TOP deh nulis berita, apalagi yang judulnya cantik-cantik, heheh...



Nah, sahabat Smart Mom, itulah 7 Tips Menulis ArtikelAla Adian Saputra di acara Tapis Blogger. Mohon maaf ada yang kekurangan ya, soalnya sambil jagain Aisyah nih hehe...

61 komentar:

  1. Masya Allah. Itu ya kesimpulan kemarin. Makasih makasih. Barokallahu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang Adian, maaf kalau ada kurang-kuran ya, tulisan emak sambil momong anak :)

      Hapus
  2. Nyimak di fb aja seru, baca reportasenya lebih seru.. Kapan2 ajak aku donk mbak

    BalasHapus
  3. seru ya sharing seperti ini.berasa refresh lagi ilmu kita

    BalasHapus
  4. Woow.. laporannya kereeen. Jadi tambah semangat nulis nih. 😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbk fifi kece deh, pasti makin keren tulisannya

      Hapus
  5. nambahin aja :) penggunaan bahasa yang baik & benar :) juga sempat disarankan oleh pak Adian :)

    BalasHapus
  6. PD bener banget mba tapi akdang aku ciut duluan hahaha...mikirnya kepanjangan :p

    BalasHapus
  7. Masalah branding ini nih yang aku masih bingung sampai sekarang. Bingung mau bikin branding apa. Hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa yang paling disukai, dikuasai dan enjoy aja

      Hapus
  8. Makasih sharing tipsnya mbak, sangat membantu sekali apalagi kayak saya yang pemula. mau ngikuti program mentoring menulis ternyata biayanya mahal banget, kisaran 1,5 jt, kan kalo mahasiswa seperti saya gak kuat bayar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, ayo semakin semangat ya

      Hapus
  9. menyimak mbak. terima kasih berbagi tipsnya.

    BalasHapus
  10. Wah keren bisa bikin poin pentingnya begini, hahaha, catatanku ngacak jadi nggak bisa ditulis dengan rapi di blog hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiih Bu Kei, ini juga sambil momong. Belum semua tertulis xixixi...

      Hapus
  11. Wih... tipsnya perlu nih buat aku yang cara nulisnya masih berantakan.. makasi bagi-bagi tipsnya. Ngebantu banget buat aku yg baru mulai suka nulis.. ya walau cuma nulis blog doang bukan buat dikirim-kirim hehehhehe 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiip, semangat ya, lanjutkan menulisnya!

      Hapus
  12. Makasiih sharingnyaa mbaak, sampai sekarang niche blogku masih seputar keseharian dan cerita personal pengalaman volunteering mbaak. 😁😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelan-pelan saja, nanti ketemu niche yang kena dihati ya

      Hapus
  13. Mba Naqiyyah kece komunitasnya.
    Bikin makin kaya..kaya pengalaman,teman dan ilmu, pastinya.

    Barakallah ilmunya,mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, terima kasih doanya.

      Hapus
  14. banyak juga pesertanya ya...
    sharingnya juga menarik banget mbak..
    terimakasih ya sudah dibagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya, banyak dan bermanfaat bangets

      Hapus
  15. Terima Kasih Sharingnya Mbak, sangat menginspirasi dan bermanfaat.

    BalasHapus
  16. Salam buat Mas Adian :)
    siapa tahu masih ingat saya gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Mbk Okti, beliau kan Kompasiana juga

      Hapus
  17. seruuuu mi, seruuu
    Sayang banget waktu itu datengnya telah ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya semoga lain kali kita bikin lagi ya lebih seru :)

      Hapus
  18. wah, lama juga ya sharingnya 9.30 sampai 13,oo. full ilmu pastinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyup, full banget :) alhamdulillah

      Hapus
  19. kalo kegiatan seperti ini, boleh bawak anak gak sih di Lampung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh aja, kebetulan kemarin cuma aku yang bawa. Tak ada larangan :)

      Hapus
  20. asik dapat ilmu menulis. Tetep ya baiknya blog ber-niche, bukan gado-gado.

    BalasHapus
  21. i wish i was there.. hiks.. kangen Lampung...

    BalasHapus
  22. Thanks for share Tips2nya Mbak, point no 5 and 7 noted banged untuk saya niy Mbak, biar nulisnya bisa lebih fokus lagi.

    BalasHapus
  23. Seneng banget bisa dateng ke acara ini. Seruuu... Bisa dapet ilmu bermanfaat juga ketemu teman2. ^_^

    BalasHapus
  24. Terima kasih telah berbagi, mba Naqi. Branding Doro sebagai blogger emang perlu

    BalasHapus
  25. Aku sebel banget kalau ada kecelakaan atau orang kena musibah malah foto-foto,korbannya pula difoto terus diupload gak pake sensor.

    BalasHapus
  26. Triims sharing-nya ya mba.. Aku suka ikut workshop2 beginian, baca reportase nya jg jd nambah ilmu lagi.. :D "Benci boleh tapi harus adil" setuju bgt mba.. Biar gak jd korban hoax ya..

    BalasHapus
  27. wih tipsnya sangat bermanfaat mbak ,,,, heheheh musti banyak belajar ini

    BalasHapus
  28. waduh saya dunk ya pedagang asongan hahahaha.. tp bener jg sih mbak.. ini kalau sudah biasa menulis.. nanti niatnya jg gitu.. mau spesifikasi..


    BalasHapus
  29. Bagus nih bahasannya.. Ngerefresh lagi utk cara penulisan artikel yg lbh baik.. Aku sndiri menghindari nulis yg memang aku ga kuasai.. Makanya hanya fokus ttg traveling dan kuliner.. Takut malah ga nyambung ntr.. Prnh diminta nulis ttg skin care krn aku memang hobi beli aneka skincare gt, tp aku tolak menulis reviewnya krn memang ga biasa nulis begitu.. Apalagi yg pake hasil foto before and after, huahahahah, ga PD blasss. Emg ga bakat jd beauty blogger :p

    BalasHapus
  30. makasih sharingnya mbk. ilmu yang sangat bermanfaat buat daku yang pemula ini.😊

    BalasHapus
  31. menuju profesional blogger, aamiin.. bener banget, harga dokter umum sama spesialis bisa beda jauuuh

    BalasHapus
  32. senantiasa menupgrade ilmu dan disharing seperti ini.berasa refresh lagi ilmu kita

    BalasHapus
  33. Seru banget mbaaa, ilmunya super sekaliii.. Sebagai pemula di dunia blogging, mesti diterapkan nih semuanya. Thanks for sharing mbaaa :))

    BalasHapus
  34. Naqy ajarin donk ilmu SEO dan adsensenya :D
    Soal branding itu dari dulu pengen banget tau caranya kyk apa, kdng suka mikir bogku gado2 banget hehe
    TFS

    BalasHapus
  35. wah mau banget dikasih ilmu dengan kk adian itu... kenalin donk kak

    BalasHapus
  36. asik banget dapat ilmu dari mas adian.

    salam kenal ya mba

    BalasHapus
  37. Branding diri tetap penting ya mba. Boleh neh tiosnya dicoba. Makaaih informasinya ya mba

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^